Tentang Bogor Educare

Anda sudah pernah mendengar kata ini? Yups, tentu bagi yang sudah belajar di sana sangat tidak asing lagi dengan  kata “Bogor Educare“. Tapi pastinya masih banyak orang yang belum mengetahuinya terutama teman-teman yang masih ada di bangku SMA/Sederajat. Mereka yang masih bingung buat milih-milih kira-kita saya mau menlanjutkan pendidikan kemana ya? yang bianya gratis dan nyaman belajarnya? Pada kesempatan kali ini, sengaja saya sisipkan artikel dengan judul “Tentang Bogor Educare” sebagai gambaran singkat bagi teman-teman yang ingin mengetahui tentang bagaimana saja seluk-beluk salah satu kampus (Baca: Pengertian Kampus) dengan program gratisnya ini. Bagi para alumni yang sempat mampir ke halaman ini, mohon masukannya bila ada kekeliruan atas apa yang saya jelaskan.

logo bogor educare

logo bogor educare

Sekilas Tentang Bogor Educare

Untuk penulisan kata bogor educare sendiri sebenarnya tidak seperti pada judul, penulisan yang biasa digunakan adalah dengan membuat penggalan kata “care” menjadi huruf kepital semua, kurang lebih seperti ini jadinya “Bogor EduCARE”.

Bogor Educare sebagai Kampus Beasiswa Gratis di Bogor

Dari sejak didirikan pertama kali sampai sekarang (saat artikel ini ditulis telah memasuki angkatan ke 17-san), bogor educare masih langgeng dengan program unggulannya yaitu menyediakan pendidikan gratis bagi para siswa yang membutuhkan pendidikan akan tetapi terbentur keterbatasan biaya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi para siswa yang telah dinyatakan lulus dan masuk ke bogor educare, maka mereka berhak mendapatkan semua fasitas beasiswa seperti biaya pendidikan selama masa belajar serta fasilitas kampus yang ada di bogor educare.

Program Belajar di Bogor Educare

 Bogor Educare untuk saat ini, bisa dikatakan sebagai program beasiswa profesional. Setiap mahasiswa atau para peserta didik akan dibekali keterampilan yang insyaAlloh cukup untuk bisa bersaing di dunia pekerjaan saat mereka terjun di dunia tersebut. Untuk saat ini program yang masih dipertahankan adalah pembelajaran untuk yang berhubungan dengan tenaga administrasi. Setelah masuk, akan sangat banyak sekali yang akan kita pelajari, dan diantara pelajaran yang paling mendominasi yaitu: Bahasa Inggris dengan anak cucunya, komputer dengan anak cucunya serta pelajaran agama Islam.

Fasisilitas di Bogor Educare

Apa saja fasilitas yang akan didapatkan oleh para mahasiswa yang teleh berhasil masuk? Tentu banyak sekali fasilitas yang akan kita dapatkan yang berkaitan dengan belajar kita nanti. Diantara fasiitas beasiswanya: Biaya kuliah yang gratis selama masa pendidikan, kita tidak dipungut biaya sedikitpun dari sejak pendaftaran, tes seleksi, survey ke tempat tinggal kita, masa belajar selama 12 bulan (Satu tahun), bimbingan, penyusunan laporan sampai sidang laporan, pokoknya gratisss.

halaman bogor educareDimasa awal pembelajaran biasanya akan dilakukan tes mata untuk memriksa siapa saja yang memiliki kekurangan dalam hal penglihatan. Jika setelah diperiksa ada kekurangan, maka akan diberikan kaca mata gratis bagi para mahasiswa. Hal ini dilakukan agar saat belajar nanti tidak mendapatkan kendala dan berjalan dengan nyaan dan lancar. Fasilitas lain yang diberikan di Bogor educare adalah “makan”. Siapa yang tidak suka mana? Enak bukan? Sudah dapet pendidikan gratis, dapat makan pula. Walaupun untuk makan hanya disediakan satu kali saat makan siang saja, akan tetapi hal ini merupakan karunia dari Alloh ta’ala, tentu melalu tangan-tangan para pengelola dan para pendiri Kampus Bogor Educare. Khusus di hari Jum’at, untuk makan siang spesial, pokoknya pada rugi kalo hari itu gak masuk.

Tentu masih banyak fasilitas yang lain, seperti perpustakaan dengan para penjaganya yang ramah dan cantik-cantik (he2) serta bantal empuk untuk istirahat, Ruang mushola yang luas, ruang belajar yang nyaman, lab komputer, suasana belajar yang sejuk dengan tamannya yang hijau dan masih banyak lagi.

Masa Belajar

 Sebagaimana telah sedikit disinggung di atas, untuk total masa belajarnya sekitar 18 Bulan (kalo suami istri udah punya anak dua kali ya, he2). Secara umum, jenis pembelajarannya dibagi dua, yaitu belajar teori selama 12 tahun di kelas dan yang sisanya menyusun laporan dengan bahan laporan “Praktek Industri/PKL” di perusahaan-perusahaan yang telah disetujui.

Untuk masa aktif belajar yaitu dari hari Senin s/d Jum’at dari jam 08.00 s/d 16.00 WIB. Biasanya jam tersebut dikecualian untuk para petugas piket, penjaga perpustakaan atau ada tugas kelompok yang harus diselesaikan yang jelas untuk jam resminya demikian.

Organisasi Mahasiswa di Bogor Educare

 Sebenarnya saya agak rancu memberi subjudul tersebut, tapi yang jelas untuk organisasi mahasiswa kita biasa menyebutnya dengan istilah “Divisi”. Di Bogor educare sendiri setidaknya ada 4 divisi utama yang mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan mahasiswa diluar pelajaran resmi.

  1. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). BEM adalah badan yang membawahi divisi-divisi yang lain, waktu angkatan saya dulu yang menjadi ketuanya yatu: Kang Amar sama Kang Ade Alimudin.
  2. Divisi Perpus >> Mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan perpustakaan. Kalo perpus hapunten nama ketuanya hilaf, kang Jalal kalo gak salah ya.
  3. Divisi Agama >> Mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan kerohanian, masjid dsb. Untuk divisi agama diketuai sama Kang Ade Rusdiansyah
  4. Divisi CIBEC (Divisi Cinta BEC) >> Divisi ini khusus mengurusi kebersihan sarta keindahan Bogor Educare, dari mulai mengatur jadwal pike samapai meyiapkan alat-alat kebersihan. Divisi ini diketuai oleh Kang Ridwan

Pencatatan nama ketua tersebut untuk Bogor Educare angkatan 14, tentu setiap angkatan akan berbeda-beda.

Begitu kiranya untuk gambaran umum tentang Bogor Educare, enak sekali bukan. Dapet pendidikan gratis, sama banyak fasilitasnya. Untuk selanjutnya, mari sedikit kita keliling melihat bagaimana gabaran lebih jelas tentang Bogor Educare dengan melihat ruangan dan gedung-gedungnya.

Gedung Utama Bogor Educare

halaman bogor educareGedung utama, terdiri 3 bangungan yang saling terhubung sehingga berkesan hanya satu bangunan saja. Untuk Gedung utama dan kedua meupakan kelas dengan masing-masing tiga lantai dan yang ketiga Masjid serta kantor. Yang membuat suasana senantiasa sejuk adalah taman yang ada di tengah-tengah gedung, hijau sekali bukan? Setiap kelas memiliki nama yang berbeda, kalo tidak salah dair A s/d kelas S. Misalnya saja, dulu waktu cawu 1 (kita dibagi menjadi 3 cawu/4 bulan) saya ada dikelas C yang artinya “Confidence”, di cawu 2 di kelas B yang artnya kelas “Brave” & di cawu 3 dikelas E atau “Emphatic”, dan begitu seterusnya. Satu kelas, untuk satu mata kuliah.

Suasana Ruang Belajar di Bogor educare

ruang belajar bogor educareUntuk ruang belajar rasanya sudah sangat nyaman karena ditunjang sarana yang memadai, bersih (mungkin karena setiap hari diberisihkan sama para petugas piket) dan para dosen yang pada ramah-ramah. Rata-rata satu kelas berjumlah sekitar 22 orang, satu kekurangannya mungkin untuk pengaturan campur adukan antara laki-laki rasanya harus sedikit disesuaikan ya agar lebih nyaman lagi, biar belajarnya juga pada konsen gak sambil ngeliatain si “Dia” he2.

Perpustakaan Bogor Educare

perpusatakaan-bogor-educareIni dia tempat favorite para mahasiswa ataupun mahasiswi bogor educare, Perpustakaan selain sebagai tempat baca buku untuk mencari bahan referensi di sini juga kita bisa sambil mengistirahatkan diri setelah dipusingkan dengan sekian banyak pelajaran dan tugas. Bantal empuk sudah disediakan, Walaupun saya yakin bantal itu tidak disediakan untuk tidur, tapi pada nyatanya bwanyak banget yang pada tidur waktu istirahat (Dasar bukannya pada belajar di perpustakaan/he2).

Perpustakaan Bogor Educare di kelola oleh divisi Perpustakaan. Para pengelola atau anggota divisi perpustakaan diambil atau disaring dari para mahasiswa yang sekiranya memiliki ketertarikan dan bakat di bidang ini. Saya pernah daftar, tapi sayang tidak terpilih (hik…2). Waktu zaman saya dulu, yang menadi pembinanya kalo gak salah Miss. Choosy (Mhon maaf jika menulisannya Salah Miss). Beliau pernah jadi wali kelas Confidence juga. Nah diperpustakaan ini, kita akan dikasih kartu perpustakaan dan setiap mahasiswa akan mendapatkan hak untuk dapat meminjam buku dan boleh dibawa pulang tentu dengan jumlah dan jangka waktu peminjaman yang ditentukan para petugas perpustakaan.

Lab Bahasa

lab-bahasa-bogor-educareYang ini lab habasa, Untuk apa? untuk belajar bahasa inggirs tentunya. Sebenarnya fungsinya banyak kata Ibu Dosen, tapi untuk sementara masih difungsikan untuk belajar “Listening”. apa itu listening? Pokoknya dengerin orang nogmong pake bahasa Inggris terus kita diminta nulis dan memahami apa yang mereka bicarakan (he2). Kurang lebih demikian. Bagi saya pribadi, pelajaran ini merupakan pelajaran yang paling sulit selama belajar di Bogor Educare, mungkin cukup mudah bagi teman2 yang lain.

Mushola atau Ruang Serba guna

mushola bogor educareSebenarnya jika dibilang Mushola, ruangan ini bisa dibilang ruang serba guna. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat sholat termasuk pada hari Jum’at. Ruangannya terbuka tepat dilantai dua. Untuk pemisah antara Ikhwan dan Akwat, memakai sekat berupa gordeng. Nah yang bertanggung jawab atas sarana dan kebersihan ruangan ini adalah Divisi Agama. Perlu di ketahui juga, waktu dulu salah satu program unggulan divi agama adalah ceramah singkat/kultum setelah sholat dzhuhur. Setiap mahasiswa akan mendapat giliran untuk maju sekedar membeirkan wejangan atau nasehatnya.

Locker Mahasiswa

locker bogor educareSalahh satu kelabihan yang didapatkan oleh angkatan kami (angkatan 14) adalah Locker. Untuk locker setiap mahasiswa diberi satu kotak bererta kuncinya (ya sama kuncinya lah/he2). Biasanya akan ada penggerebekan isi locker buat nyari kauskaki-kauskaki yang barang tak layak simpan lainnya oleh para dosen dengan waktu yang tidak ditentukan. Wah, bahaya sekali bukan benda semacam itu disimpan bareng buku dan tas bahkan “Al Quran”. (jangan sampai di contoh ya).

Ruang Movie, Nobar sambil belajar

ruang nonton bareng bogor educareKalo di rumah kita nonton TV atau Film di cemberutin atau dimarahin, di sini kita akan di minta untuk nonot Film. Wah enak bukan? Nama mata pelajarannya “Movie Apresiation”. Kita akan diminta untuk menonton sebuah film/Movie tentunya yang berbahasa Inggirs dan membuat resume tentang apa yang kita toton tersebut.

Demikian sekilas tentang Bogor Educare yang dapat saya sampaikan. Jika kurang jelas, ya tentu sangat banyak sekali hal-hal yang tidak mungkin saya sampaikan hanya dalam satu halaman. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung mengunjungi halaman resminya di http://bogorecucare.org

Terimakasih telah berkenan membaca artikel singkat ini. Artikel dengan judul “Tentang Bogor Educare” ini, khusus saya persembahkan untuk teman-teman SMA yang sedang mencari tahu tentang salah satu kampus gratis di bogor ini, juga untuk semua mahsiswa dan mahasiswa bogor educare terkhusus angkatan 14 dan tenunya para dosen yang senantiasa membimbing kami belajar di Bogor Educare. Terimaksih juga kepada Bapak Ahmad Kala dan juga jajrannya. Semoga Alloh membalas kebaikan semua pihak yang ikut berkonstribusi dalam mensukseskan anak-anak bangsa dan cita-cita mereka yang mulia.

Terimaksih juga kepada Bapak Dian, karena blog ini adalah blog pertama saya ketika belajar membuat blog di kelas pelajaran komputer di lab bersama yang lain.

  • Wallohua’lam,
  • By: Priana Saputra
  • Alumni Bogor Educare Angkatan 14
mainan anak bogor educare

mainan anak bogor educare

One Response to Tentang Bogor Educare

  1. Pingback: Siti Rofikoh

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s