Solusi Cerdas untuk Orang Pendiam

National_Geographic_02Orang pendiam memang penuh dengan misteri, katanya. Di balik kependiamannya memang banyak kelebihan yang mereka miliki karena pada dasarnya setiap manusia pasti mempunyai kelebihan dalam suatu hal yang membedakan hanyalah apakah kelebihan itu dominan atau tidak melekat pada orang bersangkutan atau apakah ia dapat mengembangkan potensi atas kelebihannya tersebut. Meskipun demikian, pastilah setiap orang akan mempunyai masalah atas dirinya tidak terkecuali orang-orang yang pendiam. Menyambung postingan yang sebelumnya tentang Sudut Kecil Realita Orang Pendiam    ternyata banyak dari teman-teman yang masih merasa minder dengan kependiamnya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini mari kita ulas beberapa tips yang bisa mengatasi masalah yang satu ini:

Ada beberapa tips yang dapat kita jalani sebagai orang yang pendiam agar kependiaman kita bisa bermanfaat dan bukan malah membuat kita minder dari lingkugan atau bahkan malah menghambat berkembangnya potensi yang kita miliki, berikut ulasannya:

1. Memberanikan diri untuk Tampil di depan umum

Tampil di depan umum memang suatu yang pasti kita takuti, kenapa? karena kita belum berbiasa dan telah muncul sugesti negatif dalam pikiran kita sebelum kita tampil. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan sering tampil yang pastinya membutuhkan keberanian. Sebagai contoh jika di kelas kita ada guru yang menyuruh salah satu dari kita untuk maju ke depan kelas baik untuk mengisi soal atau menjelaskan suatu masalah maka kitalah orang yang pertama yang mengacungkan tangan untuk maju kedepan. Hal ini perlu dibiasakan karena rasa minder akan hilang ketikan kita sering didepan podium dan sering dilihat oleh orang lain.

2. Bersungguh-sungguh dalam belajar

Jika kita tidak memiliki keahlian dalam hal sosial seperti bergaul, berbicara dengan lantang atau yang lainnya, maka cara jitu untuk menghilangkan keminderan diri adalah dengan menekuni satu bidang keilmuan atau pelajaran (jika di sekolah/kampus) karena dengan demikian hal tersebut akan menjadi nilai lebih bagi kita. Terlebih bagi orang pendiam, jika memang keahliannya dalam bidang eksak maka perdalam ilmu tersebut atau pun yang lainnya.

3. Berfikiran Fositif terhadap Segala Hal

Salah satu penyakit yang sering kebanyakan manusia alamai adalah berprasangka buruk baik terhadap orang di sekelilingnya, terhadap lingkungan atau bahkan yang lebih ngeri kepada Penciptanya. Maka dari itu Pikiran Fositif (Kalo di Islam disebutnya Husnudzon) sangatlah penting, selain akan berdampak pada orang-orang di sekitar kita, hal ini pun penting karena akan kita rasakan ketenangan dan rasa aman dalam hati.

4. Tekun Beribadah

Poin paling penting dari hal semua di atas adalah ketekunan kita dalam beribadah kepada Alloh Subhanahuwata’ala. Kalo boleh jujur inilah yang akan membuat semua orang (bukan hanya orang pendiam) selalu merasa optimis dalam hidupnya. Mereka tidak akan peduli apakah ia seorang pendiam, apakah ia seorang yang pandai bicara, apakah ia sedang lapang atau ketika sempit. Hal ini karena mereka menyakini jaminan atas keimanan dan ketakwaan adalah sesuatu yang jauh lebih besar dari semua hal tersebut.

Pastilah masih sangat banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah keminderan karena sifat yang pendiam. Jadi jangan putus asa dalam menjalani kehidupan dan melewati rintangan serta cobaan. Bila ada kemauan, pastilah akan ada jalan.

Wallohu’alam.

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s