Sudut Kecil Realita Orang Pendiam

orang pendiamSetiap hari manusia disibukan dengan berbagi aktivitas yang menyibukan. Para pekerja dan pelajar bergegas menyambut hari bersama mentari yang bersinar. Waktu yang panjang tak ubahnya seperti sekecil jarum jam yang bergerak teramat cepat. Orang-orang sibuk dengan pekerjaan dan urusannya masing-masing. Suatu saat ku lihat sekelompok orang tertawa bercanda dengan riangnya. Terlihat seorang anak disudut ruangan duduk manis sambil memandang orang-orang tersebut. Lama ku perhatikan, ternyata dia hanya duduk menyendiri dan tak ada yang menemaninya sebagai teman berbincang. Dari kejauhan ia terlihat tenang dan menikmati kesendiriannya sehingga aku pun mengira ia terlihat seperti tak ada beban dan hanya tersenyum tenang. Akan tetapi, tahukan kita bahwa orang-orang yang sering duduk sendiri atau terpisah dari orang banyak mereka lebih membutuhkan teman? Mereka bersikap tenang karena berusaha menyembunyikan ketidak mampuannya dalam bersosialisasi dengan lingkungan. Nah, Sobat Sekalian! Apa sebenarnya hal-hal yang tersembunyi dibalik orang yang pendiam yang kebanyakan orang tidak ketahui?

Sekilas Tentang Orang Pendiam

Orang pendiam mempunyai banyak perbedaan dari kebanyakan orang terutama dalam hal kepribadiannya. Hal yang paling menonjol adalah mereka labih suka menyendiri dan tidak suka dengan keramaian. Pada umumnya meraka mempunya emosi yang agak labil. Itu sebabnya kenapa saat marah terkadang mereka lebih menyeramkan (kayak yang buas aja ya?/he2) dari pada yang lain walaupun sangat jarang ditemukan. Biasanya orang yang pendiam cenderung agak lama dalam hal mengambil keputusan untuk menentukan tindakan meskipun tidak menutup kemungkinan juga mereka lebih menonjol dalam suatu hal. Terkadang kita lihat ada teman kita yang harus berdiam terlebih dahulu sebelum berbicara atau bertindak.

Kenapa orang pendiam lebih suka menyendiri daripada bergaul dengan orang-orang? Ada beberapa alasan yang menyebabkannya. Pertama, terkadang mereka lebih nyaman ketika menyendiri karena biasanya orang pendiam tidak suka dengan keributan atau kebisingan. Tapi jangan salah, sekalipun menyukai kesendirian, mereka akan merasa diasingkan ketika sendiri dalam sebuah kelompok (jadi perhatikan temanmu ya). Yang kedua, pemikiran atau prinsip dapat melakukans suatu hal dengan kemampuan sendiri dan merasa tidak butuh orang lain akan mendorong seseorang untuk menyendiri. Percaya pada diri sendiri memang diperlukan, tapi ternyata tidak bagus juga jika terlalu berlebihan. Kemudian, seseorang tidak terlau aktif karena berusaha menutupi kekurangnya, baik itu karena tidak pandai berbicara atau sulit bergaul dengan orang lain. Akan tetapi terkadang ketika orang berdiam diri mungkin saja ia lebih memilih menjaga lisannya ketimbang mengucapkan hal yang tidak perlu. Meskipun hal-hal diatas terkesan sebagai kekurangan akan tetapi orang pendiam bukan berarti tidak mempunyai kelebihan.

Jika kita mau melihat lebih jauh, terdapat banyak kelebihan yang dimiliki orang-orang yang cenderung berdiam. Karena penggunaan otaknya lebih dipakai untuk merenung dan berpikir, biasanya mereka akan lebih bisa mengontrol kamampuannya dalam memilah mana yang benar dan mana yang salah. Selain itu, kamampuan berimajinasi akan menjadikan seseorang berjiwa seni tinggi karena biasanya mereka menuangkan pendapat/idenya melalui karya yang dihasilkannya, baik itu berupa lukisan (Tapi jangan melukis mahluk bernyawa ya), karya ilmiah atau yang lainnya. Orang pendiam biasanya lebih unggul dalam hal eksak yang membutuhkan pemikiran ketimbang berhubungan langsung dengan praktek dalam hal sosialisai.

Meskipun seseorang yang pendiam lebih suka menyendiri, tapi tahukah kita yang sebenarnya mereka butuhkan? Kita mungkin pernah melihat teman kita yang duduk sendirian jauh dari yang lain. Ia terlihat sangat tenang dan nampak menikmati kesendiriannya sehingga kitapun menjadi enggan untuk mendekatinya. Akan tetapi, pemikiran ini sepertinya harus agak di rubah.  Pada kenyataannya orang tersebut akan lebih senang jika kita hampiri dan temani. Apakah kita tahu kenapa? Mereka akan merasa diakui karena yang benar-benar mereka butuhkan adalah ….. “Teman”.

Semoga artikel ini bermanfaat baik bagi teman-teman yang kata nya “Pendiam” maupun teman-teman pada umumnya. Bagi yang merasa pendiam, semoga bisa semakin berbaur dengan yang lain dan dapat menciptakan karya-karya yang bermanfaat untuk orang lain. Dan untuk teman-teman yang lain, mudah-mudahan dapat semakin memperhatikan temannya.

Gabung Yuk… di Group Pendi Club Indonesia_Khusus untuk Anak Pendiam

Terimakasih.

Sebagi penyemangat bagi penulis maupun pembaca yang lain, mohoh sampaikan komentarnya tentang artikel ini di kolom yang telah disediakan. Satu patah kata yang kita tuliskan, mungkin akan membekas dan amat berharga bagi teman yang lain.

 

Terimaksih telah berkunjung. (Priana Saputra)

643 Responses to Sudut Kecil Realita Orang Pendiam

  1. Tias. says:

    Bnr sekali,org pendiam tu sesering nya d jauhi. Pdhl dlm hati nya dy menangis krn tak ada yg mau brtmn dkt, tmn2 pun malahan menjauh n kl sekalinya bcr sering tak d anggap. Itu lah yg slma neh aku alami,

    • priana13 says:

      Tapi jangan sampai berburuk sangka sama orang lain ya karena setiap orang pasit mempunyai teman dan mutlak membutuhkan yang namanya sosialisasi.

    • hojodume says:

      kita sama.. aku juga begitu… terkadang merasa asing,merasa tidak punya teman,merasa tidak dianggap.. hidup ini seperti dingin.terkadang terasa bosan,saat sendiri ,tidak ada yg ajak obrol,hati merasa menangis,ingin teriak hanya didalam hati..tapi aku merasa Tuhan tahu itu.
      Tapi aku percaya Tuhan punya rencana dalam hidupku, jadi aku mau buat sesuatu di dunia ini untuk Tuhanku,dan berguna juga buat sesama. karena hidup kita ini semua 1x,sesudah habis waktunya,apa yang kita telah lakukan buat Tuhan dan sesama,pikirkan itu..Tuhanku adalah Kristus yang telah menyelamatkanku.

      • Dhani says:

        ya mas/mbak bro kadang sedih banget kala kita ada disuatu komunitas gak dianggap sama orang yang ada disekitar. kadang pengen nangis, merintih dan kadang menyesali nasib dan bertanya kenapa saya begini yang lebih sedih lagi ingin bunuh diri.
        untung aku ingat Tuhan yang selalu kalau itu muncul aku berdoa mohon kekuatan agar dijauhi pikiran yang tidak baik yang akhirnya merugikan diri sendiri. Jadi yang saya lakukan saat ini adalah terima saja jangan disesali sambil berusaha berhubungan dengan teman sebisa mungkin. Dan yang menguatkan saya adalah “Saya kan orang normal tidak punya cacat kenapa harus menyesal” banyak orang yang tidak mempunyai anggota tubuh tidak lengkap sangat percaya diri. Akhirnya saya terhibur dengan kata kata ini.
        Trimakasih Tuhan ku. Amen

    • lenny says:

      sama, aku juga merasakan hal itu😦

    • deny nastiar says:

      Benar nih…baru 2 bulan masuk smp saya selalu di kucilkan…selalu di ejek…selalu di salahkan…selalu di kacangin…meskipun saya berbicara tepat di hadapan mereka…tolong saya

      • toyo says:

        gimana deny apakah sekarang sudah punya teman disekolah, saya dulu juga pemalu n pendiam waktu masih seusia mu bahkan sampai SMA, tapi waktu disma saya punya 1 sahabat yang sangat akrab yang sampai sekarang saya sudah kerja masih bersahabat dengan dia. jangan berkacil hati ya deny tetap semangat. jangan kamu balas teman” mu dengan kejelekan. oke

      • Hamba Allah says:

        Aku jg sama
        Gk enak bgt banyak yg ngejekin di belakang ku
        Ngatain seenaknya tanpa mikir

      • Hamba Allah says:

        Bagi yang pengen punya sahabat
        Sahabatan yuk!!!!

      • Ali says:

        Yah itu masih mending 2 bulan. Lha ane malah 3 tahun penuh masa SMP

      • Thia says:

        Ayoo sahabatan bareng, buat yang ngerasa senasib hehee. Kita bikin grup wa bareng aja. Trus bisa sharing dan ngobrol satu sama lain.

    • Joe malaya says:

      Benar kata mu sobat.
      Ada ketika kita ngak menangis dlm hati..
      Sejati UMPAMA LUKA BERDARAH DI DALAM HATI

    • someone31 says:

      Kadang saya kalau jalan berdua dgn teman saya…., Saya bingung akan ngobrol tentang apa sama dia…., Saya mikir kata dlu2 dulu….

  2. rufarufa says:

    tulisan ini sangat mencerminkan diri saya..
    terima kasih..🙂

  3. azislali says:

    tidak juga sih gan saya juga pendiam dan lebih suka tidak bicara tapi
    ada saja yang mendekat ngengajak bicara dan seandainya saya kesepian dan tak ada yang mendekat saya akan mendekat ke mereka walaupun di sana saya hanya diam dan hanya mengeluarkan beberapa kata saja tapi itu sudah cukup bagi saya seorang pendiam

    • jasmine says:

      yaa., aku juga saa sepertimu😀

    • nano says:

      sama, saya juga pendiam, rasanya susah kalo mau ngobrol ma temen, tapi kalo ngomong di depan umum (pidato,moderator,dll) kok malah lancar ya,,,,,,

      • priana13 says:

        ya, begitulah. Setiap orang mempunyai kecenderungan masing-masing akan bakatnya sekalipun ia seorang yang pendiam. Jadi bukan karena kita pendiam jadi tidak sukses dimasa yang akan datang. Akan tetapi sekedar berbagi bagi temen2 sekalian, ketika kita pendiam terkadang ada perasaan bahwa Alloh tidak adil kepada kita. Kenapa kita seperti ini? Kita merasa menjadi orang yang tidak beruntung dibanding yang lain.
        Tapi jangan hawatir, berdasarkan pengalaman, semua perasaan itu akan hilang sama sekali ketika kita paham tentang apa tujuan Alloh menciptakan kita. Ya salah satunya dengan mempelajari Islam.
        Wallohu’alam.

      • Dian says:

        Setuju….bettulbingiitzz banget yg dikatakan Priana..dgn mempelajari Islam#hidupiniindah

    • wahyu gede says:

      Yang anda lakukan sama persis dengan saya..

    • zugies says:

      sipp..

  4. Hadi Sugondo says:

    hampir mirip dgn kehidupanku sbgai sorang pendiam, aku juga suka berimajinasi, suka melukis dan membuat karangan cerita.

  5. Laily says:

    Persis dan pas sekali…
    Dengan diri saya..
    Coba aja ada sekolah yg menyediakan untuk orang pendiam…
    Haha..
    Bakal sepi tuh sekolah karna muridnya pendiam semua.

    • priana13 says:

      Boleh Juga…
      Tapi kayaknya Imposible, karena hukum asal yang telah disepakati hampir semua orang
      Kita adalah mahluk SOSIAL!

    • Mrs. Cho says:

      wkwk hatiku jadi agak plong melihat semua komentar2 diatas. Ternyata bkn aku saja yang mengalami hal-hal buruk sbg seorang pendiam.

      Aku juga ngerasa dikucilkan, dianggap remeh, diabaikan dan selalu jd bahan ejekan tmn sekelas..😦 ,, aku selama 17 th ini blm prnah pacaran.. bicara sm sesama cewe aja kdg gugup, apalgi cowo 😦 , aku sbnrnya gk trlalu pduli dg ejekan teman2, tp yg ku khawatirkn adl masa depanku. bagaimana jika aku JOMBLO seumur hidup? :O

      kenapa Tuhan tega mentakdirkanku jadi pendiam? mungkin bnyk org yg bnci aku, aku takut.. aku selalu minder dan dianggap sombong olh org2, aku gk fokus–dan kadang di ajk ngmong krg nymbung..😦 . tp aku mncba optimis dan tetap tabah. Smoga Allah merencanakan hal yg lebih baik untukku. Adakah cara yg tepat untuk menghilangkan sifat ini? untk merubah sifat sngt sulit 😦

      • Satu hal yang perlu kita ingat bahwa Alloh itu Maha Bijaksana & Kebijaksanaan-Nya tidak akan berkurang sedikit pun hanya karena keluhan semua Mahluk yang Ia ciptakan termasuk kita.

        Solusi yang saya sarankan untuk teman-teman semua yang merasa dirinya pendiam dan ingin merasa lebih baik lagi adalah :

        “Menyadari bahwa kependiaman bukanlah hal yang harus dihilangkan pada diri kita, tapi ia adalah karunia yang harus kita syukuri”.

        Banyak sekali orang yang berfikir bahwa “Kependiaman” merupakan masalah, tapi sekali lagi hal itu bergantung pada bagaimana seseorang menyikapinya.

        Ada yang menganggapnya sebagai Ujian, ada juga yang malah menjadikan kependiaman segagai nikmat/karunia yang patut di syukuri. Masalahnya ada pada kita sendiri, Masalahnya adalah kesulitan masing-masing orang yang belum mengetahui di sisi mana nikmat/hikmah dari kependiaman yang Alloh karuniakan pada nya.

        Terimakasih Telah berkunjung.

      • cui says:

        Ttp semangat..
        Smakin qt mrasa minder smakin jauh prtmanan dr hdup qt. Qq jg prnh mrasakan apa yg qmu rskan. Perassa tkut d blg smbong la, kuper, atw krg nyambung. Tu pikirn qta sndri yg buat. Qta bkan tuhan, yg tw apa yg d pkirkan mrka ttg qta. Ttp optimis. Allah pasti siapkan ssorg utk qta. Yg baik utk qta.

      • Dimas says:

        Sama tapi sebelum kita mempertanyakan keadilan Tuhan yang pasti Maha Adil, mari kita mencoba merubahnya sedikit demi sedikit, memang sangat sulit terkadang bikin frustasi kalo mikirin masalah ini, tapi saya masih percaya Allah Maha Adil Allah tempat kesempurnaan dan manusia tempat kesalahan dan kekurangan hanya kepadaNya tempat memohon Yang Maha Mendengar Maha Melihat Maha Mengetahui Qolbu

      • Sefi says:

        Hemb….klo ada tmn ngumpul …pertama ikut dluan ….orang lebih suka diperhatikan dan di hargai saat dia bicara …coba anda lakukan itu …dan berbicaralah sedikit demi sdikit misalkan mulai dr bertanya ttg apa yg dia bicarakan…atau beropini ..ke dua …hargailah teman teman yg mengakui anda…mgkin itu langkah awal untuk merubah ..hehee ….aq jg pendiam ..😉

      • rara says:

        Sama aja seperti aku. Aku terkadang sedih kenapa aku beda sama yg lainnya. Aku ingin sekali ikut bergabung sama org lain. Tapi malah sekali ngomong langsung diledekin, maka nya buat aku minder. Aku jg sering dianggap org sombong, aku jg sering ga nyambungan kalo ngobrol. Aku kepengen kayak org lain😥
        Aku malah terus berpikir orang2 tidak mau bergaul sama aku karna aku nyebelin ga pernah asik😥 padahal aku pengen bgt punya temen yg selalu ngerti keadaan aku😦

      • wardaputri says:

        aku kira cuma aku aja yang pendiam di dunia ini. ternyata banyak juga. huhuhu

      • amalia says:

        Astaga 100% sama bgt kayak kamu😦

      • panggil boy aja says:

        saya jga mengalami hal yg sama..mau ngobrol ngga tau apa yg harus d obrolin kadang malah ngga nyambung.akhirnya diam..karna lebih sering diam akhirnya saya ldi jauhi.mungkin ikut kelas les publicspeaking atau mengunjungi psikolog bisa membantu kita keluar dari masalah ini,tpi yg jadi masalah adalah biaya nya.
        barang kali ada yg bisa menolong kami melalui konsultasi online secara cuma”.bukan nya kami tidak butuh teman,kami hanya kesulitan berkomunikasi
        terima kasih

      • auliarahmanweb says:

        Ia kan ada psikolog online tapi aku endak tahu cara kerjanya.

    • syabilla says:

      Setuju banget !

      • Meliana says:

        Trnyata banyak juga ya yang seperti aku
        Terkadang sedih klau berada ditengah” tmn” ku
        Paling aku hanya sendirian duduk dipojokkan tapi walau sering sendiri bukan brarti aku gak kesepian aku sangat sring kesepian smape kadang” pengen nangis
        Bkn nya smbng tapi aku hnya gk tau aja mau mulai prcakapan dari mna dan trkadang rasanya percuma ngajak bicara aku na mah pling diabaikan kayak gak dianggap 😥😭

      • Cahaya says:

        Yu sesama pendiam kita bersilaturahmi🙂 0895601045883

      • Thia says:

        Bikin grup wa aja. Ini nomorku mbak cahaya

  6. andri says:

    bnr, rasanya masa-masa remaja yg ku alami sekarang,akan terbuang percuma krn sifat pndiam ku ini.

    • priana13 says:

      Tidak seperti itu Akhi, Percayalah semua yang Alloh berikan pasti ada hikmahnya. Justru terkadang dengan kita banyak berdiam malah akan lebih terhindar dari berkata-kata yang tidak berguna. Tahukah apa yang Rasululloh Sholallohu’alaihi wa salam katakan terntang berkata-kata: “Bicaralah yang baik atau diam”. Jadi percuma kita pandai berkata akan tetapi yang keluar adalah kata-kata yang buruk yang malah akan menjerumuskan kita ke dalam kebinasaan. wallohu’alam. Tetap semangat!

  7. hendra says:

    I L I K E I T

  8. nicho randhyo qabriella says:

    Wow , bnyk uga teman2 disini yg pny pengalaman & sifat yg samaa , yaitu pendiam , heheeeeee

  9. momo says:

    tapi yg sering, orang pendiam akan banyak bicara dgn sesama org pendiam jg.. iya atau iya? hehe.. soalnya aku jg seperti itu haha

  10. Wiwid Alwi says:

    sangat mirip dengan kehidupanku sekarang
    terima aja dengan lapang dada
    klu ama cwek bisa jadi pendiam kaya patung
    tpi ama cwok bisa tertawa lepas

  11. adin says:

    Sama seperti diriku.. hahaha
    Tapi percayalah teman-teman orang seperti kita ini dibalik kependiaman kita, Allah menyisipkan kemampuan diatas rata-rata dari orang kebanyakan, itulah yang harus kita temukan.
    Yakinlah semua kepedihan masa muda kita entah itu karena kurang teman, terkucilkan, dianggap cupu atau gagal dalam hal percintaan akan terbayar nanti ketika kita mengerti mengapa Allah menciptakan kita sebagai pendiam. Yang jelas tetap berusaha untuk menjadi lebih baik.
    Salam diam.

    • priana13 says:

      Haha…, “Cupu”.

      Benar, Tidak lah Alloh menciptakan sesuatu keculai diatas hikmah. Mungkin tidak kita lihat hari ini tapi itu ada, Bahkan jangan kita kira seekor semut atau ulat kecil yang kita lihat berjalan di atas batang pohon, itu Ia ciptaka sia-sia, termasuk tiupan angin yang menghembus kulit kita hari ini, Semua ada hikmahnya. …..,

      Tapi Kang Adin,, Pendiam itu bukan penyebab kita “gagal dalam dunia percintaan” (hehe, Ngeri Nyebutnya) Asal ia tidak melanggar Syariat yang Alloh tentukan (Bukan dengan Pacara/Pacaran Islami), Percaya akan mudah…! Wallohu’alam.

    • yoshe art says:

      heheheh…ada2 aj….bigsecret…rahasia nya yg tau antara allah dan sipendiam itu sendiri…manthab…adin..good inspirasi..

  12. Dennie says:

    aku jelek mkanya aku juga pendiam, orang pendiam itu sulit di tebak kadang orang pendiam itu sbenrnya btuh teman, yang bikin orang itu pendiam adalah ketika bicara tidak di respon inilah yang kadang membuat orang pendiam menjadi merasa minder dan terlihat lebih seram dan tak pernah tersenyum

    • priana13 says:

      He2, Kita semua memang jelek. Tahu kata siapa…? kata diri kira sendiri. Percaya atau tidak ketidak percaya dirian justru sumber utamanya adalah karena munculnya perasaan negatif/suuzhon terhadap kemampuan yang kita miliki. Merasa minder lah, ngerasa ga mampu dsb. Yang Jelas Alloh ta’ala memberikan segala sesuatu pada seorang hamba pastilah sesuai porsi dan kebutuhannya.
      Jujur saja, saya pun orang yang pendiam. Hampir teman2 sejak SD,SMP,SMA bahkan sampai seteah itu mengatakan “PENDIAM” tapi tahu kah kita apa cara jitu untuk mengatasi itu semua?
      yups, “BERSYUKUR”

    • Semua manusia pasti mempunyai sisi kelebihan dan sisi kekurangan’y masing”.. Menurut Q lebih baik kita koreksi sisi mana kelebihan yang kamu punya dan jadikan kelebihan mu sebagai tolok ukur nie toch Dennie.. Karena tidak semua orang yang mampu spt kamu.
      So jangan minder! kalo kita butuh teman tinggal kita nyari ja ga da yang susahkan.. Tahukah itu semua terpatri rasa takut yang terjadi d’dalam diri kita sendiri cos Q juga pernah mengalami hal yang sama ko.. Kalo semisal kita tidak d’respon ketika kita bicara kamu jangan langsung nyerah “Ah.. Dia mah ga ngerespon pembicaraan Q” Jangan nyerah dulu, bukan’y tujuan kita agar suara or sesuatu apa yang ingin kita utarakan supaya mereka mendengarnya.. Mungkin suara kamu kurang jelas atau mereka sedang melakukan sesuatu sehingga mereka tidak mendengar apa yang kamu bicarakan so positif thingking sob!
      Diam itu ada tempat’y lho.. ^^

      *Karena Q juga sama spt kamu ko, Q seorang pendiam tapi Q tak ingin diam terus menerus, karena diam yang baik itu tahu dimana dan kapan saja kita diam dan kapan saat’y bicara.. ^^

      *So Optimis & You Can Do It!

    • Febrine says:

      @ deni ada poin yg sama dgn yg aku rasakan, ketika bicara tidak direspon, dan ketika senyum tidak dibalas,, dan berkali2 terjadi,, itulah yg membuat aku akhirnya tidak pernah menyapa ataupun senyum ke orang lain.

  13. Waah Q spt’y orang yang paling parah dalam kediaman Q. Jujur ja Q kalo ketemu ma orang ja gemetaran apalagi kalo diajak bicara. Q tak canggung jika d’dunia maya beda dengan dunia nyata.. Q sendiri bingung kenapa bisa seperti itu
    Tapi bagi Q, Diam itu Hebat! toch banyak orang” Hebat yang asli’y seorang pendiam.
    Oleh karena itu kita patut bersyukur toch.
    .

    • lenny says:

      sama, q juga seperti itu, klo didunia maya ngomongna seperti kereta api, tpi didunia nyata mala diam seribu bahasa,, aneh bgt ya

  14. Pingback: 5 Macam Karakter Manusia – Pr

  15. sendirian.... says:

    Ya, aku jugak kayak gitu, kadang kala aku merasa kalou mereka itu sebenarnya gak suka sama aku( tapi itu memeang iya) ya mau gimanalagi, udah hampir 7 tahun aku menjadi seorang pendiam…. Skrang aku 15 tahun dehh

  16. edy says:

    it’s real, dan saya adalah contohnya
    cuma bisa berusaha dan berpikir apa yang harus saya lakukan agar tak seperti ini dan satu hal lagi
    ”seorang yang pendiam cenderung sering merasa takut membuat sebuah kesalahan”

    • priana13 says:

      Tpi Bgus juga kayak nya Mas Edy, Kalo kita takut membuat kesalahan maka kita akan lebih terhindar dari banyak kesalahan yang kebanyakan orang lakukan.

    • Sakti says:

      Saya juga udah bosan jadi orang pendiam, setiap hari ingin merubahnya alhasil masih pendiam juga di dunia maya lumayan lancar dunia nyata pendiam apalagi sama cewek. Sampe sekarang belum punya cewek tapi ada yg lagi di dekatin disini lah saya terus agar terlihat tidak pendiam di hadapannya dan tidak ngebosanin..so menurut saya kependiaman saya karna saya sangat takut salah dalam kata kata saya, dinggap tidak penting dan ditambah tidak bisa humoris yang membuat saya terdiam.. Membosankan

  17. Rizaldi.F says:

    saya juga memang pendiam tapi rasanya aneh jika saat berada di sekolah atau di umum saya cenderung pendiam tapi pada saat saya berada dirumah ke aktivan saya lebih dari biasanya ….😀

    • priana13 says:

      Klau kata Ustadz saya, “Memang terkadang hidup itu begituan….”. Memang tak mungkin semua lancar sesuai yang kita inginkan, hasus ada warna sehingga kita bisa banyak belajar….

      Jika hari ini kita tak banyak bicara karna keterbatasan, maka cobalah esok hari lebih banyak kata yang kita ucapkan atau lebih banyak karya yang kita hasilkan. Hidup bukan hanya sekedar berkata dan berbuat lalu kita tiggalkan, harus selalu ada keistiqomahan dan perbaikan kearah yang lebih baik.

      So, Jangan hiraukan kekurangan. Yang penting tetap melakukan yang terbaik dan pada saatnya nanti, kita adalah seorang pemenang…!

  18. saya pendiam tapi gx mutlak…jujur terkadang saya butuh dengan yang namanya kesendirian untuk menenangkan diri dan merenung.. dan terkadang saya berbicara dengan orang lain / tmn yang saya kenal sekedar berbicara yang penting, tidak lbh..kecuali dgn sahabat.

  19. Yudith says:

    aku kira cuma ada 1 atau 2 orang aja yang punya sifat pendiam sama kayak aku, aku pendiam banged, bahkan sekarang entah bener ato enggak mereka menjauhiku, aku ngmng dikit gga di tanggapi, sedih banged rasanya. Tapi aku heran, kalau udah kumpul sama orang yang udah kenal, aku malah jadi yang paling menonjol. Apalagi di dunia Maya, yah beginiliah kehidupan orang “pendiam” . . .

    • priana13 says:

      Kta orang bijak…: “Setiap orang itu mempunyai kecenderungan terhadap suatu hal”. Jika kita tidak mampu mengerjakan suatu pekerjaan, ya kerjakan saja yang lain. Jika ga bisa bergaul di dunia nyata, ….???di dunia maya????

      Yang penting, Ada Manfaatnya.

      Satu lagi, Jngan jga kita berprasangka buruk pada lawan bicara, mungkin kesalahannya ada pada kekurangan yang kita miliki.
      ttp smngat..

    • prabowo says:

      kita sama. di kampus aku merasa tidak nyaman ketika bersama teman sekelas. tapi kalau bersama teman kelas lain rasanya lebih nyaman dan lebih dianggap.

      • Yang Sabar aja ya…! Smoga tetap semangat dan masih bisa mencetak banyak prestasi.

      • yunii dewii says:

        Lah kok kita sama, aku lebih menonjol dan merasa dianggap sama temen kelas lain, lebih terbuka kalo ngobrol sama mereka , tapi? sama temen sekelas ku aku jusru pendiam, tak tau harus ngobrolin apa? padahal yang mereka obrolin juga ttg “cowo” aku cuma bisa mendengarkan tapi gabisa membalas percakapan, Tuhan tolong akuu

  20. Rahman says:

    gak semua orang pendiam tidak punya teman terkadang orang lebih memilih teman yang pendiam karna biasanya orang pendiam itu jujur.

  21. Rahman says:

    gak semua orang pendiam tidak punya teman terkadang orang lebih memilih teman yang pendiam karna biasanya orang pendiam itu jujur dan tidak sok keren.

    • priana13 says:

      sip..! Setuju aja dh kang Rahman…!
      dan Semoga kita Senantiasa menjadi orang jujur dimanapun berada.

      • sobat says:

        Subhanallah….. sya juga pendiam dan apa yang saya rasa sama dengan apa yang kalian rasa. Tapi buat sya hal itu bukan menjadi factor yang menghambat atau menghalangi buat menghadapi roda kehidupan yang terus berputar . kenali alloh sbgai pencipta lbih dekat lagi sampai merasa yakin dengan seyakin yakinnya bahwa alloh maha sempurna karena semangat terbentuk dari keyakinan.
        Terima dengan penuh ikhlas,jalani dengan penuh kesbaran ,dan apapun hasilnya tetap terima dengan penuh rasa syukur.
        Kita berdoa dan saling mendoakan aja. HIRUP MAH NGAN SA UKUR NGUMBARA > Hadapi Hayati Nikmati😀

      • priana13 says:

        Wah Keren “sobat”, terimakasih atas petuahnya. Sebagai sarana agar lebih dekat denga Sang Pencipta, Baca juga materi terkait di kelolaan Priana Saputra yang lain: http://dainusantara.com/ketika-seorang-hamba-lebih-dekat/ (he2, sambil promosi di blog sendiri ga papa kan..?)

  22. supriyanto says:

    sama donk aqu jugak pendiam oranx apalagi di samperin cewek he sampek keringetan

  23. h.s says:

    sama kaya saya..pendiam..tersiksa rasanya…. susah berkomuniksasi dan bersosialisasi..tiap hari menyendiri…

  24. h.s says:

    tiap mau ngomong pasti dipikir-pikir dulu seribu kali ini pantas g yah,ngomong ini wajar g ya hingga sering kali g jadi ngomong…tiap berhadapan dengan orang bingung harus melakukan apa…gimana nih biar g jadi pendiam terus? masa SMAku sudah kulewatkan dengan kediamanku..kalo inget jadi nyesel..kenapa pas SMA aku pendiem..nah sekarang kerja di tempat kerja juga pendiem,menjauh dari teman2..pasti suatu nanti aku nyesel lagi,kenapa dulu aku pendiem..serba salah…kaya orang g dianggap..dan g betah..tapi mendingan waktu SMA,walau pendiem ada saja yg mau berteman karna aku agak menonjol dlm hal pelajaran..nah di dunia kerja aku tersiksa sekali..dimana2 g betah cuma satu alasannya,g punya teman,merasa terasingkan…tapi seringkali berbohong kalo alasannya kerjaannya g enak…aku jadi pesimis tentang masa depanku

    • priana13 says:

      Santai aja “h.s”. Kalo kata guru saya, “Memang kadang hidup itu begituan”. Toh walaupun kita kurang dalam hal sosialisasi, kita masih unggul dalam hal yang lain bukan? Nah menurut saya sendiri, hal yang paling bisa untuk membuat seseorang yang pendiam lebih optimis adalah dengan mensyukuri kelebihan yang ia miliki dan kalo bisa lebih dikembangkan potensi dalam diri kita. Kalo kita memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, masalah sosialisasi akan datang dengan sendirinya, kenapa? karena, pasti akan banyak orang yang membutuhkan kita bukan? (iya ga ya….? he2) semoga sedikit membantu.

      • yoshe art says:

        sy setuju itu…kalo karakter udah pendiam yg memang gitu main nya…tp kan ada suatu kelebihan disebalik itu..kelebihan (yg positif)itu di tempa terus sampai klimax nya…masalah teman/orang lain jgn terlalu dihiraukan…nanti datang sendiri tu..contohnya bro priana kita ini…

  25. Pingback: Kelebihan orang pendiam | Pr

  26. Wulan says:

    aku pendiam kalo sm orang lain yg blm ku kenal dan blm kenal deket. sampe dibilang jutek-_- tp kalo sm temen deket sih ya cekak2 cekikikan rame gitu. jadi itu aku gmn ya? -_-

    • priana13 says:

      Emang Gitu Teh Wulan. Tipe orang beda-beda kali ya? Ada orang yang mudah akrab, ada juga yang agak susah buat mengakrabkan diri. Mungin yang terakhir ini yang dimiliki sama orang pendiam. Tp, menurut buku yang pernah saya baca bahwa setiap orang memiliki rasa enggan saat ketemu sama orang yang baru dikenalnya, hanya porsinya saja yang berbeda.

      wallohua’lam, karena sebaik2 perkataan adalah kitabulloh dan sebaik2 Petunjuk adalah petunjk Rasulloh.

  27. Dewa PB says:

    Afgan itu pendiam tapi bisa sukses, kita perlu mencontoh yang Afgan lakukan.

  28. faisal22 says:

    ya Allah, membaca blog kang Priana membuat air (red: ditambah “mata” kayaknya) menangis, saya merasa ternyata ada orang yang memperhatikan orang pendiam. ya saya cowo, tapi nangis haha haduh. benar apa yg udah ditulang kang Priana, kealami semua sama saya. terutama saat nulis post ini aja saya mikir bulak balik. tiap kata yg dah ditulis pengen rasanya dihapus dan diganti lagi sama kata-kata yang lain.. tapi emang emg benar sih, org pendiam sangat butuh teman

  29. andre says:

    Saya sedang berada dikelas 2 sma,, mau curhat ni, aku orangny pendiam, tetapi aku ingin sekali utk berubah menjadi orang yang tidak pendiam,berbagai usaha aku jalani mulai dari meniru perkataan orang,mencari tips agar tidak menjadi pendiam, dll. Alhasil semuanya gagal aku tidak dapat berubah,,aku pun merasa minder dengan teman2ku,, bnyak sekali teman2ku yang bilang aku ini orangnya pendiam sekali bahkan orang tua akupun juga.Mungkin ada teman2ku yang mau mendekati aku,tapi itu ada maksudnya yaitu untuk minta ajarkan tntng pljran.Padahal aku ingin teman2ku itu mendekati aku bukan untuk pljaran saja. Aku merasa sedih dan terluka mendengar kata pendiam yg dilontarkan temanku.Tetapi aku sdar bhwa aku memang sdh ditkdirkan utk mnjdi org pendiam. Dan mulai saat ini aku menggunakan ilmu tuli yaitu cuek dngan segala ucapan2 bahwa aku pendiam. Dan aku ingin focus dengan pelajaran dan membuktikan kepada temanku semua dengan prestasi aku. hehehe

  30. Giowahyu says:

    Saya pernah membaca sebuah artikel tentang orang pendiam. Konon orang pendiam itu 70% pintar, dan sisanya 30% sangat pintar. Selain itu, orang pendiam juga ga banyak bicara,. Ya ialah.. hehehe

  31. Khoeri says:

    Ya seperti saya,
    karna saya tidak pandai dalam hal berbicara, tak tahu harus membicarakan apa, lebih baik diam dari pada berbicara tidak jelas

    • priana13 says:

      Btul, Terkadang yang diem-diem lebih selamat. Daripada bicara tak karuan, malah nyakitin perasaan orang. Tp, jngan lupakan jga, bnyak juga yg bnyak bicara dan ia lebih berguna.

  32. lathyb says:

    Senyum senyum baca komentarnya🙂 pengalamannya gak jauh beda. Tetep semangat sama kependiemannyaa *.*9 orang sukses dunia akhirat macem macem tipenyaaa

  33. riky says:

    .diam itu EMAS?

  34. sri says:

    diam itu menyenangkan

  35. laras says:

    Dari semua comment yang sudah di tulis,saya termasuk orng yg suka diam karena takut mengeluarkan kata2 yg salah, jadi ketika ngobrol dengan orang lain perkataan saya, terdengar sangat kaku.

    • priana13 says:

      Itu wajar Teh, Tak usah berkecil hati, malah perasaan “Takut Salah” merupakan hal yang terpuji. Byak orang yang banyak berkata, tapi malah menyakiti saoudaranya…..!

      Wallohua’lam.

  36. kirei says:

    gimana, aku orang ppendiam yg dituntut untuk punya skill ngomong…tapi udah minder duluan

    • Itu emang masalah umum bwat orang2 pendiam kyak kta, Berdasarkan pengalaman dan petuah dari beberapa orang bijak yang saya kenal, mereka menganjurkan untuk sebanyak-banyaknya membaca “buku” untuk pandai berbicara. (Tidak termasuk buku matemateik yg hanya cantumin rumus dan variable ya! he@). kenapa demikian, mungkin jika banyak perbendahraan kata dalam benak kita, maka akan lebih mudah dalam berbicara. Walau demikian, jangan berkecil hati dan tetap berusaha. Semoga membantu….!

  37. Kano says:

    akhir-akhir ini sy pendiam sekali. sampai-sampai temen2 kerja kelompok di kampus saya dibuat kesal karena saya hanya diam dan malu untuk bicara tanpa di pancing. mereka menuntut saya untuk aktif, sedangkan saya orangnya kallau gak disuruh gak mau jalan..

    • Terkadang kita berdiam dan itu bermanfaat. Akan tetapi, jika sampai merugikan orang lain dan membuat mereka kesal, maka harus ada tekad kita untuk merubah diri. Saya pun orang pendiam, akan tetapi saat di kelas malah lebih aktif. Mungkin tips pada koment semeblumnya bisa kita terapkan…. Wallohua’lam..!

  38. Pingback: Cara Menaklukan Orang Pendiam | Belajar dr Orang Pendiam Brng Priana Saputra

  39. iya betul sekali. tapi saya minder bukan krn sy tdk bersyukur kpd nikmat Allah. saya dr kecil sudah pendiam dan pemalu. bhkn bnyk ttangga sy sndiri bilang knp sy nggak pernah keluar rumah.
    guru sy jg bilang ke temen sy. katanya saya itu pendiam tp ky judes” gimana gitu. trus sy jg pnya tmen sekelas sy dia org nya itu suka iri sm sy. sy diam sj dan hnya memerhatikan gerak2 nya.. dan plan2 dia coba2 ikut2 jd saya. tp dia nggak bisa. dan tiap hr dia sllu menyindir sy apa yg sy bisa. tp sy pura2 nggak denger masuk telinga kanan keluar telinga kiri. tp selamanya sy tdk bisa sperti itu, sering sy terlalau lama memikirkan dan lama untuk melupakan. memang bener org pndiam itu sulit ditebak perasaanya. bhkan ortu sy sendiri sj tidak peka sama sy. sy pernah bilang ke ibuku kalau ibu itu suka nya muji2 org lain baik dr pinternya pintar bergaul nya.. dr situ sy merasa tersindir.. sy tnya kpd ibu knp ibu nggak prnah ngerti perasaanku… ibu cuma ngejawab ya bilang aja kalau butuh.. aku jg sering menangis krn sprti itu.. jg satu lg bener adanya klau org pendiam itu terlihat tenang saat sendiri. mmng sy suka sndiri. tp ketika sy tdk disapa tdk diperhatikan, tdk dianggap saat itu sy menangis di dlm hati.

    tp sy ikut organisasi lo, sy dipilih. entah knp?.
    sy jg tdk sk berteman sprti teman sy yg sy sebut di atas krn dia klau berteman suka nya ngoming2 hal gk pntg.. melukai hati org. omongannya tuh omngan org iri.
    aku nggak prnh nyesel krn aku pendiam. aku tk pedulia apa kata orang mau aku pendoiam lah, mau aku jutek lah. yg ptng sy tdk sprti itu. sy merasa pendiam itu kebahagiaan buat sy krn sy pendiam sy have fun kok. dan pendiam adalah jati diri sy sesungguhnya.

    • He22, Jadi Malu nih sama “Yasmin Tsana ‘Afifah”. Komennya Pwannjangg bangeet.

      Mungkin sudah menjadi sifat manusia secara naluri mereka akan terusik dengan hal mengganggu apapun yang dilakukan oleh orang lain atas dirinya. Yang jelas jika Kita seorang Muslim, maka indah sekali persaudaraan dalam Islam, kita selalu dianjurkan untuk tetap berhusnuzhon kepada sesama entah itu teman ataupun keluarga terlebih lagi orang tua. Sifat pendiam memang suatu hal yang tidak bisa dengan mudah dirubah, akan tetapi setidaknya kita dapat menanamkan dalam diri kita “Bahwa kebahagiaan orang lain/Sesama Muslim” merupakan hal yang harus kita prioritaskan dari pada diri kita.

      Wah, entah nyambung atau tidak tanggapannya…, tp terimakasih telah bersedia mampir dan membubuhkan komennya di halaman ini….! Semoga selu Alloh berikan kemudahan..

  40. salis says:

    wah….banyak banget nih kommennya…ana suka nih tulisan…hehe jujur..ane juga pendiam…tapi ane alhamdulillah dapat pemhaman mengenai apa itu pendiam (jadi pengen share, mudah2an bermnfaat nih):

    sebetulnya orang pendiam itu sama dengan yang lainnya, hanya saja orang pendiam itu tidak terbiasa memperlakukan yang namanya ‘manusia selain dirinya’ (hehe.., emang beda?). maksudnya adalah, ia lebih memahami dirinya dari pada orang lain. proses menjadi pendiam itu pun merupakan hal yang alami, dimana proses ini adalah proses perulangan ‘kegagalan’ yang ia rasakan ketika berinteraksi dengan orang lain. buktinya ia selalu merasa bersalah kepada orang lain di manapun dan kapanpun. sebenarnya analoginy sama ketika kita sekolah. bagi orang yang pintar, ketika dihadapkan pada dirinya soal matematika (misalnya) ia dengan sigap akan cepat menyelesaikan dan menuntaskan soal tersebut dan ia yakin akan jawabannya. berbeda dengan orang yang belum bisa matematika, ia akan ketakutan, sekaligus kekhawatiran yang luar biasa (galau kali ya) ketika menghadapi soal tersebut. apalagi ketika ia sudah diketahui orang lain bahwa dirinya adalah anak yang bodoh.

    begitu juga dengan orang pendiam. mereka, merka tidak terbiasa menghadapi persoalan yang berhubugan dengan ‘orang lain’. soal/masalah ini adalah apa yang kita sebut dengan masalah sosial/kehidupan. jadi yang diperlakukannya di sini adalah ornag lain. ia tidak pandai memperlakukan orang lain.

    jadi sebetulnya sama saja antara orang pendiam dan orang tidak pendiam dari segi potensi yang ada pada dirinya, hanya saja dari segi kemampuan/skil/kesanggupan menghadapi fakta yang sama ada perbedaan, ada yang mahir, ada yang kurang mahir, ada yang bodoh…

    tapi ingat, bahwa setiap orang punya kecendrungannya sendiri2, tergantung ia mau memlih yang mana. seoragn pendiam itu pastinya tidak memilih kecendrungn untuk memperlakukan manusia selain dirinya, tetapi ia pastinya mempunyai kecendrungan lainnya, sehinga ia geluti di sana hingga mahir.

    sama halnya seperti ada yang pintar komputer, ada yang jago elektronik, ada yang jago nyanyi, dan lain sebagainya.

    nah, ingat, kepintaran/kemahiran dan kebodohan itu merupakan buah dari latihan. dan latihan itu adalah proses perulangan. jika seseorang terus menerus gagal, maka akan terbentuk pemahaman dan pemahaman tersebut akan semakin kuat seiring terus menerusnya perulangan tesebut sehingga menjadi sebuah keyakinan bahwa dirinya orang yang gagal. begitu juga sebaliknya. inilah yang disebut ‘mental blok’. suatu keyakinan sebagai wujud dari pemahaman yang benar/dibenarkan yang terus menerus diulangi.

    kemahiran itu
    nah, mengenai nama ‘pendiam’,’pemalu’, inilah sebuah label yang merupakan mental blok itu sendiri. label ini bisa muncul dari perkataan orang lain terhadap dirinya atau juga pembenaran dirinya terhadap kegagalan yang ia alami.

    jadi bgitu brother…
    intinya, orang pendiam itu adalah pendiam terhadap orang lain, tidak cakap memperlakukan manusia selain dirinya. jadi hanya pada objek ‘manusia selain dirinya saja’
    mudah2n bermfaat..

    • Wah, Panjang bnget komennya …, sampe susah berkata-kata karena “Agak Ilmiaah” tanggapannya (he2). Sip lah, setuju. Setiap orang memang memiliki kecenderungan dan yang pasati kecenerungan itu jarang sekali yang bisa dipasakan. Setiap individu adalah yang paling mengerti tentang latar belakang, kepribadian dan apapun tentang dirinya sendiri dari pada orang lain. Jadi saya sendiri memilih untuk berusaha mengerti diri sendiri daripada mengurusi kepribadian orang lain.

      Wallohua’lam..

      Setiap perkataan manusia bisa benar dan mungkin sekali banyak kesalahan kecuali yang diberikan rahmat dan kelebihan oleh Alloh Subhanahuwata’ala.

      Terimakasih telah bersedia Coment..

  41. riks says:

    hiks hiks…ternyata banyak orang yang sama sepertiku..aku jg merasakan hal yang sama, merasa dijauhi teman-teman..mereka sepertinya tidak sama orang yang pendiam sepertiku..

    • Yang sabar aja ya Sobat, terkadang kita merasa orang yang paling tidak beruntung di dunia ini, tapi ternyata ada sekian banyak orang di belahan bumi lain yang lebih buruk keadaannya dibandingkan dengan yang kita alami…

      “Mohon maaf karean Komennya tidak bisa langsun ditanggapi, Ma’lum orang sibuk (he2)”

  42. susan says:

    suka banget sama tulisannya, soalnya aku juga termasuk pendiam😀 sebenernya pengen juga bisa cerewet dan mudah bergaul sama siapapun tapi kalo emang udah wataknya begini kali ya mau apa lagi.
    disyukuri saja, saya memang punya prinsip lebih baik diam dari pada saya ngomong hal-hal yang gak penting. tapi kadang saya bisa cerewet juga cuma sama sahabat-sahabat saya aja. dan menurut saya orang pendiam cuma disaat saat tertentu aja, dan akan terasa beda ketika udah mengenalnya lebih jauh mungkin memang benar itu yang disebut orang pendiam lebih butuh teman yang deket, butuh diperhatikan juga🙂
    dan memang pernah suatu kejadian karena saya kuliah jadi saya anak kos dan semua penghuninya tidak ada yang satu angkatan sama saya, saya juga lebih sering dikampus sehingga di kossan pun jarang berinteraksi sama mbak-mbak kos yang lainnya ditambah lagi saya yang orangnya pendiam juga lengkap sudah😀 saya sakit tapi gak ada satu pun dari mereka yang memperhatikan saya, padahal mereka tau saya sedang sakit tapi mereka bersikap tak acuh sama saya, sampai-sampai saya terpaksa keluar untuk mencari obat dan makanan sendiri. saat itu saya benar-benar merasa sendiri… tapi saya coba jalani semua dengan sabar🙂

    • Terimakasih atas kunjungannya. Tak ada kata yang lebih indah memang, untuk orang-orang yang diberikan cobaaan dan kesulitan keculali “Syukur” dan “Sabar”.

      Semoga kita termasuk orang-orang yang demikian.

  43. rendy says:

    sy jadi terharu setelah membaca semua komentar diatas,jujur sy juga seorang pendiam dan sebagian besar yang dialami para pendiam diatas saya juga mengalaminya.

  44. Makasih bngt min.
    baru kali ini ada yang mengerti benar2 persis apa yg saya alami dan rasakan.
    semuanya tertuang dalam tulisan mimin diatas..

    dan ternyata, saya ga sndirian. teman2 yg komen banyak ugha yg pndiam.
    hmmm :’)

  45. yuliana says:

    bismillah…
    Assalamu’alaykum.
    yg temen2 semua rasakan itu seperti yg ane rasakan.
    Ane rasakan ane mulai jadi pendiam waktu abang ane nikah, ane mulai masuk kuliah tepatnya 1,5th yg lalu. Ane rasa diri ane jadi beda, lebih suka menyendiri, berfikir akan hidup ne.
    Ane dibilang dikit temen iya, tapi ane punya Allah yg selalu ada buat ane, tapi kadang ada rasa khawatir dalam diri ane. Ana kadang iri lihat orang yg bisa mudah bergaul, yg emosinya stabil.
    Kadang gengsi ane timbul dari sikap diam ane, gengsi yg tak mau memulai berbicara sebelum orang lain memulai.
    Pengem bnget ane rubah ne sikap n sifat ane, tapi bingung mau mulai dari mn??

    • Wa’alaikumssalam warohmatulloh,

      Klo bleh ngasih saran, bisa dimulai dengan memulai berani berbicara paling awa. Tp, terkadang ide itu susah muncul dalam keadaan hening, yang ada malah enggan.

      Terimakasih atas kunjungannya.

  46. Pingback: Solusi Cerdas untuk Orang Pendiam | Belajar dr Orang Pendiam Brng Priana Saputra

  47. Pingback: Sering Minder Karena Pendiam ? | Belajar dr Orang Pendiam Brng Priana Saputra

  48. Hana says:

    aku selalu bertanya pada diriku sendiri”ya Allah kenapa aku dilahirkan menjadi anak pendiam dan pemalu” padahal aku tidak mengingikannya. dari TK-SD-SMP-SMA-bahkan sekarang sampai kuliah aku tetap pendiam. aku pun mudah stress karena yang ada dipiranku ‘aku sendirian..aku ga punya temen di sekolah/kampus..kenapa teman2 ga mau berteman denganku’ aku terus2an memikirkan itu sehingga aku banyak pikiran dan menjadi stress. padahal aku udah meniatkan banget untuk merubah sifat pendiamku waktu aku masuk kuliah tapi rasanya kenapa sulit aku telah mencobanya perlahan-lahan namun tetap tidak bisa. aku hanya bisa menangis😦

    • Bismillah,
      Saudara Hana yang mudah-mudahan kita semua senanatiasa diarahmati Alloh subhanahuwata’ala. Setiap orang memang akan dihadapkan pada permasalahan yang beragam dan beragam pula cara menyikapinya ya. Satu hal yang harus, mesti dan perlu kita perhatikan bahwa Semua yang Alloh Ta’ala tentukan dan berikan bagi diri kita pasti ada hikmahnya. Alloh tidak memberikan semua yang kita inginkan, tapi ia memberikan apa yang kita butuhkan. Meski demikian, terkadang kita merasa bahwa yang Alloh berikan itu tidak kita butuhkan, padahal mungkin disana terdapat hikkmah yang besar.
      Saya sendiri cara menyikapinya dengan berbaik sangka atas semua hal yang ditentukan Alloh atas kita. Kata orang, Fositif Thinking Always (punten upami nulisnya salah nya, he2). Mungkin dengan kita diam, justru itu akan membuat kita selamat dari hal yang sia-sia dsb.
      Wallohua’lam, Terimaksih atas kunjungannya.

    • Zahra says:

      Hai aku mau temenan sm kamu

    • Sakti says:

      Hana temanan sama aku aja yok.. Biar diam diaman kita wkwkq
      Becanda hana
      Bbm d11116a3
      Mari berteman

    • Thia says:

      Aku juga mau temenan sama kalian kita bikin grup di wa aja yok

  49. asty says:

    aku juga pendiam, tapi karena lebih baik diam dari pada keluar kata” yang tak baik, lingkungan yang membuat ku diam, diam terkadang mengontrol kita untuk selalu berfikiran positif, berusaha menjauhi yang sebenarnya tak perlu kita lakukan.

  50. belaalfa says:

    Wah saya juga sama pendiam sampe2 pas pelajaran pkn disuruh buat kritik dan saran buat teman untuk bisa intropeksi dir, akhirnya saya mendapat hasil dari teman saya “pendiam , ramah , suka senyum , kreatif dalam seni , paling bisa soal komputer dan internet ” hmmm😦

    Saya memang pendiam tapi kalo di ajak becanda suka nyambung dan paling susah berhenti ketawa .. saya juga punya sahabat 13 org di 2 kelas yg berbeda , kita udah sahabatan 3 tahun meskipun beda kelas..
    Tapi kenapa hanya kekreatifan dan ide di otak saya yg bisa saya andalkan ,kenapa gak pergaulan seperti org lain??
    Apa saya bisa ngerubah atau intropeksi diri??
    Paling takut sama kesalahan dan kritik dari org lain, kalo saya berbuat salah dan di kritik hati saya langsung bergejolak kaya merasa nyesel berbuat kesalahan ..
    Suka minder sama anak2 komunitas .. tapi saya yakin saya emang bisa kaya mereka tapi saya rasa saya malas untuk melakukannya, dan selalu berfikir keras untuk supaya gak salah
    Kalo untuk bicara saya lancar aja .. dan kata temen saya , saya paling bisa ngertiin perasaan org dan ngasih solusi ..

    Itulah pengalaman saya sampe skrg .. hehe
    Maaf kalo kaya curhat hehe
    Mau gimana lagi , itu adalah unek unek saya yg pengen saya ungkapin dari dulu
    Insyaallah saya akan merubah semampu saya

    • Wah bagus nih, Bwat Motivais temen-teman yang lain. Semoga usahanya dapat memberikan hasil yang memberikan manfaat baik bwat diri sendiri maupun orang lain. Memang terkadang ada orang yang sering mendengarkan banyak curhat, tapi ia sendiri tak ada yang mau denger curhatannya. Tetap semangat dan terimakasih telah berkunjung, (Berkunjung lagi, selagi sempat. He2)

  51. Tomy says:

    rame euy… gak bisa kasi komentar dan cuma bisa tersenyum baca koment semua.. krna qita sama… “pendiam”
    😀

    • Kyaknya, judulnya mesti diganti ya jadi “Sudut Rame Realita Orang Pendiam” he2. Semoga komentar dan tulisannya bisa saling memberi semangat dan motivasi bagi yang lain. Terimakasih telah berkunjung.

  52. Citizen says:

    membaca tulisan anda adalah benar adanya, saya adalah tipe penyendiri, dibalik kesendirian saya terkadang di hati ini selalu ada rasa keinginan seperti mereka-mereka yang bisa dengan antengnya supel bersosialisasi dan easy going, teman-teman sayapun bisa dihitung dengan jari, pas kuliah saja (saya baru lulus) saya cuman punya 5-6 teman..Sisanya cm sekedar kenal dan pergi begitu saja..
    Walaupun saya terkadang ingin bisa supel dan aktif pergaulan spt kebanyakan org, tp di sisi lain saya tidak bisa menerima itu karena jujur saja masalah pandangan hidup dan selera saya selalu dirasa berlawanan dg “arus mainstream”, makanya dalam hal pergaulanpun saya cenderung selektif alias membatasi ruang bagi diri sendiri.

    • Terimakasih telah berkunjung dan berkenan mengisi komentar ini. Pada awalnya, saya hanya menulis berdasarkan pengalaman dan sedikit pelarian (he2) dari sifat kependiaman yang dimiliki. Tidak disangka ternyata banyak juga yang merasa senasib dengan apa yang saya tuangkan dalam artikel ini. Harapan besarnya semoga dapat memberikan motivasi aga kita tidak selalu merasa sendiri karena ternyata kita semua merasakan hal yang sama..!! Terimaksih.

  53. lala says:

    pengen tanya kang, ak termasuk pendiam juga, rata-rata semua orang bilang kalau ak itu polos.. becandaanku juga kayaknya garing banget, tapi sekalinya lucu kadang keterlaluan.. di tengah mereka, apa berarti ak harus kembali diam?

    • Enggak juga sih. Mungkin karna perasaan kita yang terlalu berlebihan aja kali ya. Ktanya orang polos itu kebanyakan pada jujur (bner gk ya..). Jika dirasa ketika bercanda itu tidak terlalu berfaidah, kalo saya sendiri lebih memilih diam. Wallohua’lam. Teirmakasih telah berkunjung.

  54. Maf says:

    Aku harus mengubah sikap ini.
    Ini terlalu menyakitkan selalu d ejek ,d hina d caci, tapi sulit untk mengubahnya. Sulit bgt buat ngomong ma orang lain. Aku pengen ketawa ketiwi. Tolong gmana cara menghilangknnya

  55. Maf says:

    Aku sejak sd, slalu di ejek.,
    dari smp jg,trs skarang smk.
    Tapi q d smk mulai berani untk ngomong. D rmah q slalu bercanda dgn keluarga tp knp dgn orang lain sulit bgt .kya mulut ne d kunci. Aku slalu minder dan sabar,, dlm masyrkt qku slalu d kucilkan.. Bhkn keluarga sering mengejek..knp km takut sma orang? Aku berusaha trs,,, untk menghilangknnya, tp dgn cara ap gmana cara memulai percakapn dg tmn baru???

    • Wah, agak rumit juga ya! Tak pernah terbayangkan rasanya bisa sejauh itu. Sejujurnya sayapun tidak ahli dalam hal psikolog. Tapi mungkin saran berikut bisa sedikit dipertimbangkan:

      Saya harap Anda adalah Orang Islam, karena dalam Islam salah satu hal yang menjadi faktor keberuntungan seorang muslim adalah karena ia “bersabar” saat diberikan cobaan dan “bersyukur” ketika diberi kenikmatan.
      Jika kita anggap apa yang kita alami saat ini amat menyulitkan, barangkali itu adalah cobaan yang ketika kita bersabar karenanya maka, bisa jadi itu jalan kemuliaan kita nantinya.

      Salah satu, hal yang sering saya sampaikan. Jika kita mengalami hal seperti itu, jalan terbaik saya pikir “Harus senantiasa berhusnuzhan seiap saat”. Satu lagi, jika memang ia ada yang selalu memaki, atau menyindir kita, baiknya kita doakan orang tersebut. Ketika kita mendoakan kebaikan terhadap seseorang walaupun kita membencinya, maka itu jalan terbaik untuk mengikis sakit hati yang kita rasakan.

      Semoga bermanfaat. Wallohua’lam.

  56. harfan says:

    aq juga pendiam..
    dlu waktu kecil aku sering di pukuli sama ayah ku..
    mngkin gara2 itu aku jadi kurang percaya diri
    dan lbih suka mnyendri, walau pun kadang hati ku menangis.

    • Masa lalu adalah masa lalu, tapi terkadang ia akan menjadi pelajaran kita saat ini sehingga kita bisa lebih sabar dan kuat saat menghadapi masalah yang besar. Saat kita sendiri dan sedih, baiknya kita senantiasa berdzikir.

  57. ntnmilhw98 says:

    Baru nemu nih blog , sebenarnya saya juga pendiam tetapi setiap org punya choose . Pilihan menjadi terus pendiam ato keluar dari karakter pendiam. Saya pernah mengutarakan masalah ini knp saya hrs disendirikan kpd tmn saya kbtulan dia di kls org yg sangat bisa bergaul dan mreka bilang sayalah yg memisahkan diri mreka juga berharap saya lebih bisa bergabung dan menjadi pendengar yg baik.”Bukan hrs kami saja yg mengerti km tetapi km juga hrs mengerti kami”, setelah itu saya baru sadar bhwa mreka tidak sama skali bermksud menjauhi. Saya yakin org yg pendiam punya kelebihan dan kelebihan itu hrs ditonjolkan kpd mreka misal kalian hobby bernyanyi mka bergabunglah dgn org yg mempunyai kesamaan hobby dgn mu dan saya yakin mreka akan senang mempunyai teman bincang yg sama hobby. Lama kelamaan mreka akan berpikir kalau kalian bisa diajak ngobrol. Kebetulan saya hobby menggambar animasi dan wkt itu tidak ada yg sprti saya akhirnya saya berusaha berbaur dan menjadi pndengar yg baik dr pd menyendiri.

    Itu pengalaman saya hehe

    • Wah yang kayak gini, bagus bwat motivasi yang lain. Jika kita selalu menganggap diri kita sangat kurang, maka akan sulit sekali untuk berkembang. Meskipun di sisi lain kitapun harus selalu merasa masih perlu banyak belajar.

      Terimakasih telah berkunjung, Tp sy kurang stuju kalo harus menggambar. Dulu saya seorang penggambar dan rasanya telah banyak hasil gambarnya (He2), adapun sekarang sudah gk lagi. Ada yg bilng gk boleh gambar mahluk bernyawa katanya…!

  58. Maf says:

    Iya…
    Tp skrng q lg mncoba untuk mjd anak yg ceria dan berush untk berani.
    Memang susah bgt… Tp klo pelan pelan pasti bisa khn.
    Terkadang q berfikir knp q tdk sperti orang lain,yg slalu bahagia? Kadang bersyukur ,kadang gx. Emosiny labil. Trs bgeman menyikapi hal bgt?

    • Begitulah memang keadaan hati, ia di katana “Qalb” karena mudah berbolak balik. Jika kita sedang “bersyukur” berarti Iman kita sedang naik dan jika sebaliknya bearti sedang turun. Yg bisa kita upayakan, terus berusaha bersyukur sebisa mungkin. dan bersyukur itu tidak akan muncul jika kita tidak berprasangka baik terhadap semua yang Alloh Ta’ala berikan dan tentukan untuk kita. Wallohua’lam.

  59. Maf says:

    Tp q klo udh knal ma tmen itu”gampang buat crita? Atau bercanda. Tp klo ma tmn yg blm knal it rasanya tkut mw ngomong.ap it d sebabkn krena kurang percy diri ? Mungkin ini bs d bilang setengah pemalu y.
    Skrng jg q smk. Tmn2 mlh bilang nya anak rusuh dn ceria. Bhkn ad skrng skelas 5 aq yg bnr2 pemalu.
    Klo d tanya y d jwb klo gx ya engak?
    Mungkn masalh sya cuman 1 .bgemana cara supy gampang buat knalan dgn temen baru,, krn klo udh knal ,otomatis ngobrol pn gax susah?
    Gimana om??? Tolong bri solusinya.

    • Wah, kalo yang ni saya nyerah aja dh. Tp satu hal yang perlu kita semua perhatikan “Jangan Panggil Saya ‘Om..???’” (he).

      Sy pun termasuk orang yg susah dalam masalah kenalan. Jika Anda bertemu saya di tengah jalan kemudian kita kenalan di tempat itu, saya berni jamain, jika nama Anda tidak familiar-familiar amat seperti “Udin, Ujang, Cecep, Asep atau kata familiar lain yang biasa saya dengar” satu menit kemudian saya sudah lupa. Yg jelas katanya, kita akan akbrab jika sering bertemu dan sering bekerja sama. Contohnya: Jika dikelas kita sulit sekali bergaul dengan seseorang, tapi saat ada guru yang memilih kita untuk satu kelompok dengan orang tersebut, pastinya mau tidak mau perbincangan pun akan terjadi walau dalam masaah pelajaran.

      Wallohua’lam.

  60. Maf says:

    Ya udh pangil aja maz priana,
    klo blh tau asli mana ?hehe
    seneng dh bsa brgabung d sini??
    Bisa curhat smuanya,jd tambh percya diri?krna sy tau bhw d dunia ini msh byak orang yg pendiam.??
    Yh memang bnr anak pendiam it gx ska kerusuhan,jk d ejek lbh byak diam dri pd membalas.
    Aduh…sy pengen bgt punya tmn yg pendiam ,,yg sebanyak2nya.
    Kebanyakn anak ny gx nakal,beiman dll.

    • he2, Semoga bermanfaat. Memang terkadang seseoang akan merasa plong/lebih lega jika curhat sama yang lain. Profil saya bisa dilihat di sidebar halaman ini. Sepertinya bagus juga kita buat komunitas anak pendiam…! he2

  61. Maf says:

    Mas..apakah kesuksesan bisa membuat kita mjadi lbh percya diri dan berani untuk berkenalan,?? Atau bhkan mungkin bisa d bilang gx pemalu lagi???
    Dan satu lagi,,, apakah shalat tahajut bsa mengubh yg tdny pemalu mjd lbh pemberani??.
    Krna smuany btuh mujizat.

    • Kurang tau juga ya, Yang saya pahami bahwa yang namanya kesuksesan itu sifatnya relatif. Yang jelas, kalo kita punya keahlian, sepentiam apapun pasti akan dibutuhkan sama orang lain bahkan oleh banyak orang. Dan ketika kita memiliki keahlian yang berguna bagi banyak orang, maka masalah kependiam bukan masalah lagi.

      Saya belum pernah dengar kalo sholat tahajut untuk mengubah pemalu menjadi pemberani. Yang jelas, tujuan sholat itu untuk beribadah dan mencari keridhoan dari Alloh Subhanahuwat’ala. Bagi-Nya, merupakan hal yang sangat mudah mengubah sifat seseorang. Jadi, berdoa saja agar lebih berguna lagi.

      Untuk Mujizat, mungkin yang dimaksud pertolongan Alloh, karena Mujizat hanya khusus bagi Para Rasul.

      Wallohua’lam.

  62. Maf says:

    Ok…
    Ya pokoknya kta buktikan bhw orang pendiam it,pasti lbh sukses. Krn biasany orang pendiam itu,lebih rajin blajar dll.soal y sy dh ngalamin..hehe.
    Semangat trus….
    Smuanya d mata allah sma??

  63. ternyata banyak yg sepertiku jg ya…hahahaha..:)

  64. ijin share ya gan😀

  65. Rezaldy latan says:

    Saya itu orangnya pendiam juga tapi knp sy itu orangnya selalu di jauhin sama teman2 saya padahal sy itu tdk bermaksud jahat melainkan saya itu bermaksud baik.
    Ada juga teman saya yang menganggap remeh saya karena saya itu katanya orang yang tdk bisa melakukan apa2 yg hanya bisa duduk dan berdiam diri saja dan saya itu merasa kalau sy itu di dalam kelas itu sy seperti orang idiot tdk tau mau berbuat apa.
    Dan saya harap teman2 saya itu bisa mengerti perasaan saya. ☺

  66. Pingback: Motivasi untuk Orang Pendiam | Priana Saputra

  67. lowcard says:

    aku banget

  68. Riki says:

    hhhh…. q juga kaya gitu, tiap ada temen” yang kumpul cuman bisa liatin dari jauh aja, kalo mereka pergi kekantin q lebih milih di kelas sendirian. nggak tau kenapa mereka kaya benci & aneh gitu kalo ngeliat q. bahkan kalo kerja kelompok q kadang nggak kebagian tim, q cuma bisa ngarep tim ditentuin ama guru. nggak tau kenapa q selalu ngerasa nggak nyaman ama yang rame”. dari dulu q nggak pernah punya banyak temen, pali satu ato dua. kadang ngerasa sendiri tapi selalu nggak mampu buat sosialaisasi, bukannya q gak mau punya temen deket, tapi mereka emang kaya nggak suka ama aku.

    • Benar sekali, hal ini banyak dikeluhkan juga sama teman-teman lain yang katanya pendiam. Saran saya, jangan terlalu pikirkan bahwa orang lain ada perasaan tidak suka sama kita dan coba cari satu atau dua teman saja untuk sekedar cerita yang kita anggap bisa dipercaya. Katanya orang pendiam itu lebih nyaman ketika bercerita 4 mata saja. (Mungkin/he2) terimakasih telah berkunjung.

  69. Nan Padek says:

    Sama aq jg orang pendiam_
    Kurang aktif di pergaulan..
    Kurang percaya diri ,dan terkadang tak tau mesti ngucapin apa.
    Aq suka kesepian dan kurang bgtu suka keramaian…
    Moment sepi sya gunakan sebaik-baiknya,utk merubah warna dgn sikapku.

    Suka nulis blog….

  70. Tanti Indri says:

    bnyak bgt yaa trnyata org2 yg pendiem
    sya jg pendiem bgt, tapi di SD dan SMP sya tdk trlalu pndiem, mungkn krna msh ad tmn mskpun 1 org. skrg d SMA sya bner2 gak brkutik, kdg sya mrsa sedih krna ga ada yg mau brtmn dgn sya

    • Wah Tenang Saja Teh Tanti Indri, Justru katanya teman yang paling sejati bagi seseorang itu adalah Ilmu dan iman yang ia miliki. Jika kita merasa tak punya teman, maka coba dekati teman kita yang ini, keduanya akan menghibur saat kita sedih dan membela kita dikala tak ada satu pun orang yang percaya dengan kita. Wallohua’lam. Terimakasih telah berkunjung.

  71. yuna says:

    hallo salam kenal.. kebetulan saya juga sangat pendiam. tp sekarang harus d hadapkan dengan situasi (saya mahasiswa jurusan ekonomi) yg mengharuskan saya untuk lebih banyak berkomentar, kritik dan menganalisa permasalahan yg ada d ngra kita ini.. saya mrsa salah masuk jurusan. setiap kali berdiskusi saya selalu zonk. walaupun apa yg ada dipikran saya ternyata sama dengan tman yg aktif, tp saya gg bisa atau sulit untuk mengutarakan pendapat tersebut
    .. sedih banget rasanya :(((((( ada saran? tq🙂

    • Salam Kenal juga, wa’alaikumussalam wa Rohmatulloh.

      Terimakasih atas kunjungannya. Sedikit bercerita juga, dulu salah satu cita-cita saya pn kuliah d di PTN, tapi Qodarulloh saya malah dapat jurusan Administrasi. Spanjang pelajaran, ada saja persaan menghantui “Salah masuk jurusan”. Tp, ternyata setelah direnungkan berulang-ulang, semua yang telah di jalani banyak sekali hikmah di dalamnya.

      “Terkadang banyak hal yang kita anggap tidak benar, padahal itu adalah jalan terbaik yang Alloh Ta’ala pilihkan untuk kita”.

      Jika, susah mengutarakan pendapat. Coba acungkan tangan saja, begitu kira-kira yg saya dapatkan dari guru B. Inggris saya dulu.

      Wallohua’lam.

  72. nelvy says:

    iyaa sama, aku juga. kalo pas lagi sama temen2 pasti cuma dengerin dan diam, mereka asyik ngobrol tapi aku ga tau apa yg harus aku bicarakan. sulit banget memulai percakapan, jadi minder😦

  73. Azkia Hanifa says:

    Aku sering di bilang pendiam..
    kadang aku serasa dikucilkan

  74. Mag Bullee says:

    Bener banget ya .
    contohnya anee terkadang sering anee berfikir bawha begitu banya orang yg benci dengan anee padahal anee ga pernah ngeresekin orang lain .
    entah kenapa .
    terlalu minder sama cewek .

  75. Pingback: Anak Pendiam Seringnya DiJauhi! Tau Kenapa? | Priana Saputra

  76. awanisti says:

    Q jg pendiam d saat sendiri merenungi hidup ini, dan melawak/melucu di dpan tmn2n agar q mrasa berguna,agar mreka merasa bahagia, di alam semesta ini tdk da yg mutlak, v d alam semesta ini ada yg mutlak. Yg penting pandai bersikap dmn kt brada!

  77. Annisady says:

    biasanya orang pendiam ttep bisa berkomunikasi dengan baik hanya dengan teman dekatnya, itu yg saya alami. teman dekat saya tidak mengakui kalau sy pendiam. tapi sy sering ngrasa ‘yg terbelakang’ diantara teman2 sy, karena teman2 dekat sy bisa brkomunikasi dgn baik dengan org yg baru ia kenal. kadang sy ngerasa minder

    • frb dini says:

      iyap.. sama persis dengan yg aq rasain.. :’)
      Banyak koment” di atas yg sama dg yg aq rasain n alami.. Sedikit curhat yaa..

      Kalo mau ngomong biar deket sama orang lain aq nggak tau harus ngomong apa.. di pikirn q kayak ny udh nggak ada ide apa” buat b’cnda ato ngmongin ap sm org lain..

      dlm salah satu ekskul yg aq ikuti, rasanya anggota lain nganggep klo aq nggak cakap dlm ngelakuin tugas” ekskul,, aq kayak g dipercaya, disepelein sama anggota lain..

      rasanya aq ya ‘terbelakang’ diantara teman” yg laen.. temen yg udh aq anggep deket aj, skg udh mulai ngejauhin aq, mungkin dy nerasa nggak nyaman sm aq yg kurang nyenengin, sm aq yg pendiam..

      Gmana sih caranya bersyukur? Gmn sih cara bisa optimis?

      • Terimakasih telah berkunjung. Jika ditanya cara bersyukur, saya rasa yang bertanya InsyaAlloh lebih paham bagaimana caranya. Kalo kata orang, bersyukur itu dengan banyak mengingat nikmat yang Alloh berikan pada kita. Nikmat Alloh itu bukan hanya pandai berbicara saja bukan? Masih banyak nikmat lain yang patut kita syukuri.

  78. sh says:

    ternyata bukan cuma aku yg pendiam
    sekarang aku lagi dituntut sama kakak aku buat bisa ngomong kalo didepan orang banyak. Tapi stlh q coba kok sulit ya
    apalagi aku lebih nyaman dengan kesendirian aku
    aku lebih suka suasana yang sepi dan nggak banyak orang. lagi diacara keluarga aja aku lebih milih sendiri dan nggak gabung.
    gimana ya caranya buat bisa ngomong depan org banyak

  79. Zulfa Ulin Nuha says:

    saya tipe orang pendiam jg dan lebih banya berfikir mana yang baik dan mana yang tidak🙂

    • Sip terimakasih telah berkunjung. Oh iya, mohon maaf bagi teman-teman yang commentnya tidak sempat saya jawab. Soalnya terbentur dengan kesibukkan. Mohon maaf, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.

  80. Pingback: Misteri Dibalik Orang Pendiam | Priana Saputra

  81. tanti says:

    “sama seperti kalian,saya juga orangnya pendiam,kurang bisa dan kurang mau bergaul dengan orang lain,pengennya selalu menyendiri,palingan sambil dengerin musik lagu2,tapi satu hal,walaupun saya pendiam saya bukan lah orang yang Sombong.Apalagi di kampus,saya memang tidak banyak bicara dengan teman2 saya,dan saya tipe orang yang cuek jika ada teman2 kampus saya atau orang2 lainnya disekitar saya yang mengata-ngatai saya,mungkin itu sebagai kritikan dalam hidup saya.
    Untuk Priana Saputra,,terima kasih atas artikelnyaaa…tentang si PENDIAM..

    • Sip, Teh Tanti. Terimakasih Telah Berkunjung, Saya pernah pula di katai Sombong. Mungkin karena kurang sering menyapa barang kali. Tapi beberapa tahun terakhir lingkungan saya jauh berbeda, setiap berpapasan dengan orang lain kami dianjurkan untuk mengucapkan “Salam”. Mungkin ini bisa jadi solusi buat yang lain, Jadi ingat sebuah Hadits yang mengatakan bahwa salah satu cara agar kita dicintai adalah dengan menyebarkan Salam kepada yang lain. Wallohua’lam. Terimakasih.

  82. Kalau aku sebenarnya bukan pendiam dari kecil, aku dari kecil sampai kelas 3 SMP kayak anak2 biasanya, ketika mulai kelas 1 SMA baru aku mulai jadi pendiam, lebih suka menyendiri di rumah, itu karena waktu aku SMP aku lebih senang bergaul dengan teman sekolah dari pada teman luar sekolah (teman rumahan), sampe2 pulang sekolah aku langsung pergi kerumah teman sekolah, dari situ mulai teman2 rumah ku mulai menjauhi aku karena aku udah jarang bergaul, begitu udah tamat sekolah,uda jarang jumpa, aku pun bingung mana lagi yang mau dijadikan kawan, teman rumah udah menjauh, yaudah aku lebih baik dirumah bereksperimen, begitu masuk SMA aku minder, gk mau bergaul bahkan sampai sekarang, kelebihanku menjadi pendiam aku bisa membuat karya seni yang belum tentu semua orang dapat membuatnya, tapi aku malu menunjukkannya sama orang2

    • Terimakasih Telah Berkunjung dan sempatkan berkomentar Mas Arief, jika memiliki karya yang kita pikir itu berguna untuk orang lain, kenapa tidak kita tunjukkan hasil karya kita. Mungkin itu bisa jadi salah satu jalan agar kita lebih dikenal sehingga keminderan itu bisa kita kikis. Wallohua’lam.

  83. Syifa Syauqiyah says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Saya seorang siswi SMA kelas X..
    Saya sangat berterima kasih kepada penulis, karena telah menulis artikel yang sangat bermanfaat ini. Juga kepada teman-teman yang berkomentar, karena keinginan saya untuk berkomentar timbul karena komentar-komentar kalian.
    Saya orang yang pendiam. Dari MOS sampai semester 1, saya mempunyai seorang sahabat yang selalu dapat memahami saya. Kebetulan, kami berdua sama-sama di jauhi teman sekelas yang lain. Tapi, alhamdulillah, masih ada yang memerhatikan kita.
    Setelah UTS, sahabat saya itu sempat tidak ada kabar sama sekali, yang pada akhirnya saya tahu dia sudah pindah (ke pesantren)😦 . Semenjak itu, saya selalu sendiri, saya merasa di jauhi teman yang lain, tapi alhamdulillah ada beberapa yang masih memerhatikan saya juga. Hari demi hari saya berharap sahabat saya menemui saya lagi dan saya berharap teman yang lain dapat menerima saya apa adanya. Alhamdulillah, sahabatku itu sempat memberi kabar kepada saya. Tapi, teman saya yang lain itu bersikap semakin buruk pada saya, mereka mengeluarkan kata-kata yang sering sekali melukai hati saya, terkadang saya dapat menahan rasa sakit di hati saya, tapi jika sudah tidak bisa menahannya saya memilih untuk menangis saja.
    Saya merasa diasingkan teman yang lain, saya merasa tidak di anggap, saya merasa tidak disayangi, saya sering sendiri di kelas, belajar sendiri, merenung, sampai menangis. Tapi, dibalik kesendirian saya, saya tahu, Allah sedang menjaga lisan, hati, pikiran, perbuatan, juga iman saya. Saya mencoba yakin ada Allah yang masih menyayangi saya.
    Saya berharap ada yang dapat memberi solusi, saran, maupun kritik kepada saya di blog ini🙂 . Mohon maaf bila terlalu panjang atau ada kata-kata yang kurang berkenan di hati para pembaca.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    • Wa’alaikumssalam warohmatullohi wa Barokatuh,

      Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kunjungan dan komentarnya Teh Syifa. Terkadang memang teman sejati itu amat sulit dilupakan. Meski demikian, sepasang teman tak akan selamanya harus bersama. Pasti akan ada waktu saat kita berpisah dan harus melakukannya. Semua hal telah Alloh Ta’ala atur bahkan jauh-jauh hari sebelum kita dan bumi di ciptakan-Nya. Jika kita merasa sedih atas apapun yang menimpa kita, baik karena di jauhi, tidak dipedulikan atau pun yang lainnya, ingat saja bahwa tempat curhat terbaik bagi seorang Muslim/Muslimah (selain sahabat/pasangan –>> bagi yg sudah menikah ya..!) adalah Alloh Subhanahuwat’ala baik di sholat malam yang kita lakukan maupun di berbagai kesempatan terbaik yang kita miliki saat bermunajat kepada-Nya.

      Jika sedang sedih dan merasa sendiri, saran saya baca saja artikel-artikel seperti ini (bkan bermaksud promosi/he2). Jujur saja, saya sendiri telah membaca artikel yang saya tulis berulang-ulang dan tak pernah bosan rasanya. Ketika kita sadari bahwa ada banyak orang yang pendiam juga, maka kita tak akan merasa sepi karena ternyata banyak juga yang sama seperti kita. Terimakasih, Wallohua’lam.

      Jika ada sahbat lain punya pendpat, silahkan di sampaikan saja.

  84. 100% persis sama dengan kepribadian aq. aku juga orang yang pendiam.dulunya tidak terlalu pendiam.,tapi sejak masuk kuliah tahun 2012 lalu tingkat kependiamanku (hehe bahasanya ngasal) naik beberapa derajat. ga tau kenapa sebabnya. mungkin karena didikan keras bapakku dulu yang suka main fisik menjadikan aku berkepribadian seperti ini. aku malu berbicara di depan umum, banyak hal yang belum terjadi yang aku khawatirkan, aku takut apa yang aku katakan salah dan tidak disukai. tapi aku punya seorang sahabat . 1 kampus dan 1 jurusan dg ku, tapi beda kelas. baru 1 setengah tahun kami bersahabat tapi kami sdh seperti saudara sendiri . kami sangat dekat, dan semua orang tau itu. nah kalo sama sahabat ku satu2nya ini, gak ada istilah diam dalam kamusku. bawaannya nyerocoos teruus gak pake titik. gak pernah kehabisan bahan deh . tapi kenapa teman2 yang lain aku ga bisa seperti itu, padahal teman2 1 angkatan dan 1 jurusan sma aku hanya 2 kelas. rasanya bagi kebanyakan orang mudah buntuk bersosialisasi dengan teman2 apalagi kita udah 4 semester bersama. tapi tidak untukku, aku belum bisa menjadi orang seperti itu.sahabatku itu punya banyak teman. dia disukai semua teman karena orangnya asyik dan supel, asyik buat diajak ngobrol, curhat, becanda. pokoknya ga ada istilah bosan kalo cerita sama sahabatku itu. nah itu yang bikin aku minder kalo ada temen2nya yang juga teman2ku di kampus. masak semua pada sibuk ngoblroh sementara aku cuma bisa diam. tapi sesekali aku juga berkomentar, dan kadang hanya tertawa saja. pengen banget ngilangin sifat pemalu yang kadang menyiksa ini. tapi mau gimana. klinik hipnoterapi di kota tempat aku kuliah sekarang blm ada.pengen banget rasanya cepat2 mempelajari hipnoterapi,dan bisa mensugesti diriku sendiri supaya mengurangi sifatku ini. aku kuliah dijurusan fisioterapi,doakan saja setelah ini aku mempelajarinya🙂 hehe
    banyak juga ternyata yang bersifat sama sepertiku. gimana kalo kita bikin grup yang isinya kumpulan si PENDIAM. kita bisa saling share pengalaman dan bisa kita cari solusi bersama juga agar si PENDIAM bisa menakhlukan dunia. hahahA (tawa kemenangan )😀

  85. MYM says:

    Kita sama, , tapi alhamdulillah aku mulai bisa memperbaikinya, problem terbesarku hanyalah aku kurang suka bergaul dikampung halamanku, tapi diluar situ aku punya banyak teman.
    Dulu saat masih sd, bahkan sampai sma aku sering diledek karena mata aku aga sedikit juling, itulah yang menyebabkan aku tak suka berkumpul dengan orang banyak, aku memendam dan menanggung rasa pedih selama bertahun-tahun sendirian. Tapi Allah memang maha adil aku diberi kelebihan dari orang lain disekolahku, aku cerdas dalam pelajaran itung”an apalagi Fisika, juga insyaAllah sedikit pandai bermain alat musik gitar dan suarakupun banyak yang memuji. Aku banyak memberi motivasi ke teman” dekatku dengan cara merasakan sakitnya mereka dengan membandingkan sakit yang aku alami, dan pikiran” positif muncul.
    Satu hadits yang banyak membuatku tersadar sampai saat aku akan meneruskan ke jenjang perguruan tinggi adalah ” Allah mengagumi pemuda yang tidak memiliki masa muda ( karena beribadah pada Allah ) ”
    Semoga semua yang ada disini diberi kemudahan, petunjuk, rahmat, serta hidayahnya kepada kita semua dan dibersuka cita bersama ketika bertemu ditempat indah yang Allah janjikan, amin.
    Makasih buat kang admin. . ^_^

    • Amiin, Terimaksih semoga dapat membuat teman-teman yang lain ikut termotivasi. Kekurangan itu merupakan ujian berharga agar kita lebih bersyukur atau mungkin dengannya kita akan mendapatkan kemuliaan yang tidak diberikan kepada yang lain.

  86. desy says:

    bicara tentang pendiam , saya juga pendiam apalagi kalo sama orang yang baru kenal. bingung caranya untuk pertama kali menyapa dan basa-basi., tetapi kata teman yang sudah kenal saya, saya ini orangnya gokil dan nyambung diajak bicara walaupun kadang2 lola (loadingnya lama) haha . pendiam itu tidak salah kok, asal kita mau peduli sama orang dan bersosialisasi walaupun disitu kita ngomongnya jarang😀 itu cukup membuat orang respect sama kita, walaupun pendiam tapi kita gak boleh tutup mata terhadap hal2 di sekitar lingkungan kita. karena insya Allah dengan seringnya kita berkumpul sama orang, kita jadi punya keberanian untuk beradaptasi di lingkungan manapun. Segala sesuatunya butuh proses, so nikmati aja teman🙂

  87. Okta says:

    Nice blog!! Saya jg pendiam dari SMP sampai skrng.. nah skrng saya kuliah di jurusan Komunikasi yg diwajibin untuk sering ngomong, but saya gak minder justru saya mau buktiin klau saya bisa bahkan lebih dr orang2 yg banyak bicara.
    Saya jg gak peduli waktu ada tmen saya yg bilang “kok ngambil Komunikasi?” karena saya pikir ini hak saya dan saya bisa buktiin kelebihan saya walupn pendiam🙂

  88. alfi says:

    Luar biasa ulasannya, jujur saya termasuk diantara itu….

  89. lily says:

    Aku banget😀
    Aku juga suka diem kalo temen2 kelompokku pada ngobrol, soalnya aku mikirnya gini “ngapain aku ngobrol? ngga penting ini. Lagian yg diomongin g menarik bgt buat aku!” Nah.. tapi ini nih yang malah bikin aku kebiasaan males ngobrol. Lebih nyaman diem aja bawaannya. Tapi alhamdulillah kalo ngomong di depan umum (presentasi) aku suka. aku juga suka nulis loh :)Aku juga suka ngajakin ngomong orang-orang baru aku kenal, menarik aja rasanya. Tapi ngga tau kenapa kalo sama orang-orang yang udah kenal lam dan sama-sama tau kok jadi khawatir dan ngga nyaman.

  90. okta says:

    Nice blog!! Saya juga sama pendiam seperti kalian..nah tapi saya skrng kuliah mengambil jurusan Komunikasi yang diwajibin banyak omong..walaupun begitu saya tidak pernah minder,saya jg cuek aja pas ada teman yg nanya “kok ngambil Komunikasi?” karna saya pikir itu hak saya dan justru saya akan buktiin kelebihan saya dibanding mereka yg banyk omong

  91. sumadi says:

    Tak jauh beda ya. Dari kecil q selalu tak mempunyai banyak teman. Hanya 1 2 orang saja yang dekat.. lebih banyak menikmati waktuku sendiri. Sampai sekarang tetap saja sama.. Terkadang aku jengkel dengan keadaanku. Mau meneggur orang saja harus mikir mikir kata apa yang harus aku ucapkan. Bisanya cuma ha he ho😦 tapi tidak apalah dari pada mengeluh kata pak kyai tidak baik, lebih baik jalani saja apa adanya,😀

  92. Teman Semua, terimakasih saya ucapkan atas kunjungan dan komentaranya. Mohon maaf jika ada komentar yang tidak sempat saya balas satu-satu, semoga Alloh senantiasa mudahkan kita dalam kebaikan. Terimakasih.

  93. nouryatee says:

    Sy suke sekali dgn artikel kamu. Cocok banget ama saya.

  94. Rudy tj says:

    seorang “pendiam” memiliki sudut pandang yg luas yg merasa tidak boleh u/ di deskripsikan kepada orang yg berbeda dari “si pendiam”, bukan tidak bisa’ kata tidak bisa adl si penerimanya’ saya tidak boleh menjelaskan kecuali kalian yg mau mencoba lebih mengerti lagi.
    semisal, sebab-akibat bagi mereka yg tidak mengerti maka akan berdampak pikiran2 negatif kepada “si pendiam” & itu membuat “si pendiam” jauh lebih tidak nyaman.
    anda membicarakan si pendiam tanpa si pendiam tahu (menurut kamu). tapi tahukah kamu kalau si pendiam itu sudah mendapat gambaran tersebut sebelum anda membicarakannya.
    thanks

  95. Imam Saputra says:

    jadi terharu masuk di blog ini..
    Ternyata masih banyak yg kayak aku..
    Aku punya kepribadian 100% seperti di atas..
    Tetapi ku diam bukan berarti ku bisu dan ku tdk banyak bicara bukan berarti ku tdk berani..
    Tetapi kuhanya menghindari pembicaraan yg sia-sia dan menghindari pembicaraan yg hanya menyakiti hati orang lain

  96. Reborn Philosopher says:

    Manusia itu sendiri adalah suatu misteri. Semua pendekatan atau ilmu yang berkaitan dengan manusia sifatnya relatif. Yang pasti, tidak ada satu pendekatan pun yang mampu menyelami misteri manusia secara penuh, utuh dan sempurna.

    • Benar sekali..! Hanya pendapat bukan berarti dasar suatu ilmu. Ilmu sendiri adalah sesuatu yang sesuai hakikatnya, jika ada kesalahan maka kita berharap semoga Alloh Ta’ala ampuni kita. (Kyaknya ada unsur filsafat ny nh..!/he2.)

      Terimakasih telah berkunjung.

  97. zul says:

    kita pendiam, karna lebih bnyak berpikir,berbuat,& tidak terbiasa bnyk bicara, selalu takut salah,takut membuat orang kecewa, selalu merasa tidak lebih baik dari orang lain, selalu mengalah untuk orang lain,, tp orang pendiam, bnyk kelebihan nya yg tak pernah ingin d tonjol kn, krn selalu ada perasaan takut, takut d bilang pamer, takut gagal, takut mengecewakan, orang pendiam butuh rasa percaya diri

  98. Pingback: Puisi Orang yang Pendiam | Priana Saputra

  99. fajarmh says:

    ak jg termasuk pendiam.. stiap di sekolah dri masuk sampe pulang sekolah ak merasa gk punya temen, gk punya tmn buat ngobrol,curhat.. ak jg lbh suka sendiri.. pdhl dlm hati ak ingin bisa bersosialisasi dg mereka, tp ak rasa itu sulit sekali😥

    krna aku yg pendiam dan cenderung bersikap ‘dingin’ itu bikin mrk enggan dekat dgnku.. pdhl dlm hati ak menangis

  100. ijin share yaa minn …

  101. iya nee,, sebagai orang yang banyak diem,,, aku juga kadang bingung ama diriku sendiri,,

    • Jangan bingung, yang lebih bagus merenung tentang nikmat yang telah Alloh berikan kepada kita. Kependiaman pun jika kita lihat dari sisi yang positif merupakan “Sebuah Nikmat” yang harus kita syukuri.

      Terimakasih telah berkunjung.

  102. erena says:

    huh aku justru bingung aku ini orang kayak gimana. kalo disekolah dibilang crewet tapi sama orang rumah dibilang pendiam😦

  103. Fickerry Rézkyadi says:

    Ternyata bukan cuma aku aja, di luar sana juga ternyata banyak ya😥 w juga orang yg sangat pendiam banget, gak ada seorangpun temen deket / sahabat yg gue punya. Gue orang Cibubur. Mari berteman kawan, sesama orang pendiam mungkin dari kalian kita bisa jadi kawan / sahabat. PIN : 74763218 Invite me, di tunggu sobat😉

  104. friskilahana says:

    sebenarnya orang pendiam itu dalam hatinya ia ingin bergaul tetapi lingkungan mungkin tidak menerima dia mungkin efek bullying ,karena memang pribadinya yang tidak suka berbicara panjang lebar dan membicarakan hal-hal yang tak penting dan ujung-ujung nya mereka dijauhi teman – temannya .Mereka merasa tidak dianggap dan cenderung mengasingkan diri .

  105. ney azqiya says:

    eits,….
    aku bukan orang yang sepenuhn ya pendiam sih, cuma hampir sering berubah menjadi orang pendiam kalau lagi jenuh… so, mereka yang kenalo dket jadi bertana2, dikiranya saya lagi ada problem :p aslinya sih ngga\

  106. daffy says:

    gimana si caranya agar kita bisa menjadi orang yg bsa brgaul,

    • Mungkin membiasakan diri untuk berbicara di depan umum bisa di coba. Atau menambah kadar syukur saya pikir cara ampuh untuk mengatasi keluhan semua orang di dunia.

      Terimakasih telah berkunjung.

  107. daffy says:

    gua bosen bgt jd orng pendiam. Gua pngn jd orng yg suka brgaul dan suka bica

    • Tentu merupakan harapan kebanyakan orang yang merasa dirinya pendiam..!

      Tapi, jika tidak ada orang yg pendiam di Dunia ini, pastinya tidak lengkap.. he2…, Semoga tetap Optimis, yang terpenting jangan minder. Wallohua’lam.

  108. eka says:

    Anak saya umurnya mau 11 taun,anaknya pendiam dan pemalu atau terlalu pasif jika d luar rumah atau ketika ada orang lain masuk k rumah,dia kalau sm kita oramg tua,atau kakanya biasa aja cerewet,centil .tp begitu datang aja orang lain atau saudara langsung brubah diam ,kalo d tanya sm orang ga pernah jawab,pling anggukin atau geleng, solusinya gmn ya mas soalnya kendala banget d skolah ,apakah ada skolah berkebutuhan khusus buat anak kaya gini, untuk belajar dia aga susah,dia senangnya gambar,dan baca buku cerita

    • Wah kalo masalah ini saya kurang tau Ibu, mungkin teman yang lain bisa memberi penjelasannya. Kalo saya sendiri waktu SD dulu emang agak malas untuk belajar, tapi stelah SMP dst, jadi lebih semangat. Mungkin karena faktor kedewasaan juga barang kali.
      Wallohua’lam, terimaksih telah berkunjung.

  109. abdul malik amirullah says:

    Saya diam karna wktu saya berbicara biasanya tak dianggap, jadi saya agak ragu dalam berbicara kpd teman, sebenarnya saya ingin berbicara n berbaur dengan akrab kpd teman.

    • Terimakasih telah berkunjung, dalam berbicara bagi seorang yang pendiam memang seringnya kebanyakan berfikir dulu dan ada perasaan enggan taku gak dianggap dsb. Mungkin teman yang lain pun merasakan hal yang sama..!

  110. Chandra says:

    Saya jg termasuk orang seperti itu, sering menyendiri dan memang benar ketika saya berada di suatu kelompok kadang terasa terasingkan. Saya juga ingin seperti teman-teman yg lain bisa leluasa bersosialisasi, bercanda dengan yang lainnya. Teman saya bilang saya orangnya terlalu kaku, terlalu serius dan tidak bisa diajak bercanda sehingga kesannya saya ini tersinggung dengan candaan mereka. Tapi sebenarnya tidak, saat mereka bercanda saya hanya bisa tersenyum saja, saya tidak pernah tersinggung selama itu bercanda masih dibatas yang wajar, tapi saya tidak pernah bisa merespon candaan mereka karena saya tidak terbiasa, bahkan dalam pikiran saya kalau saya bercanda saya takut candaan saya tidak menghibur dan malah jadi ‘garing’ jadi saya memilih diam saja.

  111. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. Mungkin tingkat kependiaman masing-masing orang berbeda-beda kali ya. Saya pun termasuk orang pendiam, tapi ketika diajak bercanda kebanyakan menyahut dan tidak terlalu kaku. Meski begitu, tetap semangat. Semoga hari esok lebih baik.

  112. Nina says:

    Saya setuju sekali…😉

  113. ali says:

    semua yg dialami teman2 diatas sama yang aq alami.
    tp kayaky aq yg plg parah, soaly teman2 msh dbri kemampuan untuk menjalani kehidupan msg2.
    yang aq alami sangat menyakitkan, menjadi org pendiam tak berguna lagi. Kenapa allah menciptakan aq?
    untuk apa allah menciptakan aq?
    Apa salahq, hingga allah menciptakan seperti ini?
    aq juga ingin seperti mereka yang diberi kemampuan khusus dan rizki untuk bekal kehidupan didunia maupun akherat.
    mohon pendapat dan sarannya gan.mksh

    • frb dini says:

      salah satu tujuan Allah menciptakan kita menurut saya karena pasti ada orang lain yang membutuhkan kita.. suatu saat pasti kita akan berguna bagi orang lain..

      jadi galilah terus apa yang ada dalam diri kita.. dimulai dari minat kita, cobalah lakukan hobimu dengan serius, siapa tau dapat menjadi kelebihanmu dari og lain dan dpt bermanfaat ..

      Oyha, ingatlah org tua mu, Allah menciptakan kita salah satunya juga untuk menjadi kunci surga bagi kedua orang tua kita.. jadilah anak sholeh yang selalu mendoakan orang tua.. be better..! Semua it untuk orang tua qta..

      Kmu pasti berguna dan punya bnyk kemampuan dlm dr kmu.. Syukuri semua yg ada dlm dri km..😀

    • Betul Sekali apa yang dikatakan sama FRB DINI…!

  114. ali says:

    mksh sob. Smg ini menjadi motivasi yang berharga bagi saya

  115. Khenny says:

    aku sebenernya bukan tipe pendiam. dari kecil aku selalu sering ngomong sama mama papa aku di rumah. di sekolah pun jg,aku sering ngomong sama temen aku tapi cuma bentar aku ngomongnya. sd aku pernah di manfaatin ama temen aku dan temen aku itu nyebarin gossip yang g bener tentang aku trus satu kelas ngejauhin aku. kejadian itu waktu aku masih kelas 5 sd. waktu aku masuk smp, aku gugup. Banyak temen yang mau kenalan sama aku. awal aku masuk aku mulai deket sama temen baru tapi cowok. temen sekelas ku ngekirain aku suka sama cowok itu,padahal enggak. Ternyata aku baru tau kalau ada yang g suka sama aku 1 orang,tapi aku g tau siapa yang nyebarin gossip tentang aku. Aku sering di gossipin di kelas tapi ada yang mau bertemen ama aku. Waktu test iq kan ada test menggambar,nah aku diem” aja tiba” ada yang ngeliatin gambar aku trus aku di gossipin lagi. barang” yang aku pake jg pernah di gossipin. aku g tau alasannya kenapa mereka gossipin aku. aku juga dibilang aneh,sok tau. memang sih aku kadang sok tau kalau temen aku nanya. awal semester 1 aku mulai akrab sama temen baru aku. lama” waktu akhir semester aku mulai akrab sama 1 orang dan lama” aku menjauh dari temen aku. jadi aku sering bareng sama temen deket aku. tapi ternyata temen deket aku itu juga ngomonginbaku di belakang sama 2 anak yang g aku suka di kelas. 2 anak itu ternyata juga suka bully aku soalnya mereka benci aku. aku tau soalnya aku di kasi tau sama temen aku,tapi aku g tau itu bener atau enggak. di bbm pun aku sering chat cuma sama sahabat aku,kadang pun aku pernah tengkar sama 1 sahabat aku. tapi aku rasa 1 sahabat aku yang paling deket sama aku ini g anggep aku sebagai sahabatnya,tapi dia sayang sama aku. di kelas pun aku sering diem dan cuma 1 orang mau ngomong sm aku tapi aku kadanh sering cuek juga sama dia. tolong bantuan nya ya kak. maaf aku kebanyakan ngomong,tapi tolong jelasin pake bahasa indonesia yang biasa aja kak. maaf kak kalau nyinggung,aku bukan agama Islam. Maaf ngerepotin. makasih banyak kak.

  116. amar says:

    pada sama semua ya…!
    Aku juga ikut ya,soal nya akau juga sama

  117. benar sekali tentang orang pendiam..🙂 makasih artikelnya, terdapat motivasi dan nasihat..🙂

  118. eri says:

    wah temen2ku banyak ternyata…wkwkw😀 ayo buat komunitas pendiam🙂 (y)

  119. akbar dvs says:

    Makasih banyak mas.. ternyata saya engga sendiri,..
    Saya baca sampe ke koment2,, dan ternyata banya motivasi yg superr..makasih banyak

    Semangaaatt

  120. winda says:

    Seneng banget bisa ketemu senasib… Disini saya merasa dimengerti dan dihargai… kelebihan orang pendiam yang tidak dimiliki oleh org lain adalah bahwa orang pendiam lebih bisa memahami orang lain dibandingkan orang yg tidak pendiam.

  121. nona says:

    Disini tempat berkumpul orang pendiam semua ya…jadi merasa senasib hihihi🙂
    Aku dari smp suka dibully karena aku pendiam dan ga suka diajak bicara, meskipun sebenarnya aku gak suka bicara hal-hal yg kurang penting aja. Tapi seringkali aku malah dianggap sombong😦
    Alhamdulillah dengan artikel ini aku jadi bisa mengerti arti dan manfaat dari sifat pendiamku…aku jadi merasa lebih bersyukur. Banyak orang yang bilang bahwa sifat pendiam itu harus diubah karena dianggap aneh dan ga normal, tp bagiku justru sifat pendiam itu perlu dipertahankan. Asal tidak merugikan saja, kenapa orang lain merasa itu salah?
    A very good article, thank you!🙂 Semoga sehabis baca artikel ini makin banyak orang pendiam yang makin percaya diri dengan sifat pendiamnya dan juga membuka mata banyak orang yang suka salah kaprah tentang sifat pendiam ini. Aamiin.

  122. amanda says:

    beruntung bgt saya bisa nemu tulisan ini. makasih bgt buat yg nulis.. saya nangis loh baca tulisan sama semua coment nya. soalnya itu pengalaman hidup saya bgt. jadi flash back gitu. jadi org pendiam itu emang bukan pilihan saya tapi sya juga ga mau berubah soalnya emang itu jadi diri saya tapi hidup saya terasa berat bgt. sampe saat ini yg saya butuhkan cuma sahabat. dulu pernah dua kali punya seorang sahabat yg udah saya anggap sejati tetapi mereka ninggalin saya. pokoknya terima kasih bgt buat kang priana saputra kayaknya orang pendiam juga ya? kok ngerti bgt gitu tulisannya, dalem bgt.

    • Terimakasih Atas Komentarnya Mba Amanda. Katanya yang bisa mengerti orang pendiam, hanya mereka yang pendiam juga. Saya pun orang pendiam, tapi bersyukur itu obat paling ampuh selama yang saya rasakan. Jika merasa jenuh, silahkan berkunjung ke Blog ini saja (he2/sambil promosi). Saya pun telah membaca artikel di atas berulang-ulang…!

      Terimakasih.

  123. Doanz says:

    Biarpun sependiam apapun kita jangan tinggalkan senyum bro..karna senyum dapat mengalahkan kelemahan dan ketakutan kita .

  124. saya juga sebenarnya merasa begitu, kenapa ya kalau dekat dengan orang yang rame saya malah cenderung sangat pendiam tapi kalau saya dekat dengan orang pendiam saya malah mendadak jadi orang rame??
    Jadi lah orang2 ada yang berbeda pandangan saat menilai saya

  125. Rasyid NF says:

    Artikel yang sangat bagus, sangat memotivasi, sampe terharu membacanya.hehe. Begitu juga komen2nya yang membuat saya senyum2 sendiri saat membacanya😀 , ternyata bukan saya saja yang mengalami hal seperti yang telah dibahas diatas tetapi banyak sekali yang mengalami dan merasakan juga ternyata. Hehe.
    Terimakasih kang, artikelnya sangat bermanfaat🙂

  126. Danu says:

    Sejak saya SMP sampai lulus saya kebanyakan berdiam diri dirumah dan membuat saya kuper…
    Saya sedih dan sakit memiliki sifat pendiam ini…
    Hari ini terllintas dipikiranku mencoba search kata kunci Kuper dan Pendiam,
    sayapun membaca2 di web2 tentang hal tersebut dan membuatku mengeluarkan air mata walaupun saya ini cowo,ternyata ini sifatku…
    Kini saya sedang menjalani mabis SMK,saya ingin berubah tetapi sulit bagiku tuk hal tersebut… semoga saja saya memiliki banyak teman di sekolah baru ini…
    agar saya bisa bergaul dan menghilangkan sifat pendiam ini…
    Salam yg terasingkan didunia ini

    • Semoga tetap sabar dan semangat ya…! Setiap orang pasti memiliki ujian-nya masing-masing. Mungkin pernah kita berfikir bahwa orang yang pandai bersosialisasi sepertinya bicara tanpa beban dengan mudahnya, biarpun demikian merekapun pasti memiliki masalah yang mungkin lebih besar daripada kependiaman yang kita miliki.

      So, jalani saja. Semoga kedepan lebih baik, yang penting prestasi jangan sampai menurun.

    • Muhammad Yunus says:

      Wah sama seperti saya bangeet..

  127. sinobifama says:

    sama saya juga seperti itu, saya diam memisahkan diri bukan krna saya tdk mau bergabung tp krna saya tdk berani, saya terlihat menikmati kediam an saya pada hal di hati berkecambuk

  128. Mamatz says:

    klo menurut saya diam lebih baik dari pada banyak bicara yang tidak ada gunanya. lebih baik berbuat yang nyata dan berkarya tetapi saya juga butuh teman untuk bicara dan berbagi

  129. no name says:

    ternyata banyak oran pendiam juga kirain saya aja haha. sebenernya saya sedih banget sih jadi orang pendiem ngeliat orang lain enak jalan sama temennya saya selalu mikir apakah masa muda saya bakal gagal kalo kayak gini? ya tetep semangat aja deh jalanin hidup

  130. Rian To says:

    SALING MENGHARGAI SAJA

  131. leren hari yudhistira says:

    Aku ga ada teman dan seperti dikucilkan

  132. trtap jalani hidup ya guys walaupun pendiam

  133. Lila says:

    saya juga termasuk orang yang pendiam, terutama di ‘tempat’ yang baru, dan susah akrab dengan orang lain. tapi tidak jika bersama orang2 terdekat. sekarang saya masih lega,karena teman2 dikelas saya sudah sedikit akrab (mungkin karena tiap hari ketemu. jadi sedikit demi sedikit bisa akrab). namun kadang saya takut, apabila harus pindah ke kelas baru/tempat baru. soalnya saya sulit beradaptasi dgn orang2 baru. saya juga jarang keluar rumah sendirian. sampai sekarang (16 th) bertemu orang baru bahkan berbicara saja terasa sangat sulit :’)

  134. dhan says:

    gara2 pindah rumah sifat saya ini berubah dari yang dulu.
    waktu di rumah dullu saya orang yang sangat aktif.
    yah karena dipaksa pindah saya jadi orang pendiam dan kuper rasa nya ingin berubah tapi tak bisa.
    mudah2an saya bisa berubah seperti yang dulu.

    RUMAH LAHIR KU ISTANA KU ╯︿╰

  135. agung bl says:

    Saya juga seorang pendiam, kadang juga saya sering minder karna merasa ga di anggap sama temen temen, tp saya ttp semangat dan percaya diri, karna dengan sifat pendiam saya merasa percaya diri dengan kemampuan yang saya miliki…

  136. fabian says:

    w bngaet klo begitu… emangg iya sih klo pendiam itu selalu dikucilkan pie w sukuri ja deh sifat pendiem itu coz kesan’e w misterius… hehehe

  137. vicky says:

    saya juga pendiam dan gak pernah keluar rumah tolong solusinya dong , tapi saya waktu di luar lingkungan daerah saya itu seperti orang2 yg lainnya. cuma gak pernah keluar rumah tolong tanggapannya.

  138. brian says:

    dari SMP sampai lulus SMA gw tetap penyendiri. Baik disekiolah maupun dirumah terasa sangat di asingkan. kadang diajak bicara klo ada keperluannya saja saat dimintai pertolongan malah diabaikan. bagai manapun aku slalu menjaga jarak dgn mereka entah karna terlalu kekanak-kanakan atau br*ns*k.

  139. “terdapat banyak kelebihan yang dimiliki orang-orang yang cenderung berdiam. Karena penggunaan otaknya lebih dipakai untuk merenung dan berpikir, biasanya mereka akan lebih bisa mengontrol kamampuannya dalam memilah mana yang benar dan mana yang salah. Selain itu, kamampuan berimajinasi akan menjadikan seseorang berjiwa seni tinggi karena biasanya mereka menuangkan pendapat/idenya melalui karya yang dihasilkannya”

    saya sangat setuju, setuju sekali dengan yang satu itu😀

  140. Siva Aisya says:

    nggak juga, sendiri itu menurut saya bisa lebih tenang karna tidak ada yang mengganggu…

  141. adi says:

    Apakah seorang pendiam harus mencari komunitas yang dapat membuat ia tidak begitu pendiam? Atau singkatnya, sebuah saran agar pendiam mencari teman itu menurut saya sangat sulit, dan logikanya kurang tepat. Bagaimana seorang pendiam yang ‘diam’ dapat bersosialisasi di komunitas yg baru?
    Apakah seorang pendiam tetap harus menjadi dirinya yg pendiam, sebagai sebuah perwujudan utuh dari dirinya?
    -pendiam-

  142. adinul says:

    ternyata saya tidak sendiri. banyak teman2 lain yang mengalami hal (pendiam) serupa dengan saya. btw, makasih kang priana buat artikelnya dan teman2 yg udah berkomentar, sangat banyak. itu mebuat saya menyadari bahwa saya tidak sendiri dan tidak minder dengan sifat pendiam saya.

  143. Anonymous says:

    Kepribadian pendiam belum tentu merasa kesepian. Ini adalah anggapan yang salah. Kebanyakan orang pendiam adalah introvert yang memang merasa lebih baik sendiri dan hanya berteman dengan beberapa orang dekat saja. Bagi mereka pertemanan bukan masalah kuantitas tapi kualitas. Mereka lebih suka menghabiskan waktunya dengan hal-hal yang disukai dan dianggap bermanfaat seperti berpikir, membaca, mengobservasi, atau berbincang mengenai topik yang bukan “pembicaraan superfisial”.

  144. Khenny Hosana says:

    Terimakasih kak. saya jadi sadar kalau saya memang juga kadang pendiam dan kurang ada teman. Banyak yang bilang kalau saya itu aneh dan sombong. Saya hanya coba bercerita dengan teman saya. Orang tua saya pun bilang kalau saya itu ga bisa bergaul. Saya ada teman banyak sebenarnya sih,tapi jarang ngomong sama saya. Saya ingin bisa bergaul sama teman – teman saya agar saya bisa mendapat teman yang banyak. Saya sadar kalau bukan saya aja yang sendirian.

  145. agustang says:

    benar……….???? orang pendiam memiliki emosional yang labil, ( tidak menentu) terkadang juga kalau emosi apa yang mau di mau ungkapkan tidak bisa…kuwatir……jadi DENDAM..karena rata-rata orang pendiam itu pendendam loch…….?

  146. hernita says:

    ternyata banyak juga ya org pendiam.. kalo aq setengah pendiam.. aplhi bila udh kenal dan yg aq suka aq tak bs diam kecuali tdr. berkicau.com

  147. Liya says:

    Sebenernya orang pendiem juga butuh temen, mereka juga kadang merasa kesepian. Mereka juga ingin seperti anak2 yang lain.. Aku bisa tau karena aku juga orang yang pendiem. Bahkan ada guru yang sampe kayak maksa ke mamah aku buat ngubah sifat aku.. Tapi apa daya, yaaa inilah aku… Ngerubah sifat itu gak semudah kita membalikkan telapak tangan…
    Tapi syukur alhamdulillah perlahan tapi pasti aku sekarang udah mulai bisa bersosialisasi dengan baik sekarang..

  148. Liya says:

    Huwahhhhh rasanya mau nangis baca komen kamu… T.T
    itu sama persis sama apa yang aku rasain.. Mamah aku juga sering ngebanding-bandingin aku sama tetangga aku, pas lagi kayak gitu rasanya aku pengen teriak “THIS IS ME!!!! INI AKU!!! BUKAN DIA!! AKU YAAAA AKU!! DIA YAAAA DIA!!!” tapi aku gak bisa… Setiap aku pengen kayak gitu yang ada aku malah mau nangis.. Aku mau nangis dan teriak sekenceng2nya… Tapi apa daya??? Aku salut sama kamu karena kamu bisa ngeluarin uneg2 kamu ke ibu kamu, beda sama aku😦
    semarah apapun aku, aku cuma bisa diem, diem dan diem… Dan ujung2nya yaaa nangis…
    Sekarang aku memegang prinsip, biarkan orang lain berkata apa… Toh gak ada gunanya dengerin kata2 mereka.. Yang pengen aku lakuin sekarang adalah membuat orang disekitar aku bahagia dengan cara yang aku bisa, walaupun caranya itu adalah ngerusak kebahagiaanku sendiri…

  149. dwikarmini says:

    pas bnget,, bnyak omong itu bikin pusing..

  150. bagus banget artikelnya bang, salam kenal bang

  151. Susanto says:

    Gw udah tahu apa yg mau gw krjkan makasi all

  152. pujilest says:

    Membaca tulisan ini menyadarkan saya, sayang bacanya telat setelah umur lewat 30🙂
    Keadaan akan semakin sulit bagi si pendiam saat sudah menikah, hidup di lingkungan sendiri, keharusan untuk berbasa-basi dengan mertua dan kerabat suami. Kemarin-kemarin saya ngerasa kalo saya orang aneh. Hari ini begitu baca blog ini saya kembali hidup. Saya ternyata ga aneh…memang seperti inilah rasanya jadi orang pendiam, introvert. Terkadang saya berpikir, kalau suami saya meninggal kelak, mungkin saya akan menguburkannya sendirian karena saya ga punya teman. Dan nanti ketika saya mati, saya yakin tak ada satu orang pun yang datang karena saya ga punya teman. Seandainya orang mati bisa seperti daun yang ditiup angin, pergi sendiri…saya tak akan lagi mengkuatirkan kematian saya atau suami saya. Sedihnya jadi orang pendiam…;(

  153. diman says:

    Aku juga sama. Di kampus aku orang yang sangat pendiam, aku cuma melihat mereka bercengkrama bersenang-senang sementara aku hanya melihatnya saja dengan prrasaan sedih. Namun aku mempunyai satu orang sahabat yang bisa saling mengerti dan saling beri semangat. Walau hanya satu, aku sudah sangat bersyukur🙂

  154. charles says:

    Saya bingung dengan sifat saya..!
    saya susah banget untuk berbicara kepada orang yg belum saya kenal,
    Pdhl kalau dengan orang saya kenal malah lancar banget ngomongny..!
    Ini hari lebaran..!
    orang orang pada pergi semua jalan2..!
    tapi aku malah memilih sendiri dirumah..!
    Aku orang ny kurang PD..!
    satu setengah thun saya pindah dari medan ke plmbng..!
    tak ada satu pun yang menjadi teman dekat ku disini..!😦 aku binggung dengan Kehidupan ku, yang sehari2 hanya di temani alat musik doang..!

  155. Enri Permana says:

    Saya pendiam, tapi disaat saya harus berbicara saya mampu berbicara dengan baik, alhamdulillah…😀
    Awalnya memang saya pasrah dengan kependiaman saya, tapi saya coba rubah itu dengan memperbaiki jumblah kosa kata yang saya punya, tentunya dengan banyak membaca dari hasil searching di internet…😀
    Kediaman saya beralasan, saya hanya tidak ingin mengeluarkan kata2 yg nanti malah menyinggung perasaan orang lain apa lagi malah menimbulkan fitnah… jadi saya lebih memilih silent dalam keadaan tertentu…
    Mungkin Pendiam itu merupakan suatu kekurangan, tapi itu dapat menjadi kelebihan dengan memanfaatkan kependiaman kita yg selalu ingin menyendiri untuk melakukan hal-hal yg positif, malah lebih konsent loh ngerjain sesuatu, soalnya jarang ada yg ngajak maen….
    Jadi…. Syukuri aja apa yg kita miliki saat ini, Dan pebaiki apa yg bisa dan harus di perbaiki…
    Buat admin, artikel nya bermanfaat banget…..
    Semangat buat para pendiam seperti saya… hehe….

  156. ARTHUR says:

    KALAU AKU DULU ORANG NYA SUKA BERGAUL,TAPI SETELAH AKU PINDAH DAERAH TEMPAT TINGGAL TRUS TINGGAL SAMA TANTE AKU YANG CEREWETNYA MINTA AMPUN APALAGI KALO BAMAKI ,RASA PD AKU BWT LAKUIN SESUATU ITU RASANYA SUSAH,TEMANPUN SEMAKIN SEDIKIT,TAPI UNTUNGLAH MEREKA MASIH ADA YANG CARE SAMA AKU…

    LANGSUNG INTINYA AJA,
    DALAM PROSES INI TELAH TERJADI PEMBUNUHAN KARAKTER,DI MANA KITA BISA MENJADI BURUK ATAU ANEH DI MATA ORANG

  157. ARTHUR says:

    BAGAIMANA KALAU KITA BIKIN CLUB “SILENCE IS GOLDEN FOR A PARTICULAR PEOPLES”

    THANKS FOR THIS BLOG🙂

  158. Aku juga pendiam dan pemalu saking pendiam dan pemalunya, keluargaku selalu bilang “kamu ini sudah besar masih saja pemalu dan gak banyak bicara.” yah mau bagaimana lagi, kalau pun aku berusaha untuk merubah sifatku tetap saja aku pendiam dan pemalu. Merubah sifat seseorang saja susah, apalagi merubah sifat diri sendiri.

  159. Seminggu Gak buka Blog karena liburan ternyata banyak juga yang Komentar ya…! Mohon maaf bwat teman@ semua karena Komentarnya tidak bisa langsung di balas satu-satu soalnya kebanyakan. Saya sangat setuju sama Mas “ARTHUR”, InsyaAlloh pembuatan Club Pendiam sedang dalam Rencana. Semua Email teman-teman yang coment d sini bisa saya follow up. Terimakasih Bwat teman-teman yang menyempatkan diri untuk berkunjung & berkomentar d halaman ini. Mumpung masing suasana Idul Fitri, saya mengucapkan “Taqobalallohu Minna wa Minkum” bwat semuanya.

    Terimaksih.

  160. Mf says:

    Pengen berteman dg xan semua. Biar bisa sharing.
    Fb y ap si kalian?
    Memang oran pendiam itu banyak sedih y dri pd bahagia y . Mungkin jg byak amal y… Ye …

  161. hardiyanti says:

    saya sangat menyukai isi blognya. thanks.

  162. andik says:

    q tak punya teman

  163. domomogi says:

    Aku juga pendiam kak. Tapi ganteng (bercanda)
    saya pendiam karena Pemalu, Minderan, dan sakit rahang (Serius). Jadi saya gak bisa banyak bicara. Seringnya saya bicara pada diri saya sendiri. Serem ya? tapi saya yakin orang orang disini juga ada yg gitu. Maksudnya tuh kyk suka mikir gitu lho.
    AKhir akhir ini saya punya lingkar pertemanan baru. Bukan baru sih sudah 1 tahun, saya yg sudah terbiasa menjadi pendiam jadi banyak ngobrol. Positif kan? iya emang. Tapi saya lupa kalau gara-gara pendiam, skill komunikasi saya ternyata jelek sekali.
    Belakangan juga saya dijauhi, benar-benar dijauhi walaupun sudah membantu teman lingkar pertemanan baru itu sampek Lulus TA. Saya sih gak ada masalah dijauhi karena saya sudah bertahun-tahun pernah hidup sendiri tanpa teman satu pun (psiko banget kan?)
    Yang jadi masalah akhirnya teman saya tadi bersama teman-temannya bicara hal yg sebenarnya terjadi. Saya dijauhi intinya karena omongan saya gak bisa dijaga. Sebagai pendiam saya sih ngomong apa adanya. dan itu ternyata salah. Buat pelajaran kita bersama aja, kalau ngomong harus difilter. Iya, jadi mereka sakit hati gt sama omongan saya. Ternyata bener, sebagai seorang pendiam kita harus belajar skill berkomunikasi, gak hanya itu sih, sopan santun, tenggang rasa. Pelajaran PPKN sewaktu SD yg sudah terlupakan, wajib terus diamalkan dan dipelajari lagi.
    ah saya ngelantur banget ngomongnya

  164. Mf says:

    Kita sma2 buktikan,,bahwa kita bkan lemah. Tuhan akn slalu bersama org2 di sakiti..
    Mga sukses buat kita smua,,baik dunia atau akhirat.
    Semangat Gan”?
    Sukses ada di dpan mata!!!!!

    #slmBuat x_an semua

  165. cimauw says:

    Yah..seperti itulah. Diam memang lebih sering sya lakukan…memperhatikan oranglain dan nengetahui prilaku orang lain tp g setiap saat saya diam. Diam bukan berarti pendiam dan pendiam tidak harus selalu diam

  166. esrhael says:

    Lain HaLLny dngaNku,,
    q meNjaUh Hny’ krna q tak maU mrpotkaN,,
    dan q tak maU meNjadi bebaN,,
    it’ sja,,

  167. hendry says:

    assalamualaikum.. saya gak tau mau koment gimana.. karna koment yg udah tertulis smua di atas itu ada pada diri sya . yaa sya pendiam masyrakat stiap hari mencela saya , apa yang saya lakukan dan saya ucapkan serba salah gak tau apa permasalahanya .. cuma tertawa aja salah sya ikut mendngarkan obrolan orang dan ikut tertawa haha semua juga tertawa tp klau aku ikut tertawa aja jwbanya ‘ngapain tertawa’ itu hal yg menykitkan bkan,ini blum seberapa . semua tetangga sya melkukan apa yg slalu mereka lakukn tdk ad celkan sbliknya klu sy.nanti n bsok n bsoknya lg pasti dpt celakan.. ak udah siap terima itu!!

  168. fahrurrozi says:

    gmana grup pendiamers udah jadi kah ?

  169. Mf says:

    Pemalu itu dijauhi lingkungan, mungkin hya sedikit yg pduli? .. Trs hrus bagemana???
    Apakh kita gx pantas untk hidup!

    • Tidak begitu Mba/Mas “Mf”, Mohon maaf sebelumnya. Masalah kita semua bukan hanya kependiaman. Ada banyak sekali masalah orang-orang selain kita yang mungkin lebih besar dan serius jika dibandingkan dengan kependiaman.

      Saya harap dengan dibuatnya Club Khusus pendiam, masalah kependiaman kita semua setidaknya bisa teratasi atau minimal kita jadi memiliki jaringan & lebih banyak teman yang bisa saling mengerti.

      He2, agak lebay ya..? Tapi begitu lah..! Terimakasih.

  170. utams says:

    Bingung juga sih sebenernya saya ini pendiam apa ga. Kalo ama tmn deket bisa cerewet banget tp kalo ama tmn yg cuma kenal biasa aja kayaknya jd diem bangeeeeet. Tapi saya pendiam juga karena um– malu sama minder gitu. Entahlah, kadang sedih juga ama diri sendiri yang pendiam gini. Mau coba sok deket juga susah, ttp aja rasanya ga enak. Mau ngomong juga takut salah ngomong jd nya juga diam. Jadi, dibilang pendiam bgt juga ga, cerewet bgt juga. Tp lebih banyak pendiamnya juga sih -___-

    Terimakasih atas tulisannya, mas. Semoga memotivasi!😀

    • Renzz says:

      Sama kaya saya kalo ama temen akrab kalo ngomong lancar..tapi kalo ngomong sama temen bias diem kaya patung sampe gugup n kaku

  171. Wah pengalaman saya banget ini, kdang iri juga sama orang yg ‘cerewet’, senyebelinnya mrka pasti temannya banyak, beda dengan org pendiam ya sebaik apapun ya temennya itu itu aja dikit nambahnya🙂

  172. theo says:

    sama kayak gue donk

  173. nanda says:

    emang bener jdi pendiam itu sulit apa lgi dari segi sosial, maksud hati menyapa eh gak bisa terucap terus dianggap sombong sma orang lain, pengen ngobrol tapi gak tau apa yg mau di bahas., mereka omong kegiatan sehari2 sang pendiam cuma membisu ya karena keseharianya cuma sendiri, teman sang pendiam itu kayak buku, game, tv, musik, may be keluarga juga, kalaupun punya sahabat walau cma 1 itu lebih dari cukup… selalu ada solusi dlm stiap masalah, sekarang sya mahasiswa, yg saya amati teman itu bsa di dpt jika mereka butuh kita dan kita ikhlas membantunya, walau kita diam jika mereka butuh pasti omong sama kita.. tapi jangan sampe dimanfaatkan, Saya juga sama Saran saya Lakukan Yang memang harus dilakan, Malu biarlah Just do It… Diam itu emang merepotkan ‘merepotkan diri sendiri”

  174. al says:

    nasip kita sama😥

  175. a.n.c says:

    Aku juga anaknya pendiam, pemalu, dan aku juga sering minder kalau misalnya ada di keramaian. Apalagi di kelas, aku ini gak punya tmn dkt. Rasanya aku ini kyk dikucilkan sma tmn” di kelas. Kemana mana aku selalu sendiri. Tlong aksi solusinya ya ?

  176. K.R says:

    Menjadi s’orang pendiam mmg menyedihkan, sy mhsiswi bru libur stlah prktek slma 3 bln. Stlh kmbl ksana bkanx dpt senang mlah dpt g enak bget. . .****** (Teks di Skip) mreka smua

  177. Mrs. Cho says:

    wkwk hatiku jadi agak plong melihat semua komentar2 diatas. Ternyata bkn aku saja yang mengalami hal-hal buruk sbg seorang pendiam.

    Aku juga ngerasa dikucilkan, dianggap remeh, diabaikan dan selalu jd bahan ejekan tmn sekelas..😦 ,, aku selama 17 th ini blm prnah pacaran.. bicara sm sesama cewe aja kdg gugup, apalgi cowo 😦 , aku sbnrnya gk trlalu pduli dg ejekan teman2, tp yg ku khawatirkn adl masa depanku. bagaimana jika aku JOMBLO seumur hidup? :O

    kenapa Tuhan tega mentakdirkanku jadi pendiam? mungkin bnyk org yg bnci aku, aku takut.. aku selalu minder dan dianggap sombong olh org2, aku gk fokus–dan kadang di ajk ngmong krg nymbung..😦 . tp aku mncba optimis dan tetap tabah. Smoga Allah merencanakan hal yg lebih baik untukku. Adakah cara yg tepat untuk menghilangkan sifat ini? untk merubah sifat sngt sulit 😦

    • Satu hal yang perlu kita ingat bahwa Alloh itu Maha Bijaksana & Kebijaksanaan-Nya tidak akan berkurang sedikit pun hanya karena keluhan semua Mahluk yang Ia ciptakan termasuk kita.

      Solusi yang saya sarankan untuk teman-teman semua yang merasa dirinya pendiam dan ingin merasa lebih baik lagi adalah :

      “Menyadari bahwa kependiaman bukanlah hal yang harus dihilangkan pada diri kita, tapi ia adalah karunia yang harus kita syukuri”.

      Banyak sekali orang yang berfikir bahwa “Kependiaman” merupakan masalah, tapi sekali lagi hal itu bergantung pada bagaimana seseorang menyikapinya.

      Ada yang menganggapnya sebagai Ujian, ada juga yang malah menjadikan kependiaman sebagai nikmat/karunia yang patut di syukuri. Masalahnya ada pada kita sendiri, Masalahnya adalah kesulitan masing-masing orang yang belum mengetahui di sisi mana nikmat/hikmah dari kependiaman yang Alloh karuniakan pada nya.

      Wallohua’lam., Terimakasih Telah berkunjung.

  178. ohgodwhy says:

    ternyta ada yg senasib jg dengan saya. hidup terasa berat sewaktu kuliah ini, apalagi memasuki semester skripsi seperti sekarang
    saya pendiam juga, gak banyak teman. bahkan teman dekat saya sudah menjauhi saya.
    saya pengen mati aja rasanya (serius), pengen lenyap dr alam semesta, atau mungkin jadi tumbuhan aja kali ya? gak perlu merasa kesepian. Saya sangat kesepian, sangat sangat kesepian dan gak ada yg peduli. Pengen gt punya satu temen buat sharing-sharing. Entahlah ini mungkin sinyal sinyal bahwa saya harus menikah sesegera mungkin wkwk😀

  179. ratih syahadah says:

    hm sama aku juga gtu,kalau berantem sama satu teman dekat rasanya kyk di musuhi teman 1 kelas dan d kucilkan,, trus aku org nya gk pedean kalau maju kedepan kelas aja agak gugup.. gmana cara untuk menghilangkan pikiran negatif dan mmbangkitkan kepedean kta?

    • ohgodwhy says:

      kita senasib kak
      sepertinya kita harus bs bersyukur atas kondisi kita dan buat kepedean, kita harus yakin apa yg kita kerjakan itu hal yg terbaik yg kita lakukan, gt aja siho

  180. seli says:

    bang, itu club nya udah jadi blm yah ?😀 trus gmna cara daftarnya ?

  181. Andini says:

    Mungkin saya termasuk orang yang pendiam, saya terlalu takut untuk beradaptasi , saya selalu mengira orang di keliling saya jahat, saya lebih banyak diam karna saya takut kata kata saya menyakiti orang lain, karna saya sering merasakan sakitnya kata kata seseorang, saya terkadang merasa di lupakan jadi saya tidak terlalu suka untuk beradaptasi, saya tidak suka jadi pusat perhatian, saya juga cukup benci tempat yang ramai.

  182. Sopian says:

    banyak juga yang senasib
    sebenarnya min kalau orang pendiam di satuin pasti pada lancar lah ngomongnya…
    emang mungkin rasnya,. hehehe..
    nih kutipan dari ane..
    “Sedikit teman ta apa-apa, yang penting kita masih bisa bersosial”
    nanya boleh kan min..
    ini komunitas di dunia nyata ato maya..?

    • Komunitas Dunia nyata masih proses pembuatan. Semoga Tahun ini bisa terwujud. Do’ain aja ya…! Kalo belum ikutan segera daftar ya…!

    • Dimas says:

      Wah gimana tuh kalau komunitas dunia nyatanya jadi, trus pas lagi kumpul pada diem dieman gitu wahaha jadi ngakak bayanginnya, tapi sebagai manusia yang terserang jiwa pendiam dan mencoba untuk mengembalikan jiwa masa kecil yang lincah dan ceria (wueee..) asik juga tu n setuju bikin komunitas anak pendiam di dunia nyata, tapi naluri anak pendiam saya sih menurut saya temen2 pendiam tuh lebih banyak menyalurkan hasrat bersosialisasinya(pada hakikatnya ciee, meski kita lebih banyak diam kita tetap makhluk sosial ciptaan Allah yang saling membutuhkan) maka biasanya larinya ke medsos yaaa dunia maya, menurut saya

  183. exter says:

    ternyata yang senasib kayak aku juga ada,
    aku itu kalau di sekolah juga sulit membaur karena nggak pd dan sering kali berpikiran negatif yang berlebihan,sering khawatir ,pemalu,pendiam dan nggak pernah nyapa orang kecuali di ajak ngomong duluan sama orang lain…sedih pengen nangis kalo ngeliat temen-temen lain pada bisa cepet membaur dengan yang lain disekolah…
    pingin rasanya ngubah sifat buruk ini,tapi tetep aja susah…😦

  184. wakhid says:

    gue dah berusaha bergaul tapi terkadang gue diasingkan, dah beberapa kali gue masuk aliran (bukan alira agama ya !) padahal gue selalu ada di saat teman gue butuh, tapi saat gue butuh mereka, mereka malah tak mau bantu dengan beribu alasan. dulu gue main balap liar sama teman-teman gue, karena gue diasingkan gue pindah aliran ke anak PMR (coba-coba) eh ternyata isi nya rata” anak perempuan semua, alhasil gue pindah lagi jadi anak malam (nongkrong” tak jelas sampe jam 1 / jam 2 an) gue pertama memang meresa agak enak bisa ngombrol sama mereka tapi lama kelamaan gue meraka dimakan (di manfaatin), dan lo pasti tau apa yang gue lakuin ? (betul gue pindah aliran lagi) dan gue jadi anak vespa, jadi anak vespa tu sebetulnya enak sih, tapi yang gue gak suka tu teman” vespa sekolah gue. mereka setiap ada acara jarang ngajak gue sekalin pun ngajak mendadak + gue di kacangin sama mereka pas dijalan. dan gue istirahat dulu jadi anak vespa. beberapa bulan yang lalu kalo tak salah 2 bulan yang lalu gue diajak kawan ngumpul” malam (bukan kawan yang dulu), kadang nongkrong, main ps, balap liar, ke warnet (padahal gue ada speddy dirumah), dan gue kembali menyendiri lagi gara” kawan gue gak mau bayar utang kalah taruhan final piala dunia. padahal utang nya cuman 50 rb aja, disusah diminta + jadi ngejelek” in gue sama teman” yang lain. dan sampe sekarang gue di rumah aja bersama laptop gue. (umur gue sekarang 17 th)
    ops jadi curhat ni ceritanya😀 ahahhahahahahahah

  185. nur wakhid says:

    gue dah berusaha bergaul tapi terkadang gue diasingkan, dah beberapa kali gue masuk aliran (bukan alira agama ya !) padahal gue selalu ada di saat teman gue butuh, tapi saat gue butuh mereka, mereka malah tak mau bantu dengan beribu alasan. dulu gue main balap liar sama teman-teman gue, karena gue diasingkan gue pindah aliran ke anak PMR (coba-coba) eh ternyata isi nya rata” anak perempuan semua, alhasil gue pindah lagi jadi anak malam (nongkrong” tak jelas sampe jam 1 / jam 2 an) gue pertama memang meresa agak enak bisa ngombrol sama mereka tapi lama kelamaan gue meraka dimakan (di manfaatin), dan lo pasti tau apa yang gue lakuin ? (betul gue pindah aliran lagi) dan gue jadi anak vespa, jadi anak vespa tu sebetulnya enak sih, tapi yang gue gak suka tu teman” vespa sekolah gue. mereka setiap ada acara jarang ngajak gue sekalin pun ngajak mendadak + gue di kacangin sama mereka pas dijalan. dan gue istirahat dulu jadi anak vespa. beberapa bulan yang lalu kalo tak salah 2 bulan yang lalu gue diajak kawan ngumpul” malam (bukan kawan yang dulu), kadang nongkrong, main ps, balap liar, ke warnet (padahal gue ada speddy dirumah), dan gue kembali menyendiri lagi gara” kawan gue gak mau bayar utang kalah taruhan final piala dunia. padahal utang nya cuman 50 rb aja, disusah diminta + jadi ngejelek” in gue sama teman” yang lain. dan sampe sekarang gue di rumah aja bersama laptop gue. (umur gue sekarang 17 th)
    ops jadi curhat ni ceritanya😀 ahahhahahahahahah

  186. safa says:

    wah, banyak juga pengalaman teman2 y ….
    saya dulu juga pendiam, sampai2 saya harus nyiapin pembicaraan apa yang bisa buat temen2 suka sama saya… tapi capek juga seperti itu penuh sandiwara ….
    lbih baik jadi diri sendri aja dech, lebih enak,.. walaupun pendiam tpi di balik itu pasti ada sesuatu yang indah … lebih menyenangkan🙂

  187. aku banget says:

    aku juga pendiam tp aku ngerasa ga cocok sama eksak
    aku diemnya ngelamun haha..

  188. karyono says:

    ….waw…
    Teryata bayak jga yah…orng pendiam di dunia.iini…aku jdi grasa bayk teman gkak ngerasa tertekan lgi karna punya pribadi pendiam ini..

    Terimaksihh…

  189. Riska Diah says:

    gak nyangka aku kira aku saja yang merasakan sakitnya jadi pendiam, ternyata disini banyak juga ya yang pendiam. aku murid SMP Kelas 9. aku merasa tersiksa berada di sekolah, aku merasa dikucilkan, tak dianggap dan kadang kala aku merasa tak berguna. aku sering menangis karena sifatku ini gak tahu kenapa sakittttttttt banget hatiku. yang membuat aku sakit dan bingung adalah jika ada kelompok saat tugas sekolah aku selalu dan sering tak dapat kelompok. sedih banget kak priana. aku udah selelu mencoba untuk berubah dari karakterku yaitu pendiam tapi susah banget. aku di kelas punya sahabat dia seperti terpaksa berteman denganku karena sifat pendiamku, aku kan jadi sedih kak. dan di kelas aku di juluki anak terGJ dikelas dan kata sahabatku memang benar aku GJ karena beberapa sebab
    1 kadang suka gak mudeng dan gak nyambung
    2 aku sering kaget jika mendengar bunyi keras
    3 aku sering tertawa dengan hal yang gak lucu. tapi kak temen SD KU juga tertawa dengan apa yang aku ketawakan.
    4 sering gak lihat mata lawan bicara.
    terus katanya lagi aku itu meski gitu tapi baik,sabar,setia,tenang dan katanya memiliki daya tarik sendiri. dan katanya mereka aja yang gak tau sifat asliku jika mereka tau pasti dia akan akrab dengan aku. tapi kak apa yang perlu dibanggakan dari semua itu? jika mereka tidak mau melihat semua itu dari diriku. orang mereka selalu menjauhiku dan jika aku bicara tidak dihiraukan. sedih banget kak.. aku serasa gak mampu melewati semua ini, aku gak sanggup kak semua ini benar-benar melukai perasaanku. aku memamg pendiam,membosankan,tak banyak bicara tapi itu bukan mauku., aku ingin berubah tapi sangat sulit. aku sudah mencoba berbaur tapi ekspresi mereka tak melegakan dan seperti terganggu jika aku di sana., apa yang harus aku lakukan kak, aku bingung., maaf kak jadi curhat.,

    • Riska Diah says:

      dan ini terjadi sekarang. padahal kan seharusnya aku lebih fokus dengan UNAS kak, ini malah membuat aku jadi tidak konsentrasi dan malas untuk sekolah

      • Zahra says:

        Hai kamu yang butuh temen curhat atau sahabat aku mau kok, invite aja pin nya 521F165B ditunggu guys

    • Saya rasa kebanyakan teman pendiam yang lain juga pasti merasakan hal yang sama. Saya juga sering merasakannya, akan tetapi semua bergantung bagaimana kita menyikapinya. Itu sebabnya saya berinisiatif untuk membuat perkumpulan orang pendiam dan salan satu tujuannya adalah agar teman-teman seperti “Teh Riska Diah” merasa banyak teman dan bisa mengembangkan potensinya.

      Terimakasih.

  190. venakh says:

    I enjoy my life, I know what I’ve to do. I think its better alone that gather with wrong one (for me) xD

  191. sarah says:

    saya juga pendiam kak,banyak komen2 diatas persis sperti apa yg saya rasakan,saya jga agak sulit beradaptasi pdhl sdah dicoba berkali-kali,kalau lagi jalan saya lebih suka nunduk daripada melihat orang2 disekitar saya,karena itu saya dianggap sombong pdahal saya tidak ada niatan buat jdi orang simbong,dikelas jga begitu,saya takut mengeluarkan pendpat cuma grgr suka diketawain,saya tidak PD saya spt dianggap remeh,kalo sdah begitu rasanya sedih bgt :-‘(…tp saya tetep brusaha buat perubahan pd sikap saya,saya tau Allah maha adil,pasti ada tujuannya jga Allah menciptakan orang2 pendiam spt kita…😀

  192. yoshe art says:

    ada sesuatu hal yg serius yg menyebabkan orang itu menjadi pendiam..Tetapi dlm hatinya bergejolak suatu perasaan yg sangat dahsyat yg seakan akan ia ingin menerjang kehidupan di dunia ini.Akan ttetapi kenyataanya nya yg ia lihat (kronologis) pd diri nya bahwa ia tak mampu tuk berbuat seperti itu…seperti orang yg memancing,ia hanya mempunyai pancing yg kecil yg hanya bs tuk memancing di sungai kecil…Oleh karna itulah ia menyadari dirinya…yg membuat ia bungkam..ia tak mau meributkan suatu hal yg kecil/sepele karna yg ad di benaknya adalah suatu hal yg besar..akan ttp jgn salah mengartikan nya…karna hal yg besar sedang dipersiapkan olehnya…beginilah kehidupan orang2 yg pendiam/penyendiri dr dulu….yg menciptakan suatu hal yg besar didunia ini..dan menjadi motivasi untuk umat manusia di dunia…………..( ini salah satu dr sekian pendapat tentang penyendiri itu )…..smg bermanfaat

  193. Hafsa says:

    Aku ngk nyadar kalo aku pendiem,tapi kalo liat komen diatas.. akhirnya aku nyadar.aku susah beradaptasi, kukira itu karena aku kurang bnyk pengalaman

  194. bila says:

    Ya allah, sungguh beruntungnya aku membaca artikel ini. Sejak aku masuk SMA,hariku suram tak menyenangkan. Hatiku sakit menahan perih karena kependiamanku. Aku selalu ingin menangis ketika melihat sekelompok orang tertawa bersama. Aku ingin kuat,tapi tak bisa. Aku ingin mencurahkan pada orangtuaku,tapi takut jadi beban mereka. Rasanya hidupku hancur tak bermakana. Andai saja ada orang yang mengerti apa arti kependiaman itu sebenarnya,mungkin dunia ini tak seperih seperti apa yang sedang kujankan ini..

    • Terimakasih telah berkunjung dan ikut berkomentar. Katanya yang dapat mengerti bagaimana perasaan orang pendiam hanya mereka yang mengalaminya juga, saya rasa teman-teman yang lain pun akan mengerti yang Anda alami. Semoga tetap istiqomah danbersabar.

      Terimakasih.

  195. seftimilo says:

    saya jg sbg seorang pendiam
    kdng sy merasa tidak dianggap oleh orang2
    kadang orang2 seenaknya memperlakukan saya.
    kadang saya ingin berontak , tetapi setelah sy pikir2 lebih baik saya diam saja, biar allah yg akan membalas,
    karena sy merupakan tipe orang yg menghindari konflik.
    apaa sy salah ?
    mohon pencerahaannya

    • Saya pikir tidak salah, bahkan lebih baik diam daripada memulai konflik. Kerugian bagi seseorang yang memulai konflik adalah ia akan amat malu setelah konflik itu berakhir, terlebih bagi seorang yang pendiam. Mungkin hanya sesaat saja ia merasa puas, tapi rasa malunya akan berkepanjangan.

      Katanya, sabar itu hanya sebentar, bagaimana makna sebentarnya? Saya rasa agak panjang jika diterangkan di sini.

      Terimakasih telah berkunjung.

  196. saya senang membaca artikel ini karena :
    Saya lebih suka sendiri, karena apabila berkumpul emosi suka meledak, 90% emosi masih bisa ditahan… , 10% tidak bisa ditahan dengan catatan “kalo sudah di luar batas”, itu pun dengan mempertimbangkan apakah orang akan tersinggung dengan apa yg akan saya ucapkan atau lakukan, untuk menghindari hal tsb saya melakukan aktifitas di luar pekerjaan sehari-2 yaitu bersatu dengan alam dan sangat menyenangkan menurut saya dan ternyata saya mendapatkan ketenangan dan bahkan teman dalam beraktifitas tersebut. walaupun saya memiliki tingkat emosi yang tinggi tapi saya tetap sabar dalam menghadapi apapun. Insya Allah

  197. tamtam uhuy says:

    saya pendiam, punya kecenderungan males ngomong, lebih suka sendiri, malas dengn keramaian, meskipun sdng duduk2 dgn orang lain, misalnya teman kantor, tanpa komunikasipun tak kan membuat saya merasa aneh atau tidak nyaman, malah sebaliknya, ketika sdng brkumpul saya lebih senang mendengarkan, ikut tertawa, manggut2, geleng2, gitu aja. tetapi yg saya rasakan,saya takut orang lain menganggap saya sombong krn tdk mau berinteraksi, krn saya jg punya kecnderungan malas menyapa terlebih dahulu, krn terkdng saya tidak tahu cara mnyapa untuk disituasi yg berbeda. Saya pernah diomelin sama atasan saya, krna saya pernah bilang “Saya malas ngomong Pak”, meskipun itu jawabn yg sebenernya. Saya juga lebih nyaman dikamar kos, Menemukn orang lain yg pendiam spt menemukn orangorang yg paham benar dengn apa yg selama ini aku rasakan, tp memang terkadang saya harus melawan apa yg ada di dalam diri saya agar komunikasi ttp berjalan.

  198. azyexo says:

    Gan.. Klw gak salah sama z kan dengan Introvert di bahasa psikologi… ?
    Dan saya pendiam akut walaupun ahli komunikasi… Tapi ada timing nya gan klw lg bersosial… Klw kelamaan jd badmood…
    Komunikasi yg singkat tepat padat jelas dan bermanfaat saja yg saya lakukan.. Walaupun bisa menyesuaikan komunikasi dgn org lain, tapi seperti yg saya bilang td klw kelamaan trus jd boring…
    Saya bicara saat perlu atau sedang basa basi klw lg di tegur org… Tp sukurnya saya gampang senyum jd gak keliatan sombong walaupun ada jg yg bilang gitu…

  199. aku banget says:

    aku ngerasa gapunya temen, kuper.. temenku cuma itu2 aja kalo sibuk semua cuma bisa melongo.. kalo ada grup anak pendiam aku boleh ikut gabung dong

  200. Arinda says:

    ijin share yaa🙂
    bagus ni.. sama kayak aku🙂

  201. Rudi says:

    Aq juga pendiam sama seperti kalian semua,memang dunia ini menyiksa bagi para pendiam

  202. Rudi says:

    priana@ apa nama club buat para pendiam klo ada saya mau daftar

    • Silahkan jika ingin ikut serta Mas Rudi. Penjelasan lengkap tentang Club-nya ada di bagian Menu. “Pendi Club Indonesia” Namanya…! Untuk teman-teman yang lian, silahkan segera mendaftar, biar semakin rame. Terimakasih.

  203. uleetha88 says:

    Mungkin dulu saya pendiam tipe melankolis tp skrng saat dewasa jd plegmatis, tujuannya menjadi lbh asertif bkn agresif atau submisif, Dr dulu saya orangnya Ga tegaan krn pernah di bully pas tk jd g pernah suka liat orang ditindas nah apalagi liat orang pendiam dijauhi teman2nya, seringkali saya temani selama orang pendiam tersebut baik terhadap saya. Saya tdk suka gabung dg orang2 populer yg menjauhi orang2 tdk populer, krn akan merasa bersalah menjadi bagian orang2 populer yg menindas orang2 tdk populer hehe plegmatis bgt y🙂

  204. Uus says:

    Aku pendiam…..ditempat kerja aku merasa tidak nyaman…..tapi aku tetap bertahan…… Aku sudah coba menyapa….. Tapi entah mengapa sepertinya mereka muak melihat aku…… Hari2 ku cuman ditemani rokok kopi gitar terus main internetan…. Aku muak!!!!

  205. Uus says:

    Add Akun facebook gua kawaan… Uus muke jellek & Uus bangun kesiangan …..kita ini lebih hebat kawan ketimbang orang2 yg banyak bacot…. Hehe

  206. insyiraf says:

    Ohh kalo orang begitu tuh pendiam ya? Berarti gue pendiam dong!

    Eh tapi kalo gue ketemu orang yg menurut gue asik buat diajak ngobrol dan sharing, gue bisa berubah jadi orang yg bawel hahaha.

  207. wiwi says:

    aku juga pendiam, sering ngaca sama diri sendiri, takut dan malu kalo ngomong duluan, kalo disuruh orang suka mau aja sampe dimanfaatin saking gak maunya orang itu benci sama aku, dan biar gak kliatan klo aku pendiam. aku gak mau ada orang yg benci sama aku, makannya aku itu orangnya gabisa nolak. kalo ngomong duluan sama orang mesti dipikir beribu kali. udah ngomong duluan masih aja dipikirin kaya yg latihan akting. aku pendiam sekaligus pemalu dan sensitif. disuruh kedepan kelas aja bukannya liatin audience nya malah nunduk liatin kemana. mungkin iya karna dari kecil suka dimarahin dan dianggap salah. kalo dimarahin ngerasa sakit hati banget padahal aku gak salah apa2 juga. apalagi aku anak pertama yg gak tau harus nyontoh dari siapa untuk jadi pribadi yg lebih baik. maaf curhat hehe

  208. K.R says:

    kak priana sya bru dari bogor 2minggu yg lalu..sya skarag lg du jakarta..mau praktek dsni..

  209. Rudie says:

    Gue ank nya pendiam tpi gampang emosian gue dr smp-sma sekarang sering berantem sampai pernah mau berantem sma guru gue sendiri

  210. paragraf terakhir sebelum penutup, that’s what I want, but no one cares

  211. Ilham Fanny says:

    Jadi gni, aku ini, orgnya bnyak diam juga. Jd bsa d blg slalu gk punya bhan untuk ngmong ma tman tman..

  212. Ilham Fanny says:

    Tipsnya ap thu..

  213. Adi Saputra says:

    aku juga seorang yng pendiam,, aku lebih suka menyendiri dari pada kumpul dengan oran lain,,
    karena aku tak pandai dalam bicara , aku bingung apa yang harus aku bicarakan saat bertemu dg orang lain,,

  214. aby says:

    Saya juga pendiam tapi sekarang uda bisa berubah perlahan walaupun kadang2 suka muncul diemnya sesekali. Kalo kita punya tekad yg kuat utk berubah pasti bisa kalopun blm berhasil berarti usaha kita kurang keras. berusaha ja terus sampai akhirny kita bisa, ya dengan mulai menyapa org duluan, senyum dluan. Membuka pembicaraan dluan ato hal yg lainnya.pendiam bole2 ja toh memang itu dah karakter kita tp klo terlalu diem juga gk bgus dan gk enak kita gk di liat org klo ada apa2 sama kita gmna kita kn butuh org lain juga🙂

  215. Tania minica says:

    temenku (cowok) aku deketin, tapi ya gitu aneh. responnya kurang. dipanggil harus berapa kali dulu baru noleh, di sms jawabnya pendek”, pasif juga dikelas.
    tapi kalo dilihat sih emang dia ada pemikiran sendiri dia.
    tp aku pengen bantu dia biar gak gitu lah, megelno banget -_-

  216. Dian says:

    Salam kenal semua,senang bertemu dng org2 yg punya pengalaman yg sama…semoga bisa menyambung tali silaturakhim..

  217. bedog says:

    thanks lurr ada yang sama ternyata.

  218. org pendiam lebih disegani dari pada org yg bnyak bicara..krna diam itu adalah emas..

  219. Intan says:

    aku sebenarnya org yang ceria. namu saat aku menginjak Sekolah Menengah Kejuruan, aku menjadi seorang pemurung, diam, dan penyendiri.. aku cuma bisa duduk diam dan memandangi teman aku yang asik ngobrol ketawa lari sana – lari sini. aku ngerasa aku ngga pantas ada dikls itu dan gabung sama mereka.. bagi aku mereka ngga butuh aku. kadang aku berpikir untuk pindah dari smk itu.. tapi aku bertahan dan terus bersabar. aku selalu tersenyum meskipun mata aku dipenuhi air yang terasa selalu ingin menangis. :’) aku berdoa semoga aku bertemu dengan tema yang menyenangkan seperti diSekolah menengah Pertama dulu.🙂

  220. Bayu Wibowo says:

    Ya begitulah, kadang aku dianggap sebagai orang yang kuper, sok cool, n bla… bla… la…
    Padahal aku hanya ingin memahami bagaimana caranya agar aku bisa bergabung bersama mereka. Tapi semakin aku mendekat semakin sku tak dianggap, bahkan mereka semakin menjauh. Bahkan akhirnya akupun harus kembali duduk sendiri berdiam diri, memandangi mereka yang dengan bangga tertawa bersama seorang teman. Namun kini aku mulai menemukan kenyamanan dalam kesendirian. Sendiri itu tenang, sendiri itu nyaman, tetapi tetap saja…

    Sendiri itu menyakitkan!

  221. Ardi says:

    Saya jg tergolong orang pendiam jujur saya gak suka basa basi jadi saya hanya berbicara ketika ada hal penting yg menurut saya harus ditanyakan kecuali dg teman akrab. saya hanya mempunyai 1 teman akrab sementara teman2ku yg lain belum begitu akrab, padahal saya kuliah sudah hampir 2 bulan namun saya belum bisa bersosialisasi dg baik. walaupun suasana di kelas ramai namun saya sering merasa kesepian karena tidak ada orang yg menemaniku berbicara😥 sebenernya saya merasa sedih. nah anehnya saya masuk jurusan Manajemen Komunikasi dimana mahasiswanya harus dituntut pandai berkomunikasi terutama di khalayak umum

  222. Wow ternyata banyak juga ya yang seperti saya yaitu ‘pendiam’
    Orang pendiam itu selalu di anggap remeh

  223. chandra says:

    aku jga orng pndiem,pemalu dan merasa dikucil kan ,dan aku iri mlihat kwnku bsa pnya bnyak kwn dan bsa ngobrol , ketawa brsama , , sedng kan aku brada di luar rumah prgi ke tmpat biasa nngkrong tak ada yg memperhatikan ku dan acu tak acuh , dan aku merasa sperti orang asing, klian tau ku jga yg pnya hati , oleh karna itu lah ku berpkir lbih baik ddk dirmh , dan lbih ska mnyendiri ,dn bepkir tak bisa mlkukan ap2 ,hanya allah lh yg tau skit dan mndrita yg sedng ku alami

  224. lkmnhkm says:

    Seneng bgt nemu artikel ini, artikeldan komennya bikin senyum dan terharu.. dari sd saya memang udh pendiem.. bahkan karena sifat pendiem saya saya dibilang banci sering diejek, entah udah berapa kali rasa sakit saya rasain.. saya ngerasa saya nggak cocok sama kehidupan sosial, saya lebih suka sendiri di kamar atau dialam terbuka merenung dan berimajinasi sambil denger lagu mellow hehe, udah bertahun2 saya menyendiri, saya sedih dan sakit waktu orang tau saya bilang “coba punya anak kayak si dia” saya merasa mereka nyesel memiliki saya, juga saya suka minder klo ada orang yg sya suka saya gabisa berbuat apa2 haha.. terima kasih artikelnya

  225. Agung Exelas says:

    Saya pendiam.Umur 17 Kelas 3 Smk …..tapi klo dikerasin langsung main pukul.hobi saya berantam… saya diam bukan berarti gak berani..sYa lebih suka diam.karna saya gak suka keributan..

  226. soni says:

    80% komentar ente pada di ates nyambung sama ane gan , ane pendiam enggak terlalu suka kalou ngomong sama anak2 gaul geto karena ane enggak nyaman dan enggak suka pura2 dah enakan ane nyudut dan bermain dengan dunia ane sendiri you tahu dunia ane ada dalam pikiran ane terus kalou maju ke depan atau presentasi gagapnya minta ampun karena jarang ngomong gitu , tapi ane bermain dengan konsep mind ane sendiri di belakang hahaha tapi ya gitu dah begitu ke depan langsung buyar semua karena gagap dan malunya minta ampun hiks hiks his.

  227. galuh says:

    aku kira cuma aku yg pendiam kelas 1smp,dikalas 6 sd aku punya 1 sahabat dan 1 sahabat sejati dan 2 teman tapi di smp aku tdk punya teman danaku sering diam kenapa ya ?

  228. Menjadi pendiam dan tidak punya teman bukan sebuah pilihan… Lingkungan yang menjadikan mereka seperti itu….

  229. Menjadi pendiam dan tidak punya teman bukan sebuah pilihan… Lingkungan yang menjadikan mereka begitu…..

  230. thyni says:

    yap, artikel.y kena banget yah sama aku… aku kadang selalu tersudutkan duduk menyendiri. kadang saat spt itu aku berharap seseorang datang ngajak nobrol.. aku paling susah memulai percakapan. yah jadi.y mending diam.. dan jadi pendiam itu nyesek banget. ga enak lah.. pengen banget mengurangi sedikit sikap pendiam ku ini.

  231. 88a9 says:

    Saya Juga termasuk salah satunya, trus aku nggak suka orang yg terlalu mikir aneh2 kalau aku diam, ia memang aku datar dan sibuk untuk memikirkan karya/ sesuatu yang menurutku penting untuk kemajuanku, tapi selalu oknum2 yg nggak bertanggung jawab slah tanggap, trus dan terus berlanjut, sampai aku udah mati rasa…. Sosial memang penting, tapi pandai-pandai cari lingkungan sosial yg pas buat kita,… cekidot… -_-

  232. Renzz says:

    Satu kebiasaan orang pendiam suka berimajinasi

  233. ema says:

    Aku juga pendiem, hm ternyata banyak juga ya yg punya sifat pendiem..hm Maunya kita semua orang pendiam ngumpul semua jadi kan kita punyak banyak temen lebih dari banyak malah🙂

  234. dian says:

    Pesan dari pengalaman gua,jalan sekali kali meremehkan orang pendiam. Karna mereka sedikit berbicara, banyak bertindak. Contoh; jika dalam berantam seorang pendiam tidak akan segan segan membantai habis musuh nya. Dan sebaliknya yang tidak pendiam. Mereka selalu menggunakan emosi, namun di lain sisi selalu ada rasa takut dan cemas.

  235. Wahh.. keren ini mas artikel nya tentang pendiam… kebetulan sama saya juga pribadi pendiam cocok bgt
    Mantap mas ternyata gw ga sendiri ya😀

  236. dwi nilasari says:

    gak enaknya jadi orang pendiam.. susah banget kalo mau bergaul sama temen… butuh waktu yang lama agar bisa bersahabat dengan orang lain… saya juga merasakan hal yang sama yaitu merasa gak punya temen terutama saat2 proses adaptasi di lingkungan baru…jadi yang bisa dilakukan hanyalah menyendiri dan menganggap bahwa it’s ok..padahal itu hanya untuk menutupi kekurangan yang ada pada diri sendiri…
    like banget sama blog ini….syukron atas postinganya

  237. radja says:

    Dibuat enjoy aja kawan.
    Pasti ada jalan.

    Bikin grup para pendiam gimana?ya.
    Pas kumpul bareng semua pd trdiam, apa yang akan terjadi???

    Wallahu’alam
    Tetep semangatt!!!!😀

  238. ayu says:

    Aku juga pendiam,. Mau bergurau sma orang aja mikir2 takut tuh org sakit hati.. Jd susah akrabnya,. Suka bertanya2 dan merasa diri jahat sama org.. Padahal byk omong aja nggak, aku sedih aj, malah kepikiran, takutnya ntar meninggal gak ad kawan yg mengenang😥

  239. Aien says:

    sejak smp dan sma saya sering disebut seorang yang pendiam, karena jarng ngobrol dengan temen atau berkumpul dgn mereka. itu dikarenakan aku takut dan tak nyaman dengan teman-temanku. aku hanya berbicara pada temanku yang benar2 aku percayai. itu termasuk pendiam yang buruk gak ya?

  240. keren banget artikelnya .

  241. baba says:

    sama gan , ane juga pendiem.. sering minder.. gak kuat… pingin ngkak2 bareng temen2 tapi gak bisa karena pendiem … sesek gan,,, argggh!!

  242. hahaa jdi ketawa ni bca2 komentar d atas,aku jg seorg yg pndiam,tpi bsa d bilang crewet jg sih sma teman2,tpi bgi ak ak ini aslinya emg pendiam,cerewetnya tiba ada mood aja,kalau ga ya diem deh,dan diam itu ak merasa spt d jauhi tman2,huhh hidup memang bnyak tntangannya.

  243. dita pepe says:

    Didalam hati seorang pendiam banyak bermunculan pertanyaan yang membuatnya bingung, takut, sedih, dan selalu ingin menangis. tetapi solusi tak pernah ia temukan

  244. Gita says:

    saya sudah kerja, karena sifat pendiam, agak susah bergaul sama yang lain, agak dijauhi, terakhir ini sampe dikeluarkan karena atasan ga suka sama sifat saya ini. sedih.. yang lain yang sudah bekerja, bagaimana caranya bisa mempertahankan kerjaan.. apa rekan kerja bisa menerima sifat kita yang pendiam. pengen ikut banyak kegiatan supaya bisa berubah sedikit, kegiatan apa bagusnya

  245. diah says:

    bener banget nih artikel, komentar2nya jg.. ngena banget..
    aku jg pendiam, tapi karna minder kayanya.. gasuka kalo orang ngeliatin aku kaya gmn gituh, jd minder😀
    udah dasarnya pendiam ditambah minder, makin makin..
    orang pendiam itu pengen curhat, tapi gamau orang tau kekurangan dia, jadi sungkan buat curhat.. aku sih begitu..
    lagi berusaha ga terlalu pendiam.. :))

  246. ahadi says:

    dari kecil smpe skarang umur saya 25 thn mnjadi seorang pendiam,, huuft,, cape rasanya,, temen punya sih tapi ranya ga ada yg bisa ngertiin aku,pengen rasanya punya temen sejati yg bisa ngertiin aku apa adanya.

  247. yusuf says:

    Dahulu, ketika saya masih SD, SMP n SMA. Saya di cap sbgai
    Anak pendiam , di juluki si kuper dan di pandang sbelah mata oleh orang lain. Tapi saya selalu berdoa n yakin allah akn memberikan suatu yg luar biasa untuk saya.
    Dan yg saya rasakan sekarang amat luar biasa. Saya dapat berkarya dengan hasil olah pikir saya sendiri dan saya dapat memberikan ide – ide yg ” cemerlang ” itw kata teman saya. Yang dahulu sempat anggap saya si kuper . Untuk kawan yang sama” pendiam.. ayooo tetap semangat..!! Dan ini statment di hidup saya ” IF I CAN, WHY NOT “

  248. Abhar says:

    Memang benar kata” nya, itu semua pernah saya alami,dan sering malah,, bila teman kita sedang asik sama tmn” nya orng pndiam itu lebih memilih tidak ikut dan lebih memilih menjauh dan menyendiri, saya juga punya pengalaman waktu saya bermain sama tmn” saya, di situ saya merasa di asingkan walaupun itu sahabat dan tmn” saya,,

  249. mutiara yuli zalni says:

    Aku jga kyak gtu org nha mrasa terasingkan di keluarga ataupun sama temen” mereka blangvaku nya gk ska senyum dan ketawa gtu kata mereka

  250. ayoooo kita putuskan , sifat pendiam kita , tetap semangat kawan-kan

  251. monich rany.com says:

    Diam memang membuat kita tenang,, saat orang2 terdekat pun sudah tak mampu memahami kita.. denggan menyendiri kita bisa berfikir luas untuk mengambil keputusan yang tepat..!! Ada seseatu yg special jika bisa memahami kepribadian orang pendiam..

  252. Yuliani says:

    Aq juga orang pendiam waktu sekolah aq sering di kuclkan dan di anggap remeh aq merasa sakit hati orang2 tk mau brtman dgn aku. stiap jam istrahat orang kumpul bercnda tertawa aq hanya duduk di bangku belajarku klw aq merasa kesepian aq suka menggambr. aq hanya akrap dgn orang yg sama dgn aq dan orang itu mau brtman dgn aq menrma aq apa adanya krna aq bkan lah orang yg cntk, kaya, dan pintar . Tdk hanya di sekolah di dlm keluarga juga sama sjk di dlm keluarga kami mengalami mslh dgn keluarga lainya aq merasa keluarga kami tdk di anggap keluarga seprti orang lain saat itu aq berubh mjdi anak yg pendiam aq sangat sdh usiaku saat itu msh kecil tpi sdh mengalami hal2 yg buruk saat kumpul2 keluarga aq merasa bkn bgian dari keluarga itu aq hanya diam tk berkata apapun klw tdk ada yg menanyakan apa lagi seorang emba aq seperti meliht kebencian di dlm diriku saat itu aq menyadri aq harus melakukan yg dpt merubh pndngan orng terhdpku aq mulai berusaha belajar dan melakukan hal yg dpt membnggakan .dgn bljr giat aq brhsil mndptkn prestasi di sekolah dan membuat orang tua bangga . sdkt dmi sdkt orang mau bertman dgn ku bgtupun dgn keluarga sdh tk sprti dulu lagi. Tapi aq tdk mau brtman dgn orang yg mau memanfaatkan ku saja di sekolah aq mau bertman dgn orang yg menerima aq apa adannya. Intinya jangan anggap remeh orang pendiam di blk semua itu pasti ada prestasi yg dpt membnggakan asal kita mau merubah diri kita menjadi orang yg lbh baik dan berguna bgi orng lain. aq bersyukur wlpn tdk bnyk teman aq bisa tau mana teman yg ikhlas yg mau brtman dgnku

  253. Aku tipe org introvert juga pendiam, aku semata wayang, tidak punya tmn ngobrol dan smpai skrg aku blum juga punya wanita,kadang jika memiliki masalah ku mencari org untuk ku ajak sharing, terkadang aku juga tdk terlalu bsa untuk bercanda..karena ku dibesarkan di keluarga yg jarang memiliki kedekatan komunikasi yg baik. Oleh karena itu terkadang jika berkomuikasi dgn tmn terkadang suka acuh tak acuh..
    aku tau tmn ku memandang aku berbeda dr tmn yg lainnya, memandang aku angkuh..tp sbnrny diriku seperti itu, sulit untuk merubah jika sifat org lain ku terapkan…terkadang aku merasa sedih dgn hdp ku ini..tp ku tdk habisnya untuk berdoa”semoga aku diberikan yg terbaik nantinya”

  254. saya bukan pendiam,, Namun saya tidak butuh teman/sahabai,,
    untuk apa punya sahabat/teman jika tidak bisa menghapus air mataku,tidak bisa menjadi penghibur dalam kesedihanku…
    saya lebih suka sendiri,
    munuggu sesuatu yg tidak pernah ada menjadi ada,,
    entah sampai kapan semua nih akan berahir,,
    hanya gelap malam yg menjadi saksi betapa sulitnya hidup yg saya jalani,,

  255. toni says:

    Mau share nih . Jdi sbnernya aku skrang lagi duduk di bangku SMA , nah aku ini punya suatu perkumpulan gitu .. na di perkumpulan aku ini sebenernya sering diajak keluar pergi jalan2 bgitu. tpi entah kenapa , saya merasa jika saya ikut jalan2 itu ada kawan saya yang kayaknya gak suka kalo saya ikut nimbrung gitu , jadi lama kelamaan saya juga agak gak pede lagi kalo kumpul2 & merasa gak dianggap ( bisa jadi perasaan saya saja). Jdi kalo misal ada temen saya yg gk suka ama saya itu lagi nimbrung saya kdang menjauh nah .. disini kadang sya merasa .. terkucilkan saya sendiri sbnernya gak pengen menjauh .. apalagi lagi masa2 SMA sya ga pengen masa sma sya hanya menjadi anak yg pendiam. tpi emang dasarnya sih sifat saya pendiam komunikasi agak susah tpi saya ttp brusaha .. skian lah sharing dari saya thx

  256. radikaa says:

    wah ternyata ada juga yg pendiem kaya aku, aku selalu cepet cape n bete kalo terlalu kelamaan bersosialisasi, malah klo menyediri kembali semangat, tapii yaah aku juga selalu merasa terasingkan karena sifat pendiamku ini, semoga Alloh terus membantu aku untuk mnjadi pribadi yg lebih bijaksana dan baik, itulah yg selalu kuharapkan^^

  257. afriko says:

    blog ini sngat brmanfaat…
    bagi orng2 yg pendiam trmasuk ane… 😄

  258. annisarofah says:

    Assalamu’alaikum
    Tulisan ini mencerminkan aku banget..
    Ijin share ya.

  259. annisarofah says:

    Assalamu’alaikum
    Artikel nya aku banget nihh..
    Sejak kecil memang sudah pendiam..
    Kadang suka iri liat temen2 yg percaya diri dan mudah bergaul..
    Tapi, inilah aku dengan segala “kemisteriusanku”..

  260. Shadows says:

    aku bahkan bingung gimana cara bersosialisasi yang benar,tapi anehnya ketika jadi moderator atau pidato aku selalu unggul,dan sifat inilah yang membawaku menjadi terbaik sampai sekarang,tonjolkan kelebihanmu.OK🙂

  261. Ini artikel mirip banget sepertiku.Sebenarnya aku lebih suka sendiri daripada bersama sahabat-sahabatku.Aku kan punya 4 sahabat.salah satu sahabatku juga lebih suka sendiri.Sedangkan 3 yang lainnya sering berceloteh,berbicara.Sahabat yang sama sepertiku sekarang gak ada disekolah lagi.Jadi tinggal 3 sahabatku.Entah aku yang negative thinking atau apa,aku merasa kalau mereka itu kayak Menganggapku sebagai boneka.Mereka setiap melupakan pr,mereka pasti minta ke aku dan anehnya aku terima.Dan soal eksak dan pelajaran,aku gak mempunyai talent sama sekali.Aku sangat merasa seperti itu.Terkadang sedih juga melihat teman2 yang saling bermain bersama.dan 1 lagi,aku paling gak bisa dalam olah raga

  262. f zayn says:

    sama rupanya tapi kadang aku pingin berubah dengan mengajak ngbrol atau bercanda gitu tapi terlalu kaku mau ngobrol juga dan ga asik lagi malah bikin bete orangnya apalagi klo mau ngelucu kadang suka di hiraukan kawan mungkin udah mutlak saya jadi pendiam:)

  263. stefiyani says:

    aku kira cuma aku yang merasakan hal seperti itu. ternyata banyak juga yang seperti aku. kalian pasti merasakan bagaimana rasanya masuk ke dunia baru dengan orang baru tapi tidak tahu harus berbuat apa. ini yang aku alami sekarang. aku sangat amat sedih. aku tidak tahu gmana caranya untuk memulai.😦

  264. putra handoyo says:

    menurut saya juga bgtu. Karna saya lbih merasa nyaman bila menyendiri walau tdk ada teman yg menemani

  265. yazida says:

    orang yang pendiam diperbanyak senyum yaa..untuk mengurangi kemarahan dalam hati…

  266. Nita says:

    Q sbgai orang yg pendiam memang benar benr btuh seorang TEMAN

  267. nabila says:

    Jadi pendiem ya gituu, kadang di kucilkan teman saat berbicara, kadang juga hanya dimanfaatkan teman, dan hanya akrab berbicara kepada teman” yang benar benar di percayai. Di balik orang orang yang pendiem juga mereka punya pemikiran yang beda dibanding orang pada umummnya,hal sekecil apapun bisa dipikirin sampai benar benar hal itu terjadi.

  268. Ummu Abi Bakr says:

    nasihat yang semoga menjadi penyemangat untuk kita sebagai orang pendiam… ^^

    “Bersabarlah,
    ketika diammu mendapat cela,
    ketika tutur katamu dianggap tak bermakna,
    ketika adamu dianggap tiada.

    Sesungguhnya ALLAH yang akan menghargaimu dengan SURGA,
    karena diammu dari hal yang sia-sia,
    karena tutur katamu menyeru untuk taqwa,
    karena adamu di dunia tuk menunaikan ketaatan pada Allah semata.”

    “Jadilah dirimu sendiri, Kawan.
    Andai semua orang tak ada yang menghargaimu karena sikap diammu, tenanglah…
    Ada Allaah yang akan menghargaimu dengan surga karena lisan yang engkau jaga…
    Jangan kecewa dengan kesendirianmu di dunia…
    Karena kelak kita akan menghadap Allaah dengan kesendirian pula…
    Jadikan Allaah sebagai penghibur hatimu…
    Hanya dengan mengingat Allaah hati menjadi tenang…”

  269. Bhen Malmo says:

    Saya juga begitu… jarang
    untuk berteman sama orang … karena beda pemikiran . kebanyakan orang suka nongkrong doang

  270. arin says:

    bagiku diamku ini adl tntangan buatku, trlebih dg pkerjaanku ini. dimana dlm pkerjaanku ini di tuntut untuk aktif, lincah, selalu tampak ceria. namun bisakah aku untuk sperti itu, sedangkan aku ini orangnya diam?

  271. Welter Heze says:

    saya juga orang pendiam, kaku dan nggak pede… setiap kali mau bicara aku mesti mikir 1000x, aku takut klo nogmong terus salah, menyinggung orang atau diketawain… rasanya nggak pede banget…. semua komen2 dari saudara2 di atas itu juga bener2 mencerminkan diriku yang pendiem..
    tapi apapun itu, aku selalu mencoba untuk menjalani dg bersyukur aja

  272. Welter Heze says:

    aku add grup FB nya… sangat berharap segera di approve.. hehehe..

  273. jony says:

    ada benarnya dan ada salahnya,, intinya org yang pendiam itu lebih banyak hasil kerjanya dari pada yang banyak omong,,
    banyak orang yang tidak mengetahui,, kebanyakan orang pendiam berkarya seni besar yang tersembunyi.

  274. kusfandiari abu nidhat says:

    Tidak harus bersikap sebagai orang terabaikan, pendiam memang lebih banyak memperhatikan dengan suara hati. Juga tidak bisa dituduh sebagai si angkuh, pendiam lebih banyak memposisikan diri sebagai diri yang bermakna tanpa harus mengomentari pribadi orang lain. … 📎

  275. Retno B says:

    Aku juga salah satu orang yang pendiam dan kuper, tpi orang yang pendiam itu sebenarnya juga kepingin kaya orang orang yang punya temen banyak, gampang bergaul, trus bisa curhat curhatan sama temen2 kita dll.

  276. Retno B says:

    Aku juga salah satu orang yang pendiam dan kuper, tpi orang yang pendiam itu sebenarnya juga kepingin kaya orang orang yang punya temen banyak, gampang bergaul, trus bisa curhat curhatan sama temen2 kita dll.
    terkadang aku kalau pengin curhat sama temen suka pilih tmen

  277. fatnawati says:

    diam diam diam…sering x orang memandang ku
    sebelah mata.aq diam mnati kdewasan ya .tpi aq diam bnyak orang menginjak2 harga diri ku..dan aq tak berdaya..yaa allah berikan aq kesabaran tiada batas

  278. sandyolaf says:

    orang yg pendiam itu hatinya udah keras gan… gak kayak orang yg bawel. orang bawel itu sebenarnya pengecut.

    orang pendiam itu pas di tantang berkelahi dia diem aja. tpi tanpa rasa takut. tapiii…klo dia terus menerus diganggu bisa ngamuk gan. yg jdi korban amukannya bsa masuk ugd

  279. Lala says:

    Aku juga pendiam😥 Sampe sampe cwo aku bosan sama karakter pendiam aku.. dia lebih suka ngobrol sama teman” dekatnya yang lain (Cewe pulak, itu yang bikin nyesek) mungkin karna aku garing kali ya😦 akhirnya kami putus deh hiks hiks

    • deon says:

      sama ka aku juga gitu kalo pacaran😦. klo jdi org pendiem apa” tuh susah apa lg buat cri psangan. kita ga banyak bicara atau ga bisa basa basi buat cari obrolan klo jdi org pendiam mah😦 bukan saya yg gitu ternyata banyak yg sama kaya saaya:(

  280. ahmad says:

    Aku pendiam cenderung disangka sombong, padahal hati kecilku sangat mengenghormati semua orang. Ada tetangga yang g suka melihat setiap kali bertemu aku dia menghindari aku krn selain pendiam aku juga agak pemalu dia pikir aku sombong. Dia sahabat dari kecil dan teman bermain. Sedih hatiku ini. Tapi syukurnya, teman sekolah, kuliah dan teman kerja malah sangat paham bahwa pendiam ku itu bukan karna sombong bahkan mereka sangat akrab dan hangat, knp ini tidak terjadi dengan sahabat2 kecilku yang kini menganggap ku sombong. Seandainya mereka tahu, setiap malam dan pagi hari semua yang menggapku buruk selalu dalam doaku agar mereka hidup dalam kesrhatan, kecukupan dan bahagia. Dan doa itu sudah lama berlangsung hingga kini. Ya Allah ampuni hamba Mu.

  281. ahmad says:

    Sifat pendiam itu character yg merupakan bawaan dari lahir, sama dengan sifat yang lainnya seperti orang yang supel, mudah bergaul. Semua sifat/character tersebut tidak ada yang salah, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Jadi, tidak ada yamg boleb menyalahkan character tertentu. Dan semua itu anugerah dari yang Maha Pencipta. Andai saja semua orang sadar tetang ini, maka tidak ada saling membenci bahkan mungkin saling mencintai.😦

  282. Ferdy says:

    Saya pendiam, saya selalu dirumah,sekalinya kluar cuma kerja. Semenjak ditinggal ayah,saya selalu menghabiskan waktu dirumah,karna saya takut untuk ditinggal orang tua yg kedua kalinya yaitu ibu. Dulu saya seorang yg lebih mengutamakan teman, dan saya selalu tidak pernah dirmh. Ada hal yg buat saya takut.saat ibu bicara untuk segera saya mencari pasangan hidup. Jujur saya blum siap, saya masih ingin bersama ibu dan membuat beliau bahagia.saya takut jauh dari ibu jika saya menikah. Ada beberapa wanita yg serius tp saya takut ibu disia siakan saat saya kerja. Maaf mungkin saya jadi curhat hehe tp saya lega dgn coment di tempat ini.trima kasih

  283. qodrie says:

    waw…banyak sekali orang pendiam
    semoga kita tetap menyikapi dengan positif….
    salam diam:):0

  284. Boss says:

    Aq udah pendiem, jelek,miskin lagi,,mati aja dah lo,,hahaha

  285. aku juga termasuk orang yang pendiam, sejak SD, SMP, SMA sampe sekarang kuliah sifatku gk pernah berubah. Tetap saja pendiam dan pemalu :3 hahhaahahaa :v

  286. putra says:

    dulu ane jga pndiam gan klo di kelas suka sring sndiri nggambar, suka di bully jga kdang, tpi ane nyoba bangkit gan akhirnya ane brusaha bersosialisasi, ane ikutan osis, ane biasain gabung sma tmn” dan lma klamaan sifat pndiam ane ilang. jdi buat tmn” pndiem yg mau brubah smangat .. pasti bisa

  287. sama sepertiku, aku selalu acuh-tak acuh bahkan cuek dan masa bodoh, dalam hati ku aku selalu merenungkan orang2 yg ada disekitar ku dan masa depan ku, aku juga selalu di abaikan itu yg membuat ku jengkel terkadang orang yg bukan pendiam kusus nya. dia mau membaur, ya membaur tapi sama orang yg dia anggap akrap aja, berbeda dengan orang yg pendiam, dia lebih open sama semua orang

    orang yg pendiam biasanya dia berlagak bodoh tapi dia nggak bodoh, dia hanya saja menilai sikap orang yg ada disekitar nya

    apa yg aku jelas kan itu adalah sifat ku, kenapa orang yg pendiam selalu di pandang sebelah mata, aku juga heran dgn orang2 di sekitar dia mau bergaul tp dgn orang itu2 aja sempat jengkel juga rasanya mau aku banting aja tuh orang

  288. dimarxiii says:

    saya juga sama pendiam dan kadang, coba berinteraksi di suatu topic grup suka gak di anggap omongan saya dan pada sibuk ngobrol terus dan saya seperti gak ada di dalam group itu

  289. Winda says:

    Paling enak bikin group neh..di medsos..jd bs saling kenal, tukar pikiran dan memberi semangat…

  290. diam itu tenang. jujur awalnya aku bukan orang yang pendiam,kuper,ngak PD. justruh malah sebaliknya. tapi ntah kenapa mulai sekarang sewaktu aku masuk SMK , aku jadi orang yang benci akan bersosialisai. sebenernya ngak susah bagi ku buat bersosialisai. tapi sewaktu aku lihat teman sekelas ku yang mungkin pergaulannya beda banget sama aku. mereka sering ngomongin hal bodoh yang ngak penting yang mungkin itu cuman ngabisin tenaga mereka. aku jadi malas gituh deketin orang-orang kayak gituh. aku lebih memilih deketin orang yang pikirannya sama kayak aku. eh ternyata orang yang kayak aku susah banget di cari di kelas itu. tapi untung aja aku satu kelas sama temen SMP ku dulu, yang punya sifat sama kayak aku, ngak suka sama orang kayak mereka itu. jadi cuman dia temen ku. aku kira masalah hidup ku selesai. karena ku ngak sendirian, eh ternyata salah. ibuku keliatannya benci sama diriku sekarang. karena biasanya sewaktu smp aku sering banget ajak temen sekelas ku buat main kerumah, atau pigi jalan-jalan sewaktu libur, tapi semenjak smk ini aku tak pernah lakuin hal itu. awalnya ibu ku baik-baik aja hingga aku mau masuk kelas dua. dia mulai rada ngak suka, asal aku ngelakuin hal yang salah , seperti aku telat bersih-bersih rumah, jujur aku orangnya pemalas, hehehe. jadi dia langsung marah , itu sih wajar dia marah karena aku pemalas, tapi aneh nya dia marah bukan soal aku ngak sapu rumah atau apa. tapi dia malah marah nyambungnya ke masalah pribadi aku yang ngak suka bersosialisasi, dia selalu katain aku kuperlah,ngak punya temenlah, anak anehlah. jujr aku sangat tersinggung, maka mulai dari itu aku selalu ngurung diri dikamar, ngabisin waktu cuman online, ya itulah kehidupan orang pendiam, mereka lebih aktif didunia maya. karena ku takut lihat wajah ibu ku yang selalu anggap aku kuper,cupu, maknya aku ngurung diri di kamar, selalu ku kunci pintu kamar ku. tapi justruh dia malah semakin marah. bukannya dia benci liat aku selalu dirumah? makanya aku selalu dikamar supaya aku jarang nampakan diri dihadapanya. seharusnya itu ide bagus, tapi yaitu dia semakin parah kalau lagi marah, bahkan dia sampek nyuruh sepupu ku buat berkunjung di tiap hari minggu buat ajak aku jalan keluar dari rumah, anehkan ibu ku? tp aku tetep bersikukuh sama kepribadian ku. ya benci sama bersosialisasi. apakah aku normal? karena hampir setiap hari ibu ku asik bahas tentang kepribadian ku ini, aku jadi bingung sama diriku sendiri, aku jdi ngak tau harus apa? bahkan aku selalu berpikir kenapa aku dilahirkan? aku jadi takut akan masa depanku. karena ibu ku selalu anggap remeh diriku. aku jadi kayak ngak berguna sebagai orang yang pendiam. aku jadi semakin aneh terpuruk, kurasa hidup ku sangat mengenaskan. tapi sewaktu aku baca komentar-komentar diatas. aku jadi yakin aku ngak aneh. karena memang ada di duina ini orang yang tercipta seperti aku ini. maaf curhat. hahaha

  291. Christina veronica says:

    Tulisan di atas sangat mencerminkan saya, hanya bedanya saya bukannya merasa bisa sendiri, justru saya membutuhkan orang untuk berdiri sendiri, hanya terkadang saya tidak berani/malu untuk berbicara dengan orang lain, saya ingin sekali mengubahnya tapi sulit sekali

  292. Saya setuju dng cristina,,, tpi saya jga merasa benci melihat tman saya yg trlalu lebay dan bersemangat,,, saya jga org yg pemalu,,, maju k dpan klas sja saya sdah malu…..

  293. Zamzam says:

    Sumpah, artikel ini dan semua comment2 nya sangat inspiratif sekali.Sy juga orang yg sangat pendiam, dan ternyata banyak juga orang yg seperti saya.Mudah2han kita semua bisa menjalani hidup ini dengan tegar dan kuat sbg orang pendiam.Aminnnn

  294. Adjie 1723 says:

    Q bnyk ngomong di sosmed tapi di dunia nyata aku malh suka diem.. Trs temenku bilangnya ku banci hanya bs bicara di sosmed. Itu bikin nusuk bngt.. Ka gimana ya biar ga bisa dibilang gt?

  295. anonymous says:

    kalo aku gak tau lagi harus kaya gimana , ane juga introvert kehidupan ane benar2 diselimuti kesepian dan kesendirian. sekarang aja ane umur udah 19 masih belum kerja . bukan apa2 tapi rasanya selalu ada kata kga siap. takut bahkan kalo keluar rumah tubuh aku gemeteran kaya orang autis aja. aku juga pernah berusaha jadi orang lain apapun caranya aku lakuin supaya aku kga takut lagi ama dunia ini terus bisa diakui dan mempunyai banyak teman tapi pada akhirnya aku ada dikamar ini lagi , sendirian. malah banyak kerugian seperti motor ane hilang dibegal atau apa namanya. sekarang dimana temen2 yg dulu bareng?? pada hilang semua . malahan saat itu gk ada yg mau nolong sama sekali. mungkin karena tidak ingin terlibat masalah. aku rasa ini adalah takdir .. sangat tidak adil!!
    aku hidup sendirian , gk ada sahabat aku gk butuh teman, dan bahkan aku joness gk prnh pacaran sama sekali, introvert tipe aku ini mungkin paraah banget bro udah stadium akhir. jujur aja udah berapa kali ane mau bunuh diri , seperti makan obat nyamuk tp gk mati2 dan motong urat nadi pake silet tapi takut klo terlalu dalem .yg jelas ane bener2 muak dengan hidup ini . ane cuma gk mau sendirian kaya gini terus mau sampai kapan. jika kalian bilang gw bodoh mau bunuh diri mungkin lo masih mempunyai teman dan cinta dalam hidup lo, sedangkan gua hanya ada rasa sakit dan kebencian . ini sedikit alay tapi itu sebenarnya all, tapi terkadang sisi baik ane keluar .. berusaha menyemangati ane , ane yg baik dan yg buruk silih berganti mengambil alih hidup ane, kadang kebencian gua ,kadang harapan gua tapi disini tak ada cinta , hidup gw kga berarti bung!! apa ane pshycopat yaa?? entahlah.
    yang jelas gua udah tenggelam jauh banget ,. musik rock gua nyelamatin hidup gw untuk sesaat tapi membawa gua kedalam kegelapan . rasanya sakit sangat sakitt .
    gw kasih tau jadwal hidup yg gua jalanin , bangun yg paling pgi tapi gk tau apa yg harus dilakuin, itulah sebabnya gw gk suka bangun pagi , gw gk suka nonton tv jadi gw berbaring aja dikamar .
    siang juga sama, malam juga . dejavu bro !! jalan aja jrang , rekor gw gk keluar rumah 4 bulan tanpa menginjak tanah!!!! bahkan bulan puasa ane gk ngelihat sama sekali suasana saat bulan puasa.dimana org pada rame. shalat teraweh ane pulang langsung . sampai lebaran.gitu aja .. bahkan malam hari rayanya didalam kamar ,lampu dimatiin . parah banget kan!!! ane sendirian lo tau gak lagunya simple plan -im just a kid .. mirip banget ama gua . trus lagu bmth – drown .. miris bangett itu adalah lagu2 ane .. introvert is emo kid, rata-rata org introvert suka lagu kaya gitu , lagu yg membuat mereka jadi dirisndiri.yg ngewakilin hidup ane. masa ente introvert!! lagunya one direction?? justin bieber? maroon 5 dll, itu lagu buat orang yg hidupnya bahagia,, sebenernya banyak hal yg pengen gw curhatin . maaf ya ka! jgn nganggep aku jahat , aku orang baik . hanya saja keadaan seperti ini membuat emosiku kaya gini. aku juga berpikir lain kali kalo aku ketemu orang yg sama kaya aku , pasti aku gk bakal biarin dia sendiri lagi dipojokan . im promise .

    salam introvert
    curhatin aku jgn disalah pahamin.
    buat aku, seberapa kita benci semua ini ,bahkan sama Tuhan. pada akhirnya aku tidak bisa menyangkalnya, lebih baik kita menjalaninya dengan tabah dan menerimanya dengan syukur …

    invit pin ane ya siapa tau bisa jd temen.curhat .. soalnya kontak bbmku cuma 27 doang .. hhe
    ane banyk bacot yaa maaf, 5281f745

  296. Halil says:

    Terima kasih atas artikelnya yg mencerminkan pribadi saya secara mendalam

  297. Trisna says:

    Ya ampun kirain cuma saya saja yg bersifat seperti ini, ternyata banyak temen2 juga. :’)

  298. Choiruel says:

    Ya ternyata banyak juga yg senasib dengan saya…🙂

  299. fatar says:

    wah ternyata banyak juga ya yang senasib seperti ku ,buat sharing aj gue dulu waktu sd sih anakya ceria dan suka begaul sama teman* namun setelah masuk smp saya jadi agak pendiam tapi bukan krna sy kurg padai bergaul tapi karna gagap yg sy derita dari situlah akhirnnya saya mulai jauh dari pergaulan dengan teman bahkan sampai saat ini saya kuliah di teknik informatika semester 3 saya jadi kurang dekat dengan teman sekelas, seangkatan, apalagi senior dan karna gagap, saya saya menjadi orang yang pendiam jauh dari pergaulan karna tidak bisa mengutarakan pendapat, tapi saya tetap optimis untuk menjadi orang yang pandai bergaul insyaAllah terus semangat………..

  300. applea sisti says:

    Saya seperti itu. Saya senang menyendiri. Tapi sebenarnya saya merasa kesepian. Tidak ada yang tahu saya seperti itu. Teman teman saya menganggap saya baik baik saja karena cenderung cuek,tidak mau mencampuri urusan orang lain. Dan cenderung membuat batas karena tidak ingin diganggu. Saya memiliki teman dekat tapi entah kenapa dia malah menjauh karena sifat kami yang berbeda. Saya tipe orang yang terorganisir, rapih, selalu ingin melakukan sesuatu sendiri sebisa mungkin tanpa meminta bantuan dan tepat waktu. Tapi saya bukan seorang yang pemilih saat bergaul. Berbanding terbalik dengan teman saya yang cenderung berantakan, Mengerjakan sesuatu sesuka hati dan pemilih terhadap teman. Apakah berteman itu harus dengan seseorang yang memiliki kesamaan saja? Lalu bagaimana cara saya berteman? Bukankah akan sangat sulit mencari teman yang 1 faham dengan saya? Hasilnya walaupun saya memiliki teman banyak tapi tidak ada 1pun yang membuat saya tidak merasa sendiri. Entah karena saya terlalu baik untuk menjadi teman atau karena saya bersusah payah menjadi teman yang baik bagi mereka agar saya tidak ditinggalkan. hasilnya yang saya rasakan mereka ada jika mereka sedang membutuhkan sesuatu. Saya dibuat seperti buku tugas berjalan. Tempat singgah. Dan diary kosong bahkan ada beberapa yang menjadikan saya dompet umum? Saya ingin menghentikan ini semua. Bagaimana saya harus bersikap.? Mohon solusinya. Bukankah berteman itu jika keduanya beraenang senang bukan salah satunya malah terbebani?

  301. K.K says:

    Ketemuan yuk hai para orang-orang pendiam (termasuk saya) kayaknya bakal seru banget deh wkwkwk

  302. fajar says:

    tulisanya oke..
    kalau aku sih nggak suka keramaian,lebih suks punya teman sedikit,banyak itu berisik..
    tapi bukan berarti aku nggak mau kenal orang lain ya atau aku itu anti sosial..
    hanya saja aku kesulitan mengingat nama dan wajah orang lain,untuk beberapa orang mudah,hari ini kenal besok ingat,tapi masalahnya lebih sedikit yang ingat daripada yang hilang dari ingatan…
    kalaupun misalnya hari ini kenal,besok lupa namanya tapi wajahnya ingat atau malah sebaliknya,bisa juga malah lupa dua-duanya…
    ditambah lagi aku kesulitan menghafal rute jalan..

    tapi,aku bahagia kok..

  303. onez says:

    alhmdllh bc smua tulisanny jd nmbh ilmu…smngt ya utk mngubh hdup mnjd lbh baik..bkn mnjdi lbh berisik..salam knal 4all

  304. Ririn says:

    Sama saya juga padahal pengen banget ngerubahin sikap yang tadinya pendiam,pemalu,kuper pengen banget jadi gaul,PD .tp gimana caranyaaa.Masalah nya saya itu udah di cap pendiam sama orang orang_- Gimana ga sebel cobaa

  305. mf yeah says:

    salah… sangat salah… anda menulis tanpa pengetahuan… ini menyesatkan… stigma pendiam yg anda cap disini itu buruk di depan anda dan teman anda yg lbh senang bersosialisasi… banyak istighfar… penulis…

    • Artikel ini dibuat dengan maksud agar orang Pendiam lebih Optimis dengan kependiamannya. Jika Ada yang memandang tidak baik, mohon disampaikan dimana letak tidak baiknya termasuk yang disebut “Stigma yang benar tentang orang Pendiam”. Penulis tidak mengatakan artikel ini berdasarkan pengetahuan, akan tetapi yang benar adalah berdasarkan pengalaman. Jika memang ada kata-yang tidak sesuai dan menyalahi Syariat Islam, dan yang menyampaikan bisa menunjukkan Dalil yang dapat dipertanggung jawabkan, InsyaAlloh dengan senang hati artikelnya bisa langsung Penulis hapus.

      Wallohua’lam. Terimakasih atas masukkannya.

  306. yas says:

    Saya juga pendiam.. dr Tk sampai sekarang kuliah.. selalu saya yang jadi bahan omongan org, diomongin sana sini.. bahkan setiap ada teman yg mau ngobrol sama saya pasti ujungnya jelekin saya dibelakang.. dan pasti setiap tingkah laku, perkataan saya pasti selalu jdi bhan ketawaan mereka.. aku sekarang udh umur 18 dan aku blom punya pcr,aku kdng takut klo seumur hdp saya tdk akan pnya pcr.. saya jg klo ditempat rame (dimall,dikelas dll) saya tetep merasa sendirian.. saking pendiamnya saya, saya jarang senyum.. bahkan klo ketemu org lain pasti mereka kyak mrasa aneh sama sya.. tapi klo dirumah saya bisa jingkrak”an tanpa ada rasa malu.. ya terkadang saya selalu saja disalahkan ya karna dibilang pemalas lah apa lah.. jujur saya pengen berubah..

  307. khulafaur rosidin says:

    Itulah diriku.. tapi saya mempunyai beberapa kawan baik.. jadi saya tidak suka asal bergabung dengan teman yang lain yang berperilaku tidak benar.. saya hanya memilih yemam yang baik dan mendiamkan teman yang tidak baik/tidak memghiraukan

  308. febrian indah says:

    Samaaa😦 . Terkadang saya lebih memilih diam, daripada saya salah bicara. Tapi kebiasaan itu terlalu sering saya lakukan sehingga saya jadi pendiam. Nggak percaya sama diri sendiri. Saya menganggap bhwa apa yg saya lakukan itu salah terus.😦. Setiap saya punya ide, saya tidak bisa mengemukakan ide itu sehingga Ide saya jadi sia-sia😦 pengen punya sahabat😦 . Terkadang saya juga frustasi mikirin kenapa saya ga bisa bergaul. Saya merasa saya beda dari yg lain. Komunikasi saya kurang lancar dan tidak pandai bicara😦 semua masalah saya pendam sendiri dan itu sakiiitt..😦 saya cuma bisa nangis😦 dan berdo’a😦
    maaf saya jadi curhat. Habis ga ada yg bisa diajakin curhat, krn saya ga lancar bicara.

  309. n_a_imdat says:

    Utulah realita kehidupan .
    Tenasuk yang saya alami.

  310. bekti says:

    sngat mirip dengan ap yg q jalan i selalu sendiri dan sendiri dan serasa malu bila dekat dengan orng yg blm kenal dan selalu memendam perasaan yg ad di hati trus menerus saat cinta itu datang di hati q

  311. Nur Aeni says:

    alhamdullilah bermanfaat banget , sering banget nyalahin diri sendiri karna terlalu pendiem , coba buat komunikasi sama orang lain tapi selalu gak pede .
    artikelnya bagus , jadi bersemangat lagi buat ngebuka diri ..

  312. Muhammad Fadil says:

    Saya jg orang yg pendiam dan banyak manfaat positifnya. tp terkadang sifat pendiam saya menghambat perkembangan saya dalam hal sosial. saya seorang mahasiswa, sebagai mahasiswa memang dituntut untuk aktif berbicara dan menyampaikan pendapat, disarankan jg untuk mengikuti organisasi, dan yg paling penting memiliki teman karena sewaktu-waktu kita butuh org lain untuk membantu dikala kita susah. tp semua itu sulit sekali saya lakukan karena faktor sifat pendiam saya. untuk bertanya ke dosen, memberi tanggapan ketika teman sedang presentasi, aktif di organisasi. rasanya semuanya itu impossible karena sifat pendiam saya. bagaimana solusinya?

  313. Ketika orang sibuk dengan apa Yang dia kerjakan, Ketika orang sibuk menertawakan orang lain, Bahkan mengejek, Menghina, Mencaci, Saya akan memilih untuk diam… Diam itu pilihan karena orang pendiam adalah pemerhati Yang ulung, dia tau kapan untuk melawan dan kapan untuk mundur…
    ENJOY aja, saya akui bahwa saya seseorang pendiam tdk suka keramaian, Kebisingan… Saya lebih asyik dengan permainan saya sendiri… lakukan saja apa Yang membuat mu Nyaman, jika kamu sdh merasa nyaman maka pertahankanlah….

  314. Yang kedua, pemikiran atau prinsip dapat melakukans suatu hal dengan kemampuan sendiri dan merasa tidak butuh orang lain akan mendorong seseorang untuk menyendiri.
    kalo yang ini aq bgt, walaupu pendiam tapi punya prinsip tdk merepotkan org lain😀
    sebenarnya se cenderung menyendiri itu krn tak mempercayai org lain, kalo aq seperti itu

  315. puspagunawan says:

    Dear kak priana : alhamdulilaaah sekali trimakasi sudah menuliskan tentang hal ini. Ternyata masih banyak yg sepertiku. Tulisan yg bagus , yg buat aku jadi lebih banyak mikir lagi tentang hal ini . Aku senang membacanya😊

  316. nurul says:

    Sama saya juga gtu..
    Tp dulunya saya orng nya ga pendiam tp gara” waktu smp saya pernah dibully sm temen” saya, temen saya yg nge bully saya cowok lg, makanya dr sejak saya lulus smp sampe skrng, saya orng nya jd ga suka bergaul/ ngobrol sm orng” lainnya, ga tau knp saya jd penyendiri gini, trs saya juga udah pernah coba ngobrol sm sekolompok temen” saya, tp saya malah dicuekin, kayak ga dianggep gtu, kan gmana sih rasanya ga dianggep, bikin sakit hati aja, makanya gara” itu juga saya lebih suka diam dari pd bicara tp ga dianggep..

  317. wirna says:

    kalau aku mah sebenarnya orangx cerewet tetapi ketika pas masuk SMA kelas 3 saya udh mulai pendiam dikerenakan aku ada masalah yang sampai sekarang tdk bisa aku atasi dan aku trauma dengan masalah itu, dan dilain sisi aku jadi bahan ejekan teman2… aku pengen berubah yang banyak bicara seperti dulu, yang selalu senyum

  318. wirna says:

    saya juga termasuk orang yang pendiam, ketika saya masuk SMA kelas 3 saya udh mulai pendiam, dikarenakan aku ada masalah yg sampai sekarang tdk bisa diselesaikan , jadi mulai dari itu aku sudah mulai pendiam sampai sekarang, kemudian aku juga jdi ejekan dri teman2. tetapi maslah aku itu bukan dri teman akan tetapi masalah keluarga. aku pengen seperti dulu. bagaimana ya? apa bisa seperti dulu?

  319. Kirana says:

    Mungkin kita orang pendiam lebih banyak kurangnya, bebannya, kesulitannya, dibandingkan dengan orang yang bawel.. tapi setiap manusia punya kelebihannya masing-masing, Allah menciptakan segala sesuatu selalu berdampingan. Ada panas, ada dingin, begitu juga dengan hal ini ada pendiam dan ada bawel. Semua manusia pasti saling membutuhkan.
    Tetap semangat dan menjadi diri sendiri yaaa, meskipun pendiam itu walaupun sudah banyak bicara tapi jarang dianggap atau dihargai, meskipun pendiam itu selalu dianggap remeh dipandang sebelah mata, meskipun pendiam selalu dinilai sebagai sifat yang negatif. Orang-orang tidak tahu bahwa kalaupun aku bisa memilih, aku ga mau terlahir sebagai seseorang yg bersifat pendiam. Namun ini sudah lah takdir dari Allah SWT.

  320. Nabyl says:

    aku juga begitu,kadang pada waktu dimana aku mempercayakan diri untuk bergabung dengan yang lain,tetapi kehadiranku itu hanyalah diangga angin,itu sebabnya aku jadi malah gk mau bersosialisasi lagi…..

  321. arsy.A says:

    dari kecil hingga sekrang smp sudah berumahtangga,sifat pendiam ku g pernah berubah ,tp lebih tenang menyendri dr pd berbaur dg orang banyk,tp jujur aja hati ini mersa sdih kesepian krn g puny teman,trkdang pengen bngt ky yg lain punya bnyak temen,tp ap daya sy g bsa,utk seprti itu😢,mungkin nasib orng pendiam ky gini,tp aku mau bertamn sama orng yg ngerti dan sepham dg fikiran,tp tk semua orng ngerti kemaun ku,aneh jg aku pendiam dpt suami pendiam jg,atikel in sama persis dg aku,aku syukuri dn nikmatin aj ap yg sdh Allah brkn pd ku.

  322. solikin777 says:

    Diremehkan.. apa yang kita bicarakan selalu di acuhkan.. tak dianggap… dan seperti tidak di sayangi.. itu memang membuat kita merasa ingin sendiri termasuk saya.. tetapi saya sadar semua orang di ciptakan berbeda beda.. namun aku lebih memilih diam dan sembunyi.. menenangkan diri.. dan aku pun keluar dengan menganggap tidak terjadi apa2.. padahal hati ini sakit namun apa daya.. Allah SWT telah menciptakanku dan kita. Tidakkah kita mensyukurinya? Aku hnya butuh instropeksi diri.. bahwa kita ini kecil. Terkadang diam dan sembunyi.. menyendiri itu menenangkanku.

  323. silvia says:

    saya juga pendiam bahkan untuk berkelompok di sekolah aja jarang di ajak

  324. ternyata banyak juga orang pendiam di dunia ini.
    bukan saya doank.
    semoga orang orang pendiam jadi orang yg sukses. amien.

  325. shafwan says:

    Bener banget seperti kehidupan ku

  326. safwan says:

    Bahagia baca artikel ini ku kira aku saja yang merasakan seperti ini

  327. Mahrijal says:

    Menjadi orang pendiam itu sangat menyenangkan🙂 , i can think anything what i want to think , i can do antything what i want to do and all of thats is doing by myse!f , sorry nulisnya kepanjangan karna ga mau ngomong jadi cuma bisa lewat kata

  328. irwan says:

    artikelnya bgus gan,,, mantappp

    saya seorang pendiam umr 20 dan selalu kespian bahkan sya ngersa tidak punya kluarga dan ortu, tapi sya beruntung bertmu temn yang bisu jdi ksepian itu skskrang hling, tpi trkang sya berfikir gimna klo sya udah nikah apkah sifat ini bisa akn hilang ?
    mungkin kita sifat pendiam tidak akn ksepian klo membuat komunitas,,heheh
    sya yakin semua sifat pendiam slalu berfikir dwasa dan slalu berbicara yng brmafaat

    hrus ttep smangat!!!!!!………………………

  329. gw dijauhin temen sekelas karna sahabat gw yg ninggalin gw. akhir2 ini gw jadi diem dipelajran tertentu gw ditinggal dibelakang ..semua temen gw duduknya berdua-dua dan tinggalah gw sendirian ditengah-tengah kelas gw ngerasa dikucilin,gw ngerasa asing,rasanya mau pindah sekolah sakit hati gw.. untungnya gw sadar Allah punya rencana nya yang terbaik buat gw..

  330. Fitri Aulia says:

    berdiam diri membuat kita lebih fokus

  331. Zahra says:

    Semua yang kalian ceritakan, hampir dams seperti yang saya rasakan, menjadi pendiam memang bukan keinginan saya, selain diam dikelas, kadang saya jg suka di omongin teman2 saya dibelakang , dan itu membuat saya sangat sedih

  332. syabilla says:

    Artikel ini hampir sama kayak kehidupan ane , disekolah atau dirumah … Tapi untungnya masih punya temen 2 yg baik . Kadang emang suka ngerasa dijauhin juga sih sama temen sekelas yg lainnya … 😞😢

  333. Yoga says:

    Sama banget nih dengan cerita hidup aq. Selalu di cemooh di kucilkan .. karena aq memiliki sifat pendiam. Kadang aq berpikir kenapa aq di berikan sifat seperti ini oleh tuhan. apa lagi aq hidup di bali yang serba mayoritas sosial budaya. Di mana k3hudupan di bali lebih banyak berinteraksi sesama manusia. Aq jd berfikir gimana ya masa depan aq nanti.

  334. Rafly Billy Limnata says:

    ternyt bnyk jg orng pendiam d lhat dari komentar ini…
    saya kira cuma saya…

  335. Rafly Billy Limnata says:

    Saya risih dengan sifat pendiam ini…
    bagaimna agar menjadi orng yg tidak pendiam??

  336. @okta05 says:

    Terimakasih atas artikelnya bung Priana Saputra. Isi dari artikel Anda sangat mengena sekali dari karakter saya. Saya juga seorang yang pendiam atau diistilahkan sebagai seorang INTROVERT pada umumnya. Ya, apapun karakter yang melekat pada diri kita, baik Inrovert, Ambivert atau Ekstrovert harus kita syukuri apa adanya. Ini adalah karunia atau nikmat Allah pada makhluk yang Dia kehendaki. Dari 99 Asmaul Husna ada Al-Adl (Yang Maha Adil) yang merupakan salah satu nama Allah yang indah. Buktinya Dia menciptakan atau menjadikan atau mengadakan di kehidupan dunia ini berantonim-toniman seperti kuat dan lemah, kaya dan miskin, sehat dan sakit, hidup dan mati, besar dan kecil, termasuk ekstrovert dan introvert dll. Ya, memang menyandang label Introvert merupakan suatu ujian berat yang harus dilalui. Menurut saya, seorang Intovert itu dalam kehidupannya memiliki banyak rintangan, baik di keluarga, di lingkungan tempat tinggal, di sekolah, di kampus dll. Tetapi, umumnya mereka tetap sabar dan ikhlas untuk menjalaninya. Ya, memang ekstrovert lebih banyak menonjol ketimbang introvert di dalam kehidupannya. Tetapi, apakah betul orang-orang pendiam kebanyakan melakukan perbuatan yang dibenci oleh Allah yaitu mengakhiri dirinya sendiri? Dan satu lagi, apakah label intovert ini merupakan hal yang negatif yang harus diubah secara perlahan-lahan? Umpamanya, ketika orang ditimpa sakit harus berusaha untuk sehat. Ya jujur, saya sangat ingin mau berubah, tetapi sangat sulit sekali. Saya sangat senang sekali, jika melihat seorang introvert bisa berubah menjadi ambivert bahkan ekstrovert. Bukankah begitu.

  337. Edi says:

    hampir mirip dengan kisah saya

  338. Ayako Kuronuma says:

    jadi seorang pendiam nyaman dengan kesendirian itu benar, aku suka itu

  339. Ayako Kuronuma says:

    Artikelnya bagus, jadi pendiam bukan berarti jadi kelemahan diri tapi lebih baik jadi pendiam yang notabenenya itu karakter kita daripada pura-pura supel yang sebenarnya buat kita ngrasa aneh😀

  340. deon says:

    samaan saya juga begitu😦 .. kasih tau dong all solusi gimana cara nya biar ga pendiam terus ?? kalo jadi org pendiam apa” tuh susah terutama buat nyari pasangan karna saya jarang bicara atau ga bisa basa basi . jadi pasangan tsb jadi bosen sama kita karna jarang ngomong. kasih tau dong all sokusi nya . makasihh 🙂

  341. deon says:

    _samaan kaya saya gitu saya juga org nya pendiam . gimana dong all solusi nya agar ga jadi org pendiam ?? jdi org pendiam apa” tuh susah terutama cari psangan.. ga PD atau gimana ya saya suka bingung mau ngomong apa kalo pas kenalan atau suka bingung mau ngomongin apaan😦 . kasih tau dong all gimana solusi nya. makasih sebelum nya🙂

  342. april says:

    Samaa yaa… ternyata ga cuman ak aj yg ngerasa gini…
    Semoga ini salah satu wujud dari perlindungan Allah kpda kita… tpi ttep harus bersosialisasi sewjarnya aj kan seperluny aj…. yah walau kdng ngerasa sedih tp ini mgkin lebih baikkk… jadi plongg liat commentny… makasihhhh :))

  343. Wulung Aprilia says:

    Ternyata ad jga yg ngerasa hal yg sama… kadang ngerasa asing.. ga dianggep.. diabainn… tp smga ini salah satu wujud dari perlindungan Allah🙂 wlau jdang ngersa sedih tp mgkin ini yg terbaikk… klau pun bicara paling yg seperlunya saja yg penting ga terlalubnyak basa basi itu jga ke org yg udh lmyan dket dan bisa di percya… mantap dehh.. makasihh buat web ini.. buat yg komen..komennya jg salam kenal yahh… kalau ad grupny ak bisa gabung kemna yahh hehehe…

  344. Toni Frensia says:

    saya umur 19
    tpi di umur saya ini udah bnyak yg saya alamin
    saya jga slalu menghindar dari keramaian terkadang males buat ngobrol sama sekali
    intinya saya slalu merasa sendiri
    saya pun mulai bermain gamers buat ngilangin rasa sepi
    tpi ttep ajj udahnya sepi
    kadang suka bingung mw ngapain
    lebih seneng liat pemandangan indah dan berdiri sendiri tpi sebenernya bukan itt yg di harapkan mungkin

  345. araminta001 says:

    Gimana sih biar si pendiam dapat berbaur dengan yang lain

  346. Alvian says:

    Terimakasih ^_^ :’)

  347. EriaNty says:

    Diam itu terkadang benar2 menyakitkan
    Sudah berusaha bersosialisasi tapi knpa susah skali
    Bnyak orang yg ngerti betapa susahnya seperti ini

  348. Babe says:

    Keren keren. Kalo saya sih ga pendiem orang nya suka becanda, tapi temen saya yang pendiem.Menurut saya malah keren, biasanya orang pendiem punya tujuan yg di pengenin, contoh nya temen saya, dia sekarang jadi gitaris,tapi ga terkenal2 amat sih hehe.Terus Orang pendiem itu baik banget sama temen nya, dan suka ngelakuin hal yang tak diduga. Jempol deh buat semua nya.

  349. ???? says:

    saya pendiam, gak suka keramaian, gak suka sama orang yang banyak bicara.. teman2 saya banyak yg bilang kalau saya ini membosankan, dtambah saya sering bertengkar dgn teman2 saya.. hadeeeehhhh -__-…

  350. Desca Lisdaniar says:

    Enaknya jadi orang pendiam jadi lebih tenang dibanding orang lain, dan karena terbiasa melakukan banyak hal sendiri, jadi berani dan tidak manja.
    Nah untuk ngga enaknya (kalau saya) jadi sulit mengungkapan marah atau kekecewaan, akhirnya dipendam dan menunggu sampai reda sendiri, rasanya ingin sekali-kali mampu secara spontan mengungkapkannya.

  351. ida says:

    assalamualaikum
    saya juga pendiam sedih banget baca kisah2 saudara saudara senasib kayak saya diatas
    dari coment coment yg sekian banyaknya
    kayaknya bisa nih dibuat suatu komunitas anak anak pendiem ya nggk?, biar nggk ada kaum introvet yg merasa terasingkan gitu.
    saran saya supaya kita bisa bersosialisasi dan punya banyak kawan ya, ikut merasakan dan memahami apa yg dialami orang lain, saling berbagi kebaikan dan ilmu bermanfaat sama orang lain. setujui pendapat orang lain yg sama dengan kita.coba deh kasih pujian dan tanggapan sama orang lain, terkadang orang lain itu antusias kalo ada orang yg mau dengarin keluhan maupun pendapat dia. nah yg dapat julukan” pendengar yg baik” itu kita ya nggk. orang orang pendiam, atau nggk sekedar bertanya sama orang lain. ini gimana ya? atau kamu setuju nggk sama ….? ya gitu gitu deh, insya allah orang orang yg memang baik ngasih respon yg baik.
    dan satu lagi nggk usah malu untuk nunjukin kelebihan yg kita punya sama orang lain#bukan pamer
    misal nih kita bisa ngegambar, nah kita bisa tanya saran atau kritik dari orang lain, karya kita bagus apa nggk, dari situ kita bisa mulai percakapan yg di idam idam kan selama ini, hoho
    so tetap bersyukur aja🙂

  352. bintang says:

    terima kasih ya mas atas saranya semoga saya bisa bergaul dengan orang semua itu karakter saya yang mas tulis di artikel itu…

  353. Febrine says:

    saya juga pendiam,, kadang rasanya hidup saya gx ada artinya. terlebih ketia orang lain mengemukakan apa yg jadi kekurangan saya,, sikap2 saya yg memang “kurang baik” menurut orang2 normal, di situ saya merasa benar2 buruk. Walaupun saya sudah menikah tapi sepertinya suami pun tidak bisa menerima keadaan saya yg seperti ini, dy selalu berharap kpda saya agar bisa berubah. padahal mengubah karakter sesorang itu bukan hal yg mudah, bahkan hampir tdk mgkin.. jadi org pendiam harus punya jiwa yg kuat dan tegar menanggung semuanya seorang diri.

  354. Febrine says:

    apakah semua pendiam itu introvert?? pendiam itu bukan hal yg mudah diubah kan, terlebih kita udah hidup bertahun2 dengan karakter seperti itu.. saya pernah liat tulisan “don’t think introversion as something that need to be cure”.. bukankah itu artinya kita tidak perlu menyiksa diri kita utk berubah (karna bukan hal yg gampang),, tapi lebih ke pemahaman utk menerima diri kita apa adanya.. walaupun tidak enak ketika melihat orang lain bisa senang2 dan bergaul sedangkan kita tidak punya teman samasekali. sedih sih..

  355. dulu aku anak nya tidak pendiam atau pun suka menghindar tp di mna ada kejadi an yg tidak bisa lupakan tampa aku sadari aku merasa pada diri aku banyak perubahan dan aku skrang tidak suka berkomunikasi sama orang2 sekitar aku dan aku cenderung lebih suka sendiri dan diam di dalam kamar aku trs berusaha menjadi diri aku yg dulu tp aku suka tidak nyaman dan skrang tmn yg selalu ada untuk aku cuma sosial media yg membuat aku nyaman walau pun aku selalu kesepian

  356. Art says:

    saya juga seorang pendiam, tapi saya mempunyai banyak teman. melalui kegiatan ekstra kulikuler sekolah dan organisasi saya menganal mereka. saya adalah orang yang sulit bergaul dengan lingkungan bahkan di sekitar tempat tinggal saya. mendekati orang di sekitar kita terlebih dahulu adalah solusi saya untuk bersisosialisasi,kalau kumpul sama teman – teman saya hanya seperlunya kalau tidak di tanya saya jarang bicara. penyendiri adalah sesuatu yang wajar karena ada waktunya kita butuh ketenangan.

  357. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini dan terimakasih juga atas komentar-komentarnya dari Teman-teman semua. Maaf jika tidak sempat mengomentari satu persatu komentarnya. Apapun yang Alloh ciptakan tak mungkin ada yang sia-sia. Termasuk kependiaman yang teman-teman di sini alami. “Sifat Pendiam” adalah salah satu sifat yang Alloh ciptakan diantara sifat-sifat yang lain yang seseorang miliki. Masalahnya adalah bagaimana kita memanfaatkan sifat tersebut agar bisa bernilai positif untuk kita karena tidak semua hal yang berkaitan dengan “Kependiaman” itu bersifat negatif. Wallohua’lam. Terimakasih.

  358. Wahyu says:

    Walaupun saya orgny pendiam dan sering di asingkan…
    Tpi saya bersyukur,Krna sifat pendiam ini saya jauh dari hal” negatif sperti yg di lakukan anak” muda jaman sekarang…

  359. Saya orangny pendiam.Tpi saya bersyukur karena sifat pendiam ini saya jauh dari hal” negatif seperti yg di lakukan anak muda jaman sekarang,
    Smpe skrg saya tidak merokok & berpacaran.
    Pdahal tmen” saya pda bilang kalau saya ini ganteng.
    Bkanny bermaksud apa”,Tapi memang bgitu ceritany..

  360. Jeremy says:

    wah sama huhuhu T_T ..
    ternyata bkn aku aja yg pendiam T_T

  361. Muhammad Faton says:

    Aku bersyukur banyak teman2 di sini yng menguatkan ku ,aku pun terkadang di ejek tapi aku tetap bersabar salam ya buat teman2 semua dan saya trima kasih banyak untuk blog ini

  362. saepudin says:

    Selama aku kira cuma aku yang selalu dianggap aneh di dunia ini, kadang hati menangis ketika mereka cuma bisa mengejek dan mengatain aku di belakang, dan aku tahu apa yang mereka bicarakan. aku pendiam karena aku cacat fisik, sejak SMP, sejak saat itulah aku jadi pendiam dan pemalu, entah kenapa baru kali ini aku mau curhat di blog ini mungkin karena aku merasa banyak teman yang seperjuangan walaupun beda kasus pertamanya, salam persahabatan ya…

  363. aldi says:

    aku drdlu g prnh yg nmnya pnya tmn bhkn ibu sya bnci sya krna sya orgnya pendiam… kadang sya brfikir allah tuh g adil knp sya dibri hdup sgt menyedihkn… tdk pnya tmn… bhkn org” sekitar jg mengasingkn sya…. udh gtu sya orgnya bodoh mungkin tmn” sya diatas pintar” semua dibalik kependiamn nya… tp sya adalah manusia yg bsa dblg gagal…. meskipun artikel ini mengatakan lain… tp kenyataanya sya adalah manusia smpah… dijauhi manusia”
    enth knp sya msh ingin brthn hdup dikala kehidupan sya yg smpah sperti ini…
    barang kali ada yg kehidupannya sm prsis sprti sya?

  364. fahri hasan says:

    aku drdlu g prnh yg nmnya pnya tmn bhkn ibu sya bnci sya krna sya orgnya pendiam… kadang sya brfikir allah tuh g adil knp sya dibri hdup sgt menyedihkn… tdk pnya tmn… bhkn org” sekitar jg mengasingkn sya…. udh gtu sya orgnya bodoh mungkin tmn” sya diatas pintar” semua dibalik kependiamn nya… tp sya adalah manusia yg bsa dblg gagal…. meskipun artikel ini mengatakan lain… tp kenyataanya sya adalah manusia smpah… dijauhi manusia”
    enth knp sya msh ingin brthn hdup dikala kehidupan sya yg smpah sperti ini…
    barang kali ada yg kehidupannya sm prsis sprti sya?

  365. soleh says:

    intinya org pendiam itu smph sprti sya

  366. Sy pendiam, ga pede , sering gugup sm org wlwpun udah lama kenal, rasanya tuh tkut bgt salah tingkah, alih2 berusaha bersikap biasa saja, malah sepertinya sikap saya terlihat aneh.. mau mati rasanya kalau tatapan mereka seperti mengatakn “ngmong apa sih lo?, aneh bgt ” krna kdang omonganku gak jelas juntrunganya kemana , kdang gak nymbung _ yg aku sadari beberapa detik stlah ngmong.. langsung down deh pedenya.. abis itu diem lg… mau ngmong sama org aja grogiii bgt, gk bisa lgsung ceplas ceplos..
    Mau ngmong mikir “ngomong tidak ya.. ngomong tidak yaa”*sing #
    Skrg aku merantau, bwt kerja.. dit4 kerja yg kerjany se team, aku juga sering diam, dia bete bgt keliatanya, malah aku merasa menganiayanya dgn mendiamkanya wkwk, yah aku diam jg krna kalo ngomong dpt tgepan kurang enak.. wajar sih.. aku jg gak pandai nyusun kalimat yg baik dan asik x.x entahlaah.. aku iri dg tmanku yg lain kalo bcra dg teman seteamku ini dia lgsung bisa bwt trtawa senang sekali terlihat, sprti lepas dr belengguku.. tp aku.. ingiin nangiss .. semoga Allah tetap menggenggam warasku # aku dsini brjuang untuk klwrgaku dikampung, mrekalah semangatku.. lillahita’ala aku berjuang untuk mereka aamiin #trimakasih numpang curhat udah lebih plong

  367. someone quite says:

    Boleh tny…. sy tipe org pendiam . Bagaimana klo org pendiam itu ingin bergaul brsma tmn tmn lainnya ?? Walau sudah punya banyak cara tapi tetap tidak ada yang memperhatikan org itu sebagai teman nya . Makasih .

  368. jona v mtd says:

    trimakasih ya aku mulai mengerti tentang keadaanku sekarang.
    aku mulai paham.

  369. aliana says:

    AKU juga orang yang oendiam dan pemalu , kadang kalau di aja k bicara sama teman ku aku kurang nyambung makanya banyak teman ku yang meremehkan ku . Bahkan teman dekat ku juga seperti itu . AKu juga lebih suka menyendiri karna aku tidak tau harus berbuat apa di keramain . Berbicara dengan lawan bicara pun aku sangat canggung dan tidak berani menatap langsung ke mata nya , dan itu semakin membuat orang berpikir aku aneh . DAN saat mengemukakan pendapat saja aku tak bisa walau pun aku sudah menyimpan pendapat itu di benakku . Aku tidak pernah menyesal dan menyalahkan siapapun karna memiliki sifat seperti ini , aku hanya merasa takut untuk s’lalu seperti ini .

  370. auliarahmanweb says:

    Halo kenapa komentar ku endak mau masuk?

  371. auliarahmanweb says:

    Puisi:” Kesedihan”

    Saat aku sendiri
    Tiada teman menemani
    Melainkan hanya sebuah benda yang bisa kujadikan teman

    Teman andai kau ada
    Pasti semua senang,pasti semua bahagia
    Tapi,sayang tanpamu aku tak berdaya.

  372. Defalt. says:

    Ane juga kadang heran, kalo di dunia maya bisa ngomong nrocos bahkan nyeramahin orang :v tapi kalo disekitar, mau ngomong aja mikir” dulu dan jaga sikap, takut salah tingkah atau kelihatan aneh. Tetep tenang, Tuhan slalu berikan yang terbaik. #GBUAll

  373. faris syaiful arifin says:

    aku juga pendiam , awal nya dari SD karena aku mau jadi anak yg tertib ,tapi semakin kesini aku makin pendiem gara gara terlalu tertib aku jarang bicara di kelas ,dirumahpun gk punya temen ,sekarang aku SMK kls 2 bntar lagi kerja , aku ambil jurusan otomotif ,yah…… kalian tau dah anak bengkel kaya apa ,uh ….tapi gk papa itu untuk pelajaran buat aku untuk kedepannya
    (menurutku orang pendiam itu justru gampang banget bergaul sama orang yg pendiam juga , karena kelihatan sopan orangnya dan gk nyakitin hati)

  374. farid says:

    semua yg gua rasain sama seperti yg tertulis di blog ini,,

  375. auliarahmanweb says:

    Menteganya lah aku sendiri disini endak ada yang mau komentar yang aku kirim tadi bagus aku mati aja sudah

    • Sehat Abadi says:

      ahahaah .. kalo mati ajak aku dong :v *kidding .. jgn bundirlahh

    • Sehat Abadi says:

      Yahhhh😦 .. kalo kamu mati aku sedih lhooooooo

    • Sehat Abadi says:

      yah😦 .. kalo kamu mati nanti aku sedihh lhoooooo

    • Heyyyyy km ga boleh gtuu!!
      Aku adalah org yg pendiam, aku punya teman dekat bisa dikattakan sahabat sahabat, Ya sahabat hanya kata2 namun aku tidak merasa dia betul sahabat. Aku punya sebuah geng gtu deh dari kelas 1 sma sampai skrg kls 3 tpii semakin lama kenal sikap tmn2 itu semakin berubah.. jika dulu pas kls 1 aku ngerasa banget kita saling mengharga tpi pas msk kls 2/3 prilaku tmn2 itu brbh, mrka hanya mw akrab dngn ank yg seru asik.. secara aku kan anaknya ga terlalu pinter ngomong pdhl gw itu respect banget klo tmn2 itu curhat seakan akan aku merasa jdi dirinya ..tpi pas giliranku curhat rasanya tmn2 itu cuma skdr merhyiin gaa respeknya kyk akuu… drisitu aki srg merasa disepeleein lah dianggap remehh.. pdhl merela ga tau klo aku ituu respek skli punya tmn kyk mrk .. dan akupun mls dan mulai menyimpan semuanya sndiri … sama ortu pun aku ga bisa curhat atau bermanja-manja kyk ank2 yg lain, tmn dunia mayapun ga bisaa … dan akhirnya aku selalu meluapkannya dngn air mata di dlm kmr …. sungguh aku ga suka sepertii iniii, namun aki sllu ingat msh ada Allah yg sllu disisiku … yaa itung itung dunia ini cuma buat cari pahala ke akhiratakhiratt.. jujur cape emang hidup jd org pendiem ehhh lebih tptnya di cap pendiemmm… trkdng pengen rubah sikap.. pas bersikap agak cerewt atau sokakrab pastii ada aja yg ngoment….
      gmna cara menangani sikap pendiam agar menjadi menyenangkan ?

  376. auliarahmanweb says:

    Aku kayaknya gangguan kejiwaan mangkanya aku jadi pendiam iya kan teman teman.

  377. auliarahmanweb says:

    Halo priana pembuat blog cerita pendiam ini. Saya mau nanya siapa saja disini yang pendiam tapi punya sahabat akrab dekat kalau endak ada satu pun yang jawab Bagus aku Mati Aja sudah endak Guna aku Hidup.

  378. auliarahmanweb says:

    MenTega campur Kacang. Kata Tim Dokter: Kacang – kacang Cuek Bebek Sudah Tanda Seru Titik !.

  379. auliarahmanweb says:

    .

  380. abdul aziz says:

    ayu bikin kopdar orang pendiam ini invite yang mau ikutan kita bukber lebih seru hahaha aku juga pendiam 5FC25770

  381. aris xiu ibnu sina batam says:

    gak enak ya jadi pendiam,gak kayak yang lain yang bertawa ria ,sedih aku mikirinnya : (

  382. Rahmat says:

    Auliarahmanweb
    sabar gan,jangan ngomong yg tidak-tidak

  383. Annisa Dwi Muliana says:

    serasa menemukan kelebihan saya🙂
    saya di tertawakan karena terlihat beda tapi saya terbahak karna melihat mereka sama.

  384. Deni cs says:

    Ternyata ada banyak yang mengalami hal serupa, termasuk saya yang bingung untuk memulai awal perbincangan dengan sesesorang yang baru dikenal atau sudah lama tak berjumpa.
    Terimakasih artikelnya.

  385. pemuda yang ingin hidup sukses dan banyak teman says:

    ane juga anak pendiam gan.. udah dari sd juga kayaknya, muka ane juga nggak ganteng gw juga pemalu. pas di sekolah gw dieeem banget entah kenapa padahal gw pengen banget ikut gabung n ngobrol ma temen2 tp rasanya susaaah banget ga tau gitu harus ngomong apa, guru gw juga gk suka ma gw karna terlalu pendiam karena itulah teman2 ga ada yg peduli ama gw bahkan keluarga gw, ketika temen atau guru sedang ber papasan di jalan ama gw gw peeeengen banget nyapa tp susah banget jadi ya cuma senyum aja🙂 , gw orangnya minder karna gw sering banget di ketawain ma orang2 entah karena apa mungkin muka gw yg jelek gw diremehin dan dipandang sebelah mata. kebetulan mata gw minus tinggi dan gw gak mau pake kacamata karna malu diketawain, jadi ketika bertemu orang di jalan trus gw di panggil gw gapernah nengok ato bales nyapa karena mata gw gk bisa liat siapa yg manggil gw, karna itulah orang2 jadi benci ama gw😥 gw dikiranya sombong dan gak mau berteman. dan itu adalah hal yg paling menyakiti hati gw karna gw sebetulnya pengen banget kumpul ama temen nyapa temen ngobrol tapi gak tau kenapa susaaaaah banget gw juga ga pernah ingin jadi orang sombong gw cuman pemalu n pendiem gak ada rasa sombong sama sekali. gw udah berusaha mati2an buat ngerubah sifat gw gw pengen berubah kayak orang2 biasa lainya tp dari gw smp sampe sekarang gw baru lulus sma… hasilnya nihil tubuh gw aja yg beruba tp sifat tetap sama. gw seumur hidup gapernah ngerasain yg namanya punya pacar (emang siapa yg mau ama gue yg penuh kekurangan), gw klo deket ma cewek mati kutu gw gw gatau kudu ngobrol apa dan gw gapernah natap muka lawan bicara cewek karna gw gaberani, gw iri melihat temen yg bisa ngobrol kesana kemari sedangkan gw hanya menjadi pendengar yang budiman. entah sampaikapan gw terus begini yg gw takutkan gimana masa depan gw nati gw ga bisa hidup tanpa teman, jujur bagiku yg paling kubutuhkan di dunia ini bukanlah kekayaan atau gelar tapi gw butuh teman dan gw gak mau diketawain dan dikira sombong ama orang itu aja udh cukup bagiku. gw hanya bisa berdoa semoga allah meberikan yg terbaik untukku dan aku yakin allah akan menunjukan jalan keluarnya dan aku yakin allah tidak akan memberikan manusia kekurangan tanpa diberi kelebihan. itulah diriku kawan itulah kisahku yg menyedihkan….

    • Aris Aryanto says:

      kita senasib kawan,santai aja…..
      aku pun jga begitu ,tapi…
      kalau aku begini terus.aku bisa gila…..
      ingat ….
      jangan takut untuk menjadi seorang pendiam,
      rata rata orang-orang sukses pasti punya yang namanya masalah ,
      ayo intropeksilah diri kalian,kita semua harus saling menghargai antar sesama manusia.
      baik orang pendiam maupun tidak .kita semua sama🙂
      kita hidup didunia hanya sebentar saja ,setelah itu tidak ada lagi kehidupan yang baru,
      sungguh ,allah itu adil terhadap kita….
      cobalah kalian lihat kasus-kasus anak zaman sekarang….
      ada yang pembullyan sampai pembunuhan,kenapa itu bisa terjadi?
      karena mereka tidak bisa menjaga lisannya.
      ayo semuanya ,rajin rajinlah untuk bersyukur…kepada allah.
      ingatlah allah memberikan ujian kepada kita pasti memberikannya sebatas kemampuan kita…….
      dan renungkanlah nikmat apa yang allah berikan kepada kita semua…

      thanks atas artikelnya

  386. anonymous says:

    ane juga anak pendiam gan.. udah dari sd juga kayaknya, muka ane juga nggak ganteng gw juga pemalu. pas di sekolah gw dieeem banget entah kenapa padahal gw pengen banget ikut gabung n ngobrol ma temen2 tp rasanya susaaah banget ga tau gitu harus ngomong apa, guru gw juga gk suka ma gw karna terlalu pendiam karena itulah teman2 ga ada yg peduli ama gw bahkan keluarga gw, ketika temen atau guru sedang ber papasan di jalan ama gw gw peeeengen banget nyapa tp susah banget jadi ya cuma senyum aja🙂 , gw orangnya minder karna gw sering banget di ketawain ma orang2 entah karena apa mungkin muka gw yg jelek gw diremehin dan dipandang sebelah mata. kebetulan mata gw minus tinggi dan gw gak mau pake kacamata karna malu diketawain, jadi ketika bertemu orang di jalan trus gw di panggil gw gapernah nengok ato bales nyapa karena mata gw gk bisa liat siapa yg manggil gw, karna itulah orang2 jadi benci ama gw :'( gw dikiranya sombong dan gak mau berteman. dan itu adalah hal yg paling menyakiti hati gw karna gw sebetulnya pengen banget kumpul ama temen nyapa temen ngobrol tapi gak tau kenapa susaaaaah banget gw juga ga pernah ingin jadi orang sombong gw cuman pemalu n pendiem gak ada rasa sombong sama sekali. gw udah berusaha mati2an buat ngerubah sifat gw gw pengen berubah kayak orang2 biasa lainya tp dari gw smp sampe sekarang gw baru lulus sma… hasilnya nihil tubuh gw aja yg beruba tp sifat tetap sama. gw seumur hidup gapernah ngerasain yg namanya punya pacar (emang siapa yg mau ama gue yg penuh kekurangan), gw klo deket ma cewek mati kutu gw gw gatau kudu ngobrol apa dan gw gapernah natap muka lawan bicara cewek karna gw gaberani, gw iri melihat temen yg bisa ngobrol kesana kemari sedangkan gw hanya menjadi pendengar yang budiman. entah sampaikapan gw terus begini yg gw takutkan gimana masa depan gw nati gw ga bisa hidup tanpa teman, jujur bagiku yg paling kubutuhkan di dunia ini bukanlah kekayaan atau gelar tapi gw butuh teman dan gw gak mau diketawain dan dikira sombong ama orang itu aja udh cukup bagiku. gw hanya bisa berdoa semoga allah meberikan yg terbaik untukku dan aku yakin allah akan menunjukan jalan keluarnya dan aku yakin allah tidak akan memberikan manusia kekurangan tanpa diberi kelebihan.   itulah diriku kawan itulah kisahku yg menyedihkan….

  387. fahmi says:

    sebenarnya jadi pendiam itu bukan suatu masalah yang besar…cuman pikiran kita saja yang terlalu MELEBIH.LEBIHKAN SAJA……..sebenarnya orang orang itu mau mendekat dengan kita… asalkan kita mau memperhatikan mereka….kita tidak akan diperhatikan sebelum kita memperhatikan mereka… cukup dengan berbicara seadanya seperti menanyakan keadaan meraka pun sudah cukup untuk membuat meraka sedikit senang….dan yg sering terjadi pada pikiran para pendiam… saat orang orang berkumpul pas ketawa lalu menghadap pada kita , itu mereka sebenaenya memperdulikan kita..mereka sebenarnya ingin kita bergabung dengan merka cuman pikiran kita aja yg berlebihan…meskipun gagap dalam bicara…tidak berarti bahwa kita tidak bisa memiliki suatu kelompok kan? coba aja meskipun hasilnya negative. tapi itu awal dari hasil yang positif……maaf ya jadi sok ….itu menurut pengalaman saya……..semoga berhasil ya……….amin

  388. dimas prasetyo says:

    Wah kalo saya dulu malah pas SD atau tk dr masih kecil banget deh selalu jadi bahan perhatian guru guru temen temen atau orang tua murid karena bandel dan memang selalu jadi ketua kelas dan paling pede diantara temen temen dulu pokoknya pergaulan luas dulu saya anak SSB juga jadi jago maen bola malah masuk PSJS jaksel buat danone nation cup di palembang dulu badan masih kurus pikiran masih seger pokoknya semboyan saya dulu “Pede dalam hal apapun” dulu saya main ga kenal waktu pokoknya setiap hari diisi dengan bersosialisasi terus dulu pacar juga banyak karena masih SD masih ganteng masih keliatan keren…. namun keadaan berubah saat negara api menyerang*wkkksss. Jadi gini pas awal masuk SMP saya masih pake semboyan saya tadi. Saya jadi ketua kelas lagi, ngerasain jadi OSIS, itu pas kelas 7. Trs pacaran juga sama cewek favorite di kelas. Pergaulan masih lancar jaya, sering ikut angkat bicara dalam perbincangan sekolah apapun. Nah masalah timbul saat kelas 8, di kelas saya ada anak yang pede gila juga kaya saya dan (kebetulan sekelas itu temen sepergaulan dia semua) pokoknya dari kecil saya kalo bukan jadi pemimpin saya bagaikan mati secara fisik dan mental. Apalagi di pimpin sama orang yg saya ga suka (emang jiwa leadership saya terlanjur tinggi) nah singkat cerita semenjak orang itu jadi ketua kelas. Dan saya bahkan tidak jadi pengurus kelas sekalipun tidak ikut latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) karena bukan pengurus kelas. Jadi saya tidak eksis lagi di SMP. Saya tidak di temani temen sekelas karena mereka punya kelompok sendiri. Ada sekitar 4 kelompok/geng 2 kel cewe 2 kel cowo. Saya adalah satu satunya anak yg tidak ikut geng manapun. Saya mulai mengenal teknologi smartphone. Saya bersahabat dengan elektronik satu ini. Saya mulai bermain game online dan lupa bersekolah karena sekolah juga mulai kurang menyenangkan. Terkadang saya suka iri bila melihan postingan di instagram melihat mereka satu kelompok lagi photo studip atau lgi naik gunung menurut saya itu keren banget dibanding saya yg anak pendiam bersahabat dengan game online dan elektronik. Bahkan tadinya saya gaptek teknologi. Keadaan berlanjut sampai kelas 9(3 smp) saya sudah terbiasa diam. Jadi berbicara sedikit saja takut salah. Kalau ada acara tanya jawab atau apel di lapangan sekolah tidak pernah angkat bicara. Ada 1 teman di kelas 9 saya yang sok sok an mengajak atau mengangkat saya dari keterpurukan sebagai orang pendiam. Alih alih membuat hati saya tenang malah saya jadi benci sama yang namanya manusia populer. Saya hidup dalam keterpurukan sampai sekarang kelas 2 sma saya tetap dalam kesendirian. Kalau saja saya dulu merasa EGP mungkin saya bisa se percaya diri dan se populer temen temen saya yang instagram nya likers nya sampe 300 1 postingan. Saya juga mulai gendut. Makan terus karena stress. Saya jadi tambah kucel. Bahkan ada yg bilang muka saya seperti muka orang peminum karena mata saya beler muka saya kusut padahal ini karena saya sangat stress akan penderitaan saya dan penyakit mental saya. Entah apa yang akan terjadi nanti yang akan mengangkat saya menjadi anak percaya diri kayak dulu lagi. Bisa populer lagi karena itulah yg diinginkan anak muda zaman ini. Atau saya akan kehilangan masa muda saya meskipun masa kecil saya luarbiasa

  389. dimas prasetyo says:

    Saya dulu leader dan sekarang sampah. Itu yang saya rasakan. Meskipun saya tetap berani berbicara di depan umum tapi saya tidak sepopuler dulu

  390. dimas prasetyo says:

    Saya dulu leader dan bahkan dikenal orang paling pede di sekolah. Pergaulan saya sangat luas bahkan seperti ngantri orang temenan sama saya. Bahkan banyak yang saya cuekin.
    Tapi sekarang saya merasa sampah bakan orang / teman teman saya dulu heran ada apa dengan saya. Entahlah saya jadi seseorang yang kurang pergaulan dan dari dalam diri saya lebih nyaman menyendiri.saya sudah tidak sepopuler dulu. Sekarang saya si bangku 1 SMA. Tidak ada yang telah kenal dengan saya jadi pasti orang orang baru befikir saya pendiam sejak lahir. Haha dudes if u were with me 3 years ago

  391. Michael says:

    saya juga pendiam, hampir tidak pernah keluar rumah, apalagi bergaul sama teman yang lain, walaupun saya laki-laki, disekolah selalu dibilang banci karena terlalu takut dan gak bisa ngapa”in, sekarang saya baru masuk SMK ,di SMK saya masuk siang, dan saat pagi saya dan semua murid SMK disekolah saya harus mempunyai kegiatan yang mempunyai penghasilan, dan diperiksa sebulan sekali…karena ini saya bingung saya harus apa, karena saya terlalu takut saat saya bekerja nanti saya melakukan kesalahan dan saya juga bingung ingin kerja apa, karena saya gak bisa ngapa”in, paling cuma memiliki hobby menggambar anime jepang, saya menulis ini juga susah karena saya milih kata yang tepat.

  392. Blog ini seperti menceritakan hidupku
    Ahhkkk berubah…

  393. Wah banyak juga teman senasib seperjuangan ku 😂

  394. ririn says:

    Iya ya,aq juga orangnya pendiam.yang disebutkan am kakak bener banget,tapi kenapa orang pendiam tarus ditindas,dicaci maki dan disakiti hatinya.knp sih harus begini.sebenernya aq juga pengen kaya orang” .bisa menjadi orang yg asik dan cerewet.tapi kenapa susah aj

  395. aris aryanto batam says:

    yuk kita sahabatan,diinvite ya pinnya d11da2d0
    (aris ibsi batam)

  396. Aris aryanto says:

    hai, nama saya aris aryanto.saya sekolah di SMK IBNUSINA BATAM dan saya ingin curhat isi hatiku yang paling dalam.

    Pada sore hari, pas pada malam minggu,aku hanya seorang diri berdiam diri dikamar ,aku hanya ditemani dengan laptop seorang diri. sedangkan yang lain pada asyik keluar rumah untuk jalan – jalan kesana kemari , bercanda ria.berkumpul dengan kawan kawan lainnya dengan penuh akrab.sedangkan aku keluar rumah aja jarang itupun kalau ada perlu,dan hidupku penuh dengan sepi,benci,iri,tidak ada canda tawa yang menghiasi hidupku.Dari SMP sampai sekarang ,hidupku hanya dilewati dengan kependiamanku….
    seakan-akan hidupku tidak ada apa-apanya.

    kadang orang tua sempat frustasi dengan sifat pendiamku ini.dan mamaku bilang “ris,kalau ada apa apa itu ngomong, jangan diam aja, memangnya ngomong itu pakai uang hah!!!!!ris,ris.kapan sih kau bijaknya?”
    dan juga seperti ini “mulutmu itu digunakanlah”
    dan juga “coba kau lihat orang-orang itu pandai ngomong, jangan cuma dirumah diam aja!!!! ”
    jadi seakan-akan aku ini dipaksa untuk harus seperti mereka😦

    dan juga bapakku bilang”kamu itu sebenarnya mau jadi apa sih,tahunya dirumah saja,coba kau lihat si Satria,Yose ,dia pandai kerja cari uang, pintar ngomong,bukan macam kau,diam makan tidur makan tidur saja!!!!!”,
    terus juga disekolah aku disindir dibilangnya macam nih “gak enak yah jadi pendiam”
    terkadang ,aku pun iri sama kawanku si Kamaru ,dia itu pandai ngomong, padahal dia itu kan cuma cari muka aja sama mamaku,dan aku juga iri dengan orang lain yang kebanyakan sudah pada pacaran.
    Sedangkan aku belum pernah sama sekali yang namanya pacaran.
    sebenarnya disekolah aku suka sama si Asih.dia cantik,baik ,pintar ,shalehah lagi,tapi sayangnya……
    aku susah sekali mengungkapkan perasaanku sama dia kalau aku suka sama dia……😦
    dan akupun hanya bisa memendam perasaanku sendiri.
    dan sekarang ia sudah dimiliki sama yang lain😦
    sekarang aku nyesal dan pasrah ….
    kenapa aku tidak bilang ke dia kalau aku suka sama dia…..
    Biarlah hanya aku dan Engkau-lah yang tahu atas semua penderitaan ini…..

    Terkadang, aku pun berpikir bagaimana caranya supaya aku bisa jadi seperti mereka…
    biar aku gak jadi anak pendiam lagi.
    tapi…. kalau aku berpikiran begini terus .macam mana dengan masa depanku nanti…..
    jadi pesimis aku dengan masa depanku.
    semakin lama semakin muak aku dengan semua ini…..
    rasanya ingin mau bunuh diri !!!
    tapi…
    aku masih sayang sama orang tuaku yang telah melahirkan ku,
    dan akupun belum mampu untuk membuat orang tuaku bahagia😦
    dan kalau dipikir-pikir lagi….
    entar siapa yang mendoakan orang tuaku jika aku sudah mati.
    jadi serba salah aku.

    DAN AKUPUN BERTANYA KEPADA DIRIKU………
    KENAPA SIH AKU DITAKDIRKAN SEPERTI INI….?????
    KENAPA……????
    KENAPA HARUS AKU……???
    KENAPA TIDAK YANG LAIN SAJA YANG SEPERTI ITU? [T_T]

    tak berpikir panjang, akupun pergi ke warnet hanya untuk mencari tahu tentang sifatku di website lewat google dengan kata, pendiam ,kuper,dan sempat juga ada kalimat “apakah pendiam itu adalah sebuah penyakit yang harus disembuhkan?”
    dan aku simpan lewat flash disk.dan sampai dirumah, aku mulai buka laptop dan membacanya.
    dan setelah baca-baca web yang ku buka dariflash disk.
    membuatku terharu dan rasanya ingin menangis dalam dalam.[T_T]
    ternyata aku adalah seorang introvert.dan aku normal sama seperti yang lainnya.

    sedih rasanya menjadi seorang pendiam ….
    tidak seperti yang lain yang bisa punya banyak teman, padahal akupun ingin sekali seperti mereka
    ;(.
    seandainya saja aku sama seperti mereka ….
    pasti hidupku jauh lebih bahagia daripada hidupku yang sekarang ini…. : (
    kapan yah aku bisa seperti mereka…??
    ya allah…….
    jadikanlah aku sebagai hamba yang kuat terhadap semua ujian yang kau berikan ini…..
    dan aku ingin semua orang mau memahami dan mengerti sifat pendiamku ini. termasuk orang tuaku yang selalu menuntut aku supaya aku juga sama seperti mereka. dan juga guruku .dan semuanya.

    ya allah…
    hantarkanlah aku ke jalan kebenaran dari sifat pendiam yang aku miliki.dan aku ingin menjadi manusia yang lebih berguna bagi bangsa dan negara. walapun aku ditakdirkan sebagai seorang pendiam yang orang-orang selalu menganggap aku ini sombong,kuper,pemalu,pecundang, dan bodoh dimata mereka.
    Sakit rasanya aku dibilang seperti itu….😦 .
    semoga Engkau mendengarkan do’a ku ini. karena hanya Kepada-Mulah aku meminta segala sesuatu.
    AMIIIINNNN….

    Dengan ini aku mau buktikan kalau orang pendiam sepertiku pasti lebih bahagia dari mereka. biarlah masa-masa mudaku terbuang sia-sia cuma karena memikirkan sifat pendiamku ini.tapi, aku berjanji akan terus berusaha sekuat mungkin agar aku bisa memiliki sifat seperti mereka………

    Dan satu hal lagi yang harus aku ingat!!!!!

    dan ingat !!!!!

    BAHAGIA……..
    BUKANLAH PENGAKUAN ORANG LAIN ATAS DIRIMU
    TAPI……
    KETIKA KAMU BISA NYAMAN DENGAN DIRIMU……
    DAN KESENDIRIANMU………
    bagi yg belem punya sahabat.
    sahabatan yuk
    invite me pin bb D11DA2DO
    ditunggu yah….🙂

  397. Ahmad Effendi says:

    Pendiam atau tidak adalah pilihan,, utarakan pendapat Anda dan berkata-kata lah,, karena ada pepatah mengatakan,. Sampaikanlah kebenaran walau hanya satu kali

  398. Saya sudah tidak lagi menjadi orang yang pendiam

  399. Bob says:

    Jadi, org pendiam itu kek harus dikasihani gitu kesannya.., klo gw justru lbh senang klo mereka yg gk pendiam ttp jd diri mereka sendiri

  400. Rifki Andano says:

    bnyak tman tman sya bilang kalo sya orgnya kaku pdhl menurut sya biasa saja, sering diputusin sma cwek krna aq orgnya kaku. paling lama menjalin hubungan 1minggu. aku bingung hrs bagaimana😦

  401. Roni Christiady Wibowo says:

    Ketika saya sendirian terkadang saya merasa senang dan sedih di saat bersamaan. Serasa dunia ini sudah berakhir buat saya. Saya berkata dalam hati “tak banyak, hanya satu orang saja yang kubutuhkan. Mengapa tidak seorangpun ada di sampingku”

  402. Roni Christiady Wibowo says:

    Tak banyak, hanya satu orang saja yang kubutuhkan. Tapi mengapa tidak ada seorangpun disampingku

  403. Roni Christiady Wibowo says:

    Tak banyak, hanya satu orang saja yang kubutuhkan. Mengapa tidak ada seorangpun ada disampingku.

  404. putra says:

    saya jg pendiam bukan berarti keterbelakangan mental.saya pernah jadi bulian di saat sd itu lh yg merubah hidup saya.berbeda di saat SMA
    saya punya banyak tmn dan d sukai banyak orang tapi hanya beberapa yg jadi sahabat saya.
    jangan pandang rendah orang yg pendiam terkadang orang yg pendiam itu sedang berfikir keras dan jangan kira tidak peka dgn lingkungan sekitar justru dia lh yg paling peka terkadang dia diam hanya menunggu saat yg tepat untuk dia berargumen.
    jangan berkecil hati para pendiam kalian adalah orang” yg cerdas. cari lh orang yg benar” bisa jadi sahabat sejatimu

  405. umay saputra says:

    Menjadi seorang pendiam itu ternyata sangat menyiksa batin kita ya sob semua serba sulit bicara,bersosialisasi,bergaul dll semua nya terasa sulit..
    Tpi kita ambil positip bya aja mungkin ini jalan terbaik yg di berikan allah buat kita.

  406. algipari says:

    Saya juga orang yg pendiam tapi sya adalah murid yg pintar dalam hal seni maupun pelajaran lain dan oleh karena itu saya di akui oleh teman teman kelas saya bisa menjadi anak yg terfaforit di kelas but…. aku merasa sedih jika teman teman yg pendiam tidak terlalu pintar….

  407. Hy teman ikut gabung ya aku juga salah satu dri kalian,,invite pin aku ya semoga kita bisajadi temann,,atau bikin grup lalu ketemuan itu bs jd kekuatan untuk kita keluar dri mslh ini,,,ini pin aku 54418ACE dan ini no telp 085780367809

  408. Heze Turbo says:

    Halo sahabat2 introvert,

    Saya berencana membuat blog Dunia Orang Introvert. Sudah jadi 3 postingan. Silahkan kunjungi:

    introvertsukses.blogspot.co.id

  409. Hendry says:

    saya ikut bergabung juga 081932363586

  410. Titis says:

    Sulit mengungkapkan pendapat/bersosialisai.
    Membutuhkan waktu yg cukup lama untuk beradaptasi,

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s