Faktor Penyebab orang menjadi Pendiam

Menyendiri dan berdiamBismillah, Teman-teman yang semoga selalu sehat dan dirahmati oleh Alloh Sbuhanahuwata’ala, Terkadang dalam hidup ini kita harus sedikit merenung dan berfikir tentang segala sesuatu. Entah itu tentang benda, suatu kejadian atau hal lain disekeliling kita. Seperti sering saya dengar dari beberapa orang, bahwa segala sesuatu pasti ada sebab dan akibatnya. tidak percaya…? Percaya atau tidak, bisa kita katakan merupakan hal yang pasti. Sebagai contoh: Pastilah kita sangat mengingat masa kecil saat kita sekolah, jika kita rajin belajar dan sungguh sungguh pastilah hasil nilai yang dicapai akan memuaskan, akan tetapi akan sangat mengecewakan jika sebaliknya. Wah…., kaya udah agak terlalu jauh ya pembahasannya dari judul, langsung saja, berikut hal-hal yang bisa dapat menyebabkan seseorang menjadi seorang menjadi PENDIAM.
Jika kita bicara sebab dan akibat pastilah tidak akan terlepas dari yang namanya Faktor Internal dan External (mungkin, hehe..)
Faktor Internal

1. Sikap diri yang tertutup dengan orang lain

Perasaan atau sikapyang tertutup dengan orang lain sering kali menjadikan seseorang lebih suka menyendiri. Hal ini wajar karena biasanya orang pendiam itu lebih suka tempat yang sunyai dan tidak suka keramaian.

2. Merasa enggan saat berbuat

Persaan Enggan atau sungkan melakukan suatu hal akan menyebabkan sesorang tidak pandai untuk menyampaikan pendapat atau ragu-ragu dalam berbuat. Biasanya perasaan ini akan muncul ketika ada kesenjangan sosial baik dari segi materi ataupun kekurangan seseorang dari segi fisik.

3. Merasa malu terhadap orang lain

Perasaan Malu sebenarnya merupakan sifat yang baik dan banyak sekali dipuji terutama malu yang membangun seseorang untuk tidak melakukan suatu kesalahan atau pelanggaran. Terlepas dari hal ini, yang dimaksud malu disini adalah malu ketika melakukan suatu yang baik. Misalnya, jika kita seorang pelajar dan diminta untuk mempresentasikan apa yang ktia kerjakan oleh guru dan kita tidak mau maju karena saking malunya, nah yang seperti ini yang tidak baik dan bisa jadi salah satu penyebab seseorang menjadi pendiam.

4. Acuh terhadap lingkungan

Sikap Acuh dan tidak mau tahu terhadap kejadian yang terjadi disekitar kita akan menyebabkan seseroang kurang pekak dan tidak update berita. apa hubungannya sama orang pendiam?? ya silahkan tanya kepada atau pertahanikan kebanyakan orang pendiam, mereka akan sangat acuh terhadap kejadian disekitarnya dan merasa hal itu tidak terlalu penting.

5. Keterbatasan

Keterbatasan dalam beberapa hal seringkali membuat seseroang merasa minder dan memutuskan untuk tidak bergaul dengan orang lain. Keterbatasan yang dimaksud bisa berupa sarana, materi atau kemampuan dalam segi fisik dan yang lainnya.

6. Menganggap sikap diam sebagai kepribadian yang baik

Hal yang mungkin terjadi walaupun agak jarang bahwa seseorang menjadi pendim karena menganggap bahwa pendiam itu merupakan sikap yang baik sehingga harus dipertahankan.

Faktor External

1. Sikap yang diberikan di masa kecil

Sikap yang diberikan dimasa kecil misalnya dari keluarga atau dari sodara merupakan faktor terbesar yang dapat membangun karakter pendiam pada seorang anak. Misalnya, perhatian yang tidak sama kepada semua personil keluarga dan lebih condong kepada salah satunya atau sikap diskriminasi yang dilakukan dll.

2. Tidak dipedulikan orang sekeliling

Seringkali kita dapati bahwa ada beberapa orang anak yang tidak mau mengajak salah satu temannya karena beberap hal seperti kekurangan dll. Diakui atau tidak, hal ini bisa jadi menjadi penyebab seseorang memiliki kaarekter pendiam yang ia bawa samapi ia dewasa. Jika seseroang sudah merasa tidak diakui maka ia akan berfikir bahwa ia pun tidak memerlukan orang lain hanya untuk bahagia atau sekedar bertahan hidup.

3. Kegagalan

Kegagalan yang dialamai seseroang akan menyebabkannya merasa minder terhadap orang lain terutama orang yang pernah ia kenal sebelumnya. Walaupun demikian harusnya kegagalan tidak dijadikan faktor penyebab kemunduran, jika kita pernah gagal dan siapapun pasti pernah merasakannya harusnya dapat disikapi dengan lapang dan berusaha sekuat tenaga untuk bangkit kembali dan menunjukan kepada semuanya bahwa kita bisa melakukannya.

Sepertinya hanya itu yang dapat saya jabarkan dari judul diatas, semoga tidak terlalu jauh. Tapi cobalah Anda pikirkan dan renungkan sekali lagi tulisan tersebut. Tentu bagi yang merasa dirinya seorang yang pendiam, hal ini bukan hal asing lagi. Semoga bermanfaat. Hidup kita bukan hanya mencari dan bermimpi, tapi juga berusaha untuk selalu dapat memberi suatu hal yang berarti. Jika Anda menyukai tulisan ini, Rasanya penulis akan sangat senang dengan kata yang Anda tuliskan di kolom komentar.
Wallohua’lam.

Gabung di Group Pendi Club Indonesia_Khusus untuk Anak Pendiam

Terimakasih.

Sebagi penyemangat bagi penulis maupun pembaca yang lain, mohoh sampaikan komentarnya tentang artikel ini di kolom yang telah disediakan. Satu patah kata yang kita tuliskan, mungkin akan membekas dan amat berharga bagi teman yang lain.

Terimaksih telah berkunjung. (Priana Saputra)

sedkah-untuk-ayah-bunda

98 Responses to Faktor Penyebab orang menjadi Pendiam

  1. ricky says:

    Like spertinya anda sangat mengetahui ..

  2. San says:

    Sipp, terima kasih…

  3. inu says:

    Aku rasa external itu perlu ditambah deh kayak 4. Rupa kita yg jelek

    • priana13 says:

      Wah, Nggak juga kayaknya. Jelek itu kata diri kita sendiri. Coba aja tanya sama Ibu kita “Apa kita orang yang jelek…? Pasti jawabannya berbeda (hehe).

      Kalau ternyata jawabannya sama juga, Cari lagi orang lain.

      Tetap semangat.

    • Anagustin Zalelijka putri says:

      Saya rasa masalah face itu tergolong faktor internal karena dibawa oleh individu sejak lahir. Bagus buruknya wajah seseorang bergantung pula pada orang yang menilai. Karena cantik dan jelek itu adalah kata sifat yang berarti bersifat relatif. Satu wajah dapat memiliki berbagai penilaian yang berbeda dari setiap orang.

  4. umi amada says:

    Assalamu’alaykum wr wb

    maaf intronya panjang. saya ini org pendiam, mungkin sudah sd saya begini, skrg saya kuliah, saya rasa saya sudah bisa mengimbangi irama kehidupan sosial di kelas, saya jg sudah punya gang, tapi tetap saya tidak bisa bicara panjang lebar dan merasa sulit utk memulai obrolan, tidak mampu jd pusat perhatian, padahal diantara tmn2 dekat saya sendiri. sering kejadian saya hanya bisa tersenyum atau tertawa saat kami sedang mengobrol.

    saya ingin sekali berubah, bisa menjadi seperti org2 pada umumnya. yg saya ingin tanyakan, bagaimana caranya? saya sdh pernah coba ikut kursus mc, memcoba hal menantang dgn kursus di jawa, dll. tapi utk masalah mengobrol baik berdua atau dgn sekelompok orang saya tetap hanya bisa tertawa/tersenyum.

    jazakAllah khair, wassalamu’alaykum wr wb

    • priana13 says:

      WA’alaikumussalam wa Rohmatullohi wa Barokatuh,

      (Sebelumnya mohon maaf karena artikel diatas sebenarnya belum rampung, point-pointnya belum sempat di lengkapi).

      Wah Jadi malu, Sejujurnya penulis pun salah satu dari kriteria diatas. Tapi beberapa tahun belakangan rasanya berbeda dengan bertahun-thun sebelumnya. (Artinya tidak merasa tidaknyaman dengan kependiaman).

      Pernahkah kita mendengar “Semua yang Alloh Ciptakan pasti ada hikkmahnya”..?

      Jika demikian inipun berlaku untuk semua makhluk termasuk kita. Alloh Subahanahuwata’ala menciptakan orang berbeda-beda tabiatnya, ada yang keras, ada yang lebut, ada yang pendiam dll. yang jelas tujuan nya tetap sama yaitu “Beribadah kepadanya saja bukan..? (Bgi yang blum lihat ada di: QS. Adz-dzaariyaat: 56)

      Nah, jika kita “seorang pendiam” apakah ini akan mempengaruhi kita dalam beribadah? Misalnya yang tidak pendiam lebih besar pahalanya dan kita lebih kecil porsinya..? tidak juga bukan?

      Salah satu solusi yang sekiranya saya sarankan untuk kita semua adalah dengan “Lebih Banyak Bersyukur”. Hanya itu..? Cukup itu. Karena dengan bersyukur kita akan lebih menerima apa saja yang kita dapatkan selama ini.

      Mungkin itu Ummi Amada, Saya sendiri sangat sering mengeluhkan tentang kependiaman waktu dulu. Tapi ternyata setelah mengenal Islam lebih jauh, perasaan itu hilang dan lebih berfikir bahwa hidup ini terlalu singkat kalau hanya kita isi dengan mengeluh. Tp biasanya seberapapun seseorang itu pendiam, ia akan lebih terbuka kepada seserang yang dia anggap percaya misalnya teman dekat, Ibu, saudara sendiri, atau Pasangan hidup (Bagi yang sudah berkeluarga). Dicoba saja untuk sering-sering berbagi pengalaman kepada orang tersebut.

      Wallohua’lam.
      Sungguh sebaik-baik perkataan adalah kitabulloh dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasululloh Sholallohu’alaihi wa Sallam.

      • rehan respactor says:

        Sungguh luar biasa,, sangat saya pahami apa yg anda jlaskan tadi..
        Trima kasih utk anda dan yg paling utama saya brtrima kasih kpda Allah yg sudah mmbrikan jalan pada anda shingga anda bisa mnjelaskan bgitu mudah dan sangat saya pahami,, tnpa lewat pnilaian anda saya mungkin tdk tau btul apa tdk nya tentang perasaan pendiam yg hinggap di diri saya,..

        V saya ingin mngatakan yg seju2rnya kpda publik lantas apa yg buat saya mnjadi pendiam itu lebih nyaman dan ada kekuatan untuk berbaik hati kpda orang lain ketimbang sebaliknya (tdk pndiam) v menyakiti orang lain…

  5. Norul says:

    ada nggaakk caranya agar seorang pendiam it bisa jadi cereweet..???

  6. T says:

    1 lagi
    ane orang pendime sejak beberapa bulan ini aja
    penyebabnya lingkungan
    ane li bih suka lingkungan lama
    ketimbang yg baru

    • Kdang untuk beradaptasi emang btuh waktu yang agak lama ya. Tpi, Insyaa Alloh, berdasarkan pengalaman hal ini tidak akan lama. Tp, bergantung kemampuan kita jga dalm bergaul dengan yg lain.

      Terimakasih atas kunjungannya.

  7. aldy nursyal says:

    sudah beberapa bulan terakhir ini saya menjadi pendiam, saya gak tau penyebabnya, yang saya tau akibatnya, akibatnya yaitu saya susah untuk mengungkapkan apa yang saya fikirkan, ketika ngobrol saya kebanyakan bilang “iya, tidak” atau ketawa, jadi saya mintak pendapat anda bagaimana saya bisa berkomunikasi lancar seperti orang biasanya.
    terima kasih. wassalam

    • kalo memang bukan bawaan dan muncul secara tiba-tiba, saya pikir itu bukan pendiam yang saya maksudkan. Barangkali Sobat “Aldy” ada sedang ada masalah mungkin. Atau situasi di rumah sedang tidak kondusif. Saya pikir mengerjakan hal yang kita sukai/Hoby itu akan memperbaiki masalah, atau perbanyak Rihlah ke tempat yang seju. (Itu cara saya, mungkin yang lain Beda). Tp, terimakasih telah berkunjung ke sini.

  8. fajarmh says:

    kalo sy sih pendiam lbh banyak di.pengaruhi faktor lingkungan min. terutama lingkungan sekolah.
    jujur sy lbh suka sekolah2 sy yg dulu ketimbang sekarang,, entah knp saya ngerasa masa muda sy seakan ‘hampa’.. :’

  9. Vhiitrie Agustina says:

    Tepat sekali… aku orang yg pendiam.. apa yg aku rasakan sama sekali dg tulisan anda.. ko anda bisa tau sih??🙂

  10. Iqbal says:

    Saya juga pendiem…😦
    Saya malu ketika bertemu dengan seseorang yang baru knal dalam sebuah kegiatan. misalnya saya di suruh ayah saya untuk menggantikannya tahlilan/suatu acara karena kesibukanya,saya malu krena mayoritas yang ikut tahlilan berbeda umur dngan saya mmbuat saya tidak pnya tman ngobrol trus saya juga malu ketika mencintai seseorang tapi saya malu mengatakanya bahkan untuk skedar minta nmr hp nya .. Mungkin admin punya tips/trik untuk mengatasi masalah saya…!!

    Trimakasih

  11. FB says:

    di nomor 4. acuh terhadap lingkungan rasanya aku nggak begitu, hehe. aku cenderung ingin tau segala hal, tapi cari taunya diam diam..karna aku kan pendiam, jadi mungkin takut untuk nanya2 orang, jadi aku milih untuk ingin tau segala hal.. kok bisa begitu ya?

  12. Monika says:

    Jujur jadi seseorang yang pendiam itu tidak enak, terkadang seseorang yang sudah mengenal kita sekali pun sungkan untuk mngobrol dengan kita karna setiyap pertanyaannya itu terkadang kita balas dengan senyuman. Nah kalo sudah begitu orang2 pun akan memilih untuk tidak menghiraukan kita, nah kalo sudah begitu justru malah menyalahkan diri sendiri. Jadi pendiam itu serba salah.

  13. ahmad fauzi says:

    Aku juga seorang pendiam, bahkan dengan saudara, tetangga aku jarang berbicara, tapi dalam islam menjalin hubungan silaturahmi itu sangat perlu, aku udah berusaha tapi tetap saja sama aku gx tw lg harus buat g mna?
    Hmmm….

  14. noveplum40@yahoo.com says:

    aku juga, kata orang pendiam😦 sebetulnya aku bukan pendiam ttp karena kalau aku bicara aku takut menyinggung perasaan orang itu sehingga dia jadi marah. aku kan jadi takut. kalau salah bicara😦 jadi aku lebih memilih untuk diam. bagaimana solusinya terima kasih

  15. Nizam says:

    Sifat pendiam saya muncul, di saat keluarga saya berantakan & tidak di perhatikan , udah bbrapa cra sya beri masukan kpda kdua orang tua sya, tpi tetep saja, saya semakin terpikiran dan semakin mendiam, kira* jalan satu*nya saya apa yah?😦

    • Wah, rbet juga ya…! Gabung bereng kita aja Nizam, udah ada grupnya di FB. “Pendi Club Indonesia”, banyak teman-teman pendiam yang bersedia berbagi pengalamannya tentang kependiaman.

  16. Assalamualaikum wr wb, aku juga orang yg pendiam, aku bersyukur ternyata banyak yang senasib denganku yaitu orang yang Susah ngomong , paling banter cuma bisa tersenyum Dan berkata iya atau tidak…..alhamdulillah.

  17. Lala says:

    Assalamu’alaikum. Aku dijuluki teman-teman sebagai orang yang pendiam. Aku agak sulit berbaur dengan teman-temanku. Tapi aku cukup peduli lingkungan sekitarku dan orang yang aku anggap temanku, aku sering membantu teman-temanku tapi mereka sering mengacuhkannya. Ya sedih memang rasanya. Dan dengan kondisi yang demikian, aku lebih menikmati kesendirianku.. Wassalam.

  18. rofiqun says:

    terimakasih untuk semuanya…

  19. 88a9 says:

    Maju Teruslah Blongnya, pembuatnya Pendi blognya nggak boleh PENDI,

    BWT orang pendi nggak boleh melankolis, enjoy aja ya teman2 Pendi, bersyukur aja itu udah karakter, cuma semuanya bisa diatasi, pendiam bukanlah masalah,… yang jadi masalh kalau pendiam itu nggak tau menempatkan diri. SALAM PENDI !!!

    • Terimakasih atas semangatnya. Jadi ada panggilan Baru ya. !?

    • ivankha says:

      Betul sekali,, pendiam itu Sangat menyenangkan…
      Karna kita tau orang pendiam lebih cenderung suka mengerjakan suatu hal sendiri (mandiri).. Ketimbang org pada umum nya (manja)..
      Rata2 Orang sukses itu kebanyakan dari orang pendiem dari pda org banyak bicara krna orang pndiam lebih cnderung lebih Suka banyak berfikir dan mlakukan sesuatu untuk menghindari kejenuhan dari sikap pndiam itu dri pada banyak bicara..
      Jdi bersyukurlah,, dri sgala kekurangan dari kita sbnar nya ada kelebihan,, ya itu kelebihannya..
      Ttp jadi diri sendiri,, itu lebih baik..🙂

  20. abdee says:

    Orang pendiam biasanya lbih penyabar,tdk mudah marah, sering mengalah,bnyak brfikir,dan hatinya slalu hidup jg lembut…ingat pribahasa Tong kosong nyaring bunyinya. . Makasih Smoga tulisanya brmanfaat

  21. nyssa adah harahap says:

    Assalamualaikum..
    Aku bersyukur ternyata banyak yang mengalami apa yang aku rasain. Aku berharap kita menjadi teman yang baik. Amin makasih

  22. erin says:

    kalau saya itu pendiem soalnya kadang kalau mau berbuat kadang masih mikir mikir takut salah takut inilah itulah, kalau mau ndeketin duluan sok gengsi. dan temen saya bilang sya itu lebih enak pas pelajaran
    tapi biar gk dianggep terlalu pendiem saran saya berupaya menghasilkan prestasi lah, pasti otomatis banyak temen yg ndeketin dan lebih dihargai dan hargai kalau temen bicara, beri komentar walau dikit seenggaknya jangan cuma bilang ya / tidak atau cuma senyum

  23. eko says:

    menurut saya sih, orang pendiam itu juga karena pola, kebiasaan hudup dari kecil

  24. mutiara yuli zalni says:

    Assalamu’alaikum…
    Saya orang yang pendiam,teman” saya sering menjuluki saya pendiam dan saya orangnya kurang suka bergaul sama orang ,temen” saya juga sering bilang kalau saya jarang ketawa bahkan tersenyum pun saya jarang kata mereka ,dalam keluarga saya juga dijuluki pendiam karena saya lebih suka menyendiri

  25. lilismarnianti says:

    sya

  26. fira says:

    Aku juga orang yang pendiam, kadang bisa memiliki teman kadang juga kehilangan teman :”), aku selalu ngerasa nething sama orang yang baru aku kenal, makanya dari situlah aku susah buat dapet teman😦

  27. fikri says:

    sikap itu bisa di rubah.
    hanya butuh waktu untuk prosesnya

  28. MzM says:

    Assalamu’alaikum.. Saya boeh katakan seperti itu. Semua itu memang ada sebabnya. Saya sendiri sengaja untuk tidak banyak bicara karena pengalaman yaitu jika berbicara akan banyak menimbulkan kata2 yg tidak baik seperti menyinggung perasaan orang lain.. Namun kita harus bangga jika demikian. Kerana Rasulullah dalam hadisnya menekankan jika kita tidak mampu berkata baik maka diamlah.. selama kita tidak merugikan orang lain maka diam bukanlah suatu yg buruk.. diam kita adalah takut kepada menyakiti hati orang lain atw mengurangi berkata yg tidak ada manfaatnya..

  29. milan says:

    😔😔😔😔😔 masakecilku😈

  30. tofa says:

    diam itu menyenangkan ya?

  31. Dita says:

    ass.wr.wb
    saya orang yg pendiem,banget malahan dikeluarga sama sekolahpun aku pendiem,tpi klo sma tmen2 dskolah tuh, klo udah kenel deket banget dan udah sering seomongan aku malah jadi humoris oranngya, kata temenku😀 tapi klo gak dket dan belum pernah seomongan walau udah kenal psti aku diemmm aja apalagi klo sifat orngny genit, ganjen, dan suka maen ama cwok… makanya aku dikelas dijuluki pendiem, aku takut dibilag diam2 menghanyutakan klo aku sma tmen dket aku ketawa2 dan gila2an.. soalnya tmen aku yg lainnya kan taunya aku tuh pendiem banget, padahal sebenernya gak sih klo udh dket. dan diajak ngmong duluan.

    nah klo pendiem dikeluarga tuh, gk tau kenapa aku tuh maluu banget sama semua keluarga aku tuh… gk tau hras ngapain klo ada mereka. makanya jadinya ku pendiem. yg buat aku diem dikeluarga nih mereka tuh klo aku ngmong, mereka tuh senyum2 kyak ketawa gk jadi gitu deh, menurut aku mereka tuh kyak merasa heran klo aku ngmong makanya aku diem aja klo didepan keluarga…😦 gimana ya solusinya? yaallah

  32. Wanudya says:

    Assalamua’alaikum wr.wb
    aku juga orangnya pendiem:-(
    aku ga bisa mulai pembicaraan. Dari kecil aku anaknya sudah pendiam. Aku juga pemalu. Aku kalo sama orang yang baru kenal cuma diem, kalo dtnya juga paling jwbnya singkat2, terkadang dengan sifat pendiamku ini, aku tidak enak dengan teman bru itu. Kalo aku diajak main sama temen dengan teman2nya aku hanya tertawa dan tersenyum mendengar bercandaan mereka, aku sulit untuk berbaur. Aku tidak bisa memulai pembicaraan kalo bukan sana dulu. Aku gak bisa langsung akrab dengan teman baru seperti orng yg lain, kalo langsung akrab toh tergantung orangnya. Tapi aku orangnya cerewet kalo udah sama temen deket, katanya si ga bisa diem. Dengan sifat pendiamku ini, aku takut membuat mereka tidak nyaman dan malas berbicara dengan aku. Gimana ya biar gmpang bergaul dan ga diem aja?
    Minta solusinya min
    thanks:-)
    wassalamualaiku wr.wb

  33. Ratna says:

    Aku orangnya juga pendiam. Apalagi saat2 dulu disekolah. Tapi klo sama teman yg udah akrab..aku cerewet,tertawa..sama temen deket cowok juga aku duluan yg cerewet..tapi anehnya kenapa aku merasa jadi pendiam dgn teman2 sekolah…apa mungkin karna kekuranganku ato kelemahanku..sehingga mereka tidak bisa menerimaku apa adanya. Walaupun mereka tak terlalu mendekatiku..tapi aku slalu menolong mereka dsaat kesulitan..terkadang merasa minder ato sakit hati dsaat membutuhkan teman,namun tak adapun yg trlalu memperhatikan ku..
    .mungkin aku hanya bisa brgaul dgn teman akrab atopun benar2 menerimaku apa adanya..dlm pertemanan,.?

  34. dwi purnama says:

    saya pendiam karena tidak ada yg saya percayai di sekeliling saya ,pendiam hanya untuk permasalahan saja ,berat untuk mencurahkan isi hati kpada orang lain. kata beberapa orang .. yang dekat dengan saya,saya pintar dalam menyembunyikan suatu masalah ,perasaan atau apalah ituu.. dalam senyuman saya . tetapi saya perhatian terhadap lingkungan .🙂

  35. prast says:

    Assalamualaikum
    Saya sebenarnya bukan orang pendiam sih..tp saya tuh ngerasa kalau saya ngomong ga ada yg dengerin,kayak temen2 saya itu ga ada gitu yg mau ngajak ngobrol,saya seringkali minder kenapa saya ga bisa ngobrol dengan leluasa,apa ada yg salah dg diri saya?..nah itu awal mula saya jd pendiam…kira2 solusinya apa ya kak?trimakasih

  36. Aviecka says:

    Saya menjadi seorang yang pendiam pada saat orang” terdekat saya melukai saya, orang” terdekat yang tak pernah mau tau saya,saya menjadi seperti ini, ini akan saya pertahankan dan akan saya selalu pertahankan, dulu saya seorang yg periang, teman” sekolah dulu mengenal saya sbg perempuan Yang periang, tapi beda sama sekarang , Jngnkan sapa, sekarang senyumpun udah sangat jarang, mungkin kalau saya lebih dikatakan pemurung bukan lagi pendiam, Thank’s buat artikelnya . Salam kenal . Aviecka.

  37. gun² says:

    hallo saya org nya cerewet heheh gabisa diem asumsinya pgn nyenengin n bkin ktawa org laen. tpi sya alhamdulillah bisa menempatkan diri suatu saat saya harus diem bisa. adasi di zodiak yg sya baca cancer change their mood like a wind. nah terkadang sya jga pgn jdi pendiem karna gaenak juga trlalu heboh -_-”
    makanya aneh pas sya baca2 dsni, yg pendiem pgn jdi crewet yg crewet kebalikannya😉

  38. Evi Juita Wailan An says:

    perkenalkan saya Evi yang begitu terkenal dengan sifat pendiamnya, tpi jujur saya merasa sangat terganggu, minder dengan pendiam nya saya ini, apalagi di kmpus rasa nya pengen cerita bnyak ke teman2 tpi yang ada hanya diam diam dan diam, susah banget merubah sifat ini saya pengen jadi orang yang bnyak cerita seperti teman2 saya, tpi sampe sekarang belum bisa jg belum ada perubahan😦

  39. kewan ireng says:

    apa benar orng pendiam itu selalu ingin tau dirinya sendiri yg di pertanyakan.

  40. Muni says:

    Saya dari sd-sma seneng ngobrol bisa nyambung aja pas masuk kuliah temennya dari berbagai daerah di indonesia jadi aga beda, dan bikin saya canggung mereka semua pake gua elo dan saya ga bisa sama sekali pake kata itu, ga enak aja kebiasaan aku kamu, jadi canggung dan klo lagi bareng harus mikir mau ngomong apa

  41. Pingback: SAMPAI KAPAN MULUT ANDA TERKUNCI? | do the best

  42. ilham gufron says:

    assalammualaikum wr.wb
    gan nama saya ilham saya udah dri dulu pendiam tapi klo ada yg akrab sebernanya malah lebih berisik gan tapi di sini saya udah mulai coba bergaul dengan temen skitar, yang buat gua motivasi untuk mulai bicara adalah ketika gua udah sering bnget di tugur sama dosen jadi pendiam, karena sebenarnya jadi pendiam itu tidak boleh gan, karena klo gua mgomong sering dicuekin bikin jengkel sendiri gan dan yang membuat gua pendiam banget sikap dingin, gua tu merasa minder dan gak pd klo harus kumpul atau bareng sama temen gitu semoga gua disini dapet solusi dari temen2 pendi agar gua tidak jadi pendiam banget

  43. liea says:

    aq jg ornk y pendiam.aq pndiam byk faktor c trutama kelrga yang srng nyuruh jgn maen.jd skrng sulit untk berasosiasi.aq ingn bgt jd gk trllu pendiam tpi btuh krj kras.dan aq dah coba tpi ttp ajh d blng pendiam bgt.
    trkdang rasa y skit sedih saat da yng bilang
    “ko u pndiam bgt c,”
    “emng u bisa jual n kn u dusun atw kta lain pendiam bgt”
    “dia mh gk bisa ngmng”
    tuh smw kta2 yx mmykitkn mnurut aq krn rasa y . tuh aneh dn d pndang sblah mata.mlah trkdnb kbyakan ornk bkan motivsi in tpi mlh d rendah in.
    trkdang aq dh sdikit brubah v ttp jh kata2 gk enak yx aq dapat.
    jdi pendiam tuh serba slh
    kita tuh butuh motivasi untk sdkt brubah bukan kata2 yx merendahkn.smkin kita d pndang sblah mata smkin sulit tuk brubah.kita brbeda kita tuh pnya rasa malu n minder yx lebih.jdi kta hya ingn sdkit pngertian sja.
    kita hnya prlu ruang sdkit d kalian bhwa klian memnggap kita tnpa mndang sfat kta.dan hilng kn sdkit rsa aneh trhdp kita ornk pendiam

  44. Ellen says:

    mlh ada Dosen yg bilng “klo 1 kelas kya kmu smua kelasny Aman!” -_- Aman! klo 1 kelas pndiam kya sy, disuruh kedepan gk ad yg mau,sruh kerja klompok kerja sendiri2!, dsruh jdi ketua kels gk ad yg mau!, klo gk ad yg kdepan trus gmna nasibny pndiam tpi salah satuny ad yg gk ngerti materi yg di ajarkan klo 1 pun gk ad yg mau tanya/ pdhal sy pndiam itu krna depresi wktu SD di skolah maupun dirumah pnyebabny jg diatas tsb slah satuny merasa tidak di akui😦 jdi sy putuskan tuk berusaha sndiri klo sruh klompok bkin apa2 bkin sndiri,yg gk pnting cuek aj, jg Malu sma yg lain

  45. ajat says:

    hy. . ak jg seorang pendiam klo dlu aku periang,ceria tp skrng stlah trauma dg mslah aku jdi pendiam, apa solusinya makasih.

  46. asti says:

    Saya jg pendiam,dipengaruhi oleh faktor keluarga , diawali motivasi ortu yg membanding-bandingkan diriku dg yg lain,setiap curhat tdk pernah ada tanggapan dr keluarga,dll…namun setelah ketemu dg guru agama khusus,sy dibimbing,perbnyk amal ibdh. AlhamduliLLAH…sedikit demi sedikit sy bs terbuka,bnyk bicara,namun sy akan kembali diam jk pd perkumpulan yg dikomunitas itu bnyk melakukan perbuatan yg dilarang Tuhan, gosib,pamer ini itu,dll…disitu sy akan diam dan pergi,hehee…

  47. sandira says:

    Kok merasa setengah bener setengah enggak ya kak. aku msh smp kls 3 & aku jadi ketua kelas. bukan gimana yah, aku bs dgn mudah jd pusat perhatian (bkn krn ngumumin sesuatu). aku sllu diberi perhatian oleh ortu & aku sllu diperhatikan org sekeliling. tp knp ya kak? aku itu mesti disebut pendiem. tmn2 sllu bilang “km itu sukanya ngasih solusi tp km nggak prnh cerita tentang mslhmu” sllu kyk gitu. memang aku punya mslh, tp bkn dgn ortu ato tmn. menurutku klu curhat sm aja ngebuka rahasia sendiri & aku blm bs mempercayai semua tmn kecuali 2 org aja kak. mungkin aku cenderung lbh pendiem + tertutup klu tmn udah mulai cerita tentang keluarganya. Mian kepanjangan. Gomawo….

  48. bella eka puspitasari says:

    jadi orang pemdiam itu baper.an yah? di singgung sdikit baper :” knp yah jadi pndiem itu ngga enak. mungkin krna diem aj? aku ngmng sma orng bhkan guru sndiri takut. knp yah jadi orang pendiem bisanya di cuekin. sekali nanya di jutekin :” sakit hati hmmm . solusinya dunk

  49. Anonymous says:

    Assalamualaikum wr wb
    Sebelum nya saya pgn tanya kepada author hmmm gimana ya cara nya agar sikap pendiam saya hilang
    Soalnya saya setiap hari disekolah cuma duduk, tidur , nulis
    jadi saya juga pastinya diomongin org dgn sifat aneh saya ini :’
    Gimana ya cara nya ngilanginnya
    Apa mungkin ini sifat bawaan ?

    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr wb

  50. mia says:

    Assalamualaikum wr wb..
    Saya jd pendiem itu smnjak sy smp.. dlu sya sewaktu sd sya sngt aktif.. tp smnjak sya masuk smp yg sngt favorit itu sya mjdi pendiem.. sya pendiem krn tmn2 smua mayoritas org kaya dan cantik2.. sdgkan sya dri keluarga sederhana dan mempunyai wajah yg pas pasan.. jd aq minder sendiri..dan sifat pendiam sya keterusan smpe sya kerja… jadi hasilnya sya tdk bnyak tmn,, itu bagaimana ya mengatasinya?? Pdhal sya pngn brubah aktif kya masa kecil sya yg bnyk tmn.. tp knpa ga bisa??

  51. Sandri says:

    Assalamualaikum wr wb.
    saya mau tanya, waktu sekolah SMK yg lama saya senang bercanda trus ngobrol ehh Pass saya masuk skolah SMK yg baru sya merasa ga di Pedulikan akhir’a saya Diam2 saja cma bisa Duduk ehh Lama2 akhirmya saya jdi pendiam begitu jga di rumah ada ngeledikin, saya merasa hidup ga ada apa2’a.
    trus bagaimana ya caranya biar ga jadi pendiam Seperti Orang2 lain ?

  52. patuh says:

    Assalamualaikum
    saya patuh, dulu waktu smp saya punya teman dan saya cerewet tapi entah kenapa sekarang saya sma udah gak cerewet lagi, kebanyakan diem. Lalu teman teman yang lain ngucilin saya. Saya cuek. Malah sekarang saya males buat bergaul sama mereka.

  53. nisin says:

    Lebih percaya diri .
    Trimakasi

  54. Fatchur Rodli says:

    Hampir Semua faktor Ada Di diri saya .. Terutama Di Bagian Keterbatasan, Pengakuan, Dan Kegagalan Yg Sering Saya Alami ..
    Itu Yg Buat Saya Jadi Pendiam .. Saya Yg Dulunya Anak Yg Aktif Sekarang Jadi Pendiam yg Pasif ..
    Saya juga Udh Berusaha Dikit Demi Sedikit Buat Aktif Lagi .. Tapi Rasanya Jadi Sangat Aneh .. Ketakutan Dan Kecemasan berlebihan Terus Muncul . jadi Tiap aku Mau Nyoba Aktif Lagi Malah Ga Jadi deh ..
    Tapi meski gitu aku tetep Terus Nyoba Sampek Bikin Aku Stress Sangking Susahnya .. Padahal Aku bener” pengen bisa aktif lagi kyak dulu ..

    Maaf .. Jadi curhat deh saya .. 😂
    Boleh Kasih Sarannya dong 😂 Soalnya Aku Udh Mentok ..

    Terimakasih ..

  55. Idah says:

    Bener semua…Aq jadi pendiam karena lingkungan yang tak bersahabat…komitmen aq ingin berikan kasih sayang full sama anak-anakku..hingga mereka merasa menjadi anak terbahagia di dunia…tidak menderita seperti aq

    • Anonim says:

      Bener aku juga berpikir seperti itu aku ingin membuat anak2 saya nanti bisa percaya diri tidak seperti saya yang serba terbatas

  56. Idah says:

    Bener semua…tapi mereka tidak menyadari…aq ingin anakku tidak merasakan seperti yg q alami

  57. Jona v Mtd says:

    aduh externalnya ngenak kali samaku aku sering kali dipisahkan dari kelompok.
    mungkin sampai sekarang juga begitu. makanya aku meresa acuh kepada mereka.

  58. Syarah nur hasanah says:

    Saya juga org yang pendiam, terkadang aku merasa ingin melakukan suatu hal tapi entah tidak bisa saya keluarkan seperti ada yang tergamjal saya tidak bisa jelaskan bagaimana -,- . Apalagi kalau sama lawan jenis saya paling tidak bisa berkomunikasi dengan mereka terkadang aku hanya mengangguk atau menggeleng atau hanya berkata iya/tidak. Aku juga merasa teman2 saya seperti tidak nyaman bercerita denganku karena aku terlalu pendiam 😔 Aku ingin mengatakan banyak hal tapi tidak bisa aku keluarkan.

  59. avitapark says:

    assalamuaikum
    Saya sebenarnya juga pendiam. Tapi juga tidak terlalu pediam. Tapi akhir2 ini teapatnya 1 tahun terakhir ini saya jadi sangat pendiam dikelas. Saya merasa sangat susah berbaur dengan teman2 dikelas saya saat ini. Padahal pas masih dikelas 10 saya adalah orang ceria dan bahkan cerewet, bahkan saya juga menduduki jabatan dikelas saya. Tapi pas naik kekelas 11. Saya ngerasa kepribadian pendiam sangat mendominasi pada temen sekelas saya. Dan bahkan teman sekelas saya mengecap saya sebegai seorang pendiam. Padahal disekolah saya mengikuti oraganisasi. Dan berbagai eskul. Saya bahkan mengikuti eskul teater. Dan entah kenapa prilaku saya akan berubah ketika bertemu dengan teman yang tidak sekelas. Bahkan saya menjadi banyak bicara ketika saya bertemu dengan teman2 saya yang bukan sekelas. Bahkan dengan orang baru. Saya bahkan lebih akrab dengan adik kelas (yg bahkan baru saya kenal) ketimbang dengan teman sekelas saya sendiri padahal sudah 1 tahun ini saya sekelas dengan mereka. Saya bahkan tidak terlalu akrab dengan teman sebangku saya sendiri. Saya akan menjadi sangat pendiam ketika bertemu dengan teman2 sekelas saya. Bahkan untuk saling bertegur sapapun sangat susah. Padahal saya sudah mencoba untuk berbaur tapi mulut saya seakan tertutup ketika didepan teman2 sekelas saya. Saya lbahkan selalu ketinggalan berita tentang keadaan kelas saya. Tapi aenya saya akan menjadi orang berbeda bahkan heboh kalo dikelas lain. Saya merasa bingung pada diri saya sendiri??

  60. anothing says:

    entah kenapa saya menjadi pendiem mau dilingkungan sekolah ataupun lingkungan umum malah dapet 3 kepribadian ,yg kesatu rasa empati dan simpati saya sangat besar kaya engga tega kalo liat org yg di ejek ,di bully dan sbg ,yg ke dua kalo di saat bareng sahabat saya merasa paling banyak ngomong sama ceria ,tapi yg ke tiga ada di saat saya marah pada suatu org saya merasa udh ga punya perasaan lagi ,yg ada di pikiran cuman cara buat ngelukain sama kebayang cara mudah buat (maaf)ngebunuh pake tangan kosong

  61. bye says:

    Terserah

  62. dhico velian says:

    Salam kenal mas Priana Saputra. Terima kasih sudah membagi ilmunya. Sebagian besar yang disampaikan saya sependapat dan juga komentar dari teman-teman yang memiliki sifat pendiam saya memahami. Saya juga seorang pendiam, saya merasakan apa yang teman-teman rasakan. Di lingkungan pergaulan dan di dalam keluarga saat terjadi obrolan, saya biasanya hanya tersenyum, dan mendengarkan apa yang mereka sampaikan. Saya tidak bisa berbicara lancar seperti mereka. Kalaupun dipaksakan, tidak akan bisa. Hati saya pasti berkata “bukan gue banget”

    Kalau menurut saya hal itu karena ada masalah keluarga. Ibu Bapak saya bercerai. Kondisi tersebut berdampak pada diri Saya yang kemudian menjadi pendiam. Saya rasa karena itu saya menjadi pribadi pendiam. Saya menjadi orang yang tidak terbuka, bahkan sama orang tua sekalipun. Dan saya sering memendam masalah. Pada akhirnya masalah tersebut tidak saya adukan pada manusia, tapi pada Allah Swt, dalam sebuah doa.

    Sifat pendiam masih menjadi salah satu masalah saya, setidaknya pada saat saya menulis komentar ini. Semoga Allah Swt. memberikan jalan yang terbaik atas masalah yang sedang kita hadapi ini. Aamiin…

  63. bner semua tentang diriku

  64. Agung.AS says:

    Mkasi yea infonya,,sngat bermanfaat buat saya,,

  65. yani adriani says:

    Assalamualaikum
    Saya orangnya juga pendiem,
    saya hanya sering ngobrol dan cerita dengan saudara saya sendiri dan orang2 tertentu saja, tpi saat berkumpul dengan banyak orang saya jadi pendiem banget.
    Guru dan teman2 saya pun menilai saya pendiem, waktu SMP saya merasa tidak diterima oleh teman2 saya, jadi saya minder. Oleh sebab itu saya merasa enggan dan sungkan memulai pembicaraan dengan orang lain yg tidak dekat dengan saya, tpi klo sama orang2 yg biasa dekat dengan saya saya sering curhat. Kira2,bagaimana pendapat orang2 sekeliling saya yg tidak dekat dengan saya ya?

  66. Leonardoph says:

    Saya agak cerewet tapi saya mau jadi org yg pendiam karena menurut sy org pendiam lbh disegani itu gimana yah tolong bantuannya menjadi org pendiam

  67. afrida says:

    assalaamu’alaykum, saya menyimak tulisan2ny para koment dan penulis,saya jg seorang pendiam, tidak terlalu bnyak omong, dan kdang memag ketika saya ngmong pun yg ada menyakiti perasaan orang lain,penyesalan dbelakang, semua pun kdang kala ad waktu diamny meski orang itu orang yg bukan pendiam, kita kadang harus ingat!berbicara ada tempatny, gak ketika guru nerangin trus kita ngbrol sendiri, itu bukan menghargai orang lain,,, semoga bagi pendiam ada hikmah dibalik Allah buat karakter demikian, aamiiin

  68. Windi says:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Kak saya rasa,saya termasuk kategori orang yg pendiam juga,tpi sebenarnya saya tidak nyaman dengan rasa pendiam saya,disaat saya mau mulai obrolan saya bingung harus mulai dari mana ,saya ingin merubah karakter saya ini gi mana kk solusinya

  69. Windi says:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Kak saya rasa,saya termasuk kategori orang yg pendiam juga,tpi sebenarnya saya tidak nyaman dengan rasa pendiam saya,disaat saya mau mulai obrolan saya bingung harus mulai dari mana ,saya ingin merubah karakter saya ini gi mana kk solusinya

  70. Delilah says:

    Untuk menjadi TIDAK PENDIAM, intinya kita harus BICARA.
    ketika bertemu orang baru atau bertemu siapapun itu, biasakan untuk menyapa terlebih dahulu. Lalu bertanyalah satu pertanyaan. terserah mau tanya apa. tidak usah banyak pikir, orangnya keburu hilang. Lakukan saja.

    Jangan takut tidak dijawab. atau diacuhkan. namanya orang ngajak ngomong itu outputnya ada dua: di jawab (50%) dan tidak dijawab (50%)

    prinsipkan saja, kalau dijawab syukur. tidak di jawab ya sudah, kita coba lagi next time. atau mengulangi pertanyaannya (siapa tahu orangnya tidak dengar)

    biasanya dari bertanya itu, dia akan gantian tanya. kalau dia gak gantian tanya, brondong terus dengan pertanyaan apapu yang muncul di kepala kita. lama-lama dia akan respons.
    jarang sekali ada orang yang tidak mau merespons balik.

  71. budi says:

    saya orangnya gak pendiam, tapi kalau saya ngomong jarang diperhatikan sama orang lain, gmaa ya?

  72. Dya Sapoetri says:

    hmmmm,mungkin banxa orang berpendapat bahwa orang pendiam dan tidak banyak bicara itu aneh tapi untuk aku lebih baik diam dari pada banyak bicara ngga ada makna hidupnxa ,
    diam itulah sifat ku , dan tak perluh banyak kata untuk menunjukan kau peduli. karna tekadang diam adalah cara terbaik untuk menunjukan kepedulianmuuu,,,,,,,,,,…….

  73. Imo says:

    Assalamualaikum,sy jg orgx pendiam plus introvert parah.Sering banget lari ketika ada acara kumpul2.But sy seneng kok dgn kepribadian sy krn sy gak usah terlalu capek2 bersikap manis ke org.Bayangin kita mesti senyum mulu,bahagiain org mulu,lelah banget ga sih.Tp klw liat faktor2 penyebabnya,pas poin 1 ama 2 pas penyebab external,sy jd sadar.Oh,emang penyebabx kecil dulu sering diginiin sama org rumah tp gue bisa bersyukur krn bisa punya sifat ini.Awalx org rumah gak ad yg bs terima,lama2 mereka terbiasa.Justru klw diingat2 lg,bxk hal2 lucu yg bs diingat.Kayak ada begitu banyak peraturan yg ane terapkan ke org yg mau dekat,masuk kamar ampe akhirx mereka nyerah and nurutin aja.Tp yg bikin gue kesal nih ya,teman2 cewek gue d grup sebelah.Ya elah,please deh masa tiap sy yg ngirim pesan teks gak d gubris?pas org lain d gubris.Bukan ap sih,gue muak aja ama org2 yg heboh and sok2 ngerasa dirinya pintar hax krn s2 yg dia sandang.What in the hell,emang kamu siapa.Sy gak butuh tuh.Sy justru kesal ama org yg heboh ama perliatin klw dia i2 hebat and banyak ngomong ke org2.Muak aja liat org kayak gitu.Munafik pool soalx….

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s