Misteri Dibalik Orang Pendiam



anak pendiamPunya teman yang pendiam? Jika iya rasanya perlu menyimak beberapa hal yang akan saya sampaikan berikut tentang “Misteri Dibalik Orang Pendiam” yang tak banyak orang ketahui. Berikut ini adalah daftar beberapa fakta yang coba saya kumpulkan dari beberapa sumber yang membahas tentang orang pendiam. Apa saja yang selama ini menjadi misteri tentang sekelumit kisah tentang orang pendiam, akan coba saya paparkan secara lengkap dan mendetail.

Jika sebelumnya telah saya paparkan beberapa artikel terkait dengan orang pendiam berdasarkan opini yang saya ketahui. Pada kesempatan kali ini, akan saya coba kumpulkan berbagai sumber yang membahas khusus berkenaan dengan orang pendiam, gerak-geriknya, bahkan misteri yang tidak banyak orang tau tentang mereka.

#Sulit Bergaul

Dalam bergaul tentu seseorang di haruskan memiliki kecapakan dalam berbincang dalam memahami kemauan lawan bicaranya. Berbeda dengan orang pendiam, orang pendiam biasanya dan kebanyakan tidak pandai dalam berbincang dengan lawan bicaranya, sehingga ketika kita berbicara dengan mereka maka akan kita dapati pembicaraan terkesan agak kaku.

#Berkepribadian Introvert.

Introvert itu mungkin bisa di bilang “Individualis” atau lebih mementingkan diri sendiri dari pada orang lain. Begitupun dengan orang pendiam, mereka lebih cenderung melihat diri sendiri dari pada orang lain. Misalnya, jika kebanyakan orang sibuk dengan perbincangan tentang keburukan orang lain maka orang pendiam lebih cenderung mengintropeksi diri dan melihat pada kekurangan yang ia miliki. Jika memang ada keterangan lain tentang poin ini, silahkan sampaikan di kolom komentar, ini yang saya pahami.orang pendiam banget

#Suka Minder

Seseroang akan merasa minder tatkala ia menyadari bahwa dirinya memiliki kekurangan. Sama halnya dengan orang pendiam. Orang pendiam, biasanya ia akan merasa minder dalam hal sosialisasi dengan lingkungannya sehingga sangat nampak sekali dalam hal keminderannya. Akan tetapi, biasanya seroang yang pendiam itu memiliki kelebihan dalam satu bidang tertetnu. Dan kelebihan tersebut dikecualikan dalam hal keminderan, karena mereka akan lebih merasa PD (percaya diri) dalam satu hal yang benar-benar di kuasainya.

#Lebih Suka Menyendiri

Menyendiri itu katanya “lebih menenangkan Jiwa”, mungkin alasan ini yang menyebabkan seroang yang pendiam lebih suka menyendiri dibandingkan berdiam di keramaian. Bagus memang, tapi jangan salah. Sebagaimana yang saya sampaikan pada artikel yang sebelumnya, bahwa seorang yang pendiam itu akan merasa diasingkan jika ia sendiri dalam keramaian orang yang telah ia kenal. Misalnya, ada teman kit ayang ia terkenal pendiam. Akan tetapi ketika kita asik bercanda ria dengan teman yang lain sedangkan ia hanya sendiri tak kita pedulikan, justru hal demikian lebih menyakitkan bagi mereka.

#Menghindar Dari Masalah.

Poin ini saya pikir memang agak rancu. Mungkin yag dimaksud “menghindar dari masalah” adalah lebih suka tidak terlibat dalam satu masalah yang orang lain alami. Misalnya, jika Anda lebih suka ingin mengetahui apa yang terjadi dikala ada keributan di jalan sehingga berusaha untuk menghampirinya, maka berbeda sekali dengan orang yang pendiam, mereka lebih memilih menghindar dan tidak mau tau karena ia pikir tak ada gunanya juga mellihat hal demikian.

Apakah ia sering menghidar dari masalah yang dihadapinya? Tentu saya pikir tidak demikian. Seroang pendiam justru akan lebih tidak nyaman jika ia memiliki masalah sedang ia hanya membiarkannya tanpa ia atasi sendiri. Ini masuk pada poin selanjutnya:

#Lebih Memilih Menyelesaikan Segala Hal Sendiri

Jika kebanyakan orang lebih senang jika ada yang membantunya dalam hal apapun yang amat memberatkan bahkan dalalm perkara kecil sekalipun, maka berbeda sekali dengan orang pendiam. Orang pendiam akan lebih senang jika ia kerjakan dan selesaikan pekerjaan yang menjadi tanggungannya ia selesaikan sendirian tanpa bantuan orang lain.

#Tidak Menyukai Perdebatan.

Banyak orang memang lebih suka jika ia mengalahkan lawan bicaranya untuk mempertahankan pendapat yang ia sampaikan. Berbeda dengan orang pendiam, orang pendiam lebih suka memberi kesempatan kepada lawan bicaranya untuk menyampaikan apa yang ia yakini sebagai suatu kebenaran. Walaupun demikian, tentu sebagai manusia pasti ada saja hal yang mengganjal ketika kita tidak setuju dengan satu pendapat. Dan orang pendiam, mereka lebih bisa menahan pendapatnya untuk menghargai orang lain atau karena ia tidak pandai mengungkapkan apa yang ingin ia sampaikan.

#Suka Berbicara Dengan Diri Sendiri.

Mungkin poin ini yang paling saya suka. Orang pendiam sering sekali berbicara dalam hatinya. Mungkin bila dituangkan dalam sebuah buku apa yang mereka katakan dalam hati mereka setiap harinya, maka akan tercipta buku tebal dengan ribuan jilid jika dikumpulkan sepanjang hidupnya. Meski demikian, yang mengherankan mereka jarang sekali mengeluarkan kata-kata dalam bentuk lisan sehingga apresiasinya dapat di dengar orang lain sehingga lebih bisa bermanfaat.

#Suka Mengkhayal

Menghkhayal memang termasuk pekerjaan yang mudah, kenapa demikian? tentu saja, kiata hanya perlu berdiam sejenak tanpa menggerakan anggota badan kemudian menorawang ke alam pikiran kita. Mugnkin hal ini yang menjadi salah satu alasan kenapa orang pendiam lebih senang dengan hal yang berbau seni misalnya menggambar, Fotography dan hal lain yang serupa yang berbau seni.

#Pemalu

Pemalu itu katanya perbuatan Mulia. Tau kenapa? tentu saja jika seseroang tidak memiliki rasa malu, mungkin ia akan telanjang bulat di pinggir jalan memamerkan auratnya. Begitu pula kebanyakan para pemudi sekarang yang gemar memamerkan Pah* dan D*da mereka di tempat-tempat umum karena rasa malu mereka telah hilang. Apakah malu nya orang pendiam demikian? Tentu tidak bisa kita katakan benar secara keseluruhan. Mungkin yang dimaksud “Pemalu” dari orang penidam adalah ketika mereka dihadapkan pada masalah sosialisasi saja. Misalnya, malu bicara di depan umum, malu ketika bertemu dengan “calon mertua” he2, dsb.

#Lebih Penyabar

Orang pendian lebih penyabar, apa benar demikian? Tentu harus ada bukti konkrit terhadap hal ini. Akan tetapi fakta dilapangan memang membuktikan bahwa orang pendiam itu lebih memilih tidak mempermasalahkan ketidaknyamanan yang ia dapatkan akibat orang lain. Jika tidak percaya, coba saja cek dilapangan! he22.

#Orang nya Segan-an

Apa maksud dari “Segan-an”? maksudnya seperti ini. Misalnya kita amat membutuhkan bantuan seseroang untuk mengerjakan satu pekerjaan. Ketika kita minta bantuan orang yang pendiam, maka kemungkinan besar ia tak akan bisa menolak untuk membantu kita meskipun sebenarnya ia pun memiliki kepentingan.

#Kebanyakan Pintar.

Meskipun poin ini tidak bisa dikatakan benar 100%, tapi kebanyakan memang orang pendiam lebih pintar. Memang ada yang mengatakan bahwa kepintaran seseorang tidak bisa dinilai hanya dari satu sisi saja, akan tetapi harus di lihat dari berbagai penilaian. Pintar yang dimaksud di sini dalam hal “Keilmuan” terutama dalam hal “eksak”.

Demikian beberapa poin tentang Misteri Orang Penidam yang dapat saya sampaikan. Meskipun judul artikel ini “Misteri Dibalik Orang Pendiam”, bukan berarti orang pendiam itu amat menakutkan sehingga harus kita hindari keberadaannya. Justru saya berhadap dengan dibuatnya artikel-artikela semacam ini bisa lebih membuat orang-orang tersadar bahwa orang pendiam amat butuh teman sehingga mereka merasa lebih dihargai. Terimakasih atas kunjungannya, jika ada yang ingin disampaikan, silahkan sampaikan di kolom komentar. (Artikel oleh Priana Saputra) Wallohua’lam.

Sebagi penyemangat bagi penulis maupun pembaca yang lain, mohon sampaikan komentarnya tentang artikel ini di kolom yang telah disediakan. Satu patah kata yang kita tuliskan, mungkin akan membekas dan amat berharga bagi teman yang lain.

Gabung di Group Pendi Club Indonesia_Khusus untuk Anak Pendiam

Terimakasih.

Terimaksih telah berkunjung. (Priana Saputra)

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
Gallery | This entry was posted in Opini, Orang Pendiam and tagged , , . Bookmark the permalink.

98 Responses to Misteri Dibalik Orang Pendiam

  1. Habibie Arif says:

    sama lah.. aku pendiam juga

  2. Shelda Auduta says:

    Persis bgt dgn pribadi saya. Tapi yg mau saya tanyakan gimana ya caranya supaya ga jd org yg pendiam? Capek bgt loh jd org pendiam. Segala sesuatunya di fikirkan sendiri dan ngerasa ga punya tmn

  3. dhanielleq says:

    hampir sama seperti pribadi saya,bahkan dalam sehari hanya 0,98% saya mengeluarkan beberapa kalimat untuk berbicara dgn orang lain. Saya juga pemalu,tapi klau dengan orang yg sudah saya kenal baik saya sudah gak malu” lagi. Saya juga lebih menyukai hal yang berbau seni. Pokok hampir sama persis dengan yang sudah agan sampaikan diatas tadi.
    Mantep deh pokoknya artikelnyaaa…

  4. dhan says:

    ini mah sifat saya -_-||

  5. Khaerul Z. says:

    pendiam itu bukan berati mementingkan diri sendiri dan tidak mementingkan orang lain, sebenarnya kami ingin berinteraksi tapi tidak tau apa yg harus di bicarakan..

  6. hardiyanti says:

    yah. benar. saya lebih memilih merasa tidak nyaman dibandingkan membuat orang lain repot atau tidak nyaman karena dan sebernarnya menjadi pediam itu sangat melelahkan, tapi saya tidak bisa mengubah pribadi saya yang pediam ini.

  7. Dimas says:

    Subhanallah…hwaaw, kaya gitu yang ditulis diatas ampe 13 point tu ternyata bener2 bukan aku doang ya, bener deh ampe bulu kuduk merinding, kok bisa persis ma karakter aku gitu sih, itu tuh bener2 profil lengkap kepribadian saya dari point pertama sampai yang terakhir akurat 99 %, saya pendiam dari mulai kelas 1 SMP semester 2 sampai sekarang

  8. Jishura says:

    Blog nya keren seperti menggambarkan diri sendiri🙂
    Ijin ikut Klub nya bro hehe. Salam kenal
    Johan

  9. Zaenal says:

    Membaca artikel di atas hampir mirip dengan kehidupan ku sehari hari, tapi aku juga merasa aneh pada diriku sendiri ketika bergaul dengan teman aku jarang bicara tapi jika waktu presentasi di depan kelas malah lancar unek unek yang ingin ku keluarkan semua, aneh apakah kamu seperti saya . . . . .?

  10. ikaz rahman says:

    banyak sekali kemiripan yang ada pada artikel ini, memang susah jadi orang pendiam apalagi jika sudah dihadapkan dengan tugas presentasi, malu luar biasa, sebenarnya kita mampu untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan ketika sesi tanya jawab berhubung kita kalah dengan rasa malu maka sulit untuk di keluakan dari mulut.

  11. Gracella Anjani says:

    Saya juga pendiam.. Dulu saya sering ajak org berbicara, tetapi selalu diabaikan. Lalu, di sekolah saya masuk dalam suatu kelompok..salah satu anggota kelompok membentak saya dan menyuruh saya membantu membuat suatu tugas, dia membentak saya dan mengatakan bahwa saya seperti patung dan selalu diam, dan dia juga mengatakan ” jadi batu aja lah kau sana! ” saya sangat sakit hati..

    • Semoga tetap sabar ya…! Terimakasih atas kunjungannya.

    • Ngurah Putra says:

      Sebaiknya jangan pendiam itu kamu jadikan beban, mari bersemangat, saya juga pendiam namun saya selalu berusaha optimis, buktinya saya sekarang bekerja jadi receptionist yg mana diperlukan kepintaran berbahasa dan malahan org yg tdk pendiam yg sy temui, lebih sering miskomunikasi. Jadi org pendiam lebih hebat dalam berbahasa yg penting dari pada org yg gak pendiam yg asal bunyi tanfa kecerdasan memadai.

    • Neng Lusi says:

      sm q jga gtu,,, sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit bgt

  12. hasti says:

    banyak yg cocok🙂

  13. isal says:

    banyak sekali yg benar

    • Terimakasih atas kunjungannya, Jika ada yang benar, semata-mata hanya dari Alloh Ta’ala. Jika memang banyak kekurangannya, saya berlindung dan memohon hidayah kepada Sang Pemberi Petunjuk kepada kebenaran.

  14. Wah emang iya sih orang pendiam itu ga enak, mau mempublikasikan karya juga susah sekali, pasnya karyanya di publikasikan, eh ga dihargai… malah yang pintar omong tuh yang dihargai. Itulah kenyataan.

  15. Anisa says:

    Saya juga orng pendiam sejak sd. Aku bosan jadi orng pendiam trus tpi susah banget untk jdi orng gk pendiam krena sudah terbiasa.Pengen ngomong tpi tidak punya kata kata. gimana carany biar jdi orng gk pendiam??

  16. fania says:

    Persis dgn karakter saya…100% cocok..lbh byk mengalah demi org lain..sedih krn sll menjadi bhn olokan wkt berkmpul brsm teman..

  17. Fhery says:

    Artikel ini menjelaskan 90 persen tentang kepribadian saya… Good Luck😊

  18. inayah says:

    saya di judge sbg orang pendiam dikelas, trus ada salah satu guru menjelaskan bahwa orang pendiam kebanyakan pendendam, . Saya tidak merasa demikian, apakah benar begitu ya?

  19. aku ngrasa itu 98% mirip karakterku
    tapi orang orang malah ngenal aku orang yang misterius ,bukannya pendiam

  20. Muhyidin says:

    salam orang pendiam🙂

  21. Aghi says:

    ada satu hal lagi,,,, biasanya anak pendiam memang susah untuk berbicara dengan orang, tapi khusus untuk beberapa orang mereka sangat terbuka seakan akan sifat pendiamnya itu hilang

  22. Bener banget deh kaya begitu🙂 tapi biasanya orang pendiam bakalan cerewet kalau mereka nemuin orang yg nyaman atau orang yg punya hobi sama buat cerita, karena kebanyakan pendiam itu suka bingung buat basa-basi

  23. yahoo says:

    aku jg pendiam dan saya juga orang rumahan terasa sepi banget gan

  24. eko says:

    kereen infonya!
    makasih..

  25. wahyu yoga says:

    Aku pendiam karena aku merasa tertekan dengan masalahku (masalah dari aku kecil sampai sekarang ini) dan tidak bisa menceritakan ke orang orang terdekatku ……..

  26. Sitha says:

    Bener banget!!!
    Tulisan yang menarik dan bagus😉

  27. Fendi says:

    Betul bgt

  28. bil says:

    90% benar. Sifat pendiam saya diperparah lagi karena saya orangnya sakit2an dari kecil.

  29. YOGA HIMAWAN says:

    Saya orangnya lumayan pendiam. Saya merasa cukup lelah menjadi seperti ini karena sebenarnya saya punya banyak teman karena saya bersekolah di daerah komplek,tapi saya malu untuk ikut bergaul dengan mereka secara langsung kecuali ada teman yang sudah cukup dekat memaksa saya untuk bergabung dengan mereka. Lalu di keluarga besar, saya juga bisa seharian tanpa bercakap2 dan yang parah lagi beberapa anggota keluarga saya tidak mengerti sifat saya dan menganggap negatif kebiasaan saya yang berpikir panjang mengambil keputusan dan jarang bicara.

  30. kang wi says:

    maaf…kalo saya agak aneh…sy d rmh sangat pendiam dan cuek…tp klo d luar saya mlh dkatakan pandai bergaul sama tmn2… saat kuliah sy aktif vokal d banding tmn2…saya lbh suka sama temen wanita yg usia lbh tua dari saya..saya anggap lebih mengerti saya…

  31. Sasuke says:

    bosanlah jadi pendiam, teman – teman sekalian ada solusi nggak untuk saya?. bagi yang berkenan memberi solusi saya sangat berterima kasih.

  32. Neng Lusi says:

    pendiam memng serba salh, mau ngomng mikirnya lma bgt, bngung klo mau ngomng kya kehabisan kata2.. sy klo dirumh gk pndiam. klo diluar q pndiam bgt.

  33. Hary says:

    Hemm semuanya bner,,
    Apalagi yg bicara dgn diri sendiri, tiap ada masalah, saya sering tu curhat, antara otak(atas) dan hati(bawah), jd bgini, tiap ada masalah pekerjaan atau apalah, sya sbagai otak akan curhat ke hati, dan sebaliknya klo ada masalah perasaan/cewe, sya sbagai hati akan curhat ke otak, dan anehnya setelah itu pasti ada solusi, apa yg hrus sya lakukan slanjutnya,,
    Aneh memang, tp itulah sya, kyak ada 2 kepribadian

  34. Vita says:

    Aku juga pendiam, saya juga sulit bgt buat bergaul. Dan dengan mudah temen temen saya menghianati

  35. Vita says:

    Saya juga termasuk tipe orang yang pendiam alias kuper, sejak smp kelas 1. Gimana caranya supaya bisa mudah beradaptasi ???

  36. Ane pendiam gan.
    Apa bener kebanyakan dari orang pendiam lahir di Bulan Januari dan Zodiaknya Capricorn?

  37. Herman says:

    Cerita di atas hampir sama dengan ap yg sdang sy alami, sy suka menyendiri menghabiskan waktu dengan melukis dan bermain gitar, sampe2 tmn dan keluarga menjauhi sy

  38. geddy bramantiyo says:

    persis banget dengan pribadiku yang kadang suka menghayal , pemalu banget , menyendiri , sabar sih kadang tapi kebanyakan sabar ,dan sering ngomong sama diri sendiri

  39. teuing says:

    Hati hati dengan org pendiam .. Sekali emosi …emosiny mlebihi org yg berkarakter cerewet & org pendiam tidak suka klo dirinya dibicarain dri belakang .. Bagaikn devil berhati dingin ..xD viis

  40. Lilis says:

    Ya saya sangat setuju,kadang2 merasa sangat kesepian,,dan ujung2nya curhat sama diri sendiri…karena gak ada yang lebih ngertiin kita dibandingkan diri kita sediri…

  41. rustandi says:

    saya setuju dgn kata hary,, pokonxa sama persis dgn hari” ane yg dulu ampe skrng..
    tp satu saran dr ane,, masa sieh kita diam teruss..??
    hayuu lakhh kita sama” berjuang lawan kebiasaan kita..
    dgn perjuangan itu,, cf tw berhasil..
    suksses ea all..
    ter utama yg bikin artikel ini.

  42. ayu says:

    Salam pendiam
    sendiri selalu terasa lebih nyaman melakukan apapun tana ada yg mengganggu
    tapi tdak bisa di pungkiri kita adalah mahluk sosial

  43. fery quinox says:

    Iri rasanya melihat orng sling bercanda bergembira ria bersama tmn”nya … Mungkin saya lbih parah lagi, tmn bnyk yg menjauh bahkan tmn sejak kecil juga enggan ngomong smaa saaya tmn sekampung udah jauhin saya.. Coba cri tmn diluar rsnya susah karna sya sngnt pendiam apakah ada cra untuk mnghilngkan sifat sya ini…

  44. Amin Amin says:

    barokallahfikum, mirip mirip denganku,, kebanyakan..hihi..

    sisi jeleknya klo pendiam mungkin egois ya,,heheh

  45. Amin Amin says:

    kita kumpul yuk plen ,,. para pendiem kumpul.. ntar paling cuma senyum- senyum sendiri kalo ketemu… trus … diem dieman…kayak kuburan wkwkwk..ato mkin…kumpulan orang bingung ..mau ngomong mulai dari mana bingung,,.wwkkwk ,,

    ketemu temen senyum n senyum.. mantap plen plen.. diem gak banyak dosa.. adanya ..ngerasani alias menduga duga,,, strees jugaa,, ehehhe.. salam anak pendiem .., bismillah yuk .. semangat

  46. ilham.abdulah says:

    Menurut saya pendiam itu gak enak dianggap seperti makhluk halus kadang keliatan

  47. hairul says:

    Gan ada point yg ane setuju banget saat bersama teman terus teman sya ketemu temennya saya merasa di asingkan dan ga di perdulikan dan itu rasax gak enak banget

  48. Zahra says:

    Enak ya kalo semua teman teman di komunitas pendiam ini bersahabat semua, pasti bisa mengalahkan banyaknya orang2 yang normal

    Btw ini sama bgt seperti yang saya rasakan

  49. fariz says:

    Sama seperti saya saat ini,
    saya orang pendiam ketika di luar dan di dalam tetapi misalkan ada orang yang mau ngbrol dengan saya kadang2 saya sulit memahami,kenapa bisa gtu ??
    orang pendiam rata2 kurang paham soal apapun,kenapa bisa gitu ??
    dan jadi pendiam itu ga seru misalkan ada soal apapun yang kita ajarkan kadang2 pemikirannya lambat seolah2 mengulangi hal itu tetap lambat??
    sekali lagi orang pendiam itu kalo di tanya oleh siapapun kadang2 merasa gugup??
    mohon solusi nya agar kita bisa berkembang menjadi orang yang cerdas dalam pembicaraan,pemikiran dan sikap kedewasaan ?? terima kasih~

  50. fariz says:

    Percis sama yang saya rasakan saat ini ?
    Orang pendiam itu ga seru misalkan kita lagi berada di suatu kerabat/kelompok pasti di anggurin gitu aja bahkan saya ingin ngobrol dengan nya selalu di kacangin kenapa bisa gitu ?? solusi agar kita memulai pembicaraan tersebut tapi topik yang ingin di bicarakan itu apa ??
    saya orang nya pendiam ketika ada yang mengajarkan soal apapun pasti saya slalu ga bisa melakukan nya padahal saya memperhatikannya tapi tetap saja tidak bisa kenapa bisa gtu ??
    dan saya juga sulit memahi ketika ada orang yang lagi bicara dengan saya ?? pendiam itu tidak asik .. saya orang nya pendiam sulit memahami dan pemikiran nya lambat ?? saya selalu mikir kalau “saya ingin bisa” tapi bukti nya apa tidak ada perubahan ?? mohon bang solusi agara saya ingin merubah smuanya~

  51. Trisia says:

    Mksh infony..
    org pndiam itu sbnarnya baik..
    Pemaaf..
    Tpi jklau mnyakut org lain mngatakn hal yg tdak bnar tntang dia..dia akn sngat mlebih org yg cerewet..emg dsarny org pendiam jrang marah2x..crewet.
    Sring kli dia brpkir bhwa dia tdak mmilki sorangpun..tman yg mnyanginy apa lgi myangkut cinta..dia slalu mmndam prasaanya..

  52. Lebah Kecil says:

    Hampir sama semua dengan gua…
    Ya jelas aja, Gua emang anak pendiem sich!!!

  53. bayu4Guzzz says:

    Ijin copas y gan?¿

  54. pandu says:

    Menurut gueSebetulnya gak ada salahnya menjadi pendiam dan introvert ,kalo semua menjadi orang extrovert ,perubahan dunia gak bakal ada ,karna rata’ politikus ,ilmuwan ,dan profesor adl introvert

  55. is khotimah says:

    Hay kak priana attikelnya bagus

  56. Arif says:

    Menurut saya, tidak perlu memiliki banyak teman. Cukup beberapa orang yang bisa dipercaya.

  57. intan says:

    saya juga gitu, lebih merasa nyaman sendirian, namun di suatu ketika merasa lelah dengan sifat saya ini. kadang sampe frustasi sendiri, dan akhirnya hanya bisa menangis sendirian dikamar. saya gag pernah curhat pada teman, karena saya merasa tidak percaya pada orang lain sehingga saya pendam sendiri semua masalah dan keluh kesah saya.

  58. saya juga gitu, saya suka menyendiri dan itu nyaman untuk saya. menjadi orang pendiam itu sedikit menyebalkan dan kadang membuat frustasi, hingga akhirnya hanya bisa menangis sendirian dikamar. dikaccangin temen itu sudah setiap hari saya terima, entah digrup chatting atau dalam komunikasi secara langsung, bahkan saat teman mau pergi jalan2 saja, hanya saya sendiri yang tidak diajak, padahal saya tau rencana mereka dan itu sungguh menyakitkan bagi saya. sungguh menyebalkan.

  59. Raden Muhammad Anugerah Perdana says:

    Sama kaya saya…

  60. akbar says:

    diam adalah emas tapi klo pendieeeeem terus bisa jadi tai..itulah ejekan yang dlontarkan teman. kpda saya..sakiiiiitt

  61. Ridhoo says:

    Persis sama kayak saya.. Terkadang enak kalo punya temen sama sama pendiem.. enak di ajak ngomong..

  62. Alam Arkiansyah says:

    Saya orangnya introvert, terkadang saya memikirkan mengapa saya bisa menjadi seprti ini. Hampir semua yang dipaparkan diatas ada di dalam diri saya, terimakasih atas atikelnya
    #DiamItuEmas

  63. radhitya permana says:

    aku termasuk pendiam berat, bahkan tak mau tau dengan urusan orangg lain, saya lebih suka meneyendiri, dan menyelesaikan sebuah permansallahan kecil secara sendiri, good job, pendiam membawa ku ke arah yang lebih positif

  64. Jangan pernah remehkan orang pendiam,Dan jangan buka kebenarannya,saya tidak suka bila sikap orang pendiam dibuka,Karna orang pendiam saja tersembunyi…

  65. dinda says:

    Boleh di share lewat facebook gak? Biar teman-teman saya tau sifat saya sebenarnya dan biar mereka gak berasumsi negatif terhadap saya🙂 terimakasih

  66. faezal says:

    ya bisa benar bisa juga ga semua benar, orang pendiam tergantung juga sikontolpanjang….situasi, kondisi, pandangan dan jangkauan….jangan ngeres gan….

  67. kimeka hikari says:

    Orang pendiem jarang berkata kotor

  68. helmi says:

    Ada sebuah hadis yang mengatakan “kalau omonganmu tidak bermanfaat daim lebih baik bagimu”.
    Sy seneng jadi orang pendiam, gak ada yang diciptakan yang sia-sia, pasti ada hikmah dibalik penciptaan diam itu sendiri.

  69. im introvert says:

    artikelnya dari sisi orang extrovert melihat orang introvert, jd terkesan lbh banyak negatif..jika anda seorang introvert tidak perlu bagaimana cara menjadi orang extrovert, itu sudah menjadi natural trait seseorang, jd diri sendiri saja.

  70. andaryati says:

    aku pendiam. dan aku butuh teman….

    teman mana temann ..

    #temanhidup #hehee

  71. Galih Muamir says:

    betul sekaliii…….sama persis dengan yang saya alami dn rasakan….
    Sering saya berfikir kenapa hidupku seperti ini,,,ingin sekali rasanya kepengen seperti yang lain, pandai berbaur, bersosialisasi gitu……
    dan hati rasanya kesepian kayak hidup sendirian didunia ini….😥

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s