Kemana Saja Sedekah Kita Salurkan?


tempat menyalurkan sedekahMungkin bagi sebagian orang ada yang merasa bingung, sebenarnya kemana saja sedekah salurkan. Meskipun pertanyaan ini agak aneh, mengingat sangat banyak sekali tempat penerima sedekah yang bertebarang seantero negeri (he2), tapi penulis berbaik sangka  mungkin ada di sebagian pembaca sekalian yang masih agak bingung tatkala memiliki rizki lebih dari Alloh Subhanahuwata’ala. Nah pada kesempatan kali ini, akan saya share beberapa tempat yang dapat Anda jadikan pilihan untuk menyalurkan sedekahnya.

Bersedekah Tanda Bersyukur

Ketika kita diberikan rizki oleh Alloh Subhanahuwata’ala, sudah semestinya kita mensyukuri nikmat tersebut. Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat yang telah Alloh berikan adalah dengan banyak-banyak bersedekah. Lantas kemana kah sedekah itu baiknya kita salurkan sehingga tetap sasaran dan memberikan manfaat bagi ummat atau orang-orang sekitar terlebih bagi kita sendiri. Untuk tempat bersedekah sendiri tentu amat bayak jika disebutkan semua di artikel ini, akan tetapi barang kali beberapa poin berikut dapat mewakilinya.

Tempat Penyaluran Sedekah Harta

#Yayasan Pengelola Sedekah

Ada beberapa alasan kenapa kita menyalurkan sedekah ke yayasan. Alasan yang pertama mungkin karena jika kita salurkan ke yayasan, akan lebih terorganisir dan penyebaran sedekah atau infak yang kita berikan akan lebih merata kepada para penerima. Jika Anda hendak bersedekah, yayasan pengelola sedekah bisa jadi pilihan kita untuk menyalurkan sedekah kita. (Klik di sini untuk Sedekah ke yayasan)

#Panti Asuhan/Yatim

Jika kita mendengar kata “sedekah” mungkin kebenyakan dari kita akan identik dengan anak yatim. Sangat beralasan memang, anak yatim adalah mereka yang ditinggalkan oleh orang tuanya sehingga siapa lagi yang akan memberikan nafkah sedang mereka masih belia. Perintah sedekah kepada anak yatim, terdapat dalam Al-Quran. Apakah sedekah untuk anak yatim harus kita salurkan ke panti asuhan? Tensu saja tidak, jika memang ada anak yatim di dekat tempat tainggal atau di kampung kita, penyaluran sedekah untuk mereka bisa kita berikan langsung. Jika memang tidak ada atau penyaluran sedekah dapat lebih merata, bisa langsung dititipkan saja ke lemba-lembaga yatim piatu karena disanalah tempat ditampungnya para yatim. (Klik di sini untuk Sedekah ke Panti Yatim)

#Lembaga Zakat

LAZ atau Lembaga Amil Zakat sudah cukup banyak di negeri kita tercinta ini. LAZ adalah tempat kita dapat menyalurkan zakat atas harta yang kita miliki. Untuk rincian berapa yang harus kita zakatkan, bisa dicari di artikel yang lain ya..! Yang jelas, sebagaimana kita ketahui bahwa dalam Islam kita diwajibkan untuk mengeluarkan zakat atas harta kita yang telah mencapai nishob-nya. (klik disini untuk membayar zakat)

#Masjid

Sedekah ke masjid merupakan jalan sedekah yang cukup familiar mungkin di telinga kita. Selain sebagai tempat untuk beribadah, masjid pun biasanya dijadikan sebagai pusat/central kegiatan sosial di suatu wilayah atau perkampungan. Untuk para bapak yang sering ke masjid, tentu lebih mengetahui tentang hal ini. Biasanya, kegiatan sosial seperti baksos (bakti sosial) dan lain-lain,  sering dilakukan di masjid. Dan jika Anda ingin bersedekah, kenapa tidak mencoba pergi ke masjid terdekah yang sekiranya dikelola dengan baik dalam masalah yang seperti ini nya, baik itu untuk pembangunan masjid itu sendiri ataupun untuk dana sosial.

Demikian beberapa tempat sedekah yang dapat saya rekomendasikan. Tentu sama sekali bukan merupakan batasan, setiap tempat sedekah memiliki keutamaan masing-masing. Jika Anda ingin bersedekah, lihatlah yang sekiranya lebih penting. Dalam artian, jika ada tetangga  yang sangat membutuhkan pemberian sedekah kita atau karib kerabat kita yang ia tidak mampu, maka tentu mereka lebih layak untuk menerimanya. wallohua’lam. Terimakaish telah berkunjung. Semoga Anda senantiasa diberikan kelapangan rizki serta kemudahan dalam urusan dunia maupun akhiratnya kelak. (Priana Saputra)

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
Gallery | This entry was posted in Fiqih and tagged , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Kemana Saja Sedekah Kita Salurkan?

  1. iyus says:

    terimakasih banyak atasa\ infonya semoga bermanfaat………..amiiiinnn.

  2. Anonymous says:

    Maaf jika saya boleh bertanya manakah yang harus di dahulukan antara sedekah kepada orang tua , istri , kerabat dekat , saudara , dan anak yatim ? Karena sudah 2 bulan saya galau di karenakan kemanakah saya harus mendahulukannya ? . Terima Kasih🙂

    • Azwar says:

      setau saya diutamakan sedekah kepada kerabat terdekat dulu, istri dan orang tua, atau keluarga yg kurang mampu yg memang sangat perlu untuk ditolong

  3. fitahutami says:

    Assalamu’alaikum
    saya mau tanya ,, saya masih kuliah semester 3 .. saya ingin bersedekah yang pertama bersedekah dari barang jualan online saya untuk kerabat saya..
    nah yanh kedua saya ingin mengasih baju bekas saya ke anak yatim memang tidak begitu bagus.. tapi saya ingin bersedekah..
    bagaimana dengan planning saya yang kedua? tolong jawab
    wassalam

  4. elly says:

    Lebih baik sedekah ke yatim piatu atau ke orang tua??

    • Jika orang tua kita dalam keadaan membutuhkan yang lebih baik keorang tua. Karena Kebaikan yang paling utama adalah kepada orang tua terutama ibu, tapi kalao Anda seorang Istri maka meminta izin dulu kepada suami jika itu harta suami. Wallohua’lam.

  5. Lies says:

    Samakah uang sedekah dg uang dr 2,5% penghsilan kita yg kita berikan ke orang lain?

  6. ria says:

    Apakah memberi uang sama orang yang minta2 dijalan bisa di sebut sedekah???

    • Bisa…, Itu sedekah. Tapi dilihat juga yang diberinya, misalnya kalo Bapak-bapak yang terlihat Gagah dan kira-kira bisa bekerja, lebih baik dikasih ke Peminta-minta yang benar-benar membutuhkan dan secara zhohir memang tidak mampu bekerja sehingga terpaksa meminta-minta. Wallohua’lam.

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s