Anak Pendiam Seringnya DiJauhi! Tau Kenapa?


orang pendiam dijauhi

kenapa aku dijauhi?

Kenapa Anak pendiam seringnya dijauhi oleh teman-temannya? pertanyaan yang mungkin terbersit dihati Sobat (wikipedia) yang merasa dirinya sebagai seorang yang pendiam. Katanya, jika kita ingin mengetahui bagaimana perasaan seseorang yang pendiam, maka tanya kepada mereka yang pendiam (ya iya lah/he2).  wah, sudah agak nglantur tulisannya, entahlah sobat sekarang lagi agak kurang fokus nulisnya. Tapi jangan khawatir, berikut saya berikan beberapa pendapat yang saya pikir ini adalah beberapa alasan kenapa anak pendiam itu seringnya dijauhi oleh teman-teman nya yang lain.

Sebelum kita masuk pada pembahasan inti kita tentang kenapa anak pendiam seringnya dijauhi? ada baiknya kita luruskan terlebih dahulu tentang masalah ini. Kebanyakan anak pendiam, mereka merasa bahwa orang lain atau teman-temannya itu tidak ada yang mau memahami perasaanya, tidak ada yang mau membantunya, tidak ada orang yang mau berteman dengannya dan berbagai perasaan buruk lainnya. Sebenarnya hal seperti ini, wajar saja. Pasalnya memang kebanyakan anak pendiam itu tidak punya begitu banyak teman. Sebenarnya masalanya amat simple, yaitu terletak pata persepsi kita tentang masalah ini yaitu” Merasa dijauhi”. Pertanyaannya, apakah benar kita dijauhi? atau kita yang tidak mau berbaur?. Ini merupakan poin pembahasan kita yang pertama yakni Anak pendiam dijauhi karena mereka “Tidak pandai berbaur dengan yang lain.”

Berikut beberapa poin yang saya kiraanak pendiam selalu dijauhi sebagai penyebab kenapa anak pendiam senantiasa merasa dijauhi oleh teman-teman sebaya lainnya.

#Anak Pendiam Tidak Pandai Berbaur dengan anak lain

Poin ini saya rasa masalah yang paling utama dari seorang anak yang pendiam yaitu mereka tidak begitu pandai berbaur dengan yang lain. Dalam hal sesialisasi, harga mutlak yang harus dimiliki seseorang adalah berbicara dan adaptasi dengan lingkungannya. Sayangnya, kemampuan berbicara, beradaptasi dengan lingkungan baru atau bergaul dengan orang lain, tidak dimiliki oleh anak yang pendiam.

Mungkin bagi Sobat yang merasa sebagai anak yang terkenal pendiam di lingkungannya, akan menyadari akan hal ini. Ketika kita pindah tempat atau masuk ke kelas yang baru misalnya. Pada awal-awal kita masuk, dapat dipastikan kita hanya akan mengenal segelintir orang saja itupun lewat absen yang guru kita sebutkan ketika memanggil teman sekelas kita. Jika ia, acungkan tanggannya..! he2.

#Perasaan Minder dari anak pendiam

anak pendiam kenapa dijauhiPersaan minder saya bilang merupakan sebuah penyakit. Kenapa demikian? Tentu saja, semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini yang harus senantisa kita pupuk dalam diri kita masing-masing terutama bagi kita yang merasa sebagai anak yang pendiam. Sebagai anak pendiam, tentu kita sadari bahwa kita tidak pandai dalam hal bersosialisasi sehingga merasa minder terhadap hal-hal liannya. Jika Sobat masih demikian, rasanya harus segera dirubah. Pasalnya, seorang anak yang pendiam sebenarnya menyimpan beribu kelebihan yang terkadang pontensi itu tidak tergali dengan baik sehingga malah terpendam dan tidak terasah hanya kerena perasaan minder yang dimilliki.

Seseorang bisa sukses bukan hanya karena ia pandai berbicara atau bersosialisasi, tapi ia sukses karena usahanya yang gigih, doa tak henti-henti dan tentu saja dengan izin Alloh Subhanahuwata’ala. Jadi, jangan pernah minder lagi sobat..! Tetap semangat dan fokus pada apa yang ingin kita usahakan dan dirasa berguna bagi agama, diri sendiri, kelaurga serta orang banyak di sekitar kita.

#Orang merasa kaku saat bersama anak pendiam

Perlu diakui memang, kekakuan saat berbicara tidak hanya dimiliki oleh orang pendiam saja. Terkdang orang-orang yang pandai berbicara pun akan merasa kaku berbicara pada kondisi tertentu cotohnya saat pidato dan yang lainnya. Akan tetap, yang menjadikan kita miris (bahasanya terlalu mendramatisir) bahwa anak pendiam itu, akan merasa kaku saat berbicara hampir di semua kondisi keculi ketika ia berbicara dengan dirinya sendiri dan teman yang sudah sangat dekat dengannya. Wah, miris sekali bukan!? Mungkin inilah penyebab lain, kenapa anak pendiam itu selalu dijauhi oleh anak yang lain, karena mereka pun tidak nyaman berbicara dengan anak yang kaku saat diajak bicara.

Demikian pembahasan tentang alasan kenapa anak pendiam itu seringnya dijauhi sama sanak yang lain. Jika ada kata atau kalimat yang dirasa kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Tulisan ini dibuat hanya sekedar opini, jadi bukan harga mutlak untuk dijadikan sebagai dasar rujukan suatu ilmu, hanya salah satu dari buah pemikiran dari seorang awan uang berharap dapat memberikan sedikit pendapatnya untuk sobat sekalian.

Artikel dengan judul “Anak Pendiam Seringnya DiJauhi! Tau Kenapa?” ini, salah satu anak artikel yang terlahir dari artikel sebelumnya yang bertemakan orang pendiam. Sobat bisa baca artikel lain yang terkait dengan judul yang berfairiasi, ada “Sudut Kecil Realitas Orang Pendiam“; “Kelebihan Orang Pendiam”; “Motivasi untuk Orang Pendiam” dan yang lainnya. Selamat membaca. Terimakasih. Telah berkunjung. Wallouhua’lam.

Sebagi penyemangat bagi penulis maupun pembaca yang lain, mohoh sampaikan komentarnya tentang artikel ini di kolom yang telah disediakan. Satu patah kata yang kita tuliskan, mungkin akan membekas dan amat berharga bagi teman yang lain.

Gabung di Group Pendi Club Indonesia_Khusus untuk Anak Pendiam

Terimakasih.

Terimaksih telah berkunjung. (Priana Saputra)

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
Gallery | This entry was posted in Opini, Orang Pendiam and tagged , , , . Bookmark the permalink.

35 Responses to Anak Pendiam Seringnya DiJauhi! Tau Kenapa?

  1. Yasmin says:

    Bener semua tentang artikel orang pendiam, nyangkut sama saya semua

  2. Lala says:

    Saya Laila. Tulisan sobat benar-benar ngena buat saya. Ya, saya dijuluki teman-teman sebagai anak pendiam. Tapi dalam hati saya ingin punya teman dan saya memang membutuhkan teman sekarang.

  3. Karina says:

    Tulisannya bener-bener ngena. Thanks.

  4. rugayah says:

    Tulisannya benar-benar persis dengan apa yang aku rasa,aku memang pendiam tapi terkadang minder,dan tidak percaya diri,pengen punya teman banyak tapi susah,thankd y.

  5. natalia says:

    thanks.. ini pas banget,, saya dijauhi banyak teman, saya ingin banyak teman dan mudah bergaul, tapi rasanya susah, saya tidak tau caranya untuk melakukan itu semua, sebenarnya bukan saya ingin sendiri, cuma karena saya yang tidak pandai bergaul saja
    tolong beri saya gimana solusinya…

  6. anonim says:

    loh katanya nanya sama orang yg pendiem, ente pendiem juga bukan bro ?

  7. naronimus says:

    Tulisannya bener-bener serupa saya.
    Saya bahkan sudah mencoba merubah pola berbicara, tapi sekali pendiam
    memang udah pendiam. Atau mungkin usaha saya masih kurang atau apalah.
    Ada beberapa hal yang bisa saya kutip di tulisan ini, Thanks ya

  8. nurul izzah says:

    sama kali dgn saya,pinginnya itu pnya bnyak temen tpi susahnya minta ampun plingan hanya beberapa temen aja,itupun temen yg lama.tapi rasanya klo jdi ank pendiam itu nyaman

  9. Humaid atsabat M says:

    Pas bgt sma kaya saya.. saya emnk org nya pendiem selalu dijauhin sma teman” tpi susah untuk bergaul sma yg lain mau ngomong begimana jga gak bisa susah untuk berbicara sma teman”.. sekali pendiem tetap pendiem.. tpi caranya bagaimana untuk mudah bergaul sma tman”.. tolong beri solusinya ??thanks..

  10. Abegail says:

    Mulai sekarang aku akan merubah di diriku tidak sebagai orang pendiam lagi ..😀
    Terima kasih kak atas infonya🙂

  11. silvia says:

    saya juga seorang pendiem. cuma punya temen sedikit. pengennya punya temen banyak tapi susah banget akrab sama orang baru

  12. Alip says:

    bohong itu semua!!gue pendiam bukan karena itu,karena pergaulan udh gak bener mereka selalu menjahui kenyataan,sedangkan gue selalu berpedoman pada kenyatan makanya gue di jauhin

  13. Ali says:

    Tapi kalo anak pendiem 1 dgn anak pendiem lainnya kadang juga suka akrab karena memiliki sifat yg mirip

  14. muhammad rafi says:

    Mirip banget ama gua…

  15. rizal says:

    saya rizal. entah mengapa saya selalu di pukulo di kelas tapi saya selalu anggap itu hanyalah becanda, tapi saya ingin teman teman saya mengakui saya.

  16. Muhammad Rizal says:

    Aku cuma punya sedikit teman, soalnya gak berani negur kalo gak di tegur dulan. Temen sd ya temenan nya cuma pas sd aja, temen smp ya temenan nya pas smp aja, kalo ketemu cuma alis aja yg dinaikin. Miris….

  17. tomi cahyono says:

    Aku malahan di jauhin tmn dri smp sampai smk ..pengen punya teman

  18. Fikri says:

    Tulisannya bagus, sesuai dengan kondisi anak pendiam, saya juga termasuk. Saya tidak punya banyak teman, alasannya simpel, saya itu orangnya tidak suka berulah ( bahasa jawanya : neko – neko ) sedangkan kebanyakan temanku itu berulah, secara gak langsung aku gak mau temenan sama mereka, sesuai pelajaran sosiologi, temanmu akan mempengaruhi kepribadianmu. Selain itu, aku juga tidak suka berbaur karena saat aku berbaur yang ada kekuranganku malah jadi bahan leluconan mereka, sakit banget denger mereka tertawa terbahak bahak karena menertawakan kekuranganku.

  19. yudianto says:

    Perkenakan saya yudianto saya sungguh terharu stelah membaca artikel ini.. ini benar sekali dengan perasaan saya..

  20. A_chan says:

    iya,sama aku jg pendiam dan minderan,,gmn ya biar punya temen dan lebih pd??

  21. Ratna says:

    Bener kena bgt ih soalnya sy disekolah dan disekitaran saya, sy kira mreka tdk mengerti aku, tp sy mau tanya mngp disaat dekat aku mrka batuk2 pdhl aku gk bau apa mungkin menyindir?
    Terimakasih ya :’)

  22. Anonym says:

    Andai mereka bisa tahu perasaanku seperti apa. Mereka semua menjauhi aku setelah mengetahui kekuranganku. Dulu waktu sd sering nangis. Smp juga malah aku pernah hampir di keluarin dari grup dance untuk ujian olahraga karna aku gak bisa pD. Di SMA pun, begitu mereka tau aku tidak terlalu pandai mereka langsung menjauhiku. Padahal alasan aku diem karna aku bicaranya gagap. Sedih sekali kalau inget itu

  23. Ratna says:

    Ini aku banget… malah d lingkungan kerja temen2 cewe pd ngejauhin aku… pdhl aku pgn berbaur juga tp malah gk d respon untung’y ada temen cwo yg nemenin jd aku gk bengong sendirian….bayangin aja tu temen2 kerja mereka selfie tanpa ngajak aku…. beda sm temen kuliah bs sesuai katakter dan akrab… d lingkungan kerja gk ada yg akrab sm sekali…. sedihnya hati ini pdhl apa salah aku cb sedangkan d saat mereka kesulitan dan mnta bantuan pst aku bantu tp aku gk d terima dlm pertemanan…..

  24. deni says:

    gw jg slh 1 org yg pendiam,tp gw bangga dan bersyukur jd si pendiam,dan tetap akan jadi diri sendri yg apa adanya……

  25. Nabila says:

    Saya Bila. Setiap saya membaca tulisan disini saya seperti melihat diri saya sendiri, miris. Saya pribadi orang yang sangat amat pendiam dan sulit berbaur. Semua yang ditulisa kakak (saya masih sekolah kok hehe) persis seperti diri saya. Kadang saya merasa ‘aneh’ dan bingung sama diri saya sendiri. Gara-gara sifat saya sendiri, saya jadi sebal sama diri saya sendiri. Setiap saya mencoba berbaur, rasanya aneh juga dan sulit. Malahan orang-orang terkesan takut sama saya. Tapi ketika saya membaca tulisan kakak, saya tersentuh karena masih ada orang yang peduli dengan ‘tipe’ seperti saya. Terimakasih ^^

  26. Mizumachi says:

    Wah saya cukup merasa lega juga karna banyak orang yg merasakan apa yg saya rasakan..
    Pengalaman saya dijauhi teman adalah karna mungkin mereka merasa jenuh dengan orang seperti saya yg pendiam, ga suka basa-basi, dan bicara seperlunya..

    Dan yg lebih parah orang tua pun mendesak agar sifat saya dirubah, tp saya menolak karna saya merasa lebih nyaman dengan diri saya sendiri yg seperti ini. Karna suasana sunyinya begitu tenang dan buat nyaman dibandingkan ditengah” orang ga jelas yg kadang suka merendahkan orang

    Seorang yg pendiam juga biasanya lebih mudah akrab dengan sesama pendiam 😊

  27. Akbar Noor says:

    Saya juga susah bergaul soalnya kalau boleh jujur pergaulan di lingkungan saya itu banyak yang ngomong kasar, terus katanya sahabat itu sudah terbiasa ngomong kasar kalau bercanda, saya sebenernya kurang suka pergaulan kayak gitu. Menurut saya sahabat adalah orang yang mengerti perasaan temannya sendiri dan dapat menerima kekurangannya, dan kalau diajak bercanda pun sahabat selalu ngerti batasan” kita(kalau bercanda, maksudnya bercandanya tentang hal positif) , terus saya mau tanya bagaimana kita menyikapi pergaulan tsb? Bagaimana cara kita mengajak orang lain supaya bisa berbuat baik dan bergaul dengan cara yang baik pula? Terimakasih

  28. Saya juga susah bergaul dan jadi anak yang cenderung pendiam soalnya kalau boleh jujur pergaulan di lingkungan saya itu banyak yang ngomong kasar, terus katanya sahabat itu sudah terbiasa ngomong kasar kalau bercanda, saya sebenernya kurang suka pergaulan kayak gitu. Menurut saya sahabat adalah orang yang mengerti perasaan temannya sendiri dan dapat menerima kekurangannya, dan kalau diajak bercanda pun sahabat selalu ngerti batasan” kita(kalau bercanda, maksudnya bercandanya tentang hal positif) , terus saya mau tanya bagaimana kita menyikapi pergaulan tsb? Bagaimana cara kita mengajak orang lain supaya bisa berbuat baik dan bergaul dengan cara yang baik pula? Terimakasih

  29. Croft says:

    Tulisan anda sangat benar sekali. Terima kasih.

  30. Durroh Alawiyyah says:

    Trus gmana ngatasinya biar tdk jadi org pendiam ??

Tulis Komentar

