Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia


Berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban bagi setiap manusia terutama bagi seorang Muslim. Lantas Bagaimana cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal? Bagi sebagian dari kita yang orang tua (wiki pedia) nya masih ada mungkin lebih mudah untuk menunjukan baktinya kepada mereka. Tapi bagaimana jika mereka telah tiada? Berikut cara yang dapat kita lakukan. (Bagi yang baru masuk sini: baca dulu artikel sebelumnya tentang: “Cara berbakti kepada orang tua“)

cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal

Cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal

Setidaknya ada tiga cara yang ingin di share di sini berhubungan dengan cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Berikut point-point nya:

Mendoakan Kedua Orang Tua

Doa merupakan cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal yang dapat dilakukan oleh seorang anak. Doa seorang anak yang sholeh dikatakan sebagai salah satu hal yang amat bermanfaat bagi orang tua. Oleh karena itu, sudahkah kita sisipkan doa untuk kedua orang tua kita yang sudah meninggal atau tiada di setiap sujud, sholat malam dan waktu-waktu yang mustajab dikabulkannya doa? Jika belum, hendaknya harus kita mulai membiasakan diri untuk melakukannya. Bukankah kita ingin membantu agar orang tua kita mendapatkan kebaikan di akherat kelak?

Menunaikan Nazar Orang Tua yang belum sempat terpenuhi

Nazar adalah nanji seseorang yang wajib dipenuhi. Jika seseorang tidak sempat memenuhi nazarnya, maka kebaikan bagi ahli warisnya, atau anaknya dalam hal ini adalah memenuhi nazar yang belum di penuhi oleh orang tuanya. Inilah hal lain yang dapat seorang anak lakukan sebagai cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal.

Bersedekah untuk Orang Tua

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang pahalanya amat besar. Jika orang tua kita telah meninggal, salah satu cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal adalah dengan bersedekah untuk mereka.

Itu saja barangkali beberapa 3 hal yang dapat seorang anak lakukan sebagai cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Tentu bukan merupakan satu batasan, ada hal lain yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan bakti kita kepada orang tua kita yang telah tiada seperti menyambung tali silaturahmi dengan kerabat dekat orang tua kita dan lain sebagainya.

Di akhir artikel ini, saya mengajak pembaca sekalian untuk bersedekah kepada orang tua kita yang sudah meninggal. Jika ada yang berkenan, semoga Alloh balas dengan kebaikan dan limpahan pahala untuk Anda sekalian. Untuk yang berminat menyalurkan wakafnya, silahkan klik lik berikut: “Sedekah Al Quran untuk kedua Orang Tua“.

doa untuk orang tua

doa untuk orang tua

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
Gallery | This entry was posted in berbakti kepada orang tua and tagged , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia

  1. Anger says:

    Taisiyahnya memang bagus…
    Kalo boleh ane saranin sich lebih bagus lagi di tambahin dalil atw hadits ny dan firman alloh…
    Supaya para pembaca bisa lebih yakin..!

    • Oh iya, terimakasih atas sarannya. Sebenarnya Artikel ini hanya uji coba SEO yang saya terapkan. Untuk lebih jelas tentang topik terkait, saya muat di blog “http://berbaktikepadaorangtua.com”. Terimakasih juga telah berkunjung.

  2. Bener banget mas walau sudah ga ada jangan pernah sampe lupa, karena sampe kapan juga ga akan sanggup bayar (kita sebagai anak) akan jasa2 mereka🙂 & yg paling mudah adalah mendoakan

  3. triyu says:

    penyesalan setelah orang tua meninggal, bagaimana caranya agar penyesalan itu tidak terus terpikirkan

  4. nur azizah says:

    Maaf yaa, kok cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal hanya 3 saja

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s