Cara Berbakti Kepada Orang Tua


Artikel Priana Saputra: Bagimana cara berbakti kepada orang tua yang dianjurkan dalam Islam? Bagi Seorang anak tentu merupakan salah satu kewajiban yang harus ia tunaikan adalah berbakti kepada kedua orang tuanya. Terkadang ada sebagian orang atau mungkin kita diantaranya, agak bingung bagaimana sih bakti yang dapat kit alakukan untuk kedua orang tua kita agar kita termasuk anak yang sholeh. Pada postingan kali ini saya coba menyambung pembahasan yang lampau sekali, yaitu tentang Kewajiban anak terhadap orang tua. Dan berikut diantara cara berbakti kepada orang tua yang dapat kita lakukan.

hadiah untuk ibu dan ayah tercintaAda banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk membuktikan bahwa kita adalah anak (baca “Pengertian anak” di wikipedia) yang berbakti kepada orang tua kita. Diantara cara yang dapat kita lakukan seperti selalu beraklak baik kepada orang tua, berdoa untuk mereka, Menyambung tali silaturahmi kepada kerabat-kerabatnya, bersedekah untuk keduanya, menghajikan orang tua apabila kita memang telah mampu dan lain sebagainya.

cara berbakti kepada orang tua

5 Cara berbakti kepada orang tua

Tanpa panjang lebar lagi, berikut 5 cara yang dapat seorang anak lakukan untuk berbakti kepada orang tua nya. cara ini bukan sebagai pembatasan, tentu masih banyak cara lain agar kita termasuk anak yang berbakti.

Beraklak baik di depan orang tua

Banyak sekali kita dapati pada zaman sekarang seoang anak yang tidak mengindahkan hal ini. Ada di sebaian kesempatan, seorang anak malah berbuat zhalim kepada orang tuanya, ada juga yang amat gemar memaki dan menyakiti perasaan kedua orang tuanya. Hal ini tentu sangat miris sekali kita dengar mengingat beraklak baik di depan orang tua termasuk salah satu cara untuk berbakti kepada orang tua kita. Lantas bagaimana seseorang bisa dikatakan berbakti kepada mereka sedangkan kata-katanya kasar, selalu menyakiti kedua orang tua dan akhlak buruk lainnya.

Hendaknya seorang anak selalu merendahkan suara ketika didepan kedua orang tua. Hal ini dimaksudkan agar apa yang kita ucapkan tidak menyinggung perasaan mereka. Diantara cara lain berbakti kepada orang tua dalam masalah akhlak adalah tidak memotong pembicaraan orang tua kita saat mereka berbicara dan menghormati setiap apa yang mereka sampaikan meskipun terkadang tidak sejalan dengan keinginan kita.

Senantiasa Berdoa untuk Kedua Orang Tua

Cara lain untuk berbakti kepada orang tua adalah dengan senantiasa mendoakan mereka. Doa seoang anak yang sholeh dikategorikan sebagai doa yang akan sampai dan berguna bagi orang tuanya. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa ketika seseoang meninggal maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga, dan salah satu diantaranya adalah anak sholeh yang senantiasa mendoakan orang tua nya.

Mendoakan kedua orang tua, tidak hanya ketika mereka telah tiada. Ketika orang tuakita masih hidup pun, kita sangat dianjurkan untuk senantiasa mendoakan kebaikan untuk orang tua kita. Mungki ada diantara kita yang orang tuanya masih jauh dari pemahaman agama, atau sedang ditimpah kesulitan dan lain sebagainya, maka sebagai anak  yang sholeh dan berbakti kepada mereka, hendaknya kita senantiasa memanjatkan doa untuk kebaikan kedua orang tua kita baik di dunia maupun kebaikan di akherat kelak.

Bersedekah untuk Orang Tua kita

Cara lain yang dapat kita lakukan adalah dengan bersedekah yang pahala kita tujukan untuk kedua orang tua. Mungkin ada yang bertanya “Apakah benar pahala yang kita sedekahkan akan sampai kepada kedua orang tua kita? Jawabannya, insyaalloh akan sampai. Hal ini dikarenakan kebaikan yang di lakukan seorang akan pada hakikatnya adalah asset berharga pula bagi orang tuanya. Terlebih ada hadist khusus yang menyinggung tentang masalah ini.

Diriwayatkan dari ‘Aisyah Rhadhiallohu’anhuma bahwa soarang lelaki datang menemui Rasululloh Sholallohu’alahi wa sallam dan berkata: “Wahai Rasululloh, sesungguhnya ibuku wafat dan belum sempat mengeluarkan wasiat. Aku kira kalaulah ia sempat berbicara ia akan bersedekah. Apakah ibuku mendapatkan haalala bila kau bersedekah untuknya?” Nabi Menjawab: “Ya.” (Muttafaq ‘alaih)

Menghajika Orang Tua jika memang mampu

Mungkin sudah sangat lumrah di masyarakat Indonesia, bahwa jika ditanyakan “Bagaimana cara Anda berbakti kepada orang tua Anda?” Pasti kebanyak identik dengan menghajikan Ibu atau Ayahnya ketika merek telah mempu. Menghajikan kedua orang tua, termasuk salah satu cara berbakti kepada orang tua kita. Barangkali ada diantara kita yang telah mampu untuk berhaji dan menghajikan orang tua kita, lantas kenapa tidak kita sisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk memberangkatkan merka ke tanah suci untuk memenuhi kewajibannya sebagai seorang Muslim “yaitu melaksanakan ibadah haji”.

Tidak Berbuat durhaka kepada Orang Tua

Lawan dari berbakti tentunya “Durhaka”. Seorang anak sangat diharamkan untuk durhaka kepada kedua orang tuanya. Menyedihkan sekali memang jika kita lihat pada masa sekarang, betapa banyak anak yang membangkang kepada orang tuanya dan tidak mengindahkan perintah mereka. Padahal, jika kita tinjau masalah ini dalam pandangan Islam, bahkan seoang anak bukan hanya tidak diperbolehkan berkata kasar dan berbuat zhalim kepada orang tuanya, ia pun tidak diperbolehkan berkata “ah” ketika orang tuanya memerintahkan sesuatu. Perkataan “ah” merupakan kata-kata ketidak setujuan yang samat sederhana, akan tetap Alloh Subhanahuwata’ala mengabadikan larangan ini dalam kita-Nya yang mulia yaitu Al Quran. Bukankah ini saja sudah cukup membuat kita sadar bahwa amat penting untuk seoang anak termasuk kita, agar kita senantiasa berbakti kepada kedua orang tua kita?

Dari kelima point diatas, hendaknya kita renungkan bersama. Apa yang telah kita lakukan untuk kedua orang tua kita tatakala kita semua ingat betapa besar jasa kedua orang tua yang telah kita terima. Apakah kita pikir hanya dengan memberikan uang beberapa ratus ribu rupiah kepada mereka setiap bulannya sudah cukup untuk membalasnya? Demi Alloh tidak demikian. Jika kita berikan semua harta yang kita miliki untuk membalas jasa mereka, niscara hal ini tidak akan mampu membalasnya walau hanya beberapa persen saja.

Oleh kerena itu, hendaknya kita sekalian senantiasa berbakti kepada kedua orang tua kita, senantiasa mendoakan mereka, beraklak baik dedepan dan dibelakan mereka, bersedekah untuk kedua nya dan lain sebagainya. Hal ini merupakan cara berbakti kepada orang tua yang dapat kita lakukan. Wallohua’lam, semoga artikel ini bermanfaat baik bagi penulis maupun bagi Anda sekalian. Jika ada yang mau bersekah untuk orang tuanya yang telah tiada silahkan klik tautan berikut: Sedekah Jariah Al Quran untuk kedua Orang Tua. Terimakasih telah berkunjung, silahkan sampaikan komentarnya jika ad ayang ingin didiskusikan.

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
Gallery | This entry was posted in berbakti kepada orang tua and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Cara Berbakti Kepada Orang Tua

  1. Pingback: Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia | Priana Saputra

  2. Terimakasih Bang Artikelnya, semoga Alloh balas Anda dengan kebaikan yang berlimpah atas artikelnya. Jika belum dapet jodoh, semoga dijodohkan dengan Perempuan yang Sholehah. He2.

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s