Sekolah Menengah Atas atau SMA


Sekolah Menengah Atas

Sekolah Menengah Atas

Katanya, masa sekolah merupakan masa yang menyenagkan Pasalnya banyak para orang tua yang mengatakan demikian. Pada Postingan kali ini akan sedikit saya beberkan beberapa hal menarik tentang Sekolah Menengah Atas atau SMA. Tentunya para orang tua yang sudah pada bergelar S1, S2 atau S seterusnya, sudah pernah merasakan masa SMA atau sederajat seperti SMK atau yang lainnya. Ketika kita mengenang masa-masa tersebut, pasti akan senyum-senyum geli mengingat tingkah laku di masa itu.

Jika kita merujuk kepada situs id.wikipedia yang dinamakan Sekolah menengah atas (disingkat SMA; bahasa Inggris: Senior High School), adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat). Sekolah menengah atas ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.

SMA Tempatnya Pacaran

Wah kalau bicara pacaran, jangan tanya lagi. Di sekolah adalah tempatnya para pasangan muda yang seakan berlomba menapatkan yang terbaik dikelasnya. Bahkan ada stigma bahwa anak yang tidak mendapatkan pasangan atau pacar di kelasnya  akan merasa minder dan malu karena tidak memiliki pasangan. Mungkin kalo kita bisa presentasekan, antara siswa yang pacaran dengan yang tidak berpacaran di sekolah akan lebih banyak yang “telah merasakan” yang namanya berpacaran. Wah, hal ini sangat mengerikan sekali jika kita memandangnya dari sisi agama Islam. Dalam agama kita yang mulia ini justru pacaran dinyatakan HARAM. Lantas bagaimana jadinya jika para geranasi muda kita sangat mendominasi terjatuh pada hal yang haram?

SMA Tempat untuk Menghidari Pekerjaan Rumah Yang Memberatkan

Biasanya, meskipun tidak semua siswa sekolah itu orang yang gemar membantu orang tua, para siswa akan lebih senang berada di sekolah daripada berada dirumah. Pasalnya, jika ia berada dirumah yang ada malah di suruh untuk mengerjakan setumpuk pekerjaan rumah yang sebenarnya tidak ia sukai. Apa Sobat termasuk di poin ini? Jika ia, pikirkan lagi karena berbuat baik kepada orang tua itu salah satunya dengan membantu mereka dalam hal pekerjaan rumah. Sudah sangat banyak sekali bukan Arahan dari pak Ustadz kita tentan berbuat baik kepada mereka? Jangankan untuk mengerjakan pekerjaan rumah, kita dilarang keras untuk mengatakan ucapan “Ah” yang dalam bahasa arah biasa di sebut “Uf” kepada orang tua kita terutama Ibu.

Sekolah Juga Tempat untuk Meraih Prestasi Setinggi-tingginya

Selain Poin diatas, hal terpenting yang dapat ktia dapatkkan di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas atau SMA adalah Meraih Prestasi setinggi-tingginya. Untuk adek-adek yang masih duduk dibangku SMA, jangan sampai kita sia-siakan waktu yang kita miliki hanya dengan bermain dan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Prestasi itu dapat kita raih dengan kegigihan dan ketekunan. Sangat bohong ketika kita katanakan, hanya orang yang cerdas saja yang berhak menempati posiis di ranking satu di kelas, faktanya anak yang rajin dan gigih dapat menglaahkan orang yang katanya paling cerdas dikelas. Tidak percaya, saya sudah membuktikannya, jadi jangan sampai kita patah semangat dalam belajar.

Sekolah Tempat Bersaing

Sekolah buat Geng-gengan

Biasanya para rema sekarang terutama anak-anak sekolah mereka akan memiliki kelompoknya masing-masing entah itu dalam bermain maupun dalam belajar. Entah kenapa, mungkin karena faktor gengsi atau sama dalam hal kesukaan dan yang lainnya. yang disayangkan dipoin ini, biasanya dalam satu geng itu terdapat laki-laki dan perempuan yang saling bercampur. Tentu saja hal ini tidka diperbolehkan dalam agama kita.

Sekolah untuk Latihan Berorganisasi

Jika kita ikut oranganisasi misalnya Sebagai Pengurus OSIS, wah ini dapat menjadi nilai plus bagi kita yang akan berguna dimasa yang akan datang. Katanya, pak Presiden Indonesia pertama saja yaitu Bapak Soekarno awalnya anggota OSIS, keren ya!

Sekolah sebagai tempat mencari Teman

Kalo bicara teman tentu semua orang memilikinya apa lagi di sekolah.

Wah, mohonmaaf ya artikelnya kita sambung dikesempatanlain untuk penjelasan subjudulnya. Teirmaksih telah berkunjung.

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
Gallery | This entry was posted in Opini, Sekolah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Sekolah Menengah Atas atau SMA

  1. Ririn Setia says:

    masa-masa SMA memang sangat mengesankan ya mas, penuh dengan cerita yang menarik untuk dikenang😉

  2. hardiyanti says:

    menurutku masa sma sama saja dengan masa saat di sd dan smp. hanya saja di sma kita akan menyadari dan mengetahui hal belum pernah kita sadari dan ketahui sewaktu kita sd dan smp

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s