Membuat Blog dan Lika-liku-nya


membuat blogMembuat Blog dan Lika-liku-nya_Apa kabar sobat sekalian, saya harap Anda sekalian senantiasa dalam limpahan rahmat dan dalam kondisi yang senantiasa sesuai yang kita semua harapkan. Pada postingan kali ini, saya hanya ingin sedikit sharing tentang pangalaman atau Lika-liku dalam Membuat Blog. Bagi para mastah yang senantiasa kesehariannya ditemani oleh hal-hal yang berkaitan dengan dunia blogging, mungkin hal ini tidak terlalu penting untuk dibahas, akan tetapi saya rasa bagi kita yang baru mempelajari dan menjajaki dunia blogging yang ternyata menngasikan kata sebagian orang, amatlah sangat penting. Langsung saja ya, berikut adalah beberapa hal yang menjadi lika-liku yang saya dan mungkin sebagian besar blogger pemula alamai dalam membuat blog.

Membuat Blog itu Susah-susah Gampang

Jika kita bertanya pada para mastah yang sehari-harinya senantiasa bergelut dengan blog, tentang tingkat kesulitan dalam membuat blog, pasti mereka akan berkata “Ah buat blog doang, gampang itu mah…!!” atau pernyataan yang serupa dengan itu yang intinya sangat mudah bagi mereka. Akan tetapi hal ini akan berbeda jika Anda bertanya kepada orangyan baru mengenal dunia blog contohnya seperti saya, maka saya sendiri akan berkata “membuat blog ternyata susah juga”

Dengan catatan, susah dalam membuat sebuah blog adalah ketika mengoptimalkannya, entah itu dari tampilan, kualitas blog atau artikel sehingga dapat mendatangkan banyak pengunjung yang akhirnya menghasilkan lebih banyak penjualan (jika Anda memasarkan produk) dsb. Jika kita hanya sekedar membuat blog sih gampang, yang penting jadi dan semua data masuk tapi resikonya gak bakalan ada pengunjungnya, jadi percuma kan.??

Saat Memuat atau mengelola Blog kadang Gak Konsisten

Salah satu kelemahan yang saya rasakan selama mengurus beberapa blog, kekonsistentan dalam mengurus blog adalah hal yang paling sulit dari semuanya. Kadang blognya sudah jadi dan berpotensi, akan tetapi karena kurangnya kekonsistenan sehingga blog tidak terurus dan lama-kelamaan malah sampe lupa alamat dan passwordnya apa. Payah kan!

Harus Belajar Membuat BLog Sendiri

Rasanya hampir semua orang berpendapat bahwa jika kita ingin mempelajari sesuatu itu harus memiliki guru, karena dengan adanya seorang guru maka kita tidak akan tersesat dalam belajar. Nah yang saya alami justru harus belajar sendiri dan mencari referensi dan tutorial dengan meraba search engine yang tidak tau dengan pasti apakah tutorialnya mengarahkan kearah yang benar atau justru tidak tepat untuk dilakukan.

Tanya Teman Gak Dijawab

Entah karena sibuk atau karena ilmu itu mahal, rata-rata yang ditanya biasanya tiak terlalu antusias dalam menjawab. Tapi mungkin juga karena saya lebih banyak bertanya ya (he2) yang jelas jarang sekali ada orang yang mau langsung mengarahkan. Barang kali mereka berfikir, “saya pun dulu mencari sendiri”. Tapi setelah direnungkan kembali, ternyata ada benarnya juga, saya jadi lebih aktif dalam mencari tutorial di mbah google.

Bingung Kebanyakan Tutorial

blogKarena sumber informasi yang didapat untuk membuat blog dan pengelolaannya hanya mengandalkan blog-blog para mastah yang terlebih dahulu terjun di dunia bloging yang mereka dengan senang hati sharing ilmu-ilmunya, maka pengumpulan tutorial pun tak terbendung samapi menumpuk dan akhirnya kebanyakan sampai bingung yang mana yang suda dibaca dan yang mana yang belum di baca, yang mana yang berhasil dan yang mana yang tidak berhasil ketika dipraktekan.

Tips bagi para blogger pemula untuk membuat blog:

Bagi yang sobat sekalian yang ingin belaar membuat blog, maka saran saya adalah cari guru yang tepat yang mau mengajari sampai sobat mahir (jika memungkinkan). Jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan pembimbing atau guru, ya terpaksa memilih cara yang saya tempuh yaitu dengan mencari tutorial sebanyak-banyaknya (jangna khawatir kehabisa tutoral karena sangat banyak yang telah di share para mastah di blog mereka) dan jangan lupa pisahkan tutorial yang berhasil anda kuasai atau berjalan dengan baik untuk kemudian hari jika kita membutuhkannya. Tips selanjutnya adalah berusasah konsisten walaupun hanya sedikit setiap harinya. Jika kita ingin mengisi blog kita sebanyak 100 artikel, maka saya sarankan jangan selesaikan 100 artikel ini dalam satu hari atau 1 minggu saja, selain akan membuat kita jenuh dan tidak konsisten untuk kedepannya, dikhawatirkan artikel yang kita buat pun tidak terlalu maksimal (dalam hal kwalitas). Tentu jika Sobat bisa mebuat artikel sebanyak itu tapi tidak mengurangi kwalitasnya sama seklai, hal ini lebih bagus lagi.

Ahkirnya itu saja yang dapat saya sampaikan untuk artikel sederhana dengan judul “Membuat Blog dan Lika-liku-nya” ini. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat. Jangan sungkan jika ada yang ingin disampaikan dan silahkan isi di kolom komentar yang telah tim worpress siapkan di bagian bawah.

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
This entry was posted in Blog, internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

Tulis Komentar

