Cara Memahami Karakteristik orang lain


Cara Memahami Karakteristik orang lain

Cara Memahami Karakteristik orang lain

Cara Memahami Karakteristik orang lain-Jika sebelumnya telah kita bahas tentang 5 Macam Karakter Manusia Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia merupakan mahkluk sosial yang tidak mungkin bisa hidup sendiri dan terligantung kepada orang lain. Dan tentunya kita berkeinginan untuk mendapatkan image yang baik dimata orang ketika bergaul bukan? Langkah pertama untuk meningkatkan keterampilan kita dalam berhubungan dengan orang (relasi manusia yang berhasil) adalah dengan mencoba memahami karakteristik orang secara tepat.

Bila Anda membunyai pemahaman yang tepat mengenai orang dan karakteristiknya-bila Anda tahu mengapa orang elakukan hal-hal yang mereka lakukan-bila Anda tahu mengapa dan bagaimana orang akan bereaksi di bawah kondisi tertentu-maka Anda dapat menjadi manajer orang yang terampil (Begitu bahasa dibukunya).

Memahami  karakeristik orang hanyalah soal mengenali dan mengakui orang sebagaimana mereka adanya-bkan apa yang Anda kira/pikirkan tentang mereka, dan bukan Anda menginginkan mereka menjadi apa.

Hal yang perlu kita catat dan terapkan dalam mindset kita adalah “Orang lebih tertarik pada diri mereka sendiri, bukan pada Anda!”

Dengan kata lain-orang lan itu sepuluh ribu kali lebih terratik pada dirinya sendiri daripada tertarik pada Anda. Sebaliknya! Anda lebih tertarik pada diri anda sendiri daripada pada orang manapun di dunia ini. Bener gaaa..?

Hal yang pelu kita ingat, bahwa tindakan manusia diatur oleh pikirannya sendiri, kepentingan sendiri-sifat ini sangat kuat dala diri manusia sehingga pikiran yang menonjol dalam kasih saying adalah kepuasan atau kenikmatan yang diperoleh si pemberi denganmemberi bukan dengan menerima.

Karakteristik orang/manusia

Pengetahuan ini, yaitu bahwa manusia lebih tertarik pada dirinya sendiri, memberikan dasar yang kokoh bagi kita untuk berhubungan dengan orang lain. Juga dapat memberi kekuatan dan keterampilan dalam hubngan dengan orang lain. Lalu kenapa kita harus mengetahui hal ini? Tentu saja, karena orang lain sangat tertarik pada dirinya sendiri, maka ketika kita melakukan dialog dengan mereka, hal yang kita bahas adalah tentang apa yang berhubungan dengan orang terkait dan tidak terlalu membahas tentang diri kita.

Jika tidak percaya, silahkan dicoba! Lalu perhatikan, bagaimana reaksi orang ketika kita ambil tema tentang diri mereka dan bandingkan ketika kita bicarakan tentang diri kita.

Semoga bermanfaat.

sedkah-untuk-ayah-bunda

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
Video | This entry was posted in Akhlak, Opini and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Cara Memahami Karakteristik orang lain

  1. Pingback: Cara Terampil Berbicara dengan Orang Lain | Pr

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s