Solusi Cerdas untuk Orang Pendiam


Solusi Cerda Untuk Orang PendiamOrang pendiam memang penuh dengan misteri, katanya. Di balik kependiamannya memang banyak kelebihan yang mereka miliki karena pada dasarnya setiap manusia pasti mempunyai kelebihan dalam suatu hal yang membedakan hanyalah apakah kelebihan itu dominan atau tidak melekat pada orang bersangkutan atau apakah ia dapat mengembangkan potensi atas kelebihannya tersebut. Meskipun demikian, pastilah setiap orang akan mempunyai masalah atas dirinya tidak terkecuali orang-orang yang pendiam. Menyambung postingan yang sebelumnya tentang Sudut Kecil Realita Orang Pendiam    ternyata banyak dari teman-teman yang masih merasa minder dengan kependiamnya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini mari kita ulas beberapa tips yang bisa mengatasi masalah yang satu ini:

Ada beberapa tips yang dapat kita jalani sebagai orang yang pendiam agar kependiaman kita bisa bermanfaat dan bukan malah membuat kita minder dari lingkugan atau bahkan malah menghambat berkembangnya potensi yang kita miliki, berikut ulasannya:

1. Memberanikan diri untuk Tampil di depan umum

Tampil di depan umum memang suatu yang pasti kita takuti, kenapa? karena kita belum berbiasa dan telah muncul sugesti negatif dalam pikiran kita sebelum kita tampil. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan sering tampil yang pastinya membutuhkan keberanian. Sebagai contoh jika di kelas kita ada guru yang menyuruh salah satu dari kita untuk maju ke depan kelas baik untuk mengisi soal atau menjelaskan suatu masalah maka kitalah orang yang pertama yang mengacungkan tangan untuk maju kedepan. Hal ini perlu dibiasakan karena rasa minder akan hilang ketikan kita sering didepan podium dan sering dilihat oleh orang lain.

2. Bersungguh-sungguh dalam belajar

Jika kita tidak memiliki keahlian dalam hal sosial seperti bergaul, berbicara dengan lantang atau yang lainnya, maka cara jitu untuk menghilangkan keminderan diri adalah dengan menekuni satu bidang keilmuan atau pelajaran (jika di sekolah/kampus) karena dengan demikian hal tersebut akan menjadi nilai lebih bagi kita. Terlebih bagi orang pendiam, jika memang keahliannya dalam bidang eksak maka perdalam ilmu tersebut atau pun yang lainnya.

3. Berfikiran Positif terhadap Segala Hal

Salah satu penyakit yang sering kebanyakan manusia alami adalah berprasangka buruk baik terhadap orang di sekelilingnya, terhadap lingkungan atau bahkan yang lebih ngeri kepada Penciptanya. Maka dari itu Pikiran Positif (Kalo di Islam disebutnya Husnudzon) sangatlah penting, selain akan berdampak pada orang-orang di sekitar kita, hal ini pun penting karena akan kita rasakan ketenangan dan rasa aman dalam hati.

4. Tekun Beribadah

Poin paling penting dari hal semua di atas adalah ketekunan kita dalam beribadah kepada Alloh Subhanahuwata’ala. Kalo boleh jujur inilah yang akan membuat semua orang (bukan hanya orang pendiam) selalu merasa optimis dalam hidupnya. Mereka tidak akan peduli apakah ia seorang pendiam, apakah ia seorang yang pandai bicara, apakah ia sedang lapang atau ketika sempit. Hal ini karena mereka menyakini jaminan atas keimanan dan ketakwaan adalah sesuatu yang jauh lebih besar dari semua hal tersebut.

Satu lagi, Hal lain yang paling ampuh adalah dengan “Banyak Bersyukur”

Pastilah masih sangat banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah keminderan karena sifat yang pendiam. Jadi jangan putus asa dalam menjalani kehidupan dan melewati rintangan serta cobaan. Bila ada kemauan, pastilah akan ada jalan.

Wallohu’alam.

Sebagi penyemangat bagi penulis maupun pembaca yang lain, mohoh sampaikan komentarnya tentang artikel ini di kolom yang telah disediakan. Satu patah kata yang kita tuliskan, mungkin akan membekas dan amat berharga bagi teman yang lain.

Gabung di Group Pendi Club Indonesia_Khusus untuk Anak Pendiam

  • Facebook : https://www.facebook.com/groups/pendiclubindonesia/ 
  • Telegram: https://telegram.me/pendiclubindonesia

Terimakasih.

Terimaksih telah berkunjung. (Priana Saputra)

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
This entry was posted in Akhlak, Kisah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to Solusi Cerdas untuk Orang Pendiam

  1. betul …beberapa langkah sudah sy jalakan,,,,
    cuma berpikir postif agak susah,,,,

    • priana13 says:

      Kalo tidak salah, dalam konsep Islam, Berfikir Positif itu disebut “Husnuzhan”. Nah salah satu cara untuk menggapainya dengan banyak bersyukur. Semua orang pasti ada kecenderungan untuk berprasangka buruk pada hal apapun, yang membedakan adalah kadar dan bagaimana ia mengatasinya.

  2. Diana says:

    Sangat mem0tivasi🙂
    tpi, knpa ya sya kdang ngerasa dimanfaatkn oleh tman…😦

    • Mba Diana yg kirim Inbox ya..? Wah Mhon maaf sekali, untuk beberapa waktu blm bisa membalas pesan kecuali kepada yang sudah berteman karena kena blokir slama 1 Bulan (Jangan tanya kenapa ya! h2). Insyaalloh mungkin dilain kesempatan, atau jika berkenan silahkan di add saja jika memungkinkan.

      “Ngerasa dimanfaatkan” kadang saya pun suka memiliki perasaan demikian. Tapi hal itu mungkin hanya sekedar bisikan yang belum tentu itu benar, kan baru “Ngerasa”. Untuk menangkisnya, kita bisa berfikir bahwa orang lain sangat membutuhkan kita jadi mungkin pada beberapa kesempatan seakan-akan “memanfaatkan” kelebihan yang kita miliki. Bukan kah jika kita pandang hal tersebut dari sisi yang lebih positif, “Ternyata kita dapat berguna juga bagi orang lain”. Lebih ikhlas untuk melakukan suatu hal, rasanya akan lebih membuat kita senang walaupun tidak mendapatkan ucapakan terimakasih apalagi balasan. Yang kita harapkan hanya pahala dari Alloh Subhanahuwata’ala.

      Wallohua’lam, terimakasih telah berkunjung dan berkomentar.

  3. Mrs. Cho says:

    Aku merasa cukup menderita dengan sifat pendiamku, banyak hal yang gak kusukai ketika menjadi seorang pendiam. aku ingin menghilangkan sifat itu, namun sgt sulit.

    katanya dibentuk klub khusus untuk anak pendiam, apa masih berlaku? aku kpingin gabung

  4. exter says:

    saya baru duduk dibangku SMA,saya orangnya pendiam banget dikelas,saya kalo ngomong sama teman yang lain susah banget kak suka terbata-bata kalo bicara,jadinya takut ngularin suara,saya sering direndahin sama temen-temen saya,saya juga dikira sombong padahal mah nggak begitu ,dan kalo presentasi kedepan kelas entah kenapa selalu ngerasa ada yang ngetawain,saya jadi gugup ngomongnya,jadi negatif thinking dan langsung minder,karena hal tersebut aku jadi nggak bisa fokus belajar,ditambah lagi ada beberapa temen yang nggak suka sama aku mungkin karena sikap aku itu kak.
    gimana yah kak aku nggak mau terus-terusan begini,harus apa kak saya bingung?😦

  5. sabira says:

    betul orang pendiam membutuhkan waktu yang extra untuk berpikir positif..karena sebelumnya mereka banyak di bully..semoga kita tidak pendiam lagi setelah baca blog ini..hee amiin

  6. Zhinta Arayizta says:

    sejak SD sya sngat pendiam, sya mrasa nyaman menjadi pendiam. mulai memasuki kls 1 SMP, gak tahu knp sya tiba tiba memunculkan bicara kpada teman sebaya sya, entah karna teman2 di kelas bnyakk candaan, dan berisik, sya jadi ikutan semangat berbicara, lama klamaan sosial di lingkungan sya smakin nyaman dan terasa lebih menyenangkan. hal ini tak aku sangka sbelumnya, memasuki kls 1 SMA aku menemukan teman baru, anaknya cukup pendiam sya mengajak dia untuk bergabung dengan saya dan teman2 sya. sya ingin mendekati dia dgn berusaha memjadikan dia supaya lebih aktif ber sosial, lama kelamaan teman2 sya menjauhi sya, karna kesalah pahaman mreka brpikir sya lebih suka berteman dgn anak pendiam itu, pdahal tidak, tpi anak pendiam itu sma sekali gak brubah, dan tiba2 saya menjadi pendiam dan terpengaruh oleh dia, sya jadi kesal dan sedih karna pilihan sya yg slah sya menyesal dalam bertindak berlebihan, pda akhirnya saya gagap smua teman2 pda akhirnya menertawakan sya dan membuli sya, sya menangis dan mencoba bunuh diri, sya sudah gak tahan lagi smua plajaran sya tak bisa kosentrasi nilai sya menurun drastis, gagap bukan karna sya takut atau grogi, gak tahu knp gagap sya bisa muncul, sya sedih skali dan tiap malam sya menangis di kamar apa yg bisa sya lakukan?

    Nama : Shinta Ariyati
    Kelas : 1 SMK
    Usia : 16 tahun

    • risa alfiana says:

      Jadilah jati diri kamu sendiri kalau kamu yakin sejatinya diri kamu bukan orang pendiam maka gali dari segala hal yang bisa membuat kamu nyaman dengan kepribadianmu berusalah dengan gigih, namun sebaliknya jika kepribaduanmu memang orang yang pendiam maka jadilah orang pendiam yang bermanfaat jangan jadikan kekurangan mu suatu penghalang dalam kehidupanmu

  7. jey says:

    ko gua susah banget ya untuk beradaptasi dg publik , minta sarannya dong gan dan satu lagi ko gua ngerasa susah gitu untuk bisa deket dan kenal sama cw malu gitu , rasanya sifat pendiam gua merugikan gua , gimana cara menghilangka.nya ya

  8. dian sri says:

    Wktu sjak dr kcil sya adhl sosok yg pendiam. Dn pd suatu saat ketika sma mndapatkn drongan dr org lain u/ semngat merubahnya dn hsilnya lumayan baik. Tpi sya khilangan sosok pndorng itu dn pendiam itu kmbali lgi saya binggung bagaimana cara mengatasinya.

  9. Halimatu sa'diah says:

    hhhh,,tersiksa jadi orang pendiam,,
    aku juga gak sukaa… Tapi gmana lagii,semuanya aku lakukan, tapi nihill hasilnya…

  10. tiyas says:

    Saya sekarang sudah duduk di bangku kuliah, tetapi saya masih kesulitan dalam berteman. ada yang bisa kasi solusi biar bisa punya banyak teman?

  11. nurul lian damayanti says:

    Kak saya ngerasa susah bgt beradaptasi sama org baru. Trus sebenernya saya juga capek dibilang org introvert, pendiam, tertutup dsb. Gimana sih kak ngilangin sifat pendiam kita? Terkadang suka iri gitu sama org2 yg supel dan gampang bergaulnya😦

  12. Ulan Suci Ramadhani says:

    Memang sebagian udah saya terapkan yang sudah diterapkan, tapi jika kita dalam berbicara orang merasa bosan. Supaya menarik pembicaraan dalam komunikasi bagaimana????????

  13. anonim says:

    siklus pendiam saya: sd tidak smp iya sma tidak kuliah iya (pada kelompok tertentu) . Asal mulanya pendiam di kuliah, saat saya masuk ke satu perkumpulan saya merasa minoritas karena harus berpikir dua kali untuk mengerti bahasa mereka semacam shock culture. dan sekarang sudah setahun karena terbiasa dian yasudah masih pendiam sampai skrg hanya bicara pada 2-3 orang. Sebel sih pernah diejek juga, mungkin dikiranya saya ngga ngerti mereka ngomong apa

  14. resa says:

    Terimakasih….smoga bermanfaat bagi saya dan orang lain.
    1 poin penting yg paling saya sukai yaitu berfikiran positif dalam segala hal dan tekun beribadah.
    Barokallahufiik…

  15. Nufus says:

    sangat bermanfaat tipsnya. Insyaallah akan saya lakukan. soalnya dari dulu banyak bilang aku itu orangnya pemalu dan pendiam, sekarang pun gitu. Semoga saya bisa merubah diri mnjdi lebih baik dan bisa bergaul dengan banyak orang.. ☺

  16. M fadhil says:

    Gini mas, mba, dll.. sebetulnya menghilangkan rasa malu itu gampang.. caranya kita sering” berkumpul sama teman, bersosialisasi ( jangan menyendiri ),.. ok langsung aja.. jadi kalian harus berani untuk bicara!! Walaupun awalnya agak aneh ( buat yg pendiam ) tapi di paksain aja, walaupun ngomong kita agak gugup dan aneh.. maka dari itu beranikan diri untuk menjadi seorang pemberani.. dan anggap saja ketika kamu bicara dengan temanmu anggap saja kamu itu sendirian!!! Bicaralah!!! Semoga bisa membantu🙂 .. ketika kita kumpul dengan teman usahakan jangan diam..☺ good luck.

  17. Nisa says:

    Saya setiap hari ngumpul sama temen2 kampus, bercanda2 juga sama merek, tapi kalo ketemu sama calon saya itu susah mau ngomong, memulai pembicaraan. Tolong solusinya. 😊

  18. Nisa says:

    Saya setiap hari ngumpul, ngobrol, bercanda sama temen2 kampus.
    Tapi ketika ketemu sama calon, susah mau buka omongan. Tolong solusinya

  19. banyak solusi untuk mengatasi sifat tersebut

  20. siti annisa maharani says:

    Makasih atas solusinya, kak.
    Saya udah pendiam dari kecil dulu. Sikap tsb. membuat kebanyakan orang memandang rendah dan malu untuk berteman dengan saya. Sehingga, dari dulu sampai sekarang teman saya bisa dihitung dengan jari.
    Sekarang saya udah kelas 2 aliyah di sebuah pesantren. Saya kesal banget karena teman2 saya menganggap saya aneh dan sering kali menyalahkan, mengejek,menertawakan, dan memojokkan saya dan ada yang gak suka lihat saya. Bahkan, sebelumnya, waktu saya masih tsanawiyah, ada beberapa teman yang memang mengajak untuk mengucilkan saya. Dan banyak juga yang fitnah dan gosip yang gak benar buat saya. Tapi, waktu mereka memerlukan saya, mereka baik banget seolah-olah gak merasa bersalah sedikitpun. Kemampuan & pendapat2 saya juga sering kali diremehkan. Karena itu, saya jadi bersikap cuek dan saya sering berpikir untuk memutuskan pertemanan dengan mereka. Tapi orang lain malah banyak beranggapan bahwa saya adalah yang orang jahat dan berkomentar yang jelek2 tentang saya. Saya benar -benar kesal dan sedih dengan anggapan2 tsb. Jujur, saya sering merasa bahwa saya orang yang sama sekali tidak diharapkan dan tidak berarti buat orang lain.

  21. Solusi Cerdas untuk Orang Pendiam? sangat mudah, di hipnoterapi saja. banyak kok yang awalnya pendiam, setelah di hipnoterapi (dicabut akar masalahnya) menjadi kembali bisa bicara dan mengkomunikasikan maksudnya dengan mudah. karena saat lahir bayi bawel, saat belajar bicarapun bawel, jika kemudian saat dewasa menjadi pendiam. pastilah ada penyebab yang menyebabkan seseorang yang terlahir bawel menjadi pendiam. salah satu kisah kesembuhannya bisa dilihat di http://goo.gl/rFMdvO semoga membantu! GBU!

  22. Sri says:

    Mungkin sy hrus blajar tuk berfkir positif..supaya sy gak merasa dijauhi.. Dan gak dibilang kuper(kurang pergaulan)

  23. hudamaulana says:

    Thank atas pencerahannya …mas admin😁😀

Tulis Komentar

