Sejarah Mbah Google



Siapa yang tak kenal dengan tokoh yang satu ini. Kiprahnya di dunia maya seakan menyihir semua orang sehingga mereka sangat mengandalkannya. Beberapa julukanpun muncul karena kemahirannya dalam menyuguhkan informasi bagi penggunanya, dari “Mbah gOOgle” bahkan sampai ada yang menyebutnya “Syeikh” atau “Ust. Google”. Lantas bagaimanakan sebenarnya sejarah mesin pencari yang bernam Google ini. Berikut saya dapatkan hasil pencarian dari salah satu blog cukup senior tentang penjelasannya.

images (8)4444

 

Sejarah Google

Sejarah Google dimulai Januari 1996. Saat itu Larry Page dan Sergey Brin (keduanya mahasiswa PhD di Universitas Standford Amerika Serikat) melakukan sebuah penelitian untuk menciptakan sebuah mesin pencari baru yang memberikan hasil pencarian yang lebih baik (relevan) bagi penggunanya. Mereka berhipotesis bahwa hasil pencarian relevan ini akan dihasilkan bila mesin pencari itu bisa menganalisis hubungan antar website. Mereka akhirnya menghasilkan mesin pencari baru yang dinamai BackRub. Namai ini diambil karena mesin pencari ini menganalisis backlink antar website.

Page dan Brin menguji BackRub pada website Universitas Stanford dengan nama domain google.stanford.edu. Mereka berhasil dengan pengujian ini. Dengan keberhasilan ini, Page dan Brin meregistrasi domain google.com pada 15 September 1997 dan mendirikan perusahaan dengan nama Google Inc pada 4 september 1998. Nama google sendiri merupakan plesetan dari googol yang berarti 10 pangkat 100.

Pada awalnya perusahaan ini berlokasi di sebuah garasi teman mereka di Menlo Park California. Total investasi perusahaan ini adalah hampir 1,1 juta dolar, dengan 100 ribu dolar berasal dari Andy Bechtolsheim (salah seorang pendiri Sun Mycrosystem.  Pada Maret 1999 perusahaan ini pindah ke Palo Alto, sebuah kawasan elit tempat pengembangan teknologi yang dikenal dengan nama Silicon Valley. Dengan cepat, google.com menarik perhatian pengguna internet dunia karena kemudahan dan kerelevanan hasilnya.

Seiring kemajuan yang pesat ini, Google menyewa sebuah kompleks bangunan di Mountain View dari Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 2007. Kompleks ini dikenal dengan nama Googleplex, dan telah dibeli Google dari SGI pada 2006 dengan harga 319 juta dolar.

Saat ini Direktur Utama (CEO) Google adalah Dr. Eric E. Schmidt, sementara Sergey M. Brin bertindak sebagai Presiden Teknologi dan Larry Page berperan sebagai Presiden Produk. Sampai 31 Maret 2009 Google memperkerjakan 20,164 karyawan.

Sumber: http://hermanyudiono.wordpress.com

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
Gallery | This entry was posted in Sejarah Teknologi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s