Da’i


Bismillahirrohmanirrohim,

Apa sebenarnya yang dipikirkan oleh para da’i pada akhir zaman ini, mereka saling berbantah pendapat, saling menyalahkan satu sama lain bahkan tak jarang sikap-sikap tersebut menimbulkan permusuhan dan saling membenci di kalangan umat muslim. Bukankah sesama umat islam itu bersaudara? Bukahkah Allah Subhanahuwata’ala tidak menghendaki perpecahan dan permusuhan.

Tidakkah mereka berfikir bahwa sikap saling menyalahkan akan menimbulkan kebingungan di kalangan para penuntut ilmu apalagi orang awam. Tak ada yang pasti untuk menentukan, huzah mana yang harus menjadi patokan untuk memutuskan; tak jelas ulama/tokoh mana yang harus menjadi panutan. Bukankah Allah Subhanayuwata’ala dan Rasulnya telah mewariskan Al-Qur’an dan Assunnah yang mudah diterima oleh seluruh umat manusia? Tapi kenapa sebagia da’i itu mengatakan “Jangan  sombong (sok pinter) karena langsung memutuskan perkara dengan kedua sumber tersebut?

memang tak ada yang bisa disalahkan karena adanya perpecahan. Masing-masing pihak menyakini apa yang mereka lakukan di atas kebenaran. Karena memang bersumber dari dalil yang dapat di pertanggungjawabkan. Masing-masing melihat bahwa pihaknya yag paling benar dan yang lain menyimpang.

kita memang hidup di zaman yang sudah terlalu jauh sejak sember hukum islam diturunkan. Diakui atau tidak sumber yang tadinya berada dalam satu garis lurus, lambat laun pasti akan bercabang menjadi beberapa golongan. Sebagaimana 0,0 derajat yang tergeser pada titik yang terdekat dengan pusat sebuah busur, akan sangat berpengaruh besar pada luas juring yang berada jauh dari titik  pusatnya. Begitupun dengan realita perjalanan hukum islam yang terjadi.

Pertanyaan besar yang selalu membayangi sekarang adalah cabang mana yang benar-benar membawa kemurnia? Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa di beri petunjuk oleh Allah Subhanahuwata’ala sehingga tetap berada di jalan Sirotolmustaqim.

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
Gallery | This entry was posted in Opini and tagged . Bookmark the permalink.

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s