Memilih Istri, antara Seksi vs Soleha?


Seorang teman bertutur, “Kalo mau nyari istri agar nantinya bisa membentuk keluarga sakinah, Kriteria pertama: harus cantik. Karena masalah agama bisa dididik. Tapi penampilan, gak bisa dirubah. Daripada harus nyesel sepanjang berumah tangga!”


Benarkah demikian? Simak penjabaran lebih lanjut mengenai masalah ini.


Saat seorang wanita seksi muncul, ada beragam reaksi pada pria yang timbul.

Ada yang buru-buru menundukkan pandangan pura-pura mencari koin jatuh. Ada yang hanya berani memandangi saja tanpa berkomentar apapun. Ada yang bersiul, bahkan melantunkan lagu cinta untuk menarik perhatian, namun yang nekat mengajak bicara dan berkenalan pun juga ada. Dari berbagai fakta yang terjadi di lapangan dapat kita lihat bahwa wanita seksi memang selalu menimbulkan reaksi dari pihak kaum adam. 

Setidaknya hal tersebut yang diungkapkan oleh beberapa teman kampus dan kenalan lama yang kuajak berdiskusi masalah ini. 

“Yah, pria mana sih yang tidak suka melihat wanita cantik. Semua juga suka. Tapi, kami hanya suka melihat. Itu saja. Kalau untuk menikah, wah tunggu dulu. Kami juga gak mau sembarangan pilih pasangan. Harus lihat dulu bobot, bibit, bebetnya.” ujar Sandy/Jogja (24).

“Jujur saya suka melihat wanita berpakaian mini, tapi untuk dijadikan istri? Hmm, jelas bukan salah satu dari mereka yang bakal saya pilih. Soalnya saya jelas tidak mau punya istri yang suka pamer kecantikan pada khalayak ramai. Kecantikannya hanya boleh untuk saya seorang.” tutur Rahman/Pekanbaru (32).

“Wanita seksi oke untuk dilihat, oke untuk hiburan, tapi tidak untuk dinikahi. Saya lebih berminat menjalin hubungan serius dengan wanita yang berkualitas ‘dalamnya’, daripada yang hanya mengandalkan penampilan luar saja.” tegas Budi/Jogja (21). 

Menyimak beberapa pendapat pria di atas, jelas bagi kita, bahwa penampilan luar bukanlah segalanya. Wanita boleh saja cantik, namun jika perilakunya tak cantik, maka pria manapun takkan bersedia menyodorkan cincin lamaran seperti yang diharapkan.

Penampilan menarik, sebenarnya tetap penting, karena secara lahiriyah pria suka melihat keindahan seorang wanita. Namun, hal itu tak berarti bahwa mereka bakal menghargai wanita yang suka berpakaian mini. Bagi kebanyakan pria, wanita yang mau menutupi auratnya jauh lebih terhormat daripada mereka yang suka pamer tubuh di depan umum.

Lalu wanita macam apa yang jadi buruan pria untuk akhirnya dinikahi? Wanita soleha yang memiliki sikap hati alim dan mulia. Merekalah yang bisa menarik perhatian pria untuk dijadikan pasangan sehidup-semati. 
Andakah orangnya?


–medio september @kuningan madani–


anis gunawan

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
This entry was posted in Hikmah, Pra Nikah. Bookmark the permalink.

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s