Antara Ramadhan dan Kemerdekaan


Antara Ramadhan dan Kemerdekaan

Satu hal yang banyak orang bicarakan sekarang, bulan Ramadhan kali ini ternyata bertepatandenganbulan Agustus pada bulan masehi. Itu artinya orang Indonesia akan memperingati hari kemerdekaan negeri ini sambil melaksanakan ibadah puasa. Momentum seperti ini memang agak jarang kita temui, makanya anyak orang yang tertarik membahasnya. Memang tak ada keistimewaan khusus dengan bertepatannya kedua bulan ini jika dilihat dari satu sisi saja, akan tetapi pasti ada banyak hikmah yang dapat kita ambil darinya. Lantas apakah hikmah yang dapat kita ambil ketika kita memperingati kemerdekaan di bulan Ramadhan?

Bulan Ramadhan merupakan b ulan yang sangat mulia karena Allah memang telah memuliakannya. Umat islam diwajibkan melaksanakan ibadah puasa di bulan ini. Kita dianjurkan meningkatkan kwalitas ibadah kita karena Allah SWT. Menjanjikan pahala yang berlipat ganda jika di banding bulan lainnya bagi siapa saja yang beribadah pada-Nya. Pada bulan ini umat manusia di bukakan pintu menuju kebaikan yang selebar-lebarnya sehingga banya umat Islam yang berlomba-lomba dalam beribadah kepada Allah SWT. Pada dasarnya perintah ini merupakan jalan yang diberikan bagi manusia untuk mencapai derajat yang lebih tinggi yaitu ketakwaan sebagimana dijelaskan Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

“Hai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Bahkan dalam sebuah ayat dijelaskan bahwa dibulan Ramadhan terdapat satu malam dimana malam tersebut lebih baik dari 1000 bulan. Sangat luar biasa bukan, terlebuh ibadah-ibadah sunnah yang dikerjakan di bulan ini pahalanya dianggap sebagai pahala ibadah wajib. Makanya tidak heran banya umat muslim yang mendambakan malam tersebut.

Dilain pihak, bulan Agustus merupakan bulan yang cukup bersejarah bagi masyarakat indonesia dimana pada bulan tersebut teaptnya tanggal 17 Agustus 1945, Negara Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Secara serentak rakyat Indonesia menyambut kemerdekaan denga wajah yang gembira. Proklamasi tersebut merupakan hasil jerih payah para pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi terciptanya sebuah kebebasan dari tangan para penjajah. Setelah sekian lama negeri ini dikuasai oleh Negara Belanda yang kemudian disusul oleh Jepang, sangatlah wajar bila rakyat indonesia sangat mendambakan kemerdekaannya. Para penjajah itu telah mengambil sebagian besar dari kebebasan negeri ini, bahkan kemajuan rakyat di kekang baik dalam hal ilmu pengetahuan maupun sumber dayanya. Oleh karena itu setiap tanggal 17 tersebut sudah sepatutnya kita merenungi betapa besar pengorbanan para penuang tersebut hingga akhirnya kita dapat merasakan buahnya saat ini.

Memang tidak biasanya dua bulan ini bertepatan, hal ini terjadi karena perbedaan perhitungan antara bulan Masehi dengan bulan hijriah. Maka setiap tahunnya pasti akan berbeda. Akan tetapi ada beberapa faedah yang dapat kita ambil dari peristiwa ini diantaranaya kita merayakan hari kemerdekaan dengan mengingat jasa-jasa para pahlawan yang berjuang mempertahankan tanah air ini, disisi lain kita juga tidak lupa bahwa Allah SWT. Merupakan pihak yang tidak akan terlepas dari semua yang terjadi ini. Apa yang kita alamai pasti memiliki hikmah didalamnya. Dengan bebarengannya peringatan dengan bulan puasa setidaknya segala penyimpangan dan kemaksiatan akan berkurang meskipun pada kenyataannya masih juga ada banyak pihak yang tidak mau sadar.

Selain mengandung faedah, ternyata bertepatannya kedua bulan ini ternyata menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian pihak. Sebagi contoh, setiap 17 agustus  pasti akan diadakan upacara kemerdekaan. Hal ini menututup para siswa menjadi pengibar benderanya, baik ditingkat desa, kecamatan maupun tingkat nasional. Latihan yang cukup keras dan pasti tidak membutuhkan waktu yang tidak sebentar, membuat para siswa harus menyiapkan kesabaran yang extra terlebih dalam keadaan berpuasa. Meskipun demikian perjuangan mereka pastilah tak kan sebanding dengan pengorbanan para pahlawan terdahulu. Oleh karena itu sebagi generasi muda, sudah sepatutnya kita menghargai jerih payah para pahwalan setidaknya dengan mendoakannya. Semoga amal perbuatan mereka diterima oleh Allah.

About Priana Saputra

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
Gallery | This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.