5 Macam Karakter Manusia


karakterManusia diciptakan tentunya dengan barbagai macam perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya baik dari segi fisik ataupun karakternya. Dala pembahasan kali ini akan sedikit kita ulas tentang karakteristik yang dimiliki oleh seseorang. Nah sobat, setiaknya Perbadaan karakteritik  inilah yang membuat ciri khusus yang mungkin akan membuat kita lebih cepat ingat terhadap seseorang. Sebagai contoh, misalkan kita memiliki seorang teman yang sering sekai usil dan membuat hati kita kesal. Nah pastilah ketika kita menyebut nama si fulan atau ada yang menyebutnya dihadapan kita, yang teringat adalah tingkah laku yang ia lakukan kepada kita.

Nah, sebenarnya ada berapa bayak ya karakteristik yang dimiliki oleh manusia. Tentu saja sangat banyak, akan tetapi mungkin hanya sedikit yang akan dibahas pada artikel kali ini diataraya, Karakter Pemalu, Pendiam, Pemarah, Penyabar, dan Pemaaf.

1. Pemalu

Apa itu pemalu…? tentu kita pernah merasa malu bukan? Sifat malu adalah perasaan yang timbul dalam diri seseorang yang ia merasa minder dan berharap orang lain tidak mengetahui tentang yang ia alami. Menurut Wikipedia malu juga diartikan sebagai  satu perasaan negatif yang timbul dalam diri seseorang akibat daripada kesedaran diri mengenai perlakuan tidak senonoh yang dilakukan oleh dirinya sendiri.

Apakah rasa malu itu selamanya buruk? Jawabannya tidak..? Bahkan dalam Islam, sifat malu merupakan bagian dari cabang keimanan. Lo kok bisa ya..? Ia, karena ketika seseorang merasa malu, maka ia akan berusaha untuk melakukan hal-hal yang baik dan menghindari hal buruk yang tentunya hal buruk inilah yang akan membuat harga dirinya jatuh baik dimata Rabnya maupun di mata manusia secara umum.

Jadi kesimpulannya jangan minder ya, jika kita adalah orang pemalu. Tapi jangan salah kaprah juga, jika kita malu unuk melakukan suatu kebaikan ini bukan balu yang dimaksud dalam cabang keimanan. Misalkan, kita malu untuk pergi ke mesjid, malu melakukan puasa, malu berbuat baik kepada orang tua dan sesama dll.

2. Pendiam

Wah, rasanya suda banyak sekali artikel yang admin buat berkenaan dengan sifat pendiam dalam blog ini, bagi yang belum baca silahkan baca Sudut kecil realita orang pendiam,

Secara umum orang pendiam ya orang yang jarang bicara dan senangnya berdiam. Sifat pendiampun tidak selamanya negatif ada banyak hal positif yang bisa dilakukan oleh oran yang penidam. Sebagaimana sebuah pepatah yang mengatakan: diam ubi berisi, diam besi berkarat bermaksud orang yang pendiam tetapi berakal itu lebih baik daripada orang yang pendiam tetapi bodoh.

Jadi jika Anda orang yang pendiam, berusahalah untuk menjadi pandai, maka bukan hanya lebih baik dari orang pendiam lainnya, bahkan Anda lebih baik orang pandai berbicara dan bertutur kata.

3, Pemarah

Wah, kalo yang ini serem. Orang pemarah adalah orang yang kalah. Kenapa demikian..? Karena ia tidak bisa melawan perasaan yang ada dalam dirinya sendiri. Dalam Islam pun diatur bagaimana sebaiknya sikap seseorang yang sedang marah, yakni jika ia marah ketika berdiri hendaknya ia uduk dan jiak masih juga terasa, hendaknya ia berbaring.

4. Penyabar

Ini yang sulit, Sering sekali orang berkata “Sabar” padahal ia sendiri belum tentau merupakan orang yang sabar. Karena sabar itu relatif, bergantung pada seberapa bijak seseorang menghadapi masalahnya. Tentu walau kesabaran itu pahit, buahnya amat manis. Kita bersabar hari ini, maka di kemudian hari akan kita temukan hal berharga atas kesabaran kita. Kalo kata teman saya, “orang yang mengatakan kesabaran itu ada batasnya, justru ia adalah orang yang tidak mampu untuk bersabar”

5. Pemaaf

Pemaaf adalah salah satu karakter mulia yang dimiliki manusia. Walaupun dalam prakteknya sangat sulit, Bahkan Alloh Subhanahuwata’ala adalah Zat yang Maha Pemaaf ketapa setiap hambanya.

Jadi kalo ada kata-kata yang kurang berkenan dalam tulisan ini, Mhon maaf. Teriaksih telah berkunjung.

Referensi Buku:

Pendidikan Karakter Perspektif Islam

Pendidikan Karakter Perspektif Islam

Pendidikan Karakter: konsep dan Implementasi

Pendidikan Karakter: konsep dan Implementasi

Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter (untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK)

Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter (untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK)

Artikel Terkait:

sedkah-untuk-ayah-bunda

About these ads

About herian s

Perkenalkan Saya "Priana Saputra". Terimakasih saya ucapkan bagi sobat sekalian yang berkenan mampir ke blog sederhana ini. Harapannya, semoga apa yang saya posting dapat memberikan manfaat bagi siapapun. Jika ada yang ditanyakan atau masukkan yang sekiranya membangun, jangan sungkan untuk di sampaikan baik lewat kotak komentar maupun via FB saya. Terimakaih...
This entry was posted in Akhlak, Opini and tagged , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to 5 Macam Karakter Manusia

  1. Pingback: Cara Memahami Karakteristik orang lain | Pr

  2. Bazzsee says:

    Oh jadi gitu ya gan..

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s